cara cek plagiasi

10 Website Terbaik untuk Cek Plagiasi Konten dan Artikel

Ingin tahu cara cek plagiat supaya konten/tulisanmu bebas plagiarisme? Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan situs-situs penyedia jasa cek plagiarisme.

Penting untuk memperhatikan suatu konten merupakan hasil karya yang orisinal. Konten yang orisinal merupakan salah satu kunci untuk membangun kepercayaan pembaca dan tentunya dapat menaikkan performa website tersebut di mesin pencarian.

Namun, terkadang terjadi beberapa hal yang tanpa disadari menyebabkan suatu karya mirip dengan yang lainnya. Untuk mencegah terjadinya plagiarisme, simak 10 website terbaik untuk cek plagiasi berikut ini ya!

1. Plagiarisma

Cara cek plagiat Plagiarisme

Cara cek plagiarisme bisa dilakukan secara online dengan mudah menggunakan Plagiarisma. Situs pengecek plagiat ini mendukung format dokumen DOC, DOCX, TXT, HTML, RTF, PPTX, XLS, PDF, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek dokumen hanya dengan memasukkan URL-nya saja.

Aplikasi pengecek plagiat ini dapat melakukan pengecekan dalam berbagai bahasa. Selain fitur cek plagiat, tersedia juga pengecekan grammar dan fitur article rewriter untuk dokumen berbahasa Inggris. Plagiarisma juga bisa diunduh ke perangkat berbasis software Windows 7 ke atas, Android, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Plagiat Konten Website atau Blog

2. DupliChecker

 

cek plagiat duplichecker

Cara cek plagiarisme online juga bisa dilakukan dengan DupliChecker. Situs plagiarism checker ini dapat digunakan secara gratis, tanpa perlu registrasi. DupliChecker bisa dibilang sebagai ‘all in one’ tool. Selain melakukan pengecekan plagiasi, situs ini juga memiliki fitur pengecekan grammar, paraphrasing tool, reverse image search hingga website management tools. 

Tak hanya itu, DupliChecker menyediakan SEO tools seperti keyword research, domain authority checker, SEO backlink tools, dan masih banyak lagi. Semua bisa digunakan secara gratis, namun jika membutuhkan fitur tambahan, kamu bisa melakukan registrasi akun Pro dengan pilihan paket yang beragam.

3. PaperRater

Cara cek plagiat PaperRater

PaperRater merupakan salah satu pilihan website cara cek plagiat gratis. Untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu menentukan jenis tulisan, level tingkatan penulis serta faktor lainnya.

Selain fitur utamanya sebagai plagiarism detector, tersedia juga fitur lainnya seperti grammar dan spelling checker. PaperRater juga mampu melakukan online proofreading dengan memberi feedback dan saran untuk penulisan.

Bagi kamu yang butuh pengecekan tulisan berbahasa Inggris, PaperRater bisa jadi solusi yang tepat. Mereka juga punya layanan premium yang bisa didapatkan dengan membayar mulai dari Rp50.000 per bulan.

Baca Juga: 9 Cara Agar Konten Website Kamu Diklik Banyak Orang

4. PlagScan

Cara cek plagiat PlagScan

Cek plagiarisme online dapat dilakukan dengan PlagScan. Sebelum melakukan pengecekan, kamu diharuskan untuk registrasi akun terlebih dahulu. PlagScan lebih cocok dipakai untuk kebutuhan akademis, seperti mengecek esai, artikel akademis, skripsi dan lainnya. Tampilan hasil pengecekan dari PlagScan juga tersedia dalam PDF, sehingga mudah untuk dicetak.

Meski registrasi dilakukan secara gratis, sayangnya fitur PlagScan hanya dapat dinikmati hanya dalam waktu beberapa hari saja setelah mendaftar. Setelah itu, pengguna diharuskan untuk membayar agar bisa terus menggunakan layanan dari PlagScan.

5. Quetext

Cara cek plagiat Quetext

Dengan tampilan website yang simple, Quetext memberikan layanan pengecekan plagiasi yang mudah digunakan. Pengecekan bisa dilakukan secara gratis, namun Quetext membatasi untuk melakukan pengecekan terhadap 500 kata saja. Untuk versi berbayarnya, kamu bisa melakukan cek plagiasi dengan jumlah kata hingga 100.000 setara dengan 200 halaman dokumen.

6. Grammarly

Cara cek plagiat Grammarly

Sesuai dengan namanya, Grammarly memang terkenal sebagai fitur pengecekan grammar dalam bahasa Inggris. Ternyata, Grammarly juga bisa digunakan sebagai software untuk mengetahui plagiat lho! Grammarly punya database yang lengkap dan akurat untuk melakukan pengecekan tersebut.

Untuk cek plagiarisme menggunakan Grammarly, kamu perlu registrasi terlebih dahulu. Fitur pengecekan plagiarisme dari Grammarly tidak dibatasi dalam dokumen berbahasa Inggris saja. Sayangnya untuk menggunakan fitur ini kamu perlu registrasi ke akun premium terlebih dahulu.

Baca Juga: Tools SEO untuk Optimasi Website

7. Small SEO Tool

Small SEO Tools

Website cek plagiarisme online dari Small SEO Tool juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif lain. Situs ini menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan gratis tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Selain untuk mengecek plagiasi, kamu juga bisa mengecek grammar, SEO, word counter, hingga reverse image search, dan lain-lain.

Untuk cek plagiarisme di Small SEO Tool, kamu dapat upload dokumen berformat .tex, .txt., .doc, .docx, .odt, .pdf, .rdt. Situs ini membatasi dokumen dengan jumlah 1000 kata per pencarian yang dilakukan. Kamu juga bisa periksa plagiarisme melalui URL halaman web sekaligus dapat mengecualikan URL tertentu.

8. Viper

Viper

Sebagai aplikasi penyedia jasa cek plagiarisme, Viper dapat melakukan pengecekan jika kamu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu ke perangkat. Kamu bisa download aplikasi ini secara gratis dan dijalankan di PC.

Setelah berhasil dijalankan, kamu akan diminta membuat akun terlebih dahulu. Ada dua opsi akun yaitu gratis dan berbayar. Jika Anda memilih opsi cek plagiarisme gratis, akan ada pembatasan pengecekan harian.

Cara cek plagiat di Viper ialah dengan upload dokumen berformat Adobe atau Office file. Nantinya, aplikasi akan memproses pengecekan plagiasi dokumen dari referensi yang ada. Dibutuhkan koneksi internet yang stabil untuk mempercepat pengecekan dokumen.

9. Copyscape

Copyscape

Copyscape menawarkan layanan pemeriksa plagiarisme secara online. Berbeda dengan yang lainnya, Copyscape melakukan pengecekan berdasarkan URL halaman website. Situs ini adalah solusi tepat untuk mencegah adanya plagiasi / pencurian konten dari sebuah website.

Cara mengecek plagiarisme di Copyscape sangat mudah, kamu tinggal masukkan URL dari konten yang ingin dicek. Tunggu beberapa saat, situs akan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten yang ada di URL tersebut. Copyscape bisa digunakan secara gratis atau berbayar. Tentunya ada batasan pengecekan jika memakai layanan yang gratis.

Baca Juga: Konten yang Berpengaruh Buruk Terhadap SEO Blog

10. PlagiarismChecker

Plagiarism checker

Website terbaik untuk cek plagiasi konten lainnya adalah PlagiarismChecker. Kamu bisa gunakan situs ini untuk cek plagiarisme secara online, tanpa perlu di-download. Cara penggunaannya pun mudah. Kamu tinggal salin dan tempel teks yang ingin diperiksa ke dalam kotak yang tersedia. Atau bisa juga mengunggah dalam bentuk file ke dalamnya.

Fitur cek plagiat online ini bisa dipakai secara gratis atau berbayar. Ada pembatasan 800 kata dalam sekali pengecekan jika kamu memakai layanan gratis. Untuk member Pro, kamu bisa dapatkan fitur yang lebih komplit seperti pengecekan hingga 30.000 kata, hasil yang lebih lengkap dan akurat, tanpa iklan, dengan fitur deep search.

*

Setelah membaca artikel di atas, kamu bisa mengetahui cara cek plagiat yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebagian besar situs tersebut juga menyediakan fitur lainnya, seperti mengecek grammar, penulisan, dan bahkan SEO tools. Semuanya bisa kamu manfaatkan dengan maksimal untuk menghasilkan konten/tulisan yang baik dan orisinal.

Ada banyak artikel-artikel informatif lainnya yang bisa kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini bermanfaat ya, selamat mencoba!