Kuliah merupakan masa di mana kamu tidak mempunyai banyak waktu bersantai, karena dengan menjadi mahasiswa, seharusnya kamu sudah menjadi “ahlinya” para siswa. Ini berarti, kamu sudah bisa mengatur waktumu sendiri dan kamu juga bisa mulai mencari cara untuk mendapatkan sumber pendapatan dalam sempitnya free-time yang dimiliki. Oleh karena itu, Dewaweb akan membahas 10 bisnis untuk mahasiswa yang khusus dibuat untukmu.

Selain menjadi sarana membangun relasi, dunia perkuliahan juga bisa kamu gunakan sebagai sarana mengembangkan diri. Mulai dari berpikir lebih kritis, kreatif hingga berpikir out of the box. Agar masa perkuliahanmu tidak menjadi sia-sia dengan hanya menghabiskan waktu di kampus, kamu boleh mencoba beberapa jenis bisnis untuk mahasiswa berikut untuk mencari peruntungan yang mungkin akan membangun karirmu juga di masa depan.

10 Bisnis untuk Mahasiswa

  1. Jasa ketik dan print tugas kuliah

    Tugas kuliah erat kaitannya dengan tulis menulis. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa ketik dan print tugas kuliah. Selain membantu orang lain, bisnis untuk mahasiswa ini juga bisa membantumu membiasakan mengetik kata dengan jumlah banyak. Tapi, jangan lupa kerjakan tugasmu juga, ya!

  2. Guru les

    Jika kamu suka mengajar atau membantu orang lain untuk belajar, sepertinya kamu bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Carilah teman-teman yang juga suka mengajar dan ajak mereka untuk bekerja sama membuka tempat les. Jika tidak mau repot, kamu juga bisa membuka jasa les privat untuk anak-anak sekolah.

  3. Jasa titip

    Apakah kamu suka jalan-jalan, terutama ke luar negeri? Kalau ya, bisnis ini merupakan salah satu ide bisnis yang cocok untukmu. Mengingat jasa titip atau “jastip” merupakan bisnis yang sedang tren saat ini, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan. Beli bagasi dengan jumlah yang agak banyak untuk menampung barang-barang titipan dan jangan lupa pahami aturan impor barang ke Indonesia agar kamu bisa menangani masalah yang mungkin akan dihadapi di bandara.

  4. Servis laptop/komputer

    Masalah laptop atau komputer error akan sering dialami oleh mahasiswa, dan tidak semua orang memahami bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik mereka. Ini adalah salah satu kesempatan yang bisa kamu ambil jika kamu memahami seluk beluk komputer atau laptop. Tak hanya menangani masalah software, kamu juga bisa mempelajari bagaimana menangani masalah pada hardware agar ketika kamu mengalaminya, kamu sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

  5. Desain grafis

    Kalau kamu mampu dan suka membuat desain dengan gaya tertentu, bisnis untuk mahasiswa yang satu ini wajib kamu coba. Bukalah jasa desain grafis dengan harga terjangkau yang bisa menggaet teman-teman di kampusmu. Tapi, pastikan kamu sudah mempunyai alat yang mumpuni, seperti laptop, komputer, atau tablet, ya! Setelah itu, buat juga akun media sosial atau website untuk mempromosikan hasil karyamu agar semakin banyak orang yang mendapat awareness akan bisnismu ini.

  6. Penulis artikel

    Apapun jurusan yang kamu tempuh, kamu harus mampu menulis. Tak hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi tugas akhir berupa karya ilmiah alias skripsi, menulis juga bisa membantumu mengekspresikan pemikiranmu ke dalam tulisan sehingga dapat dipahami oleh orang lain. Kamu bisa melakukan review, membuat puisi, tips dengan topik yang kamu sukai, atau esai sesuai dengan ketertarikanmu, lalu taruh tulisanmu di website. Nantinya, website ini akan menjadi halaman portfolio yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja atau digunakan sesuai kebutuhanmu.

  7. Tour guide

    Jakarta Good Guide adalah salah satu layanan yang bisa kamu nikmati maupun gunakan sebagai sarana mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum. Sebab, layanan ini adalah pay-as-you-wish-tour yang akan membawa pengunjung berjalan mengelilingi beberapa bagian di Ibukota Jakarta. Kamu bisa mencoba layanan ini terlebih dulu, setelahnya kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu tour guide. Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang perlu dimiliki mahasiswa, oleh karena itu, bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sepertinya akan cocok untukmu!

  8. Online web programmer

    Kalau kamu memilih jurusan kuliah yang relevan dengan web programming, ide ini adalah pilihan yang cocok. Terlebih lagi, jika programming adalah salah satu hobi yang ingin kamu tekuni. Ide bisnis ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar berbisnis atau sekadar menambah uang jajan.

  9. Bisnis makanan minuman

    Bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sebenarnya membutuhkan komitmen yang lebih besar daripada bisnis lainnya. Oleh karena itu, pastikan kamu mempunyai tim yang kompak dengan satu visi dan semangat yang sama agar kalian bisa menghadapi berbagai rintangan yang akan dihadapi. Ada beberapa bisnis yang bisa kamu gunakan sebagai sumber inspirasi, salah satu contohnya adalah bisnis olahan pisang “Bananugget” yang didirikan oleh Natanael Winata ketika dirinya menjalankan perkuliahan semester tiga di Jakarta.

  10. Jasa pembuatan website

    Tak kalah penting, bisnis ini juga membutuhkan komitmen yang lumayan besar. Apalagi, jika kamu mendapat pesanan dari brand yang sedang dalam tahap pengembangan. Website yang optimal merupakan salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis.

    Oleh karena itu, pastikan kamu bisa memberikan pelayanan terbaik yang disertai dengan penggunaan layanan cloud hosting yang mampu menjamin kecepatan dan keamanan website agar selalu bisa diandalkan. Selain itu, ketika kamu mengalami masalah terkait website yang kamu kelola, setidaknya kamu mempunyai backup plan untuk mengatasi masalah tersebut. (HINT: Gunakan cloud hosting dari Dewaweb yang tak hanya menyediakan cloud hosting yang cepat, aman, dan bisa diandalkan, kamu juga dibantu oleh Ninja Support 24/7 ketika menghadapi masalah terkait website error!)

Simpulan

Bagaimana, dari berbagai jenis bisnis yang bisa kamu jalankan sebagai mahasiswa, adakah yang akan kamu lakukan? Atau mungkin, kamu sudah pernah mencoba beberapa di antaranya? Apapun yang kamu pilih, pastikan usaha atau bisnismu itu halal, ya!

Baca juga: Manfaat Marketing Campaign untuk Kesuksesan Bisnismu

Jangan lupa juga, pendidikan adalah salah satu hal penting yang wajib menjadi prioritasmu, oleh karena itu, jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan untuk berkuliah. Seimbangkan kegiatan berbisnismu dengan kegiatan kuliah. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia