10 Cara Menghilangkan Iklan di Android [Update 2022]

10 Cara Menghilangkan Iklan di Android [Update 2022]

Iklan yang tiba-tiba muncul di HP memang sangat mengganggu. Untuk itu, kamu mungkin akan segera mencari cara menghilangkan iklan di Android kesayanganmu. Tapi, apakah cara yang kamu lakukan sudah aman dan ampuh?

Mungkin saja, aplikasi penghilang pop-up iklan yang kamu unduh justru malah mendatangkan masalah baru. Entah karena aplikasinya yang memakan banyak memori atau mengandung software berbahaya karena diunduh dari tempat yang tidak resmi.

Selain mengganggu, iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul  juga bisa berisi malware yang mengancam keamanan HP-mu. Untuk itu, artikel kali ini akan menyajikan rekomendasi cara menghilangkan iklan di Android dengan aman dan ampuh. Simak sampai selesai, ya!

Baca juga: 10 Google Apps yang Wajib Kamu Download dari Play Store

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memblokir pop-up iklan yang tiba-tiba muncul di HP. Berikut penjelasannya:

1. Adblock Browser

Adblock Browser bisa jadi salah satu cara menghilangkan iklan di Android. Aplikasi ini adalah perpaduan antara browser dengan fitur ads blocker. Jika kamu ingin menjelajahi internet tanpa gangguan iklan, aplikasi ini cocok untuk kamu download.

Adblock memiliki beberapa fitur seperti Remove ads for video, Adblocker for pop-up, Adblocker for banner ads, hingga Block cross-domain tracking cookies.

Kamu bisa mengunduh Adblock Browser di sini.

2. AdGuard

Cara lain untuk menghilangkan iklan di HP adalah dengan menggunakan aplikasi AdGuard. Aplikasi adblocker ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android dan bersifat open source.

Beberapa fitur yang ditawarkan AdGuard seperti 20+ adblock list, whitelist, custom filters, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mengunduh AdGuard di sini.

3. UC Browser

Selain terkenal sebagai aplikasi browser dengan pengunduhan cepat, UC Browser juga memiliki fitur yang dapat menghilangkan iklan di HP Android.

Fitur Ad Block di UC Browser akan membuat pengalaman browsing kamu jadi lebih lancar tanpa gangguan. UC Browser bisa kamu unduh di sini.

Baca juga: 7 Web Browser Terbaik dan Tercepat yang Wajib Kamu Coba

4. Adblock Fast

Cara menghilangkan iklan di Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Adblock Fast. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang menawarkan perlindungan dari iklan yang muncul tiba-tiba pada Samsung Internet 4.0 dan di atasnya.

Adblock fast mudah digunakan karena memiliki fitur tap to block pada iklan yang ingin kamu blokir. Adblock Fast bisa kamu unduh di sini.

5. Firewall No Root

Selain menggunakan aplikasi Adblocker, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Firewall No Root untuk mendapatkan proteksi terhadap iklan yang mungkin berbahaya.

Firewall No Root adalah aplikasi Firewall Android yang dapat melindungi HP-mu dari serangan hacker dan cyber espionage. Aplikasi ini memiliki fitur Block Apps dan dapat mendeteksi Malware yang tersembunyi dengan mudah.

Kamu bisa mengunduh Firewall No Root di sini.

6. Brave Private Web Browser

Sama halnya dengan UC Browser, Brave adalah aplikasi browser yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan iklan di Android. Brave memiliki fitur AdBlock Browser Protection yang dapat menghilangkan pop-up iklan.

Kamu bisa mengunduh Brave Private Web Browser di sini.

7. Ad Blocker Turbo

Sebagai aplikasi browser, Ad Blocker Turbo juga menyediakan fitur adblocker yang bisa menghilangkan iklan. Seperti iklan banner, pop up, dan iklan video.

Berkat adanya fitur adblocker, kamu bisa menghemat lebih banyak data ketika melakukan browsing menggunakan aplikasi ini. Ad Blocker Turbo bisa kamu unduh di sini.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Untuk Web Developer

8. Aktifkan fitur Play Protect

Google Play Protect dapat melindungi HP-mu dari aplikasi yang berisi iklan berbahaya. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini sebagai cara menghilangkan iklan di Android.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi Google Play Store Google Play
  • Klik ikon profil di bagian kanan atas
  • Pilih Play Protect lalu klik Settings
  • Aktifkan Scan Apps dengan  Play Protect

9.  Ubah pengaturan Google Chrome

Jika kamu menggunakan Google Chrome sebagai peramban utama di HP-mu. Kamu bisa mengaktifkan fitur block pop-up. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Chrome Chrome di HP kamu
  • Klik Settings di bagian kanan atas Address bar
  • Pilih Permissions, kemudian Pop-ups and redirects
  • Lalu matikan Pop-ups and redirects

10. Gunakan mode Lite Google Chrome

Aplikasi Google Chrome pada HP-mu memiliki versi Lite yang dapat mendeteksi dan menghapus halaman website yang mungkin mengandung iklan berbahaya. Selain itu, mode Lite juga bisa menghemat data.

Kamu bisa mengaktifkan mode Lite pada Google Chrome dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Google Chrome di HP-mu
  • Klik Settings di bagian kanan atas Address bar
  • Masuk ke mode Lite
  • Kemudian, aktifkan fitur tersebut

Baca juga: Apa itu Scareware? Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Penutup

Iklan yang muncul tiba-tiba di HP akan sangat mengganggu. Namun, kamu dapat mencari cara menghilangkan iklan di Android milikmu.

Baik dengan mengubah pengaturan pada Google Chrome maupun Google Play Protect. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi adblocker seperti AdGuard, Adblock Fast, dll.

Perlu diingat, sebelum mengunduh aplikasi penghilang iklan, pastikan bahwa kamu mengunduhnya di tempat resmi seperti Google Play Store agar menghindari bahaya yang mengancam keamanan HP-mu seperti Malware.