dewaweb-blog-bing-webmaster-tools

Bagi Anda yang punya website, SEO pasti menjadi salah satu hal yang sangat Anda perhatikan. Sekarang, sudah banyak online SEO tools yang dapat membantu Anda memantau dan memperbaiki SEO website Anda. Salah satu di antaranya adalah Bing Webmaster Tools.

Apa itu Bing Webmaster Tools?

Sesuai dengan namanya, Bing Webmaster Tools adalah sebuah tools SEO untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools bekerja seperti Google Webmaster Tools tetapi untuk Bing. Google memang merupakan search engine paling terkenal dan paling banyak digunakan. Tetapi data menunjukkan bahwa Bing juga semakin banyak digunakan.

Bing Webmaster Tools juga merupakan layanan gratis oleh Microsoft yang dibuat khusus untuk webmasters. Tools ini memberikan laporan lengkap tentang SEO website Anda.

Cara Mendaftar dan Verifikasi Bing Webmaster Tools

Di bagian ini, kami akan membahas bagaimana cara menggunakan Bing Webmaster Tools. Mulai dari cara mendaftar sampai bagaimana cara membaca laporan dari tools SEO satu ini.

Sebelum Anda memulai, Anda akan memerlukan akun Bing dulu. Jika Anda belum memiliki akun Bing Webmaster Tools, Anda bisa sign up dulu. Mereka menawarkan Anda untuk sign up melalui 3 pilihan; akun Microsoft, akun Google, atau akun Facebook. Pilih salah satu dan kemudian daftarkan diri Anda.

Mendaftarkan website ke Bing Webmaster Tools

Setelah Anda mendaftar akun, Anda akan langsung melihat tampilan seperti di bawah ini :

bing-webmaster-tools-daftar-akun-dewaweb

Anda tinggal memasukkan URL website Anda ke kotak yang telah disediakan. Setelah Anda memasukkan URLnya, klik tombol “Add”. Dari situ, Anda akan diarahkan ke layar dimana Anda perlu memasukkan informasi tentang website Anda dan URL sitemap website Anda.

Verifikasi website

Sebelum Anda bisa mulai me-maintain website Anda dan melihat data-datanya, Anda perlu memverifikasi website Anda terlebih dahulu. Setelah Anda menambahkan website, Anda akan melihat pilihan Verify Now . Anda bisa memverifikasi website Anda dengan tiga pilihan verifikasi.

Verifikasi pertama menggunakan XML File Verification , dimana Anda perlu mendownload file BingSiteAuth.xml dan meletakkanya di root directory website Anda.

Pilihan kedua adalah dengan memperbolehkan meta tag verification . Anda bisa melakukan ini dengan memasukkan kode yang diberikan Bing ke homepage website Anda.

Pilihan ketiga adalah dengan melakukan DNS verification . Untuk langkah verifikasi ini bisa dibilang lebih teknis dibanding dua metode sebelumnya. Anda akan memerlukan akses ke hosting Anda untuk mengedit record CNAME Anda untuk memegang kode verifikasi Anda.

Setelah proses verifikasi, Anda mungkin perlu menunggu 1-2 hari sampai Bing bisa mengumpulkan dan memberi Anda data lengkap untuk website yang baru saja Anda daftarkan. Selama 1-2 hari ini, Bing akan melakukan indexing dan crawling.

Dewaweb cashback 30%

Cara Menggunakan Bing Webmaster Tools

Jika Anda takut kalau akan ribet menggunakan Bing Webmaster Tools, Anda tidak perlu khawatir lagi. SEO tools satu ini menawarkan interface yang user-friendly dan Anda dapat dengan mudah mengatur beberapa website di satu akun yang sama.

Setelah Anda mendaftarkan dan memverifikasi website Anda, Anda akan melihat website yang sudah Anda masukkan. Anda akan mendapat ringkasan untuk setiap website, termasuk clicks, impression, jumlah halaman yang di-index, dan halaman yang di-crawl.

Dashboard

Site Dashboard memberi Anda gambaran tentang aktivitas terbaru website Anda di Bing; mulai dari daftar sitemaps yang Anda masukkan, organic search keyword yang ranking-nya paling tinggi, inbound links terbaik Anda, dan menu drop down yang berisikan tools untuk mendiagnosis URL Anda. Anda bisa melihat data yang lebih komprehensif di setiap sections ini. Anda juga bisa menggunakan panel navigasi di sebelah kiri untuk membaca laporan lebih jauh.

Configure My Site

Pada bagian ini, Anda akan melihat banyak tools yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi website Anda.

Sitemaps. Sitemap Anda akan memberitahu Bing tentang struktur website Anda. Ini akan membantu mempermudah proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh search engine. Bing mendukung format XML Sitemap, RSS 2.0, Atom 0.3 & 1.0, Yahoo and Bing mRSS, dan text files. Anda bisa memasukkan sitemap ke Bing Webmaster Tools dengan fitur Bing Webmaster Tools’ Sitemaps. Anda bisa memasukkan sitemap website Anda dan melihat informasi sitemap seperti tanggal dimasukkannya, jumlah URL, dan tanggal crawl terakhir. Anda juga bisa memasukkan ulang, menghapus, dan meng-export sitemap di fitur ini.

Submit URLs. Anda bisa meminta Bing untuk meng-crawl ulang halaman tertentu dengan fitur ini. Fitur ini khusus digunakan untuk memasukkan URL yang tidak ada di index Bing atau perlu di-index ulang karena adanya perubahan. Masukkan satu URL setiap baris dan klik submit agar URLnya dievaluasi kembali untuk indexing. Untuk saat ini, fitur ini hanya memperbolehkan 50 URL per bulan. Jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih halaman mana yang ingin Anda crawl ulang. Fitur ini juga dibatasi hanya sampai root domains.

Ignore URL Parameters. URL parameters bisa memabntu Anda untuk melacak user behavior (perilaku pengguna). Tetapi kekurangan dari fitur ini adalah website yang menggunakan fitur ini bisa mendapatkan beberapa URL yang berbeda untuk konten yang sama. Ini bisa menyebabkan masalah duplikat konten dan mempengaruhi SEO website Anda. Tetapi kalau Anda menggunakan Bing Webmaster Tools, Anda tidak perlu khawatir karena Bing memperbolehkan Anda untuk memberi tahu Bing URL mana yang tidak perlu di-crawl. Dengan begitu Anda tidak akan terkena masalah konten duplikat .

Crawl Control Settings. Mesin pencari memang perlu mencari informasi penting dari website Anda, tetapi mereka tidak mau merugikan website Anda saat melakukan itu. Bing memperbolehkan Anda untuk membuat pola crawling dengan fitur Crawl Control . Anda bisa memilih dari beberapa setting-an yang tersedia atau Anda bisa mengatur setting Anda sendiri. Bing biasanya akan memilih settingan terbaik untuk website Anda, tetapi Anda juga bisa mengatur ini secara manual.

Deep Links. Bing memiliki fitur yang hampir sama dengan sitelink Google yang disebut dengan nama Deep Links. Deep links adalah links yang muncul di bawah hasil pencarian yang memiliki ranking tinggi. Link ini mengarahkan siapa yang mengklik linknya ke sebuah landing page di dalam website. Jadi pada dasarnya, deep links dapat memberikan visibilitas lebih tinggi di halaman hasil pencarian dengan menawarkan pilihan konten yang lebih banyak bagi user. Meskipun Anda tidak bisa mengatur Deep Linksnya sendiri (mereka diatur langsung oleh Bing; sesuai dengan konten apa yang mereka anggap penting), Anda bisa block beberapa URL agar tidak di deeplink di halaman hasil pencarian. Semua deep link yang Anda masukkan akan di block selama 90 hari, tetapi Anda bisa menambah waktu blokir secara manual. Semua deep link bisa dihilangkan dengan menggunakan tombol delete, tetapi ini mungkin akan mengubah hasil pencarian. Informasi deep link sendiri bisa Anda export.

Block URL. Bing memperbolehkan Anda untuk menghapus sebuah halaman atau directory dari index search engine. Setelah Anda memilih sebuah halaman atau direktori, masukkan URL untuk memilih fitur blok. Fitur blok sendiri memiliki dua opsi, yaitu block completely (blok sepenuhnya) atau dari cache. Selain itu, mereka juga memberikan pilihan export. Ini bisa menjadi fitur yang membantu dalam melakukan audit website.

Page Preview

Ketika Bing meng-index sebuah halaman website, Bing akan menampilkan snapshot dari website itu sebagai preview. Fitur ini dapat membantu Anda untuk melihat bagaimana website Anda akan dilihat oleh pengunjung website. Anda tidak bisa memilih image mana yang perlu digunakan sebagai image page preview. Kalau Anda tidak ingin orang lain melihat preview image itu karena ada konten sensitive didalamnya, Anda bisa meminta agar page preview Anda di blok dari hasil pencarian.

Disavow Links

Agar SEO Anda tidak terpengaruh backlink yang tidak bagus, Anda bisa men-disavow link tersebut. Bing Webmaster Tools memiliki fitur disavow links yang akan membebaskan Anda dari backlink-backlink buruk ini. Dengan fitur ini, Anda bisa memberitahu Bing kalau Anda tidak ingin terhubung dengan website-website yang tidak jelas ini. Bing tidak membatasi jumlah link yang bisa Anda disavow.

Connected Pages

Dengan fitur connected pages, Bing membantu brand agar mereka bisa lebih mudah menghubungkan website mereka dengan akun-akun social media mereka. Anda hanya perlu memasukkan URL social media Anda dan pilih verify . Setelah itu, Anda dapat melihat data social media yang terhubung melalui dashboard Bing Webmaster Tools Anda.

Geo-targeting

Jika target audience Anda berada di negara yang berbeda dari local TLD Anda (Misalnya, Anda menargetkan audience Indonesia dengan domain .com dan bukan dengan domain .co.id), atau mungkin ada bagian di website Anda yang menargetkan orang-orang yang berada di luar negeri, Anda bisa menggunakan fitur Geo-targeting yang disediakan oleh Bing Webmaster Tools. Fitur ini memperbolehkan Anda mengatur audience Anda secara spesifik berdasarkan negara. Selain itu, Anda bisa mengaturnya dari berbagai level, termasuk domain, subdomain, directory, dan halaman. Perlu diperhatikan bahwa bukan berarti website Anda akan selalu muncul untuk pencarian di sebuah negara. Geo-targeting menjadi salah satu sinyal bagi Bing untuk mengevaluasi dan mengatur ranking website.

Laporan dan Data Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools memberikan laporan dan data yang komprehensif agar Anda bisa menganalisa sebagus apa website Anda di mesin pencari. Data ini kemudian bisa Anda export untuk di-display di spreadsheets untuk membantu track, monitor, dan identifikasi cara terbaik untuk meningkatkan traffic website . Bagian ini menunjukkan aktivitas website, traffic halaman, keyword pencarian, laporan SEO, dan informasi crawl di satu dashboard yang sama.

Laporan traffic halaman website

Laporan halaman traffic menunjukkan pencarian level halaman untuk halaman terbaik Anda. Yang dimaksud dengan halaman terbaik adalah halaman yang paling banyak mendapat traffic dari organic search (pencarian organik), impressions, click-through rate, dan masih banyak lagi. Data ini bisa Anda export ke file Excel untuk analisa Anda.

Index Explorer

Fitur ini membantu Anda melihat halaman website mana yang sudah di crawl oleh Bing. Selain itu, mereka juga memberikan data-data untuk Anda seperti berapa banyak URL Anda yang sudah ada di Bing, berapa banyak dari URL tersebut masuk ke hasil pencarian, dan jumlah klik yang didapat dari hasil pencarian.

Kalau Anda ingin mencari isu yang mungkin ada di website Anda, Anda bisa mem-filter data agar hanya menunjukkan error yang ingin Anda lihat. Misalnya, redirect 301, error 404, halaman yang terinfeksi malware, dan halaman yang tidak termasuk dalam file robots.txt Anda.

Laporan keyword pencarian

Laporan keyword pencarian memungkinkan Anda untuk melihat kata kunci mana dari penelusuran organik yang mendorong impressions dan klik ke situs web Anda. Dari sini, Anda bisa melihat bagaimana performance website Anda dalam hal click-through rate dan peringkat rata-rata situs Anda ketika diklik. Secara default, hanya 30 hari terakhir yang ditampilkan tetapi Anda dapat memperpanjang periode waktu menggunakan pemilih tanggal.

Laporan SEO

Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan rekomendasi dari Bing tentang apa saja yang harus diperbaiki di website Anda agar mengikuti standar SEO. Anda bisa mengklik setiap rekomendasi untuk melihat penjelasan dengan lebih jelas serta langkah yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki SEO website Anda. Anda juga akan mendapatkan daftar halaman mana saja yang memerlukan perbaikan.

Inbound Links

Fitur inbound links memperlihatkan link dari luar yang masuk ke website Anda. Anda bisa melihat apakah Anda mendapatkan atau kehilangan links setelah beberapa lama dengan chart yang mereka siapkan.

Laporan informasi crawl

Bagian informasi crawl memberikan laporan yang lebih dalam tentang error crawls yang terjadi di website Anda. Anda bisa melihat daftar URL untuk status code atau error tertentu. Ini akan membantu Anda mengerti mengapa Bing memiliki kesulitan mengakses konten Anda. Masalah yang biasa dihadapi Bing adalah error kode status HTTP, infeksi malware, di-exclude oleh robots.txt, kegagalan DNS, dan error koneksi.

Diagnostics dan Tools

Bing Webmaster Tools juga menyediakan beberapa tools diagnosis yang bisa membantu Anda memperbaiki isu website Anda serta memaksimalkan visibilitas di mesin pencari.

Keyword Research Tool

Keyword research atau riset kata kunci adalah langkah penting dalam SEO. Sayangnya kebanyakan tools keyword research di luar sana adalah layanan berbayar. Dengan Bing Webmaster Tools Anda tidak perlu bingung lagi tentang keyword research karena mereka memiliki fitur ini. Anda bisa melihat volume pencarian untuk keyword tertentu serta keyword-keyword berkaitan yang bisa membantu Anda menargetkan audience Anda. Data volume keyword ini menganalisa organic search untuk mencari keyword apa yang banyak dicari orang.

Fetch as Bingbot

Anda juga bisa melihat bagaimana Bing melihat website Anda melalui fitur Fetch as Bingbot. Ini adalah tools penting untuk memecahkan berbagai masalah yang mungkin menyakiti situs Anda. Anda hanya perlu memasukkan URL Anda dan klik Fetch. Kemudian Anda akan melihat bagaimana Bingbot bisa melihat sumber halaman Anda.

Markup Validator

Bagi Anda yang menggunakan structured markup seperti misalnya schema.org, RDFa, Microformats, HTML Microdata, atau Open Graph, Markup Validator akan memberi tahu Anda apakah markup yang Anda gunakan sudah diimplementasikan dengan benar. Jika markup sudah benar, maka kode dari halaman yang di-scan akan muncul di laporan markup.

SEO Analyzer

Fitur yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi SEO untuk setiap halaman website. SEO analyzer menganalisa setiap halaman dengan dalam. Mereka men-scan URL untuk mencari halaman website yang tidak sesuai dengan standar SEO yang baik. Kemudian mereka akan memberikan laporan lengkapnya dan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan.

Site Move

Jika Anda memiliki domain baru, Bing Webmaster Tools menyediakan fitur site move untuk memberitahu Bing kalau website Anda sudah pindah. Biasanya Bing akan langsung tahu jika Anda melakukan redirect dan mengubah index-ingnya. Tetapi Site Move bisa mempercepat proses ini.

Malware

Jika Bing Webmaster Tools mendeteksi ada malware di salah satu halaman website Anda, mereka akan memberi tahu Anda di tab malware yang ada di bagian Security. Jenis-jenis malware yang biasa dilaporkan oleh Bing Webmaster Tools adalah referensi jaringan malware, eksploitasi browser, JavaScript dan ActiveX yang jahat, serta malware yang ditemukan di halaman dan yang datang dari source luar. Setelah Anda mengatasi malware yang ada di website Anda, Anda bisa menggunakan tool malware ini untuk meminta Bing mengevaluasi ulang website Anda.

Simpulan

Di artikel kali ini, kami sudah membahas secara lengkap tentang Bing Webmaster Tools. Meskipun Google memang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan, tidak ada salahnya mengoptimasi SEO website untuk search engine lainnya. Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan kedua di dunia, Bing bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan Bing Webmaster Tools, Anda bisa mengoptimasi SEO website Anda agar bisa mendapat ranking tinggi di mesin pencari Bing. Semoga artikel ini membantu!

 

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia