Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri Dewaweb

Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri

Saat ini, social media sudah “menguasai” kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, social media juga digunakan sebagai platform marketing dan keperluan bisnis lainnya.

Facebook, Twitter, dan Instagram adalah tiga platform social media yang paling banyak mendatangkan traffic ke website sebuah bisnis. Tetapi Anda pasti tahu bahwa ketiga social media ini memiliki aturan dan keterbatasan yang bisa membatasi ruang gerak sebuah bisnis. Contohnya, algoritma baru Facebook yang kemungkinan akan memberi dampak negatif pada bisnis.

Jika Anda merasa social media yang tersedia membatasi ruang gerak Anda, sebenarnya Anda bisa membuat social media Anda sendiri. Di luar sana, sudah ada banyak content management system atau CMS yang bisa digunakan untuk membuat social media atau social networking sites Anda sendiri.

Kenapa Membuat Social Media Anda Sendiri?

Seiring populernya social media, organisasi sering kali ingin menciptakan pengalaman yang lebih branded dan terkontrol untuk target mereka. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah membangun social media mereka sendiri.

    • Membangun komunitas untuk bisnis Anda sendiri

Interaksi antara bisnis dan pelanggan serta interaksi antar pelanggan bisa mempengaruhi bisnis Anda. Dengan social media Anda sendiri, Anda bisa menciptakan user experience yang branded dan lebih terkontrol.

Semua kegiatan yang ada pada social media Anda sendiri bisa focus kepada brand Anda dan Anda bisa mengenal pelanggan Anda dengan lebih baik. Dengan komunitas yang tertarik dengan hal yang sama, komunikasi antara bisnis dan pelanggan bisa jadi lebih terbuka.

Baca juga: 4 Strategi dalam Melakukan Social Media Marketing

    • Anda bisa menciptakan user experience yang lebih personal

Dengan social media Anda bisa menciptakan user experience yang lebih personal bagi pelanggan Anda. Anda bisa menjawab pertanyaan mereka secara langsung. Selain itu dengan interaksi personal ini, Anda bisa mengerti apa yang pelanggan Anda butuhkan. Dengan begitu bisnis Anda bisa ikut berubah agar tetap relevan dan beradaptasi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

    • Komunikasi yang lebih mudah dan jelas

Dengan adanya social media Anda sendiri, Anda bisa membuat sebuah platform dimana Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan Anda dengan langsung, mudah, dna jelas. Selain itu, komunikasi juga bisa menjadi lebih natural karena seluruh pengguna social media Anda pasti mengerti konteks pembicaraan Anda di social media tersebut. Mereka juga bisa secara langsung memberi opini dan saran jika dibutuhkan.

    • Anda bisa lebih focus dengan pelanggan Anda

Kenyataanya, orang-orang masih memiliki kebutuhan akan lingkungan online spesifik yang mengumpulkan individu yang berpikiran sama dengan satu tujuan, sasaran, atau industri. Social media mainstream memang sudah memperhatikan kurangnya lingkungan seperti itu, namun tampaknya solusinya tidak memuaskan bagi beberapa bisnis dan industri yang membutuhkan ruang khusus. Untuk dapat memecahkan masalah mereka sendiri, masyarakat yang kuat membutuhkan kapasitas untuk menciptakan peluang.

Social media yang sudah terkenal tidak dapat memaksakan rasa “memiliki”. Alasannya terletak pada kenyataan bahwa rasa memiliki tidak selalu dicapai melalui berbagi pengalaman umum namun melalui kontribusi yang berarti. Di sinilah social media Anda sendiri bisa menjadi solusi.

Dengan fitur khusus yang dibangun untuk tujuan tertentu, social media sebuah bisnis dapat memberikan peluang besar untuk konektivitas dan pembangunan komunitas. Selain itu, komunitas individu yang berpikiran memiliki kemampuan untuk berbagi pengetahuan. Semakin Anda mempromosikan kontribusi yang berarti, semakin baik Anda dapat mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis atau industri Anda.

Baca juga: Social Media Marketing 101 Untuk Bisnis Anda

    • Meningkatkan engagement

Membangun social media Anda sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan engagement. Engagement dengan pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa dipaksa. Tetapi dengan social media Anda sendiri, Anda bisa mendorong percakapan dengan postingan-postingan yang lebih personal.

Jika Anda tahu apa yang mereka butuhkan dan inginkan, Anda bisa membuat konten yang mendorong engagement. Dengan konten-konten tersebut, Anda juga bisa membuat pengguna social media Anda merasa terlibat untuk berbagi pengetahuan dan beinteraksi dengan pengguna lain. Inilah engagement yang sebenarnya dicari oleh banyak brand.

Dengan memperhatikan kebutuhan pengguna yang spesifik, komunikasi dan gagasan mereka, social media sebuah perusahaan dapat membantu seluruh budaya, kolaborasi, dan hubungan masyarakat, perusahaan atau organisasi.

CMS Untuk Membuat Social Media

Berikut ini adalah beberapa content management system atau CMS yang memang dibuat khusus untuk membantu Anda semua membuat social media Anda sendiri:

SocialEngine

Social Engine

SocialEngine didirikan pada tahun 2007 oleh Charlotte Genevier dan Alex Benzer. Pada awalnya, CMS yang sekarang sudah menjadi open source ini dibuat untuk membantu bisnis membuat platform social networking mereka sendiri.

Sistem ini mengatakan bahwa mereka tidak membatasi kustomisasi, analysis yang lengkap, system keamanan yang kuat, dan anti-spam. Jika Anda ingin memanfaatkan SocialEngine, mereka memberi dua pilihan, yaitu:

    • SocialEngine PHP

Pilihan yang satu ini dirancang untuk di download dan digunakan dengan format yang dibuat oleh user itu sendiri. Lisensi penggunaan yang Anda dapat merupakan tanda bahwa social media yang Anda buat dengan opsi ini adalah milik Anda sendiri. Pilihan ini memberikan analisa respon dari social network platform milik Anda yang lengkap, dalam, dan personal.

Baca juga: Tools: Free Social Media Analytics untuk Blogger & Influencer

    • SocialEngine Cloud

Pilihan yang satu ini bisa dibilang lebih mudah untuk dibuat karena proses setup-nya bisa dibilang instan. Selain itu SocialEngine Cloud juga menawarkan fitur integrase social meskipun pilihan ini tidak se-fleksibel versi PHPnya. Anda tidak bisa bebas mengkustomisasi social media Anda. Analisa yang mereka berikan juga tidak selengkap dan sedalam analisa yang mereka berikan di SocialEngine PHP.

Keuntungan terbesar yang bisa Anda dapatkan dari SocialEngine adalah fitur kustomisasinya. Selain itu SocialEngine juga memberikan Anda kepemilikan penuh atas data yang dimasukkan ke social media yang Anda buat. Meskipun SocialEngine meng-host platform dimana social media tersebut dibuat, semua konten, di samping jaringan itu sendiri, menjadi milik penggunanya.

Tetapi SocialEngine juga memiliki kekurangan. Salah satu isu yang sering dibahas tentang SocialEngine adalah ada banyak plugin pihak ketiga yang tidak kompatibel dengan platform ini. Oleh karena itu, meskipun SocialEngine bisa dikustomisasi, ketidakmampuan SocialEngine untuk diintegrasikan dengan plugin dari pihak ketiga bisa menjadi kekurangan yang signifikan. Meski begitu, ada laporan bahwa SocialEngine sedang berusaha untuk memperbaiki masalah ini karena banyak penggunannya yang complain.

phpFox

Di bulan Januari 2018, phpFox merilis update terbaru dan terbesarnya yaitu phpFox 4.6.0. Ini bisa menjadi tanda bahwa CMS yang satu ini terus mengupdate platformnya unuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Di dunia teknologi, percuma jika sebuah software dibilang bagus tetapi mereka tidak meng-update softwarenya agar tetap memenuhi kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Ini menjadi salah satu alasan kenapa phpFox bisa terus berkembang. Mereka focus untuk mengembangkan software yang relevan. Anda bisa melihat ini dari desain website dan platform mereka. phpFox menyediakan demo gratis yang memperbolehkan calon pembuat social media untuk mencoba layanan basic mereka sebelum mereka membeli lisensi dari social media tersebut.

Baca juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Salah satu hal yang paling menarik tentang CMS yang satu ini adalah keterjangkauan harga, fitur-fitur yang berlimpah, dan interface yang user-friendly. Dengan hanya membayar sekali, Anda bisa memilih kemampuan dan berbagai fitur untuk network Anda – seperti misalnya pilihan untuk membuat fitur video chat.

Fitur yang berlimpah juga membantu Anda membuat sebuah social media yang mudah dikustomisasi. Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah platform yang unik, mudah digunakan, dan memiliki aksesibilitas yang tinggi. Banyak dari fitur ini tersedia di paket mereka yang paling terjangkau. Dengan interface yang user-friendly, tentunya akan mudah bagi Anda dan pengguna social media Anda untuk menggunakan social media tersebut.

Sayangnya, phpFox masih kurang baik dalam hal customer service. Jika Anda menghubungi perusahaan untuk meminta bantuan, Anda perlu membayar untuk layanan tersebut. Bahkan jika Anda sudah menggunakan paket mereka yang paling mahal.

Selain itu, Anda hanya bisa menghubungi mereka untuk meminta support atau bantuan pada jam kerja. Ini tentunya tidak nyaman karena jika Anda tinggal di zona waktu yang berbeda, atau menemukan masalah di akhir minggu, Anda harus menunggu sampai hari kerja untuk menghubungi phpFox.

Baca juga: Media Sosial : Marketing Bisnis Terbaik?

eXo

eXo pertama kali dimulai pada tahun 2002. Pada awalnya, eXo ingin dijadikan sebagai sebuah projek open-source. Tetapi karena kerja kerasnya, di tahun 2003, projek ini menjadi sebuah perusahaan sendiri. Fun fact: klien pertama mereka adalah US Department of Defense atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Untuk harganya, eXo dibagi menjadi tiga. Pembagian harga sendiri dibagi berdasarkan jumlah pengguna platform Anda. Paket yang pertama adalah Professional Plan, dimana 200 user bisa menggunakan social media yang Anda buat.

Pilihan kedua adalah Enterprise Plan, yang melayani sampai 1,000 pengguna. Paket ketiga adalah Enterprise Plus. Paket ini tidak membatasi jumlah pengguna social media yang Anda buat. eXo sering disebut sebagai content management system (CMS) yang sangat bagus dengan tools yang mendukung aktifitas social, dan mudah dikustomisasi.

eXo memiliki reputasi sebagai platform yang lengkap karena mereka sudah menyempurnakan keseimbangan antara kemampuan bersosialisasi dan berkolaborasi. Meskipun mereka memiliki add-ons dan fitur eksklusif yang bisa dengan mudah diintegrasikan ke social network user, programming open-source.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Sehingga memberikan users kemudahan untuk membangun network mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri. Selain itu, customer service mereka juga selalu siap membantu dengan respons yang cepat dan detail tanpa perlu membayar biaya apapun.

Satu-satunya kelemahan sebenarnya yang dimiliki eXo dalam skala luas, adalah karena tawaran yang mereka berikan sangat banyak, terkadang beberapa fitur yang lebih besar dapat memperlambat jaringan. Meskipun hal ini memungkinkan untuk diperbaiki, kelengkapan jaringan open source yang benar bisa mempersulit pengguna baru untuk menavigasinya.

BoonEx

boonex dolphin

BoonEx pertama kali didirikan pada tahun 2001 oleh Andrew dan Julia Boon. Awalnya, pasangan ini hanya memfokuskan diri untuk membuat software untuk komunitas. Tetapi selama satu dekade ini, perusahaan ini berubah menjadi sebuah platform CMS social media yang bagus.

Produk utama perusahaan ini lebih dikenal dengan nama Dolphin. Dengan nama lengkap BoonEx Dolphin, platform ini sudah melewati empat update besar dan versi terbarunya disebut Dolphin Pro.

BoonEx dipuji karena bisa bertahan dalam ujian waktu dan memperbarui softwarenya agar tetap relevan. Beberapa kelebihan unik untuk sistem ini adalah iklan keanggotaan, kemampuan untuk membuat blog tepat di platform dan kemampuan untuk mengumpulkan pembayaran.

Ruang iklan mereka bisa diisi oleh para pengguna social media untuk iklan mereka sendiri. Ini membuat jaringan tetap berkembang. Sementara perancang jaringan individu semakin diperhatikan di platform yang sudah mereka gunakan.

Selain dapat disesuaikan sepenuhnya, baik untuk template maupun konektivitas media sosial, BoonEx juga memungkinkan perancang jaringan untuk merencanakan dan menyajikan konten mereka sendiri. Anggota bisa dengan mudah menambahkan dan memperbarui blog ke jaringan mereka, membuat RSS Feed khusus dan bahkan berbagi dokumen.

Ketiga, BoonEx memungkinkan pengguna jaringan mengumpulkan pembayaran melalui jaringan sosial mereka. Pilihan pembayaran ini mudah untuk dibuat, terutama untuk amal atau gagasan serupa lainnya, terlihat rapi dan profesional. Untuk beberapa jaringan, ini bisa mengubah keseluruhan cara mereka beroperasi, hanya dengan kemudahan dibayar melalui social media yang mereka ciptakan.

Masalah yang sering dibahas tentang platform ini adalah kurangnya pilihan untuk fungsi tertentu, seperti template. Sementara mereka memiliki pasar yang sedikit membantu mengatasi masalah itu, harus membayar sesuatu yang sederhana seperti template, ketika seorang networker yang sudah membayar keanggotaan bisa jadi mengganggu.

Baca juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

NING

NING dimulai pada tahun 2004 dan sudah menjadi salah satu platform CMS utama di industri ini. Perusahaan ini menawarkan desain drag and drop yang mudah disesuaikan yang benar-benar terintegrasi secara sosial, mobile, dan disempurnakan dengan fitur SEO dan analytics terbaru.

Meskipun mereka adalah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, strategi globalisasi mereka tepat sasaran, dengan kemampuan untuk membaca konten situs web mereka dalam enam bahasa yang berbeda.

NING memiliki reputasi sebagai content management system social media yang mudah digunakan. Konten-konten yang ada pada social media yang dibuat dengan NING juga cenderung mendapat ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google. Selain itu, platform NING juga mudah untuk dimonetisasi.

Platform NING terkenal sebagai plaform yang mudah digunakan dan mulus dalam penyesuaiannya. Platform ini selalu berusaha untuk menjaga relevansinya dan mencapai tujuan ini melalui aplikasi, banyak fitur dan keterjangkauan harga.

Kedua, NING memfokuskan upayanya untuk tetap memahami SEO, yang membantu konten bagi semua pengguna platform agar bisa mendapat ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google.Ini berguna, baik bagi para networkers berpengalaman dan mereka yang masih berusaha membangun basis pengguna mereka.

Memang tidak ada content management system yang sempurna. Meski memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa keluhan di kalangan pengguna.

Yang pertama adalah bahwa walaupun paketnya terjangkau, mereka memiliki bandwidth terbatas, yang jika dilampaui oleh networker, mereka harus mengupgrade paket mereka. Hal ini cenderung membuat frustrasi para pengguna NING.

Kedua, karena situs NING terintegrasi dengan masing-masing jaringan sosial di platform, ada kemungkinan spam yang lebih tinggi. Untuk memperbaiki situasi ini, NING membatasi jumlah permintaan teman yang bisa dikirim jaringan menjadi lima puluh. Ini membantu sedikit tapi tetaps aja ada networker yang sudah resmi bergabung yang merasa terganggu.

Simpulan

Kesimpulannya, tidak ada platform CMS dalam daftar ini yang tentunya lebih baik dari yang lain. Sebelum Anda memilih CMS untuk membuat social media, Anda perlu tahu apa saja yang Anda butuhkan dan inginkan. Setiap content management system untuk membuat social media bisa digunakan untuk bisnis apa saja.

Semuanya akan tergantung pada apa yang Anda butuhkan dan inginkan untuk social media bisnis Anda. Bagaimanapun, setiap bisnis itu berbeda dan oleh karena itu, Anda pantas memilih platform untuk membuat social media yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Semoga daftar ini menjelaskan beberapa pilihan yang tersedia dan memudahkan Anda untuk membuat keputusan!