Bing Webmaster Tools: SEO Tools untuk Website

Bing Webmaster Tools: SEO Tools untuk Website

Bagi kamu yang punya website, SEO pasti menjadi salah satu hal yang sangat kamu perhatikan. Sekarang, sudah banyak online SEO tools yang dapat membantu dalam memantau dan memerbaiki SEO website. Salah satu di antaranya adalah Bing Webmaster Tools.

Apa itu Bing Webmaster Tools?

Sesuai dengan namanya, Bing Webmaster Tools adalah sebuah alat pembantu SEO untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools bekerja seperti Google Search Console, hanya saja mesin pencari yang digunakan adalah Bing.

Meskipun Bing hanya digunakan pada 2.88% pencarian online, bukan berarti mesin pencari ini dapat diabaikan begitu saja. Optimasi terarah untuk semua mesin bencari tentunya akan berdampak positif ke website kamu.

Baca juga: Panduan Lengkap Penggunaan Google Keyword Planner

Cara Daftar dan Verifikasi Bing Webmaster Tools

Di bagian ini, kami akan membahas bagaimana cara menggunakan Bing Webmaster Tools. Mulai dari cara mendaftar sampai bagaimana cara membaca laporan dari tools SEO satu ini.

Sebelum kamu mulai, kamu akan memerlukan akun Bing. Mereka menawarkan 3 pilihan metode pendaftaran: akun Microsoft, akun Google, atau akun Facebook.

Mendaftarkan website ke Bing Webmaster Tools

Setelah mendaftar akun, kamu akan melihat tampilan seperti ini:

daftar akun bing

Jika kamu sudah verifikasi website di Google Search Console, kamu dapat langsung mengimpornya ke dalam Bing Webmaster Tool, jadi tidak perlu verifikasi ulang. Tetapi kamu juga bisa mendaftarkan website kamu secara manual di kolom yang tersedia.

Baca Juga: Pengertian Mesin Pencari dan Jenis-Jenisnya

Verifikasi Website

Jika kamu menambahkan website secara manual kamu perlu melakukan verifikasi website terlebih dahulu. Setelah menambahkan website dan menekan ‘Add’, kamu bisa mulai proses verifikasi.

Ada 3 proses verifikasi yang dapat kamu pilih:

  • XML File Verification: Download file BingSiteAuth.xml dan meletakkanya di root directory website.
  • Meta Tag Verification: Memasukkan kode yang diberikan Bing ke kode halaman utama (homepage)website kamu.
  • DNS Verification: Memasukkan konfigurasi DNS ke direktori DNS di halaman control panel website kamu.

Setelah proses verifikasi, kamu mungkin perlu menunggu 1-2 hari hingga Bing dapat menganalisa dan memberikan data lengkap mengenai SEO website kamu.

Cara Menggunakan Bing Webmaster Tools

Jika kamu belum pernah menggunakan Bing Webmaster Tool, jangan takut. Tampilan tatap muka (interface) di alat ini sangat sederhana dan mudah dicerna.

Setelah kamu berhasil verifikasi website, kamu akan dapat mengakses segala informasi terkait SEO yang kamu cari. Mari kita bahas menu-menu yang terdapat di Bing Webmaster Tool.

Home

Site Dashboard memberikan ringkasan singkat tentang aktivitas terbaru website kamu di Bing. Di halaman ini, kamu dapat melihat jumlah klik, tampilan, Click-Through Rate (CTR), rata-rata posisi website, crawl request & error, dan jumlah halaman terindeks.

Selain itu, terdapat juga sekilas tampilan ringkasan error terkait SEO di website kamu.

homepage bing webmaster

Search Performance

Di menu search performance di Bing Webmaster Tool, kamu dapat melihat rincian keyword apa saja yang mengarah ke website kamu. Grafik yang ditunjukkan sama dengan yang ada di halaman utama, hanya saja di sini kamu juga mendapat daftar kata kunci di bawahnya.

search performance bing webmasters tool

URL Inspection

URL inspection

Menu ini dapat kamu gunakan untuk melakukan inspeksi halaman website. Hasil inspeksi akan menampilkan dua data:

  • Status indexing
  • Masalah SEO

Selain itu, kamu juga dapat melakukan request indexing apabila halaman yang diinspeksi belum terdaftar di perpustakaan Bing.

Baca juga: Apa itu URL? Penjelasan dan Pengertian Lengkapnya

Site Explorer

Site Explorer Bing webmasters

Site explorer adalah menu dimana kamu dapat menjelajah URL dan sub-URL yang ada di website kamu. Pada Januari 2021, fitur ini masih berada dalam tahap uji coba (beta).

Pada tampilan site explorer, kamu dapat melihat daftar domain dan sub-domain, informasi crawl, ringkasan URL dan jumlah klik, serta beberapa status penting lainnya.

Sitemaps

Pada menu ini, kamu dapat melihat ringkasan sitemap yang saat ini digunakan dan mengunggah sitemap baru jika terjadi perubahan struktur pada website. Sitemap ini akan digunakan oleh Bing sebagai ‘peta’ untuk menjelajahi website kamu. Tentunya, sitemap akan mempercepat proses crawling dan indexing website kamu di Bing.

sitemap bing webmasters

URL Submission

URL Submission adalah menu di mana kamu dapat meminta crawl bots Bing untuk menjelajahi satu halaman website sehingga dapat dimasukkan ke dalam indexing mesin pencari. Kamu dapat menjelajah 1000 URL setiap harinya.

url submission bing webmaster

Menggunakan Tool Optimasi SEO di Bing Webmaster Tool

Di bawah menu SEO yang dapat ditemukan di sidebar Bing Webmaster Tool, kamu dapat menemukan empat menu. Mari kita bahas masing-masing menu dan kegunaannya.

Backlinks

Seperti namanya, menu ini dapat kamu gunakan untuk melihat laporan terkait backlink yang mengarah ke website kamu. Selain jumlah dan asal backlink, kamu juga dapat melihat anchor text apa saja yang mengarah ke website kamu.

backlink monitor bing webmasters

Keyword Research

Selain menyediakan fitur-fitur analitis, Bing Webmaster Tools juga menawarkan fitur keyword research. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan konten apa yang dapat kamu buat selanjutnya atau memperbaiki konten yang sudah ada saat ini.

keyword research bing webmaster tool

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Keyword Research

SEO Report

Menu SEO Report di Bing Webmaster Tool ini berisi laporan tentang SEO website kamu. Di sini, kamu dapat melihat masalah SEO website kamu berdasarkan jenis, tingkat kerumitan, dan halaman mana saja yang bermasalah.

SEO report bing webmasters

Site Scan

Site Scan di Bing Webmaster Tool adalah fitur yang dapat digunakan untuk menemukan masalah-masalah umum SEO yang ada di website kamu. Kamu dapat mengatur scan ke satu halaman atau seluruh website dengan batasan jumlah halaman yang kamu inginkan.

Site Scan Bing Webmaster Tool

Menu Configuration di Bing Webmaster Tool

Di menu ini, kamu dapat mengatur crawl control dan Block URLs. Mari kita bahas lebih lanjut apa kegunaan masing-masing menu ini.

Crawl Control

Crawl Control dalam Bing Webmaster Tool adalah menu yang dapat digunakan untuk mengatur kapan robot-robot penjelajah Bing dapat melakukan eksplorasi ke website kamu. Di sini kamu dapat mengatur kapan crawler Bing memasuki website kamu dengan cepat dan lambat. Kamu dapat memilih dari beberapa preset yang disediakan oleh Bing atau mengatur preferensi kamu sendiri.

crawl control bing webmasters

Block URLs

Kamu dapat menutup akses mesin pencari Bing ke sebuah halaman atau directory di website kamu. Fitur Block URLS pada Bing Webmaster Tool ini memiliki dua opsi, yaitu block completely (blok sepenuhnya) atau blok dari cache. Selain itu, mereka juga memberikan pilihan export untuk membantu dalam melakukan audit website.

Block URLs Bing Webmaster Tool

Menu Tool & Enhancements di Bing Webmaster Tool

Menu ini berisi alat dan fitur tambahan yang dapat kamu jadikan sebagai parameter tambahan dalam mengatur dan mengoptimalkan website kamu.

Robots.txt Tester

Di menu ini, kamu dapat melakukan tes terhadap robots.txt yang terpasang di website kamu. Selain itu, kamu juga dapat melakukan tes kepada sebuah halaman untuk mengetahui apakah halaman tersebut diblokir dari indeks Bing.

Robots tester Bing Webmaster Tool

Verify Bingbot

Fitur verify bingbot di Bing Webmaster Tool berguna untuk mengetahui apakah sebuah IP address adalah milik robot Bing atau bukan. Ini akan sangat berguna jika terdapat robot-robot tak dikenal yang ingin menjelajah websitemu sehingga kamu dapat melakukan pemblokiran.

verify bingbot webmasters

Fitur Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tool

Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tool

Microsoft Clarity di Bing Webmasters Tool adalah alat tambahan baru yang dapat digunakan untuk melihat data yang sangat berguna seperti rekaman sesi pengunjung di website, heatmaps, dan insight. Lebih hebatnya lagi, tool ini dapat digunakan secara gratis. Mari kita bahas fitur-fiturnya.

Session Playback

Fitur ini berfungsi untuk merekam beberapa sesi pengunjung untuk melihat apa saja yang mereka lakukan selama di website kamu dan bagaimana mereka berinteraksi dengan website kamu.

Tentunya fitur ini sangat berguna untuk melihat bagian mana saja dari website kamu yang tidak efektif atau kurang menerima perhatian dari pengunjung.

Heat Map

Fitur heatmap di Bing Webmasters Tool berfungsi untuk menunjukkan bagian mana saja dari websitemu yang paling sering diklik oleh pengunjung. Data yang didapat dari heat map sangat berguna untuk meningkatkan CTR dan tingkat konversi di website kamu.

Heatmap Microsoft Clarity

Baca Juga: Cara Meningkatkan Conversion Rate di Website Kamu

Simpulan

Di artikel kali ini, kami sudah membahas secara lengkap tentang Bing Webmaster Tools. Meskipun Google memang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan, tidak ada salahnya mengoptimasi SEO website untuk mesin pencari lainnya.