Begini Cara Membuat Rich Snippet di WordPress

Snippet bisa di-artikan penggalan/potongan beberapa baris teks yang muncul dibawah setiap daftar hasil pencarian mesin pencari SERP ( search engine ) sesuai dengan keyword tertentu yang di tulis user/pengunjung Internet pada kolom search-pencarian. Kata Rich, harfiahnya adalah Kaya – dalam bahasa Indonesia dan bisa diartikan mempunyai nilai lebih/tambahan.

Pengertian Rich Snippet

Intinya pengertian dari Rich Snippet adalah potongan beberapa baris text yang mempunyai nilai lebih (informasi tambahan) yang ditampilkan di setiap hasil pencarian mesin pencari SERP berdasarkan permintaan pengunjung, serta sesuai dan masih Relevan/berhubungan dengan apa yang mereka tulis pada kolom pencarian. Nilai lebih yang dimaksud bisa tentang (review) rating, tanggal, author, produk, file audio, video dan lain-lain.

Menerapkan cara membuat Rich Snippet di WordPress ini memungkinkan kamu untuk memiliki daftar pencarian kustom untuk konten khusus seperti ulasan, resep, peristiwa, dll. Sistem ini memberikan pemilik situs cara lain untuk berkomunikasi dengan mesin pencari. Data terstruktur memungkinkan mesin pencari untuk melihat berbagai jenis konten di situs yang dimiliki, dan menggunakan Rich Snippet untuk menampilkan informasi tambahan dalam hasil pencarian.

Adanya informasi tambahan dalam hasil pencarian ini membuat domain website dan daftar artikelmu lebih terlihat dalam pencarian, yang berarti lebih banyak lalu lintas organik untuk situsmu. Hal tersebut juga membantumu membangun otoritas pada niche, menjadikan situsmu menjadi lebih terlihat dalam pencarian.

Cara Membuat Rich Snippet di WordPress

Rich Snippet ini bukan hanya untuk ulasan atau resep. Kamu bisa menggunakan Rich Snippet untuk acara, produk, orang, video, musik, aplikasi, artikel, posting blog, dll. Mari kita lihat bagaimana cara membuat Rich Snippet di WordPress.

Menambahkan Rich Snippet di WordPress Menggunakan sebuah Plugin

Cara-membuat-rich-snippet-di-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Mengelola sistem ini secara manual terkadang menjadi hal sulit bahkan bagi pemilik situs berpengalaman. Namun kamu tak perlu khawatir, ada beberapa plugin WordPress yang akan menjadikannya sangat mudah bagi kamu untuk menambahkan Rich Snippet di postingan WordPress.

Cara membuat Rich Snippet di WordPress yang pertama harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin All In One Schema Rich Snippet. Apabila selesai aktivasinya, untuk melanjutkan cukup dengan mengklik pada menu ikon Rich Snippet di sidebar. Kamu akan dapat melihat jenis konten yang berbeda yang bisa dibuat dengan plugin itu.

Cara membuat Rich Snippet di WordPress ini ialah dengan mengklik pada setiap jenis konten yang menunjukkan pada bidang yang tersedia ketika pengguna menulis artikel/halaman atau postingan kustom. Sekarang kamu bisa membuat posting artikel baru atau mengedit yang sudah ada. Tepat di bagian bawah post editor, kamu akan melihat kotak meta baru berlabel Configure Rich Snippet. Di dalamnya, kamu akan melihat menu drop down di mana kamu dapat memilih jenis konten yang sedang kamu kerjakan.

Memilih Tipe Konten

Cara membuat Rich Snippet di WordPress berikutnya ialah memilih tipe konten. Cara ini menampilkan Rich Snippet yang harus kamu isi. Kamu dapat memilih jenis konten artikel, dan berupa nama artikel, penulis, deskripsi singkat, dan gambar artikel. Kemudian kamu dapat mengubahnya ke resep, acara, atau apa pun jenis konten yang kamu buat dan selanjutnya diisi. Kamu tidak harus menambahkan semua kolom tetapi hanya beberapa kolom saja yang diperlukan oleh Google untuk menampilkan Rich Snippet. Kamu jangan lupa untuk menyimpan postingan untuk menyimpan data Rich Snippet.

Baca Juga : Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Memasang Rich Snippet Secara Manual di WordPress

Cara-membuat-rich-snippet-di-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Cara membuat Rich Snippet di WordPress yang lainnya yaitu dengan memasang Rich snippets secara manual. Data markup terstruktur dapat ditulis dalam tiga kosa kata yang berbeda. Kosakata yang di maksud adalah microdata, RDFa, dan JSON-LD. Kamu juga dapat menggunakan salah satunya di situs yang kamu miliki. Tetapi, kebanyakan pemula memakai RDF agar lebih mudah. Apabila kamu sudah familiar dengan HTML, maka kamu dapat dengan mudah memahaminya.

Pada setiap jenis konten ada beberapa karakter khusus yang perlu didefinisikan. Schema.org adalah organisasi yang membantu mengelola standar bagi jenis konten yang berbeda. Kamu akan menemukan dokumentasi yang lengkap beserta contoh-contoh untuk setiap tipe konten pada situs web mereka.

Jika kamu secara manual menambahkan Rich Snippet dalam posting WordPress, maka kamu harus menggunakan Text Editor sehingga kamu dapat menulis sesuai dengan markup yang diperlukan. Kamu juga mungkin perlu merujuk sumber daya data terstruktur pada Pengembang Google untuk memahami sifat-sifat yang diperlukan untuk tipe konten.

Menguji Rich Snippet

Selanjutnya ialah kamu perlu menguji Rich Snippet. Google dan mesin pencari lainnya mungkin tidak segera mengetahui Rich Snippet milikmu atau menunjukkannya dalam hasil pencarian. Kamu hanya perlu mengunjungi alat pengujian struktur data Google. Kamu dapat memasukkan URL posting situsmu. Klik pada tombol Fetch & Validate untuk meninjau markup-nya.

Memperhatikan Format Penulisan Rich Snippet

Cara-membuat-rich-snippet-di-wordpress

Format penulisan Rich Snippet bisa memakai Microdata, Microformat atau RDFa. Tujuannya agar bisa dibaca dan ditampilkan oleh Google, Yahoo dan Bing (konvensi 2011-2012), pada umumnya Protokol Standard yang digunakan untuk pembacaan struktur data web (HTML) adalah schema.org. Jika Facebook menggunakan Open Graph sebagai protokol.

Pada cara membuat Rich Snippet di WordPress yang ini didalamnya terdapat scope ‘Review’ yang bisa kamu ganti sesuai relevansi isi konten. Google mengijinkan tipe scope untuk konten yang lain seperti, people, products, businesses and organizations, recipes events, music termasuk markup/penandaan untuk konten video (video content). Item dari setiap scope tersebut dapat kamu baca detailnya di situs schema.org.

Pemasangan Rich Snippet (item scope atau review apapun) akan memberi nilai lebih untuk internet marketing, karena memberi warna beda pada tampilan hasil pencarian di SERP. Perilaku pengguna per tahun 2012 lebih menyukai sesuatu yang berbeda. Namun perlu diingat meskipun kamu sudah memasang Rich Snippet, kekuatan posisi artikel di SERP tetap tergantung pada SEO On Page Artikel itu sendiri. Bila tidak mempunyai pengetahuan tentang SEO, tetap saja Artikel (Blog) tersebut biasa saja.

Baca Juga: On-Page SEO: Anatomi Web Page Yang Optimal

Kesimpulan

Cara membuat Rich Snippet di WordPress ini sangat perlu agar nantinya pengunjung/visitor saat mencari artikel di mesin pencaharian Google, tertarik mengunjungi blog kamu karena di daftar/list SERP Google terlihat mencolok sekali di atas deskripsi artikel ditampilkan rating ber-tanda bintang. Rating bintang atau star rating inilah yang merupakan Informasi tambahan untuk artikel di SERP.

Itulah beberapa cara membuat Rich Snippet di WordPress yang bisa kamu coba. Adanya pembuatan Rich Snippet ini tujuannya agar kamu bisa membuat artikel dengan pengunjung yang lebih banyak. Pengunjung akan lebih tertarik dengan artikelmu bila memasang Rich Snippet.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia