cara melihat ip address

Cara Mudah untuk Melihat IP Address di Laptop dan Smartphone

Setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan internet pasti memiliki IP Address. Untuk mengetahui alamat IP, kamu bisa cek IP Address dengan berbagai cara.

IP Address merupakan alamat atau identitas numerik yang diberikan kepada setiap perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam sebuah jaringan. IP Address diibaratkan sebagai alamat rumah, maka dari itu setiap kombinasi angkanya harus unik. Itu berarti setiap perangkat memiliki alamat IP yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Jika kamu ingin mengetahui cara mengecek IP Address di perangkat yang kamu gunakan, baca terus artikel ini ya!

Baca Juga: IP Address: Pengertian dan Jenis-Jenis Alamat IP

Cek IP Address

Alamat IP umumnya berbentuk kombinasi 4 blok angka yang dipisahkan dengan titik. Tiap blok angka tersebut dapat mengandung 1-3 digit angka.

Terdapat dua jenis IP Address di sebuah perangkat yang digunakan dalam jaringan, yaitu IP Eksternal (IP Publik) dan IP Internal (IP Privat).

Singkatnya, IP Eksternal adalah alamat IP yang diberikan dari penyedia layanan internet (ISP) untuk bisa mengakses internet. Sedangkan IP Internal adalah alamat IP yang dimiliki tiap perangkat di jaringan yang sama atau lokal. Kedua jenis alamat IP tersebut bisa dicek dengan mudah.

Mengecek alamat IP Eksternal bisa dilakukan dengan cepat menggunakan beberapa situs. Misalnya dari WhatismyIPaddress, WhatismyIP, atau di Myip. Alamat IP Publik akan langsung ditunjukkan ketika kamu membuka situs tersebut.

Untuk mengecek alamat IP internal, caranya akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini.

Baca Juga: 7 Tools Online Gratis untuk Deteksi Malware di Website

Cara Cek IP Address di Windows

Cara melihat IP Address internal di perangkat Windows bisa dilakukan dengan tiga opsi. Melalui control panel, network & internet settings atau command prompt. Berikut cara mengetahui IP Address di Windows yang bisa kamu ikuti.

Cek IP Address dari Control Panel

Metode pertama untuk cek IP Address perangkatmu adalah menggunakan control panel. Berikut adalah langkah-langkahnya

  1. Buka Control Panel

    Untuk melihat alamat IP dari Control Panel, kamu harus membuka dashboard Control Panel di Windows dengan klik ‘Start’ lalu pilih ‘Control panel’.

  2. Buka pengaturan Network and Internet

    Jika sudah muncul dashboard Control Panel, pilih ‘Network and Internet’. Kemudian klik pada ‘Network and Sharing Center’.

  3. Pilih jaringan WiFi yang terhubung

    Setelah muncul dashboard WiFi status, pilih ‘Details’ dan nanti akan terdapat jendela berisi informasi konfigurasi alamat IP di perangkat yang kamu gunakan.

Cek IP Address dari Network & Internet Settings

Kamu juga dapat memeriksa alamat IP dari pengaturan jaringan dan internet. Berikut adalah langkah-langkahnya memeriksa IP Address dari Network & Internet Settings.

  1. Buka Network & Internet Settings

    Cara membuka menu Network & Internet Settings bisa dilakukan dengan klik ikon WiFi yang ada di pojok kanan bawah.

  2. Pilih Properties

    Pilih ‘Properties’ setelah itu akan muncul dashboard WiFi. Scroll ke bawah dan di sana kamu akan menemukan  alamat IP Address yang digunakan.

Cek IP Address dari Command Prompt

Cara cek IP komputer Windows terakhir adalah menggunakan Command Prompt dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt

    Ada dua cara untuk membuka command promt. Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol ‘Windows’ dan ‘R’ secara bersamaan. Atau kamu bisa buka melalui Start menu kemudian ketik Run. Setelah itu klik ‘OK’.

  2. Ketik ‘IPconfig’

    Setelah klik ‘OK’ akan muncul jendela command promt. Ketik ‘ipconfig’ lalu tekan Enter. Tunggu beberapa saat sampai command prompt menunjukkan IP Configuration dari perangkat yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Mengetahui dan Menyembunyikan IP Address

Cara Cek IP Address di Mac

Bagi pengguna Macbook, melihat alamat IP internal dapat dilakukan dengan mudah. Berikut caranya:

  1. Buka System Preferences

    Klik ikon Apple di menu bar yang terletak di sisi kiri atas, kemudian pilih ‘System Preferences’

  2. Pilih Network

    Setelah jendela System Preferences terbuka, pilih ‘Network’.

  3. Lihat pada Status

    Selanjutnya kamu akan menemukan informasi Status dan Network name yang digunakan perangkat. Di bawah tulisan Status Connected, kamu akan melihat tulisan berukuran kecil ‘WiFi is connected to (*namakoneksi WiFi) and has the IP Address ……’. Kode di akhir merupakan alamat IP perangkatmu.

Cek IP Address di Android

Mengecek alamat IP juga bisa dilakukan pada smartphone yang kamu gunakan. Caranya berbeda untuk smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Simak penjelasan berikut untuk cek IP Address di Android.

  1. Masuk ke ‘Settings’ kemudian pilih ‘Connection’
  2. Klik pada ‘Wi-Fi’ setelah itu pilih jaringan internet yang sedang terkoneksi ke device-mu. Setelah diklik, akan IP Address akan muncul.

atau jika kamu sedang menggunakan mobile data, kamu bisa melihat alamat IP dengan:

  1. Masuk ke ‘Setting’ kemudian klik ‘About Phone’
  2. Klik status di smartphone kamu, kemudian alamat IP akan muncul.

Baca Juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Melihat IP Address di iOS

Bagi pengguna Apple, cara cek IP Address di perangkat iOS cukup mudah dan sederhana. Caranya:

  1. Buka ‘Settings’ dan pilih menu ‘Wi-Fi’
  2. Klik pada ikon ‘i’ yang terletak di samping kanan nama koneksi wifi yang sedang terhubung. Informasi alamat IP perangkatmu akan muncul pada detail IPv4 / IPv6 address.

Simpulan

Itu dia cara cek IP Address di perangkat yang kamu gunakan. IP Address sebetulnya merupakan informasi penting, namun mungkin banyak orang tidak terlalu menghiraukannya.

Bagi sebagian orang yang berkecipung di bidang IT, informasi alamat IP dibutuhkan untuk melakukan pengaturan seperti konfigurasi jaringan, menjalankan server web, menghubungkan VPN, dan lain-lain.

Semoga artikel singkat ini dapat membantumu ya! Baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb untuk membantumu sukses secara online.