12+ Cara Cek Website Down secara Akurat dan Mudah

12+ Cara Cek Website Down secara Akurat dan Mudah

Website down memang sangat menyulitkan. Baik bagi pengunjung situs yang terganggu akibat tidak bisa mengakses website, juga bagi pemilik website yang trafiknya menurun drastis karena sedang down. Untuk itu, kamu harus tahu pasti kendalanya dengan cara cek website down atau tidak.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah sebuah website down atau tidak. Berikut ini beberapa tools online yang bisa kamu manfaatkan untuk cek website down. Simak daftarnya berikut ini ya!

Baca Juga: 8 Penyebab Website Down dan Cara Mencegahnya

1. Is It Down Right Now

cara cek website down - is it down

Cara pertama untuk cek website down bisa kamu lakukan dengan situs Isitdownrightnow.com. Caranya, kamu cukup memasukkan URL website yang ingin kamu cek dan tool ini akan memberi informasi apakah website sedang down atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kapan terakhir kali website mengalami downtime.

Cara cek website down dengan Is it down right now:

  1. Kunjungi Isitdownrightnow.com
  2. Masukkan nama domain website yang ingin dicek pada kolom, kemudian klik Check
  3. Kamu akan mendapat tampilan seperti berikut ketika melakukan pengecekan website
  4. Jika di-scroll ke bawah, kamu bisa melihat riwayat status website dari pengecekan waktu respons dan pingtampilan hasil is it down right now

Baca Juga: 5 Tools Gratis untuk Cek Backlink Website yang Bisa Kamu Coba

2. Down for Everyone or Just Me

down for everyone or just me

Opsi lain, kamu bisa mengecek status website down atau tidak dengan situs Downforeveryoneorjustme.com. Tampilan situs ini sangat simple, kamu hanya tinggal memasukkan alamat website ke kolom yang tersedia. Tool pengecekan ini dilengkapi captcha untuk menjaga keamanan dan memastikan yang mengecek bukanlah robot.

Cara menggunakan tool ini antara lain:

  1. Buka Downforeveryoneorjustme.com
  2. Masukkan URL di kolom seperti berikut, lalu klik Or just me?
  3. Tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan ditampilkan. Warna hijau menandakan website tidak down, tapi hanya kamu yang terkendala mengakses situs tersebut.

3. Host Tracker

cara cek website down - host tracker

Kamu juga bisa melakukan pengecekan situs yang sedang tidak bisa diakses dengan Host-tracker.com. Kelebihannya, Host Tracker menyediakan pengecekan website secara lengkap, mulai dari pengecekan web, pagespeed, ping, trace, port, DNSBL, dan Whois. Selain itu, kamu juga bisa mengecek status website berdasarkan lokasi server yang tersebar di seluruh dunia.

Cara cek website yang down menggunakan Host Tracker:

  1. Kunjungi Host-tracker.com
  2. Scroll sampai menemukan kolom pengecekan. Pilih opsi Web, lalu masukkan domain website yang akan dicek. Klik Check
  3. Tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan ditampilkan

Baca Juga: Error Pada WordPress Serta Solusi Tepat Mengatasinya

4. Is It Down

cara cek website down - is it downIsitdown.us juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah website kamu down atau tidak. Penggunaannya juga sangat mudah. Ketika mengunjunginya kamu akan disuguhkan dengan laman yang sangat sederhana berisi kolom untuk memasukkan URL website.

Langkah-langkah mengeceknya sebagai berikut:

  1. Buka situs Isitdown.us, lalu ketik URL website di kolom yang tersedia
  2. Klik Is it down?
  3. Tunggu beberapa saat sampai situs menampilkan hasil pengecekan seperti berikut:tampilan hasil is it down

5. Dotcom-Monitor

cara cek website down - dotcom monitor

Cara mengecek website selanjutnya dapat dilakukan dengan situs Dotcom-monitor. Sedikit berbeda dengan tools lainnya, kamu dapat memonitor kinerja website dan aplikasi web lebih lengkap. Tool ini memberi laporan waktu uptime dan downtime website, server, dan API dari 7 browser berbeda dan lebih dari 25 lokasi di seluruh dunia.

Pengecekan dilakukan dengan analisis kecepatan page load, kode respons server, dan menampilkan daftar error konektivitas untuk website manapun setiap satu menit. Namun, tool ini tidak sepenuhnya gratis. Kamu bisa memanfaatkan free-trial selama 30 hari pertama dan setelah itu kamu perlu membayar sejumlah biaya untuk menikmati fitur ini.

Baca Juga: Error 404 Not Found: Apa Maksudnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

6. Website Planet

website planet

Berikutnya, kamu dapat gunakan situs Websiteplanet.com untuk mengetahui apakah suatu website sedang down atau tidak. Sama seperti tools pengecekan lain, kamu hanya perlu memasukkan domain di kolom yang disediakan. Tool ini akan memberi laporan service status, IP address, response time dan response code.

Berikut panduan pengecekan website dengan Websiteplanet.com:

  1. Buka situs Websiteplanet.com, ketik URL website yang ingin kamu cek di kolom
  2. Klik Check
  3. Tool akan melakukan pengecekan beberapa saat, tunggu sampai hasil ditampilkan yang akan terlihat seperti berikut:tampilan hasil website planet

7. Down Inspector

down inspector

Online tool pengecekan website satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengecek website down secara praktis. Tampilannya cukup sederhana dan bisa digunakan untuk melihat riwayat status website selama beberapa waktu terakhir.

Berikut panduan menggunakan tool Downinspector.com:

  1. Kunjungi Downinspector.com di browser, ketik nama domain di kolom yang tersedia
  2. Klik Check, lalu tunggu beberapa saat sampai hasil pengecekan ditampilkan
  3. Scroll ke bawah untuk melihat riwayat status website selama beberapa jam terakhirtampilan hasil down inspector

Baca Juga: Tutorial Lengkap Mengatasi White Screen WordPress

8. Site 24×7

site24x7.com

Dengan Site 24×7, kamu dapat melakukan website availability, Ping website, DNS analysis, find IP, dan find location. Cara menggunakannya sama seperti tools yang lainnya. Kamu hanya perlu memasukkan URL situs yang akan dicek ke kolom yang disediakan. Tool ini dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

Berikut cara menggunakan tool ini:

  1. Buka Site24x7.com di browser, ketik URL di kolom website name
  2. Klik Test Now, kemudian tunggu hasil pengecekan website
  3. Tampilan laman pengecekan akan memberikan informasi terhadap metrik-metrik website analysis dengan lokasi server yang berbedatampilan hasil site24x7

Baca Juga: Cara Mudah Mengecek Website Palsu, Waspada Penipuan!

9. Uptrends

uptrends

Selain tools yang disebutkan di atas, Uptrends.com adalah opsi lain yang dapat digunakan untuk cek server website. Kamu bisa mengetahui apakah website down secara global atau hanya di beberapa wilayah saja. Selain pengecekan website down, kamu juga akan mendapatkan informasi tambahan seperti IP address, waktu respon, kode respon, dan status layanan.

Berikut cara memeriksa website down dengan Uptrends:

  1. Kunjungi situs Uptrends.com di browser kamu
  2. Ketik nama domain di kolom I want to test, kemudian pilih All checkpoints
  3. Klik Start Test, lalu tunggu hingga tool ini selesai mengecek website. Tampilannya akan seperti berikuttampilan hasil uptrends

10. Isitwp.com

cara cek website down - is it wp

Alternatif lain untuk mengetes website down yakni dengan situs online Isitwp.com. Free website uptime status checker ini akan memberi kamu informasi mengenai status website, hosting provider dan pengecekan Whois.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka situs Isitwp.com lalu ketik URL di kolom
  2. Klik Analyze Website untuk melanjutkan
  3. Tunggu beberapa saat hingga selesai melakukan pengecekan. Kamu akan diberi informasi tentang status website dan hosting provider. Untuk mengecek Whois, kamu akan diarahkan ke laman lainnya.tampilan hasil isitwp

Baca Juga: Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Browser

11. Down.com

cara cek website down-down.comKalau kamu ingin cek website down atau tidak secara praktis dan cepat, tool ini jawabannya! Down.com memberikanmu informasi dengan cepat apakah website yang kamu cek memang mengalami downtime atau hanya kamu yang mengalami kendala. Cara mengeceknya juga sangat mudah:

  1. Buka situs Down.com, masukkan URL di kolom yang tersedia
  2. Klik Check Now!
  3. Kamu akan langsung mendapat informasi apakah website sedang down atau tidak dengan tampilan berikuttampilan hasil down.com

12. Down Notifier

cara cek website down - down notifier

Mencari opsi website monitoring yang berkualitas? Kamu bisa coba Downnotifier.com untuk menganalisa website kamu. Sedikit berbeda dari yang lain, Down Notifier akan memindai website kamu tiap 10 menit dan kamu akan menerima notifikasi hasil pemindaian melalui email.

Layanan ini disediakan secara gratis dan berbayar. Jika kamu butuh fitur pengecekan yang lebih, kamu bisa pilih opsi premium dan profesional monitoring dengan membayar mulai dari $14,96 per tahun untuk pengecekan 10 website.

Baca Juga: Cara Cek MAC Address di Berbagai Perangkat

13. GTmetrix

cara cek website down - gtmetrix

Masih kurang dengan pilihan tools di atas? Kamu dapat gunakan GTmetrix untuk mengecek website down atau tidak. Sebenarnya, tool online satu ini memungkinkan penggunanya untuk menganalisa performa website, mirip seperti PageSpeed Insights.

Cara mengeceknya, kamu hanya perlu memasukkan nama URL website di kolom dan klik tombol Go. Tunggu beberapa saat sampai hasil pengecekan ditampilkan. Apabila GTmetrix tidak bisa mengakses website, kamu akan mendapatkan pesan error yang berarti bahwa website tidak dapat diakses atau sedang mengalami downtime.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah & Akurat

Simpulan

Bagaimana, tidak sulit ‘kan cara cek website down dengan tools online di atas? Kamu bisa memilih tools yang sesuai dengan kebutuhanmu. Website down memang merepotkan, tapi kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan Dewaweb sebagai penyedia web hosting berkualitas. Website kamu sudah pasti cepat, aman, dan bisa diandalkan untuk segala keperluan.

Mau website yang anti lemot dan terhindar dari downtime? Gunakan cloud hosting Dewaweb sebagai solusi yang tepat untuk website kamu! Yuk cek paket hosting termurah dari Dewaweb di bawah ini!