Begini Cara Buat Spoiler di Blog WordPress dengan Mudah

Begini Cara Buat Spoiler di Blog WordPress dengan Mudah

Bagi seorang blogger, istilah spoiler mungkin sudah tidak asing lagi. Meskipun sudah mengerti spoiler, ternyata masih ada beberapa blogger yang belum mengetahui cara buat spoiler di blog WordPress.

Untuk memudahkan kamu membuat spoiler, pada artikel ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat spoiler di blog, yaitu menggunakan plugin dan secara manual menggunakan code script. Tentu saja hal ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula sekalipun. Langsung saja simak artikel ini sampai akhir ya!

Baca Juga: Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress, Gampang!

Apa Itu Spoiler?

Sebelum membahas cara membuat spoiler di blog WordPress, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu arti dan kegunaan spoiler. Hal ini cukup penting, agar kamu dapat memahami arti dan kegunaannya dengan baik sebelum bisa mempraktikkan membuatnya.

Spoiler adalah tulisan atau keterangan mengenai suatu cerita yang membeberkan jalan cerita tersebut. Membaca spoiler dari suatu cerita bisa menyebabkan berkurangnya kesenangan membaca cerita itu. Karena kesenangan membaca sebuah cerita itu biasanya tergantung pada dramatisasi atau ketegangan yang akan ditimbulkan oleh cerita tersebut.

Biasanya dalam media massa maupun internet, biasanya beberan itu disembunyikan dengan cara tertentu. Sehingga hanya akan terbaca oleh para pembaca yang ingin melihat beberan tersebut.

Dalam istilah blogger maka spoiler itu sering diartikan sebagai sebuah cara untuk menyembunyikan seluruh atau sebagian isi dari postingan. Hal ini dengan tujuan untuk menghemat space halaman posting atau untuk membuat para pembaca menjadi merasa lebih penasaran. Biasanya untuk yang disembunyikan dalam spoiler yaitu berupa text maupun gambar.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Countdown Timer di WordPress

Kamu pasti pernah melihat beberapa contoh spoiler pada postingan blog. Banyak terdapat di forum-forum ataupun website yang pengunjungnya banyak. Kamu pasti juga tertarik untuk mengetahui cara membuat spoiler di WordPress.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Di bawah ini ada beberapa penjelasan cara membuat spoiler di blog WordPress dengan mudah. Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa kamu gunakan, yakni menggunakan plugin dan juga manual dengan code script. Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Membuat Spoiler Blog dengan Plugin

Cara membuat spoiler di blog WordPress yang pertama ini jelas merupakan cara termudah. Di Blog WordPress Self Hosting, kamu telah disediakan banyak plugin sebagai alat bantu. Nah, kamu tinggal install lalu setting plugin tersebut kemudian tinggal menggunakannya.

Ada beberapa pilihan plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat spoiler di WordPress.  Namun di sini Dewaweb hanya memberikan contoh 2 plugin spoiler saja.

Baca Juga: Cara Cloning Website WordPress dengan Mudah

Plugin Advanced Spoiler

1. Klik Plugin> Add New> Cari dan kemudian silahkan ketik Advanced Spoiler> Klik Install lalu Aktifkan. Atau kamu bisa langsung download plugin Advanced Spoiler.

2. Setelah terinstall dan aktif, maka klik Setting kemudian Advanced Spoiler. Lakukanlah setting sesuai yang kamu inginkan. Agar lebih mudah, maka disarankan untuk langsung mencobanya sehingga terlihat hasilnya.

cara buat spoiler di blog wordpress dengan plugin
[Foto: Aink.web.id]
3. Untuk bisa memasang spoiler di postingan kamu, gunakan Mode Visual pada post editor. Maka secara otomatis sudah terpasang tool Advanced Spoiler. Jadi tahapan cara buat spoiler di blog WordPress kamu bisa dimulai.

 

4. Untuk bisa menggunakannya, tulis kalimat yang ingin kamu tampilkan kemudian silahkan blok tulisan tersebut tadi. Selanjutnya klik Tool Advanced Spoiler tersebut. Di sana akan terbuka satu jendela baru, lalu silahkan sesuaikan dengan keinginan kamu. Saat kamu ingin melihat hasilnya, klik Preview.

cara buat spoiler di blog wordpress
[Foto: Aink.web.id]
5. Kemudian silakan lihat hasilnya. Lakukan kembali beberapa setting di atas sesuai yang kamu inginkan nanti ketika tampil pada postingan.

Plugin WP UI – Tabs, Accordions, Sliders

Cara buat spoiler di blog juga bisa dilakukan dengan plugin WP UI, caranya:

1. Download plugin WP UI, kemudian Install lalu aktifkan. Setting plugin di menu Settings lalu pilih WP UI.

cara buat spoiler dengan plugin wp ui
[Foto: Aink.web.id]
Sesuai dengan titlenya, plugin ini mempunyai sebuah fitur yang cukup lengkap. Kalau bisa dibilang, plugin ini sangat kaya fitur. Kamu bisa menyesuaikan keinginan dengan menggunakan beberapa fitur di dalamnya. Kamu juga bisa membuat tab, accordions dan slider dengan menggunakan plugin ini. Kamu bisa mengatur sesuai yang kamu inginkan dan sekaligus  melihat demonya secara langsung melalui menu Setting Style.

 

2. Cara membuat spoiler di blog WordPress selanjutnya yakni memasang di postinganmu. Gunakanlah mode text pada post editormu.

3. Maka secara otomatis di sana sudah ada Add Tabs, Wrap Tabs, Spoiler dan dialog. Untuk itu kamu tinggal klik dan pop up akan otomatis muncul. Kemudian isi sesuai dengan yang ingin kamu tampilkan.

pilih text editor
[Foto: Aink.web.id]
4. Selanjutnya klik Spoiler untuk menampilkan pop up dialog.
klik add spoiler
[Foto: Aink.web.id]
Silahkan kamu coba sendiri untuk dapat hasil spoiler yang kamu inginkan. Gunakanlah fitur lengkap WP UI dengan sebaik mungkin agar hasil spoiler yang kamu inginkan bisa tampil dengan baik juga. Inilah cara membuat spoiler blog di WordPress dengan menggunakan metode plugin.

Baca Juga: Content Injection Vulnerability pada WordPress

Cara Buat Spoiler Blog dengan Code Script

Cara membuat spoiler di WordPress ini juga mudah untuk kamu lakukan. Namun kamu perlu s memasukkan code script pada postinganmu. Hanya saja, untuk cara membuat spoiler blog pada postingan WordPress dengan menggunakan code script ini perlu ketelitian.

Dalam membuat spoiler di WordPress dengan script, maka masukan code di mode Teks/HTML. Hal ini dilakukan jika kamu ingin ditempatkan pada postingan atau halaman. Namun jika kamu ingin menempatkan spoiler di widget atau sidebar, maka tinggal tempatkan code pada Widget Teks.

cara buat spoiler di blog - kode script

Di sini kamu hanya tinggal copy dan paste script yang nanti akan dibagikan untuk kamu ke dalam posting atau halaman website. Tapi ingatlah, paste code scriptnya dalam mode text/HTML.

Cara ini juga bisa kamu terapkan pada Blogspot. Untuk hal ini kamu memang harus lebih banyak lagi mempelajari tentang cara membuat spoiler.

Baca Juga: Cara Membuat Plugin WordPress, Mudah dan Praktis!

Simpulan

Demikian beberapa cara buat spoiler di blog WordPress. Cara ini sebenarnya cukup mudah kamu lakukan asal kamu bisa mempelajarinya dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kamu dapatkan salah satunya lewat artikel ini. Pada kesempatan kali ini kamu sudah mengetahui dua metode untuk cara membuat spoiler di blog WordPress. Semoga bermanfaat!