ide bisnis modal kecil

14 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Sukses Besar

Ingin memulai bisnis tapi terkendala dengan modal yang kecil? Bicara tentang peluang usaha, di era digital saat ini banyak sektor yang bisa dijadikan prospek untuk berbisnis. Kemajuan teknologi dan internet membuka banyak peluang bagi bisnis, meski dengan modal kecil sekalipun.

Bisnis skala kecil bila dijalankan dengan strategi yang tepat akan menjadi potensi yang menjanjikan. Jika kamu masih terkendala dalam memilih bisnis apa yang ingin dijalani, berikut ini ide peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan. Baca artikel ini sampai habis ya!

1. Menjalankan Program Affiliate Marketing

Bergabung dengan program afiliasi merupakan peluang bisnis modal kecil yang prospektif. Program ini adalah salah satu cara mendapatkan uang tambahan melalui jaringan sosial. Kamu hanya perlu mempromosikan  produk atau jasa pihak tertentu, kemudian mendapatkan komisi setelah berhasil membawa pelanggan.

Simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut seputar affiliate marketing: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Tips Suksesnya

Jika kamu tertarik dengan affiliate marketing, Dewaweb memiliki program afiliasi yang bisa kamu ikuti dengan komisi yang menarik! Lihat info selengkapnya di sini: Dewaweb Affiliate Program

Affiliate Marketing Dewaweb

2. Membuka Kursus Online

Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, membuka kursus online bisa jadi peluang yang patut dipertimbangkan. Misalnya keahlian di digital marketing, programming, desain grafis, editing, dan lain-lain.

Dengan berkembangnya teknologi dan internet saat ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online. Hanya perlu keahlian, perangkat, dan koneksi internet yang memadai untuk bisa membuka kursus online. Tak perlu repot menyediakan tempat pertemuan, aplikasi video conference seperti Zoom atau Google Meet bisa dimanfaatkan sebagai media mengajar.

3. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu peluang bisnis dengan modal kecil yang menjanjikan. Menurut Business News Daily, konsep dropshipper ini biasa digunakan oleh pengusaha yang memproduksi barang, dan membutuhkan penjual lain untuk memasarkan produknya.

Dropshipping

Sebagai dropshipper, kamu tidak perlu membeli stok barang ataupun memikirkan biaya sewa tempat penyimpanannya. Saat ada pelanggan yang memesan barang melaluimu, penjual baranglah yang akan mengirimkan pesanan tersebut. Kamu hanya sebagai perantara antara pembeli dan penjual lain.

Di bisnis ini, kamu bisa mengatur sendiri jam operasional toko online-mu dan melakukannya dari mana saja asalkan ada koneksi internet. Cocok untukmu yang ingin mencari penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Baca Juga: Bisnis Dropship: Panduan Lengkap untuk Pemula

4. Jasa Desain Grafis

Jika kamu punya keahlian di desain grafis, menawarkan jasa mendesain adalah pilihan tepat untuk berbisnis dengan modal minim. Kamu tidak hanya mendapat penghasilan, tapi juga sekaligus bisa menyalurkan hobi dan meningkatkan keahlian.

Menawarkan jasa desain bisa dilakukan melalui situs-situs freelancer, seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, Sribulancer, dan semacamnya. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyusun portofolio karyamu dengan baik agar peminta jasa dapat melihat hasil desain yang telah kamu buat.

5. Membuat Blog

Saat ini semua orang sudah akrab menggunakan internet, misalnya untuk mencari informasi atau hiburan. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapat penghasilan dengan membuat blog.

Tak sedikit blogger di Indonesia sukses meraup keuntungan besar dari blog mereka. Sumber penghasilan blog biasanya didapatkan dari iklan AdSense, pendapatan afiliasi, dan juga menjual produk.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Untuk mencapai kesuksesan itu tentu ada usaha yang harus dilakukan, seperti rajin membuat konten dan membangun trafik blog. Maka itu, mulailah dengan memilih topik blog yang kamu sukai agar kegiatan blogging jadi lebih menyenangkan. Isi blog dengan artikel, ulasan, tips, atau konten apapun yang bermanfaat bagi pengunjung.

Satu hal yang wajib diingat, pastikan untuk miliki domain sendiri dan memilih layanan hosting terbaik ketika hendak membuat blog. Layanan hosting Dewaweb memastikan website-mu cepat, aman, dan bisa diandalkan. Kamu dapat mulai membuat blog menggunakan paket hosting website dari Dewaweb mulai dari 20 ribu/bulan!

bisnis modal kecil-hosting dewaweb

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website yang Baik dan Benar

6. Memulai Bisnis Online

Selain membuat blog, kamu juga bisa memperoleh keuntungan dari website dengan memulai bisnis online. Jika kamu punya website toko online sendiri, maka kontrol sepenuhnya berada di tanganmu. Kamu bisa menjual produk tanpa harus mengikuti berbagai aturan dan kebijakan dari marketplace yang ada.

bisnis modal kecil - bisnis online dengan website

Tak perlu biaya yang besar, kamu sudah bisa membuat website toko online dengan cepat dan mudah. Dewastore menyediakan website siap pakai yang memudahkan kamu membangun situs toko online sendiri. Di dalamnya terdapat berbagai fitur dan pengaturan yang lengkap untuk segala keperluan toko online-mu.

Baca juga: Business Model dan Value Proposition Canvas untuk Membangun Startup

7. Sewa Alat atau Barang

Membuka usaha penyewaan barang juga merupakan ide bisnis yang patut kamu pertimbangkan. Untuk mendapat keuntungan, barang-barang tak terpakai dan masih bagus bisa disewakan kepada orang yang membutuhkan,  dengan mematok biaya tertentu.

Ada banyak bisnis sewa yang ada di pasaran saat ini. Contohnya saja, sewa kamera, drone, pakaian pesta, alat musik, hingga kendaraan. Sistem penyewaannya bisa diberlakukan berjangka, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu ada juga penyewaan perlengkapan yang masa pakainya tergolong singkat, contoh sewa peralatan bayi seperti stroller, car seat, box bayi dan lainnya.

Baca Juga: 10 Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil

8. Menjual Kue

Hobi membuat kue? Bisnis satu ini cocok untukmu yang ahli dalam membuat berbagai macam varian kue. Di momen-momen tertentu, seperti perayaan Natal, Lebaran, dan Imlek, kue sangat banyak dicari oleh konsumen. Baik untuk dinikmati sendiri atau dikirim sebagai hadiah / hampers bagi kerabat dan orang tersayang.

Kamu bisa memfokuskan penjualan kue pada jenis tertentu. Misalnya kue kering, roti, kue tart, cookies, pudding, pastry, dan lain sebagainya. Ciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik untuk menjadi ciri khas, agar mampu bersaing di pasaran.

9. Usaha Pertanian Organik

bisnis modal kecil-usaha pertanian organik

Ide bisnis satu ini bisa jadi potensi sukses yang menguntungkan. Saat ini banyak orang sudah memperhatikan  healthy lifestyle dengan mengonsumsi makanan-makanan organik. Semakin populernya gaya hidup sehat membuat beberapa orang bahkan mencoba bercocok tanam di lahan rumah.

Meski lebih ideal dilakukan di daerah pinggiran dengan lahan luas, pertanian organik juga bisa kamu lakukan di perkotaan dengan konsep urban farming. Dengan memanfaatkan lahan yang ada, kamu bisa mencoba peruntungan di bisnis ini. Keuntungan lainnya, hasil panen sayur-sayuran yang telah kamu tanami bisa dikonsumsi untuk pribadi.

10. Menjual Kerajinan Tangan

Peluang bisnis juga bisa datang dari hobi yang kamu geluti. Jika kamu punya hobi membuat kerajinan tangan, bisnis ini wajib jadi pertimbanganmu. Menjual aksesoris handmade bisa menjadi ide bisnis dengan modal kecil yang menguntungkan.

Meski usaha ini termasuk bisnis dengan modal minim, tidak menutup kemungkinan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Saat ini, barang-barang handmade memiliki nilai atau value yang tinggi di pasaran. Hasil-hasil karyamu akan bernilai mahal bagi konsumen. Pasalnya, barang yang dibuat dengan tangan dianggap sebagai sesuatu yang  unik bila dibandingkan dengan buatan pabrik.

Baca Juga: Bisnis Kecil Menggaet Pelanggan Besar ‚Äď Seperti Apa Strateginya?

11. Membuka Jasa Titip Beli (Jastip)

Jasa titip beli (]astip) belakangan cukup populer di kalangan masyarakat. Layanan jastip membantu orang untuk berbelanja di wilayah yang tidak dapat mereka jangkau saat itu, misalnya di luar kota atau luar negeri. Usaha ini banyak dijumpai di sosial media seperti Instagram.

Jika hobi belanjamu ingin dijadikan pendapatan, cobalah bisnis yang satu ini. Kamu hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan, kemudian kirim ke alamat mereka dengan tambahan biaya. Promosi dilakukan cukup dengan memposting di sosmed foto produk yang ingin dijual untuk menarik calon pelanggan. Modal yang dibutuhkan relatif kecil dengan potensi keuntungan yang besar.

12. Jasa Penulis Freelance

Kalau punya hobi menulis, kamu bisa manfaatkan keahlianmu itu untuk mendapat penghasilan. Profesi content writer saat ini cukup banyak dibutuhkan oleh berbagai jenis industri usaha. Menawarkan jasa sebagai penulis lepasan bisa jadi opsi yang tepat untukmu memulai bisnis dengan modal kecil.

Sama seperti menawarkan jasa lainnya, sebagai content writer kamu bisa mempromosikan jasamu di situs penyedia jasa lepasan seperti Fiverr, Freelancer dan lain-lain.

Baca Juga: 11 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

13. Menjadi Translator

Memiliki kemampuan berbahasa asing? Menjadi penerjemah adalah salah satu peluang yang cocok untukmu. Saat ini banyak orang yang memerlukan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen atau teks-teks penting. Kamu bisa menawarkan jasamu ini di berbagai situs freelance yang tersedia di internet.

Seorang translator bisa bekerja dari mana saja dan tidak memerlukan banyak modal. Keahlian berbahasa asing lah yang menjadi modal utama untuk bisa sukses menggeluti bidang ini. Dengan menjadi penerjemah, kemampuan berbahasa asingmu dapat terus terasah menjadi lebih profesional.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Modal Kecil

14. Menjual Barang Pre-Order

Menjual barang dengan sistem pre-order adalah pilihan yang tepat jika ingin memulai bisnis dengan modal minim. Pasalnya, metode ini membuat kamu tidak harus mengeluarkan biaya produksi untuk menjualnya ke konsumen. Selain itu, kamu memdapat kepastian tentang pelanggan yang memesan produkmu. Hal ini bisa meminimalisir kerugian yang timbul jika kamu menjual barang produksi sendiri.

Kamu bisa menjual barang-barang pre-order di website toko online atau di berbagai marketplace yang tersedia saat ini. Membuka jadwal preorder juga perlu strategi. Kamu harus tahu waktu yang tepat, misalnya pada tanggal gajian. Cara tersebut akan menarik pembeli untuk berbelanja.

Itu dia beberapa ide bisnis modal kecil untuk membantumu melihat berbagai peluang usaha yang ada. Meski dengan modal kecil, hal tersebut tidak membatasimu untuk memulai bisnis dan memperoleh keuntungan yang besar.

Jika dijalani dengan tekun dan strategi promosi yang tepat, bisnis kelak akan berpotensi meraih kesuksesan yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya. Baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Selamat memulai bisnis, dan salam sukses online!