MacOS Mojave (versi 10.14) adalah rilis utama kelima belas macOS, sistem operasi desktop Apple Inc. untuk komputer Macintosh. Produk ini merupakan pengganti macOS High Sierra yang diumumkan di WWDC tahun 2018 lalu tepat pada tanggal 4 Juni dan dirilis ke publik pada 24 September 2018. Membawa sejumlah perubahan penting terhadap caramu menggunakan Mac, penggunaan MacOS Mojave sangat layak dipertimbangkan.

Sudah memutuskan untuk menggunakan MacOS Mojave dan ingin melakukan instalasi? Jangan sampai salah. Ketahui cara instalasi yang benar berikut ini!

Mulai dengan memastikan Mac-mu kompatibel dengan MacOS Mojave

Kamu bisa melakukan update ke MacOs Mojave dari OS X Mountain Lion atau OS yang lebih baru pada sejumlah model Mac berikut. Mac-mu juga harus mempunyai setidaknya 2GB memori dan 12,5GB ruang penyimpanan yang tersedia, atau hingga 18,5GB ruang penyimpanan saat meningkatkan dari OS X Yosemite atau OS yang lebih lama.

Berikut daftar lengkap model Mac yang didukung yang dapat di-upgrade ke MacOS Mojave:

  1. MacBook Pro pertengahan 2012 atau lebih baru
  2. iMac akhir 2012 atau yang lebih baru
  3. MacBook Air pertengahan 2012 atau lebih baru
  4. Mac Pro akhir 2013 atau lebih baru, dan model pertengahan 2010 dan pertengahan 2012 dengan GPU Logam
  5. MacBook 2015 atau lebih baru
  6. semua model iMac Pro
  7. Mac Mini akhir 2012 atau lebih baru

Lakukan backup

Setelah memastikan Mac-mu kompatibel, selanjutnya kamu perlu melakukan backup file. Untuk memastikan keamanan sejumlah file penting yang tidak bisa diganti, pastikan kamu mengirimkannya ke Cloud, Dropbox, iCloud, dan OneDrive. Selain itu, kamu juga membuat hard copy di flash drive atau hard drive eksternal. Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena proses upgrade ini bisa membawa risiko bug yang tidak muncul hingga kamu melakukan instalasi. Jadi, melakukan backup file sebelum proses instalasi merupakan langkah pertama yang tepat

Download dan lakukan proses instalasi

Setelah berbagai file penting dalam Mac-mu sudah dibackup, kamu dapat melanjutkan proses download dan instal MacOS Mojave melalui App Store. Proses download dan instalasi mungkin memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada kecepatan internet yang kamu gunakan serta sistem kamu yang mungkin perlu memulai ulang untuk menyelesaikan tahapan instalasi. Jadi, pastikan kamu menyimpan file yang sedang kamu kerjakan agar tersimpan dan tidak hilang.

Berikut beberapa langkah download dan instalasi MacOS Mojave yang bisa kamu lakukan:

  • Buka Mac App Store

Kamu dapat membuka Mac App Store dengan mengklik ikon Apple yang berada di sudut kiri atas layar Mac dan kemudian pilih App Store. Cara lainnya adalah Anda bisa mengklik ikon Mac App Store di dok Mac atau melakukan navigasi ke folder aplikasimu.

  • Cari MacOS Mojave di Mac App Store

Proses pencarian ini bisa kamu lakukan dengan mengetikkan “Mac OS Mojave” pada bilah pencarian yang tersedia di App Store.

  • Download Mojave

Download Mojave dengan mengklik tombol download. Software tersebut akan tersimpan otomatis ke folder aplikasimu. Saat Mojave dalam proses download, pastikan kamu memeriksa beberapa fitur baru yang akan segera akan kamu dapatkan dengan memeriksa out initial impressions of the OS/tayangan awal OS kami.

  • Selesaikan proses download

Pemasang akan secara otomatis diluncurkan setelah proses download selesai. Jika sudah selesai, klik “lanjutkan,” terima syarat dan ketentuan, dan ikuti wizard di layar untuk menginstal dan memperbarui Mac-mu ke MacOS Mojave.

  • Restart komputer

Setelah proses instal selesai, kamu akan diminta untuk melakukan restart. Setelah Mac-mu menyala kembali, kamu telah secara resmi menggunakan MacOS Mojave. Selamat!

 

Nah, itulah informasi mengenai cara instalasi MacOS Mojave yang benar yang harus kamu ketahui. Pastikan jangan sampai salah agar kamu dapat merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkan MacOS Mojave dengan maksimal.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia