Cara Ganti Password TikTok dengan Mudah di Semua Perangkat

Cara Ganti Password TikTok dengan Mudah di Semua Perangkat

Saat menggunakan TikTok dan juga media sosial lainnya, kamu perlu waspada terhadap keamanan akunmu. Keamanan akun adalah hal penting yang harus dijaga oleh semua pengguna sosial media seperti TikTok. Pasalnya, saat ini banyak terjadi peretasan akun media sosial, salah satunya disebabkan karena password yang lemah. Untuk itu, kamu harus tahu cara ganti password TikTok untuk melindungi akun.

Sebagai pengguna TikTok, mungkin beberapa dari kamu memilih menggunakan kata sandi yang mudah diingat. Tanggal lahir, unsur nama, dan kombinasi angka yang umum sering dijadikan opsi kata sandi bagi sebagian orang. Namun, penggunaan password seperti itu sangat rentan jadi korban para peretas. Agar akun TikTok kamu tetap aman, segera ganti kata sandi dengan mengikuti panduan berikut.

Simak langkah-langkah di artikel ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Ini Cara Cek Penghasilan TikTok dengan Mudah, Wajib Tahu!

Cara Ganti Password TikTok di Android dan iOS

Cara mengganti password di TikTok bisa dilakukan di berbagai perangkat pada sistem operasi Android dan iOS. Pada dasarnya, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sama di semua perangkat. Berikut cara ganti password TikTok yang perlu kamu lakukan untuk mengubah kata sandi di perangkat iOS dan Android:

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Pilih menu Profile di pojok kanan bawahcara ganti password tiktok - menu profile
  3. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atascara ganti password tiktok - klik ikon tiga garis
  4. Klik Settings and Privacy > pilih Manage Account > Passwordcara ganti password tiktok - manage account
  5. Kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS yang dikirimkan TikTok
  6. Lihat kode verifikasi di SMS kamu
  7. Masukan 6 digit kode verifikasi di aplikasi TikTok kemudian klik centangAsset Blog Dewaweb
  8. Masukkan password baru di kolom yang telah tersedia. Buat kata sandi yang lebih rumit sehingga tidak mudah ditebak. Syarat password di TikTok yakni terdiri dari 8 – 20 karakter termasuk huruf, angka, dan special characters.
  9. Klik Next untuk melanjutkan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah berhasil mengganti kata sandi akun TikTok di perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Tips dan Panduan untuk membuat Password yang Kuat

Cara Reset Password TikTok saat Tidak Login

Melansir informasi dari situs resmi TikTok, kamu juga bisa mengganti password ketika tidak login pada aplikasinya. Caranya yakni:

  1. Buka TikTok, klik Sign up
  2. Klik Log in di pojok bawah
  3. Pilih Use phone / email / username
  4. Klik opsi Email / Username
  5. Klik Forgot password?
  6. Pilih reset password dengan Phone number or Email

Catatan: Jika kamu mendaftar TikTok melalui media sosial lain, kamu harus mengganti password TikTok dari aplikasi tersebut yang kamu gunakan untuk mendaftar TikTok.

Baca Juga: Jadwal FYP TikTok 2022 untuk Upload Video

Syarat Mengganti Password TikTok

Kamu bisa mengganti password akun TikTok jika memenuhi beberapa ketentuan dalam proses ganti kata sandi. Supaya bisa mengubah password, pastikan nomor HP kamu telah terdaftar di aplikasi TikTok. Selain itu, kamu juga perlu memastikan nomor HP yang kamu gunakan saat mendaftar TikTok masih aktif. Hal ini karena kamu wajib memasukkan kode verifikasi atau OTP sebelum ganti kata sandi.

Selain nomor HP yang terhubung dengan akun TikTok, kamu tentunya membutuhkan koneksi internet yang lancar agar proses ganti password TikTok dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: Cara Lengkap Mengaktifkan TikTok Shop [Update 2022]

Cara Aktivasi Verifikasi Dua Langkah di TikTok

Untuk menambah lapisan keamanan akun, sebaiknya aktifkan metode verifikasi dua langkah atau two step verification di TikTok. Metode ini merupakan sebuah langkah untuk memberi perlindungan ekstra terhadap akun Tiktok kamu.

Bila mengaktifkan verifikasi dua langkah (2FA), kamu akan menerima kode verifikasi melalui SMS atau email ketika ada percobaan login masuk ke akun TikTok kamu. Ini akan membantu dalam memberikan notifikasi jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun TikTok-mu.

Cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah di TikTok:

  1. Pastikan kamu memiliki versi terbaru TikTok
  2. Klik Profile di kanan bawah
  3. Pilih ikon tiga garis di kanan atas
  4. Klik Settings and Privacy > Security and login
  5. Pilih opsi Verifikasi 2 langkah
  6. Tentukan bagaimana cara kamu menerima kode verifikasi. Ada dua cara yang bisa dipilih yakni melalui SMS atau Email, centang keduanya lalu klik Activatecara aktifkan 2fa tiktok
  7. Jika sudah mengklik Activate, maka akan tanda On akan muncul di keterangan verifikasi 2 langkah

Itu dia cara mengaktifkan verifikasi dua langkah yang bermanfaat untuk menambah perlindungan akun di TikTok. Jangan lupa terapkan metode ini agar kamu lebih waspada terhadap percobaan login akun yang dilakukan bukan dari kamu sendiri.

Baca Juga: 17 Ide Konten TikTok yang Patut Dicoba agar Masuk FYP [Terlengkap]

Ganti Password Akun TikTok supaya Lebih Aman!

Dari artikel ini kamu sudah mengetahui cara ganti password TikTok di berbagai perangkat. Tak hanya mengubah password menjadi lebih sulit ditebak, kamu juga perlu mengaktifkan metode verifikasi dua langkah untuk menambah lapisan keamanan akun. Dengan begitu, akun TikTok kamu akan jauh lebih aman dari berbagai serangan hacker yang merugikan.

Semoga artikel ini membantumu ya! Baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb untuk menambah wawasan tentang digital marketing, website, cyber security, dan IoT. Salam sukses online!