Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen di HP dan Laptop

Kamu sudah tidak menggunakan Telegram? Jika memang tidak dipakai, sebaiknya kamu menghapus akun Telegram untuk mencegah terjadi penyalahgunaan akun.

Di sini kamu akan mengetahui cara menghapus akun Telegram di HP/PC. Selain itu, kamu juga akan belajar cara untuk backup data akun Telegram.

Pastikan semua data penting yang diperlukan sudah dicadangkan sebelum menghapus akun. Sebab, seluruh data tidak akan bisa diakses lagi.

Langsung saja kita bahas, yuk!

Baca Juga: Cara Menghapus dan Menonaktifkan Akun Instagram

Cara Menghapus Akun Telegram di HP

cara menghapus akun telegram

Cara menghapus akun Telegram secara permanen bisa dilakukan dari smartphone atau HP kamu. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Masuk ke Settings di kanan bawah untuk perangkat iOS, atau klik garis tiga di pojok kiri atas untuk pengguna Android.
  3. Klik menu Privacy and Security.
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi Automatically Delete My Account.
  5. Atur waktu penghapusan akun otomatis dengan klik If Away For.
  6. Pilih rentang waktu antara satu bulan, tiga, enam, atau 12 bulan
  7. Akun akan secara otomatis terhapus bila kamu tidak online Telegram dalam rentang waktu yang dipilih. Kamu bisa logout akun atau uninstall aplikasi agar tidak online Telegram.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen dan Sementara

Cara Menghapus Akun Telegram dari Browser

Selain opsi di atas, kamu juga bisa menghapus akun Telegram secara permanen lewat PC / laptop dengan cara mengaksesnya dari browser. Bagaimana caranya? Inilah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Buka browser di perangkat kamu
  2. Buka atau klik link ini untuk hapus akun Telegram
  3. Ketik nomor telepon yang terdaftar di Telegram
  4. Kamu akan mendapat kode verifikasi ke akun Telegram, masukkan kode tersebut dan klik Sign In
  5. Akan muncul tiga opsi, pilih Delete Account
  6. Masukkan alasan kamu menutup akun Telegram pada kolom yang tersedia
  7. Klik Delete My Account, tunggu konfirmasi penghapusan hingga selesai

Baca Juga: Cara Menghapus Akun LinkedIn Secara Permanen dari HP dan PC

Jika sudah melakukan penghapusan akun, kamu tidak akan bisa lagi mengakses data-data yang ada tersimpan di akun Telegram. Maka itu, kamu perlu melakukan backup data sebelum menghapus akunmu. Baca lebih lanjut untuk tahu caranya.

Cara Export / Backup Data Telegram Sebelum Hapus Akun

Sebelum menghapus akun, pastikan kamu memiliki cadangan data-data yang kamu butuhkan. Sebab, data yang ada di dalam akun Telegram akan ikut terhapus bila kamu melakukan proses penghapusan akun.

Simak cara export/backup data chat Telegram berikut ini sebelum menghapus akun:

  1. Buka Telegram Desktop di laptop atau PC.
  2. Kamu bisa login ke akun Telegram dengan scan QR Code menggunakan aplikasi Telegram di HP, atau dengan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi.Cara backup data telegram - login akun
  3. Untuk scan QR Code, buka aplikasi Telegram di HP. Klik Settings, pilih Device, kemudian klik Scan QR Code.cara backup data telegram - scan QR
  4. Akun Telegram kamu akan langsung terhubung setelah berhasil scan kode QR. Jika menggunakan metode login lewat nomor telepon, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS/akun Telegram-mu.
  5. Setelah berhasil login, klik hamburger menu di sisi kiri Telegram desktop, lalu pilih Settings.cara backup telegram - buka settings
  6. Klik Advanced, cari dan klik Export Telegram Datacara backup data telegram - export data
  7. Pop up menu Export Your Data akan terbuka, beri centang pada data apa saja yang ingin kamu eksport.cara backup data telegram - ceklis data
  8. Jika sudah selesai memilih, scroll ke bawah hingga menemukan Location and Format. Pilih lokasi penyimpanan file dan formatnya. Disarankan untuk pilih format HTML agar bisa dibuka pada browser, kemudian klik Export. pilih location dan format data
  9. Akan muncul pop up pemberitahuan konfirmasi permintaan eksport, klik OK.
  10. Kembali ke aplikasi Telegram di HP, lakukan konfirmasi permintaan export data.
  11. Buka chat dari Telegram, kamu akan menerima chat pemberitahuan otomatis tentang permintaan ekspor data. Klik Allow pada bagian bawah chat.backup data telegram - klik allow
  12. Kembali ke Telegram desktop, kemudian ulangi langkah-langkah di nomor 1-7 yang sudah dijelaskan tadi.
  13. Setelah melakukan langkah 1-7, proses ekspor data akan segera berlangsung. Tunggu hingga proses download data selesai.
  14. Kamu bisa membuka file ekspor data Telegram di folder yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache dari Berbagai Browser

Simpulan

Itu dia cara menghapus akun Telegram dari HP dan desktop yang bisa kamu ikuti. Mudah bukan?

Sebelum menghapus akun, pastikan kamu sudah export / backup data kamu di Telegram dengan menerapkan cara yang sudah dijelaskan di atas. Melakukan backup penting agar kamu memiliki data-data yang masih dibutuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, dan baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb ya! Jangan lupa, selalu pilih Dewaweb untuk urusan website, hosting, dan server!