7 Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

7 Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

Setiap pemilik situs pasti menginginkan situsnya terindex oleh Google secara cepat. Semakin cepat website terindex maka semakin cepat juga situs kamu muncul pada hasil pencarian SERP.

Namun, terkadang pemilik situs masih belum tahu bagaimana sebuah Google mengindex website dan cara agar website cepat terindex. Maka dari itu kamu perlu simak artikel kali ini sehingga website kamu bisa lebih cepat di halaman hasil pencarian dan ditemukan oleh pengguna. Langsung saja simak yuk!

Apa Itu Google Index?

Dalam dunia webmaster, kita sering mendengar istilah index atau index Google. Index website merupakan sebuah database yang berisi kumpulan informasi terkait website pada search engine. Lalu bagaimana cara Google mengindex website? Nah  index dihasilkan dari proses crawling dan indexing yang dilakukan selama periode tertentu.  

Nantinya, search engine akan melakukan crawling kemudian data website kamu seperti judul, keyword, tag, gambar, atau data lainnya akan disimpan pada database search engine tersebut. Banyaknya data yang tersimpan pada database itulah yang dinamakan sebagai index. 

Kemudian biasanya banyak yang menanyakan, berapa lama artikel atau website di index Google? Karena terkadang mereka ingin melihat artikelnya muncul di halaman hasil pencarian.

Secara umum, Google membutuhkan waktu 4 hari dan paling lama 6 bulan untuk mengindex artikel atau website kamu. Namun, sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menentukan cepat lambatnya, misalnya seperti popularitas situs, struktur artikel, kerapian, serta banyak faktor lain. Setiap website biasanya diberi perlakuan berbeda oleh search engine.

Baca Juga: Bagaimana Cara Ranking 1 Google? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bagaimana Cara Google Mengindex Website? 

Setelah mengetahui konsep index oleh Google, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara Google hingga bisa mengindex website.

1. Memanfaatkan Google Search Console

Cara pertama adalah memanfaatkan fitur dari Google Search Console.  Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk meminta index:

  • Buka situs Google Search Console.
  • Lalu pilih Inspeksi URL dan tempel link halaman yang hendak kamu index kemudian tekan enter. URL yang digunakan wajib sudah terdaftar pada Google Search Console.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil mendapatkan keberadaan URL tersebut.
  • Setelah itu halaman belum langsung terindex Google, agar terindex pilih Minta Pengindeksan.
  • Lalu Google Search Console akan memindai URL kemudian memastikan tidak ada eror seperti robot.txt atau yang lain. 
  • Selesai, kamu sudah berhasil meminta pengindeksan pada Google dan sudah masuk dalam antrian.

Itulah cara Google dalam mengindex halaman situs kamu, sebenarnya Google akan otomatis mengindex situs kamu dalam beberapa hari. Fitur lain yang bisa kamu manfaatkan seperti memonitor crawling, kesalahan index, halaman yang tidak terindex, keamanan website, serta banyak fitur lainnya. Dengan memastikan bahwa situs kamu tidak ada error atau yang lain maka halaman akan lebih cepat terindex.

Baca Juga: Panduan Lengkap Google Search Console untuk SEO

2. Buat sitemap XML

google index - buat sitemap xml

Selanjutnya adalah membuat sitemap XML. Sitemap sendiri berisikan daftar halaman yang ada pada website kamu. Lantas mengapa harus membuat sitemap XML? Yaitu untuk mempermudah search engine dalam menemukan halaman web kamu.

Sehingga ketika crawler mencari halaman kamu, mereka bisa menemukannya langsung dalam satu file yakni sitemap, tanpa harus mencari satu persatu.

Apabila website mudah ditemukan, maka Google juga lebih cepat mengindex situs.

3. Buat konten

Membuat konten yang berkualitas juga merupakan salah satu cara mempercepat index Google. Mengapa demikian? Karena ketika website kamu berisi konten yang berkualitas dan relevan, maka Google akan melihat bahwa situs tersebut serius dan memang layak di-crawling.

Selain mengupload di web, kamu juga bisa membagikannya ke sosial media agar lebih banyak orang yang mengunjungi situsmu.

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Buat Artikel yang Berkualitas dan Disukai Google

4. Tambahkan internal link

Ternyata, membuat artikel yang berkualitas saja tidak cukup kamu perlu tambahkan internal link di dalam artikel tersebut. Internal link sendiri merupakan link yang menuju konten atau halaman lain dalam situs yang sama.

Dengan menambahkan internal link dalam artikel, Google akan menilai bahwa situs kamu memiliki banyak konten dan satu sama lain saling berkaitan.

5. Ping URL

Ping URL merupakan cara untuk memberitahu Google bahwa terdapat update pada situs kamu, setelah itu mereka akan mengirimkan robot crawler untuk menjelajahi update yang terjadi.

Ping URL bisa dilakukan melalui beberapa tools diantaranya seperti Pingomatic, Pingdom, dan tools lainnya. Namun, yang perlu kamu ingat jangan terlalu sering melakukan ping karena justru akan dianggap spam oleh Google.

Baca Juga: Apa Pentingnya Canonical URL untuk SEO? Ini Penjelasannya

6. Buat halaman kategori konten

Cara cepat dalam melakukan Google index berikutnya yaitu membuat halaman kategori. Jika situs kamu membahas banyak topik, buat beberapa kategori sesuai topik yang ada, misanya blog Dewaweb memiliki kategori konten Digital Marketing, Cyber Security, dan yang lain.

Cara ini dianggap dapat mempercepat index Google, karena pengunjung akan lebih mudah menemukan konten kamu. Selain itu Google juga lebih mudah menemukan konten yang serupa,.

Baca Juga: Mengenal Struktur Navigasi Web, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

7. Ciptakan backlink

Cara mempercepat index Google yang terakhir yakni menciptakan backlink. Backlink merupakan link yang berasal dari situs lain namun menuju ke situs kamu. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs kamu, maka Google akan menilai bahwa situs tersebut berkualitas, sehingga mereka bisa lebih cepat mengindex halaman website.

Kesimpulan

Nah, itulah cara agar cepat di index oleh Google, kurang lebih terdapat 7 cara yang bisa kamu terapkan pada halaman website kamu. Pastikan kamu tidak hanya melakukan beberapa cara saja, melainkan menerapkan semuanya secara konsisten.

Sehingga halaman akan cepat terindex dan muncul pada pencarian Google. Dari situ akan membantu meningkatkan traffic website juga. Untuk mendapatkan tips lain terkait indexing atau seputar website, baca lebih lanjut artikel Dewaweb lainnya pada blog Dewaweb. Selamat mencoba ya, semoga berhasil!