Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah & Akurat

Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah & Akurat

Sebagai pemilik website, kamu harus rutin melakukan cek kecepatan website. Ada sejumlah langkah optimasi yang perlu dilakukan agar situsmu bisa diakses dengan cepat, salah satunya memperbaiki masalah yang membuat loading website lambat.

Mengecek kecepatan website penting dilakukan. Pasalnya, kecepatan website adalah salah satu faktor yang menentukan sebuah situs bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. Cara cek kecepatan website bisa dilakukan dengan mudah, selain itu ada berbagai tools yang bisa kamu manfaatkan.

Yuk, simak di bawah ini!

Kenapa Kecepatan Website Penting?

Sebelum masuk ke cara mengeceknya, kamu harus tau terlebih dahulu kenapa kecepatan website adalah hal yang penting.

Google memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator untuk penilaian SEO. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Bagi yang belum tau mengapa kecepatan web merupakan faktor penting, Dewaweb sudah merangkumnya ke dalam beberapa poin berikut. Baca penjelasannya ya!

Baca Juga: Cara Cek DA & PA Website untuk Meningkatkan SEO [Update 2022]

1. Memengaruhi pengalaman pengunjung

Salah satu faktor yang menjadikan kecepatan website penting adalah bagi pengunjungnya. Pasalnya, tak ada orang yang mau menunggu lama untuk membuka sebuah website.

Menurut sumber, sebagian besar pengguna bahkan berharap halaman web dapat dimuat dalam kurang dari 2 detik. Ya, dalam hitungan detik saja pengunjung bisa berpindah ke situs lain jika website kamu tidak bisa diakses dengan cepat.

Pengunjung akan meninggalkan website dengan loading time yang lama. Hal ini nantinya akan menyebabkan bounce rate yang tinggi.

Tentu tidak mau hal tersebut terjadi pada website kamu ‘kan?

2. Memengaruhi peringkat di search engine

Meski kecepatan website bukan satu-satunya faktor yang Google gunakan untuk menentukan ranking pada SERP, kamu tidak bisa menganggap hal ini sepele.

Google secara bertahap mengimplementasikan beberapa kriteria baru untuk menentukan sebuah halaman website layak mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian. Hal ini dikenal dengan Core Web Vitals.

Search engine seperti Google selalu mengedepankan pengalaman pengguna, dan waktu loading yang lama dianggap memiliki dampak negatif terhadap user experience.

Salah satu metrik dalam Core Web Vitals adalah Largest Contentful Paint, yang sangat erat kaitannya dengan waktu muat sebuah website. Artinya, jika ada dua website dengan kualitas konten yang sama, Google akan menempatkan website yang lebih cepat di posisi lebih tinggi.

Baca juga: Panduan Lengkap SEO untuk Pemula [Update 2022]

3. Meningkatkan reputasi perusahaan

Kecepatan website juga dapat memengaruhi reputasi sebuah perusahaan lho. Website merupakan representasi digital bagi bisnis atau perusahaan kepada konsumen.

Di zaman serba online seperti sekarang, citra sebuah perusahaan dibangun dari website-nya. Kesan pertama yang dirasakan pengunjung ketika membuka website adalah pada kecepatan web. Website yang lambat memberi reputasi buruk karena dianggap perusahaan tidak bisa me-maintainnya dengan baik.

Baca Juga: 25+ Contoh Website Perusahaan Terbaik untuk Referensi

Cara Cek Kecepatan Website

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui kinerja kecepatan website kamu. Berikut tutorial cara cek kecepatan website dengan PageSpeed Insight:

  1. Buka situs PageSpeed Insights di browser kamu
  2. Masukkan URL website yang ingin kamu periksa pada kolom yang tersedia cek kecepatan website - pagespeed insights
  3. Klik Analyze untuk melanjutkan
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekkan selesai
  5. Setelah selesai, kamu akan mendapat hasil pengecekkan kecepatan website untuk perangkat desktop ataupun mobile. Scroll ke bawah untuk melihat penjelasan lebih lanjut. hasil cek kecepatan website

hasil cek kecepatan website

Google PageSpeed Insights akan memberikan penilaian dengan indikator skala 0 – 100.

  • 0 – 49 menunjukkan kecepatan website yang lambat
  • 50 – 89 mengindikasi kecepatan website rata-rata
  • 90 – 100 menandakan website memiliki loading yang cepat

Tools Cek Kecepatan Website

Ada berbagai tools yang bisa kamu gunakan untuk cek kecepatan website. Berikut ini beberapa opsi tools yang dapat kamu gunakan untuk tes kecepatan website:

1. PageSpeed Insights

cek kecepatan website - pagespeed insights

Di tahun 2010, Google memasukkan kecepatan website sebagai indikator dalam penilaian untuk SEO. Di tahun yang sama pula, Google merilis PageSpeed Insights sebagai tools yang akan memberikanmu laporan terhadap kinerja halaman web yang ditampilkan dari HP atau desktop.

Cara menggunakannya mudah dan bisa dipakai secara gratis. Selain rangkuman hasil analisis, tools ini juga memberikan saran tentang hal apa saja yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan website.

Baca Juga: 6 Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

2. GTMEtrix

GTMetrix

GTMEtrix juga bisa kamu manfaatkan sebagai tools andalan kamu untuk cek kecepatan website. Dengan tools ini, kamu dapat mengetahui nilai kecepatan website-mu dengan indikator A-F. Nilai A menunjukkan bahwa website sudah memiliki performa yang bagus.

Sama seperti PageSpeed Insights, GTmetrix juga akan memberi rekomendasi untuk mengatasi masalah yang dialami website dari hasil penilaiannya. Meski layanannya disediakan secara gratis, ada opsi berbayarnya juga yang bisa memberikan pengecekan tingkat lanjut.

3. Webpagetest

Webpagetest

Selain GTMetrix, kamu juga bisa gunakan Webpagetest. Ini merupakan situs yang bisa membantumu mengecek kecepatan website dari lokasi, perangkat, dan browser yang berbeda secara gratis.

Tampilannya cukup sederhana sehingga memudahkan bagi pemula. Opsi pengecekannya juga beragam, mulai dari yang sederhana hingga tingkat lanjutan yang lebih mendalam.

Baca Juga: Kenapa Website Kamu Lambat? Cek Cara Mempercepat Website Berikut

4. Pingdom

pingdom

Opsi lain, kamu bisa cek speed website dengan Pingdom. Pingdom menggunakan indikator berskala 0-100% untuk menilai kecepatan website.

Tools ini juga akan mengidentifikasi masalah yang dialami pada website sehingga kamu bisa mengetahui hal-hal yang harus diperbaiki untuk mencapai tingkat kecepatan website yang lebih baik.

5. KeyCDN Speed Test

KeyCDN Tools

Alternatif lain cara mengecek kecepatan website bisa dilakukan dengan KeyCDN Speed Test. Selain menampilkan hasil analisis kecepatan web, kamu juga bisa mengetahui masalah apa yang dialami website sehingga bisa segera diperbaiki.

KeyCDN memberi penilaian dari metode request, status kode HTTP, ukuran konten, waktu tunggu/terima, dan total waktu download. Kamu juga bisa melihat kecepatan loading setiap jenis file website seperti CSS, Javascript, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Trik untuk Mengoptimalkan Kinerja Website Jadi Lebih Baik

Solusi Agar Website Kamu Anti Lemot

Kecepatan website adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik. Jika kamu punya website bisnis atau e-commerce, sebaiknya kamu memberikan perhatian khusus terhadap performa situs kamu.

Dewaweb memiliki solusi terbaik untuk memastikan website kamu anti lelet: cloud hosting dengan spesifikasi tinggi.

Didukung dengan prosesor kelas atas dari AMD Epyc dan NVMe SSD super cepat, pengunjung website kamu tak perlu menunggu loading lagi!

Selain server dengan performa tinggi, kamu juga dapat memperoleh:

  • Domain gratis
  • Plugin premium
  • Tema premium
  • Dukungan teknis 24/7 dari Ninja Support

Tertarik? Klik tombol di bawah ini!

 

Semoga artikel ini membantumu ya. Kamu bisa baca artikel informatif lainnya tentang IoT, digital marketing, bisnis online, dan sebagainya di blog Dewaweb. Salam sukses online!