Begini Cara Kamu Memulai Bisnis Online

Bisnis online hingga saat ini menjadi salah satu ranah bisnis yang paling banyak diminati oleh sebagian besar orang. Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan pemasaran, bisnis online berpotensi mendatangkan pendapatan yang cukup tinggi. Data dari Statista seperti dilansir dari Katadata menyebutkan prediksi pembeli digital di Indonesia pada tahun 2022 mendatang meningkat jadi 43,9 juta pembeli dan pada tahun 2018 lalu tercatat sebanyak 31,6 juta pembeli digital. Namun apakah kalian sudah tau cara bisnis online dimulai?

Video Tutorial Membuat dan Memulai Bisnis Online

Cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk Memulai Bisnis Online:

Riset pasar dan kebutuhan konsumen

Melakukan riset pangsa pasar dan kebutuhan konsumen adalah langkah paling awal sebelum terjun ke bisnis online. Kamu bisa melakukan riset melalui media sosial dengan memperhatikan apa saja kebutuhan dan barang yang paling banyak dicari oleh konsumen maupun yang laku di pasaran saat ini.

Kamu bisa memilih barang yang memiliki kegunaan jangka panjang semisalnya. Barang-barang ini tentu akan banyak laku di pasaran karena setiap saat dibutuhkan. Jika sudah ada calon kompetitor yang menjual hal yang sama, maka kamu perlu melakukan inovasi agar produk yang kamu tawarkan lebih memiliki nilai jual tinggi.

Pilih salah satu kategori produk

Sebagai pelaku pemula dalam dunia bisnis online, sebaiknya kamu pilih salah satu kategori produk terlebih dahulu. Contohnya, kamu akan berbisnis pakaian, di sini kamu harus menentukan dulu pakaian apa yang akan kamu jual seperti pakaian wanita atau pakaian anak-anak. Atau apabila kamu ingin menjual barang yang berkaitan dengan hobi motor, maka barang yang bisa kamu jual antara lain adalah jaket, sepatu, atau helm dan aksesoris lainnya.

Hal ini dilakukan agar kamu lebih fokus menjalani bisnis online pertamamu. Bila dirasa sudah sukses dan mampu bersaing, kamu bisa mencoba produk baru lainnya. Namun, pastikan pula kamu bisa mengelola bisnis dengan baik. Jangan sampai karena terlalu banyak jenis produk yang dijual kamu justru menjadi tidak fokus.

Menentukan supplier

Setelah kamu menentukan produk apa yang akan kamu jual di toko online, langkah berikutnya adalah menentukan supplier untuk memenuhi persediaan barang. Dalam bisnis online, ada dua sistem untuk mendapatkan supplier ini yakni dengan sistem reseller atau dropshipper. Sistem reseller, kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu kemudian jual kembali produk dari supplier dengan harga yang sesuai.

Sedangkan dropshipping tidak butuh modal besar, melainkan produk yang dijual akan disiapkan untuk supplier dan dijual lagi kepada konsumen. Cara inilah yang dianjurkan bagi kamu yang ingin bisnis online dengan modal kecil seperti dilansir dari Forbes. Saat memilih supplier pastikan dengan cermat kalau mereka sudah berpengalaman dan pahami kembali perjanjian maupun kerjasama bisnis online tersebut agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Mulai bangun toko online

Tahapan berikutnya, setelah ketiga hal di atas sudah dipersiapkan dengan matang maka mulailah untuk bangun toko online. Bila kamu membangun toko online sendiri melalui sebuah website, sebaiknya buat domain dengan nama yang mudah diingat oleh calon konsumen dan sesuai dengan produk yang dijual.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online

Atau kamu bisa membuka toko online melalui platform toko yang lebih besar. Di Indonesia sudah banyak penyedia layanan ini, seperti Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya. Jika kamu ingin melebarkan pangsa pasar untuk internasional bisa menggunakan Shopify atau BigCommerce.

Terapkan strategi pemasaran dan promosi online

Sesuai dengan namanya, bisnis online mengandalkan pemasaran dan promosi secara online pula. Cara pemasaran maupun strategi pemasaran juga beragam, kamu bisa mengisinya dengan membuat blog ulasan produk kepada calon konsumen. Blog juga penting sebagai sarana pemasaran yang bersifat softselling dan branding dari bisnis online yang sedang kamu jalani. Selain blog, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial seperti menggunakan foto maupun video.

Jika kamu memiliki modal yang cukup besar, bisa menggunakan jasa influencer. Sebagaimana dilansir Forbes, influencer memiliki kelebihan antara lain memiliki kekuatan karakter, reputasi dan persona yang mampu mempengaruhi calon pembeli. Bahkan saat ini influencer digunakan sebagai senjata yang ampuh untuk merebut pasar.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online

Sebenarnya, selain cara di atas dalam cara bisnis online dimulai bisnis online kamu juga harus memperhatikan jaringan internet yang digunakan, termasuk teknologi terkini yang digunakan oleh penyedia jasa tersebut. Hal ini karena internet merupakan aspek paling penting dan utama dalam bisnis online. Maka dari itu, ada baiknya kamu untuk lebih selektif dalam memilih layanan internet terbaik untuk menunjang kelancaran bisnis online.

Daftar dan tonton webinar Dewatalks