Bagi seorang Blogger, istilah spoiler mungkin sudah tidak asing lagi. Meskipun sudah mengerti spoiler, ternyata masih ada beberapa Blogger yang belum mengetahui cara membuat spoiler di WordPress.

Untuk memudahkan kamu membuat spoiler, pada artikel ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat spoiler di WordPress, yaitu menggunakan Plugin dan secara manual menggunakan Code Script. Tentu saja hal ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula sekalipun.

Apa Itu Spoiler?

Sebelum membahas beberapa cara membuat spoiler di WordPress, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu arti dan kegunaan spoiler. Hal ini cukup penting, agar kamu semua dapat memahami arti dan kegunaannya dengan baik sebelum bisa mempraktikkan sendiri membuatnya.

Spoiler atau beberan yaitu tulisan atau keterangan mengenai suatu cerita yang membeberkan jalan cerita tersebut. Membaca beberan dari suatu cerita bisa menyebabkan berkurangnya kesenangan membaca cerita itu. Karena kesenangan membaca sebuah cerita itu biasanya tergantung pada dramatisasi atau ketegangan yang akan ditimbulkan oleh cerita tersebut. Biasanya dalam media massa maupun internet, biasanya beberan itu disembunyikan dengan cara tertentu. Sehingga hanya akan terbaca oleh para pembaca yang ingin melihat beberan tersebut.

Dalam istilah Blogger maka spoiler itu sering diartikan sebagai sebuah cara untuk menyembunyikan seluruh atau sebagian isi dari postingan. Hal ini dengan tujuan untuk menghemat space halaman posting atau untuk membuat para pembaca menjadi merasa lebih penasaran. Biasanya untuk yang disembunyikan dalam spoiler yaitu berupa text maupun gambar.

Kamu pasti pernah melihat beberapa contoh spoiler pada postingan blog. Banyak terdapat di forum-forum ataupun website yang pengunjungnya banyak. Kamu pasti juga tertarik untuk mengetahui cara membuat spoiler di WordPress. Jika kamu belum tahu spoiler, inilah beberapa contohnya :

[spoiler show=”1.Contoh Spoiler Teks”]seperti inilah contoh spoiler teks pada postingan[/spoiler]

[spoiler show=”2.Contoh Spoiler Gambar”]cara membuat spoiler di WordPress[/spoiler]

[wpspoiler name=”3.Contoh Spoiler Teks” style=”wpui-android”]sepertiinilah contoh spoiler teks pada postingan[/wpspoiler]

[wpspoiler name=”4.Contoh Spoiler Gambar” style=”wpui-android””]cara membuat spoiler di WordPress[/wpspoiler]

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Dibawah ini ada beberapa penjelasan cara membuat Terdapat 2 cara membuat spoiler di blog WordPress dengan mudah.

Baca Juga : Plugin Popup WordPress Terbaik di Tahun 2019

Menggunakan Plugin

Cara membuat spoiler di WordPress yang pertama ini jelas merupakan cara termudah untuk membuat spoiler. Di Blog WordPress Self Hosting, kamu telah disediakan banyak plugin sebagai alat bantu. Nah kamu tinggal install lalu setting plugin tersebut kemudian tinggal menggunakannya.

Ada beberapa pilihan plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat spoiler di WordPress.  Namun disini hanya dijelaskan 2 plugin spoiler saja untuk kamu semua.

Advanced Spoiler

Plugin> Add New> Cari dan kemudian silahkan ketik Advanced Spoiler> Klik Install lalu Aktifkan. Atau kamu bisa langsung download plugin Advanced Spoiler.

Setelah terinstall dan aktif, maka silahkan klik Setting kemudian Advanced Spoiler. Lakukanlah setting sesuai yang kamu inginkan. Agar lebih mudah, maka disarankan untuk langsung mencobanya sehingga terlihat hasilnya.

Lihatlah gambar dibawah ini

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress
[Foto: Aink.web.id]
Untuk bisa memasang di postingan kamu, maka gunakan Mode Visual pada post editor kamu. Maka secara otomatis sudah terpasang tool Advanced Spoiler. Jadi tahapan cara membuat spoiler di WordPress kamu bisa dimulai.

Untuk bisa menggunakannya, silahkan tulis kalimat yang ingin kamu tampilkan kemudian silahkan blok tulisan tersebut tadi. Selanjutnya klik Tool Advanced Spoiler tersebut. Disana akan terbuka satu jendela baru, lalu silahkan sesuaikan dengan keinginan kamu. Saat kamu ingin melihat hasilnya, maka silahkan klik Preview.

Seperti gambar di bawah ini

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress
[Foto: Aink.web.id]
Dan kemudian silahkan kamu lihat hasilnya. Lakukan kembali beberapa setting di atas sesuai yang kamu inginkan nanti ketika tampil pada postingan.

Plugin WP UI – Tabs, Accordions, Sliders

Cara membuat spoiler di WordPress yang kedua dengan menggunakan plugin WP UI. Sebelumnya slahkan kamu Download Pluginnya. Seperti biasa, kemudian Install lalu aktifkan. Setting plugin di menu Settings lalu WP UI.

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress
[Foto: Aink.web.id]
Sesuai dengan titlenya, maka plugin ini mempunyai sebuah fitur yang cukup lengkap. Kalau bisa dibilang, plugin ini sangat kaya fitur dan tentu saja terlihat sangat keren. Kamu bisa menyesuaikan keinginan dengan menggunakan beberapa fitur di dalamnya. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat tab, accordions dan slider dengan menggunakan plugin ini.

Kamu bisa mengatur sesuai yang kamu inginkan. Dan juga sekaligus kamu bisa melihat demonya secara langsung melalui menu Setting Style. Cara membuat spoiler di WordPress selanjutnya untuk bisa memasang di postinganmu, maka gunakanlah mode text pada post editormu.

Maka secara otomatis disana sudah ada Add Tabs, Wrap Tabs, Spoiler dan dialog. Untuk itu kamu tinggal klik dan pop up akan otomatis muncul. Kemudian isi sesuai dengan yang ingin kamu tampilkan.

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress
[Foto: Aink.web.id]
Selanjutnya klik Spoiler untuk menampilkan pop up dialog.

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress
[Foto: Aink.web.id]
Silahkan kamu coba sendiri untuk dapat hasil spoiler yang kamu inginkan. Gunakanlah fitur lengkap WP UI dengan sebaik mungkin agar hasil spoiler yang kamu inginkan bisa tampil dengan baik juga. Inilah cara membuat spoiler di WordPress dengan menggunakan metode plugin.

Secara Manual Menggunakan Code Script

Cara membuat spoiler di WordPress ini juga mudah untuk kamu lakukan. Namun agak sedikit ribet karena disini harus memasukkan code script pada postinganmu. Hanya saja, untuk cara membuat spoiler pada posting WordPress dengan menggunakan code script ini, ternyata masih banyak dan masih juga sering dilakukan oleh para blogger.

Dalam membuat spoiler di WordPress dengan script, maka masukan code di mode Teks/HTML. Hal ini dilakukan jika kamu ingin ditempatkan pada postingan atau halaman. Namun jika kamu ingin menempatkan spoiler di widget atau sidebar, maka tinggal tempatkan code pada Widget Teks.

Kira-kira seperti pada gambar yang ada di bawah ini

begini-cara-membuat-spoiler-di-wordpress

Disini kamu hanya tinggal copy dan paste script yang nanti akan dibagikan untuk kamu ke dalam posting atau halaman website. Tapi ingatlah, paste code scriptnya dalam mode text/HTML

Dan inilah code scriptnya, yaitu

Cara membuat di WordPress berikutnya yaitu terdapat 3 script pilihan untuk spoiler dan silahkan kamu pilih salah satunya atau kamu bisa mencobanya satu per satu.

[wpspoiler name=”Code Script” style=”ui-darkness”][otw_shortcode_button href=”https://drive.google.com/open?id=0B6cJLNQOh3fRTC1SMU4tUFBMRUk” size=”medium” icon_position=”left” shape=”radius”]DOWNLOAD[/otw_shortcode_button][/wpspoiler]

Cara ke dua ini juga bisa kamu terapkan pada Blogspot. Untuk hal ini kamu memang harus lebih banyak lagi mempelajari tentang cara membuat spoiler.

Inilah beberapa cara membuat spoiler di WordPress. Cara ini sebenarnya cukup mudah kamu lakukan asal kamu bisa mempelajarinya dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kamu dapatkan salah satunya lewat artikel ini. Pada kesempatan kali ini kamu bisa mengenal 2 cara membuat spoiler di blog WordPress. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia