cara buat blogger

7 Langkah untuk Buat Blog di Blogger [Cepat & Mudah]

Cara membuat blog di Blogger bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman, kamu bisa buat blog/website sendiri. Di artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara buat blog di Blogger dari awal. Ikuti langkah-langkah berikut ya, simak di bawah ini!

Mengenal Blogger

Apa itu Blogger? Blogger (bisa diakses lewat tautan blogger.com) merupakan salah satu platform penyedia layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Platform besutan Google ini sangat familier di kalangan para pemilik blog. Fitur-fitur di dalamnya sangat membantu untuk mengelola aktivitas blogging. Dengan Blogger, kamu akan mendapatkan kemudahan membuat blog secara gratis.

Cara buat Blog di Blogger

Integrasi Akun

Blogger dapat melakukan integrasi akun untuk memudahkan pengguna memperoleh fasilitas dan aksesibilitas. Syaratnya, cukup dengan memiliki akun Google dan kamu bisa dengan mudah mengintegrasikan semua layanan Google dalam satu akun. Seperti layanan Google Adsense, Google Analytics dan Google Adword yang Blogger memberi kemudahan aksesibilitas kepada penggunanya.

Biaya dan Fasilitas

Layanan Blogger bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Blogger menyediakan template desain web yang bisa dipilih sesuai keinginan. Kamu juga bisa custom desain web sendiri dengan pengaturan tata letak yang mudah digunakan. Dengan Blogger, kamu bisa mendapat domain blogspot.com secara gratis.

Kamu bisa mendapatkan fasilitas layanan Google yang diperlukan untuk keperluan blog. Seperti integrasi akun Google Analytics untuk mengenali audiens, Google Adsense untuk membantumu mendapatkan uang dari konten online di blog, serta berbagai fasilitas dari Google lainnya yang memberi banyak keuntungan.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Keamanan

Blog yang kamu buat menggunakan Blogger berada di bawah server Google. Memang, hal tersebut juga tidak bisa sepenuhnya menjamin keamanan karena ancaman bisa datang dari mana saja. Tapi dengan tingkat keamanan yang dimiliki Google, bisa dibilang Blogger sangat aman untuk digunakan terutama untuk penggunaan blog pribadi.

Penambahan Domain

Penambahan domain kustom pada situs Blogger dapat dilakukan dengan mudah. Jika kamu belum memiliki domain sendiri, kamu dapat membeli domain dari Google Domains dengan integrasi yang sangat mudah.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Setelah mengenal Blogger dengan lebih baik, sekarang kamu dapat mulai mempelajari cara membuat blog di Blogger. Berikut panduan lengkap cara membuat Blogger:

1. Membuat Akun Blogger

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat blog di Blogger adalah membuat akun. Caranya mudah, kamu hanya perlu akun Google dan pastikan kamu sudah log in dengan akun tersebut. Akun Google diperlukan untuk mengakses semua fasilitas yang ada di Blogger. Setelah kamu login dengan akun Google, kamu bisa memulai untuk membuat blog di Blogger.

2. Membuat Blog

Buka Blogger pada browser, kemudian klik ‘Create Your Blog’ untuk memulai. Masuk ke akun Google yang kamu pilih.

Cara buat Blog di Blogger

Kemudian kamu akan diminta untuk melengkapi Blog List. Tulis judul blog kamu di kolom ‘Title’ kemudian isi alamat website. Untuk alamat website, tentukan nama alamat yang belum pernah diambil oleh pengguna lain di Blogger. Jika alamat website tersebut sudah pernah digunakan, kamu akan diminta untuk mengganti ke nama alamat lainnya.

Cara buat blog di Blogger Menamakan Blog

Setelah semua selesai, klik ‘Create Blog’. Blog kamu sudah berhasil dibuat! Kamu akan langsung diarahkan pada tampilan dashboard Blogger seperti berikut.

Tampilan dashboard Cara buat blog di Blogger

Untuk melihat tampilan blog yang dibuat, kamu bisa klik ‘View blog’ di sisi kiri bawah dashboard.

Baca Juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

3. Membuat Postingan atau Halaman

Setiap blog pasti memerlukan postingan/konten untuk mengisi blog tersebut. Nah, untuk memulainya, kamu bisa klik button bertuliskan ‘New Post’. Kamu akan diarahkan untuk membuat postingan pertama pada blog-mu.

Membuat postingan Cara buat blog di Blogger

Kamu bisa membuat konten apa saja yang kamu inginkan pada laman buat postingan baru. Ada pengaturan jenis font, text style, ukuran, warna, tata letak dan lainnya untuk mengatur tulisan/konten yang dibuat. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan juga video pada postingan.

Cara buat blog di Blogger membuat postingan

Yang tak kalah penting, kamu juga bisa mengatur post settings dengan menentukan labels, schedule (untuk mengatur jadwal publish) dan juga permalink pada sisi kanan laman. Setelah semua selesai, klik ‘Publish’ untuk menampilkan postingan tersebut di blog kamu, atau kamu juga bisa menyimpannya sebagai draft dengan klik tanda panah kembali di samping logo Blogger jika belum siap di-publish.

Selain membuat postingan, kamu juga bisa membuat dan mengatur halaman pada blog di Blogger. Pada tab menu, klik ‘Pages’ dan pilih ‘New Page’ untuk membuat halaman baru pada blog kamu.

Cara buat blog di Blogger membuat halaman

Kamu akan diarahkan pada laman editor page. Isi judul halaman kamu di kolom ‘Page’ kemudian tulis informasi yang ingin kamu sampaikan di halaman tersebut. Setelah selesai, klik ‘Publish’ dan halaman kamu sudah berhasil dibuat. Untuk menghapus atau mengedit halaman yang sudah ada, bisa pilih opsi tersebut pada menu edit halaman.

Membuat halaman baru di Blogger

Baca Juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

4. Mengatur Tampilan

Mengatur tampilan blog pada Blogger dilakukan dengan mengedit tema pada blog. Klik ‘Theme’ pada sisi kiri laman. Setelah diklik, situs akan menunjukkan tema yang sedang digunakan pada blog kamu. Untuk menggantinya, kamu bisa scroll ke bawah laman tersebut jika kamu ingin mengganti tema dari template yang sudah disediakan Blogger.

Mengubah tampilan blog di Blogger

Jika template kurang sesuai, kamu bisa download tema-tema Blogger yang kamu inginkan dari situs lain. Kamu bisa download template tema Blogger di btemplates, templateclue, soratemplates dan lainnya yang bisa kamu cari di Google.

Setelah mengunduh template tema yang kamu inginkan dari situs lain, kamu perlu meng-install tema tersebut di Blogger. File tema yang diunduh biasanya akan memiliki format XML Document.

Langkah pertama meng-install template ialah klik ‘Theme’ pada sisi kiri laman. Setelah itu, situs akan menunjukkan tema yang sedang digunakan pada blog kamu. Klik tanda panah ke bawah di sisi kanan tombol ‘Customize’, kemudian pilih ‘Restore’ > ‘Upload’.

Mengganti tema blog di Blogger

Pilih file tema template yang sudah kamu unduh tadi dengan format file XML Document, kemudian klik ‘Open’. Tunggu beberapa saat, setelah berhasil kamu bisa melihat tampilan blog dengan klik ‘View your blog’.

Mengganti tema blog

5. Mengatur Tata Letak Blog

Cara untuk mengatur tata letak pada Blogger ialah dengan klik menu ‘Layout’ pada dashboard. Di sini kamu bisa mengatur tata letak blog sesuai keinginan. Setelah klik layout, kamu akan melihat outline dari blog yang kamu miliki. Cara mengaturnya ialah cukup drag kotak-kotak layout tersebut ke tempat yang kamu inginkan. Setelah selesai mengaturnya, klik ‘Save arrangement’.

cara membuat blog di blogger mengatur tata letak blog

Kamu juga bisa menambahkan fitur dalam blogmu yang bisa digunakan oleh pengunjung, contohnya search box, translate, tombol subscribe, dan lainnya. Caranya, klik ‘Add a gadget’ pada laman edit layout, pilih fitur yang ingin ditambahkan dan klik ‘Save’.

6. Publikasi Blog

Blog-mu sudah berhasil dibuat setelah semua langkah di atas sudah kamu ikuti. Kamu bisa melihat tampilan blog yang sudah jadi dengan klik ‘View your blog‘ pada dashboard.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Jitu untuk Dapat Uang dari Blog

7. Pengaturan Tambahan

Untuk mengatur dan mengkustomisasi segala aspek dari blog baru kamu, kamu dapat menjelajahi beberapa fitur pengaturan tambahan berikut ini.

Pengaturan Dasar

Untuk membuka setelan pengaturan dasar, klik pada dashboard ‘Settings’ > ‘Basic’. Kamu bisa mengedit judul blog pada kolom ‘Title’ dan isi kolom ‘Description’ dengan menulis apa yang dibahas di blog kamu. Ini akan meningkatkan pencarian di Google. Pada ‘Privacy’ kamu bisa pilih ‘Visible to search engines’ supaya blog kamu bisa dicari pada search engines.

Pengaturan dasar Blogger

Bahasa dan Pemformatan

Pengaturan bahasa dan pemformatan bisa dengan mengisi kolom ‘Blog language’. Pilih bahasa yang diinginkan pada blog. Kamu juga bisa mengubah format time zone yang kamu inginkan dengan mengedit ‘Time zone’ pada bagian ‘Formatting’.

Pemformatan blog di Blogger

Pengaturan Postingan, Komentar, dan Sharing

Untuk mengaturnya, kamu bisa scroll ke bawah pengaturan pada bagian ‘Posts and comments’. Pada kolom ‘Max posts shows on main page’ di bagian ‘Post’, kamu bisa mengatur jumlah postingan yang ditampilkan di laman utama blog.

Pada bagian ‘Comments’ comment location embedded berarti komentar akan tersemat/ditampilkan di bawah postingan. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa komentar, moderasi komentar dan lainnya.

Post dan Komentar Blogger

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar

Pengaturan SEO

Pengaturan SEO juga bisa kamu lakukan di Blogger. Atur preferensi penelusuran pada blog dengan scroll ke bawah menu settings pada bagian ‘Meta tags’. Klik ‘Enable search description’ kemudian ssi deskripsi pada kolom ‘Search description’ dengan menulis topik yang dibahas pada blog-mu secara garis besar. Tulisan pada meta tag dibatasi dengan jumlah 150 karakter.

Pengaturan SEO di Blogger

Pengaturan Pengguna

Pengaturan pengguna dapat dilihat pada menu ‘User settings’. Kamu bisa mengedit user profile pada bagian General.

Pengaturan General Blogger

Atur privacy, identity dan foto profil kamu. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi lokasi, pekerjaan, dan informasi tambahan lainnya mengenai dirimu. Jika sudah selesai, klik ‘Save settings’ untuk menyimpannya.

Mengedit user profile blogger

Baca Juga: Tools: Free Social Media Analytics untuk Blogger & Influencer

Simpulan

Nah setelah membaca penjelasan di atas, kamu tak perlu bingung lagi cara membuat blog di Blogger. Blogger memang salah satu platform terbaik untuk keperluan pembuatan website atau blogging bagi para pemula.

Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat Dewaweb. Kamu bisa ikuti langkah-langkah tersebut untuk mulai membuat blog di Blogger ya! Selamat mencoba!

Selain menggunakan VPS server dan web hosting Indonesia terbaik, setiap blog/website harus punya nama domain yang tepat guna meningkatkan kredibilitasnya. Kamu bisa cek nama domain atau bahkan daftar domain milikmu sendiri dengan cepat dan mudah.

Yuk, miliki domain sendiri supaya citra blog/website kamu semakin unggul dan terpercaya!