Auto Cuan! Ini 15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Auto Cuan! Ini 15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Kamu sedang mencari tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Kamu sudah berada di artikel yang tepat!

Saat ini, internet tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari hiburan ataupun informasi tetapi juga untuk mendapatkan uang.

Tentu saja, apapun berpotensi menjadi ladang cuan bagi mereka yang mampu memanfaatkannya, termasuk internet.

Lantas, kira-kira apa saja ya cara untuk dapat uang dari internet? Yuk kita bahas!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba. Silakan disimak!

1. Menjadi kontributor media online

Saat ini, media online sudah menjadi salah satu media utama yang seringkali digunakan oleh mereka yang mempunyai akses internet.

Agar tak melewatkan peluang ini, kamu bisa mulai menulis tentang sesuatu yang kamu sukai lalu mendaftarkan diri sebagai kontributor di media online seperti Mojok.co, Medium.com, Kumparan.com, atau IDNTimes.com.

cara mendapatkan uang dari internet penulis media online

Selain menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet, hasil tulisanmu juga nantinya bisa digunakan sebagai portofolio, lho!

Baca Juga: Pentingnya Portofolio untuk Kredibilitas, Ini Cara Buatnya!

2. Mengelola channel YouTube (konten tutorial, DIY, traveling)

Ya, mengelola channel YouTube juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

cara mendapatkan uang dari internet youtuber

Bagaimana tidak, berdasarkan penelitian dari We Are Social dan Hootsuite per Januari 2023, YouTube saat ini menduduki peringkat kedua setelah Facebook sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Beberapa ide konten yang bisa kamu buat adalah tutorial, Do-It-Yourself (DIY), atau video blogging tentang traveling. Tapi ingat, buatlah konten yang sesuai dengan minat dan keahlianmu saja.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

3. Bisnis online lewat e-commerce

Online shop tentu saja menjadi primadona dalam dunia bisnis online melalui e-commerce.

Kamu bisa dengan mudah menjajakan produkmu di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

Tak terbatas hanya pada barang, kamu juga bisa menawarkan jasa, seperti jasa titip, jasa ketik, desain, atau jasa membuat website.

4. Bekerja sebagai online freelancer

cara mendapatkan uang dari internet online freelancer

Salah satu cara untuk dapat uang dari internet adalah bekerja sebagai online freelancer. Kamu bisa mengirimkan lamaran secara online untuk menjadi proofreader, desainer, penulis artikel, atau evaluator media sosial.

Namun, pekerjaan yang satu ini terkadang membutuhkan orang-orang yang sudah cukup ahli di bidangnya. Jadi, baca persyaratannya terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: 15+ Situs Freelance Terbaik untuk Cari Cuan

5. Membuat blog dan memonetisasinya

Monetisasi blog adalah salah satu cara terbaik mendapatkan uang secara online, khususnya untuk orang yang gemar menulis.

Pertama, kamu harus membuat blog. Kamu bisa membuatnya di WordPress ataupun di Blogger. Kamu bisa mengikuti caranya di artikel berikut: Cara Membuat Blog di WordPress dan Cara Membuat Blog di Blogger.

Selanjutnya kamu bisa mulai membuat blog tentang apa saja, seperti blog traveling, menjadi food blogger, atau sekadar blog ulasan.

Kamu juga bisa melakukan riset tentang topik blog yang paling banyak dikunjungi untuk menemukan niche.

Setelah blog berhasil dibuat dan topik konten sudah ditentukan, kamu tinggal melakukan monetisasi, salah satu caranya dengan mendaftarkan blog kamu ke Google Adsense.

Selanjutnya kamu harus membuat blog kamu ramai pengunjung sehingga monetisasi bisa berjalan lancar.

Cara terbaik agar trafik website kamu tinggi adalah rutin dan konsisten memposting konten yang menarik serta mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO).

Baca Juga: Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

6. Membuka kursus online

Kalau kamu memiliki keahlian di suatu bidang, cobalah membuat kursus online misalnya dengan membuat PDF sederhana hingga video YouTube atau TikTok.

Beberapa topik kursus online yang populer di antaranya skill komputer, kesehatan dan fitness, bisnis atau digital marketing, investasi, serta personal growth.

Dari topik tersebut, kamu bisa membuat website eLearning dan menjual materi di sana.

7. Mengikuti giveaway atau lomba

Mengikuti giveaway atau lomba adalah salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan.

Namun, kamu harus pintar-pintar mencari informasi karena tidak semua giveaway jujur dalam menentukan pemenang.

Di sisi lain, tak semua lomba juga bisa kamu ikuti. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan setiap persyaratan yang ada.

8. Program afiliasi

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari internet dengan mengikuti program afiliasi. Affiliate marketing adalah program pemberian komisi untuk orang yang sudah sukses mempromosikan produk atau jasa melalui jalur digital, seperti website dan media sosial.

Cara kerjanya, kamu hanya perlu daftar program afiliasi ke merchant, lalu bagikan kode promo ke audiens kamu.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan komisi dari setiap orang yang mendaftar menggunakan kode referral darimu.

Selain modal kecil dan tidak ada tanggung jawab mengelola produk, program afiliasi bisa menjadi penghasilan pasif kamu dari internet.

Nah, Dewaweb juga punya program afiliasi untuk kamu yang ingin mendapat penghasilan lebih dari internet, lho! Klik tombol berikut untuk tahu detail selengkapnya ya!

9. Menjual stock foto online

Kamu hobi fotografi? Jadikan hobimu menjadi sumber penghasilan tambahan di internet! Kalau kamu menyukai fotografi, kamu bisa saja menjual hasil karya fotomu ke situs penjual stock foto online.

Selain bisa menghasilkan uang, koleksi foto-foto kamu tentunya juga bisa berguna oleh orang lain. Kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap orang yang men-download foto yang kamu jual.

10. Menjadi dropshipper

Cara dapat uang dari internet yang bisa kamu coba selanjutnya adalah menjadi dropshipper. Dropshipping adalah model bisnis jual beli di mana penjual tidak menyimpan stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok menuju pembeli.

Dengan begitu, kamu tak perlu repot menyimpan stok barang ataupun mengeluarkan modal untuk membeli barang tersebut.

Selain minim modal, pekerjaan ini bisa dilakukan secara fleksibel di mana dan kapan saja. Kamu hanya perlu memilih produk yang akan dijual dengan pangsa pasar yang baik.

11. Admin media sosial

Selain menjadi influencer atau selebgram di medsos, kamu juga bisa dapat uang di internet dengan cara menjadi admin media sosial.

Perusahaan atau publik figur kebanyakan membutuhkan orang untuk mengelola akun media sosial mereka. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara mendulang cuan di internet.

Kamu hanya perlu skill komunikasi yang baik, perangkat pendukung seperti HP atau laptop, serta koneksi internet yang stabil.

12. Investasi domain

Jika kamu memiliki domain yang sudah tidak dipakai (mungkin bekas proyek online), maka kamu bisa menghasilkan uang dari domain tersebut.

Investasi domain, atau disebut juga domaining, ini sama seperti investasi biasa di mana kita membeli sesuatu dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.

Kamu bisa melelang domain kamu pada layanan pelelangan domain terpercaya seperti GoDaddy.

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Domain, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

13. Menjadi content creator

Content creator adalah salah satu profesi yang bisa digeluti oleh siapa saja dan di mana saja.

Kamu bisa menjadi content creator di salah satu media sosial seperti Instagram atau TikTok maupun lintas platform (di banyak media sosial).

Untuk menjadi content creator sendiri kamu memerlukan kepercayaan diri, skill berkomunikasi dengan penonton, serta harus up to date dengan hal terkini.

14. Mengisi survey online

Mungkin ada di antara kamu yang sudah melakukan cara ini. Mengisi survey online ini tergolong sangat mudah karena kamu hanya perlu menjawab pertanyaan dengan jujur.

Setelah menjawab satu survey online sampai selesai, kamu akan mendapatkan poin yang mana nantinya bisa ditukar dengan uang jika sudah terkumpul sesuai minimal saldo.

Adapun salah satu survey online terbesar dan terpercaya di Indonesia seperti Nusaresearch.

15. Membaca bacaan digital

Beberapa aplikasi layanan baca digital juga ada yang memberikan reward berupa koin yang dapat ditarik (withdraw) menjadi uang.

Salah satu aplikasi baca digital yang paling populer adalah Fizzo Novel. Di sana, pengguna tak hanya bisa membaca alur cerita menarik namun juga bisa mendapatkan reward koin.

16. Menjual barang preloved di Carousell

Sekarang sedang marak bisnis thrift shop atau toko preloved yang menjual barang second.

Nah, kalau kamu punya barang second layak pakai yang sudah tidak kamu pakai lagi, cobalah jual secara online di Carousell!

Kamu hanya perlu membuat akun, memasang foto barangmu dengan menarik, dan kemudian mempostingnya. Selamat mencoba!

Hal yang Perlu Disiapkan

Sebelum mencoba beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Menyiapkan perangkat pendukung: Persiapkan terlebih dahulu berbagai perangkat yang akan kamu butuhkan, seperti laptop, komputer, atau smartphone.
  2. Pastikan ada koneksi internet: Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang cepat dan stabil agar tak menghambat performa kerjamu.
  3. Buat email untuk profil di internet: Untuk membangun personal branding yang profesional dan kredibel, kamu perlu membuat email profilmu. Kamu juga bisa membuat email dengan domain sendiri agar terlihat lebih profesional.
  4. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin: Pastikan kamu mencari informasi yang sesuai dengan apa yang ingin kamu kerjakan. Jika kamu ingin menjadi kontributor media online, menjadi influencer, blogger, atau membuat konten untuk YouTube, carilah informasi terkait fenomena yang sedang terjadi agar kontenmu up-to-date.
  5. Eksekusi ide: Carilah ide sekreatif mungkin sehingga apa yang kamu kerjakan memiliki nilai lebih dibandingkan milik orang lain.

Tertarik untuk Dapat Uang dari Internet?

Setelah mengetahui beberapa cara mendapatkan uang dari internet, apakah kamu tertarik untuk mengeksekusi salah satunya?

Apapun bisnis yang hendak kamu jalankan, pastikan kamu selalu memberikan yang terbaik dari dirimu, ya. Selamat mencoba!

Kumpulan artikel informatif lainnya dapat kamu temukan di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti webinar gratis dari Dewatalks seputar digital marketing dan website development. Salam sukses online!