Cara Instalasi NodeJS Melalui cPanel

Cara Instalasi Aplikasi NodeJS melalui cPanel

Untuk seorang Developer biasanya melakukan instalasi aplikasi berbasis website melalui server, seperti NodeJS ini. Namun, tidak selalu melalui server untuk jaman sekarang.

NodeJS dapat dilakukan instalasinya melalui cPanel dengan mudah dan cepat.

Apa itu NodeJS

NodeJS adalah suatu aplikasi website yang berjalan dengan menggunakan bahasa JavaScript dan memiliki layanan web server sendiri, sehingga tidak membutuhkan web server lain seperti Nginx maupun Apache.

cPanel Dewaweb sudah support untuk instalasi python, nodejs maupun ruby, jadi pada sisi ini akan berjalan menggunakan layanan web server LiteSpeed.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel

Cara Install NodeJS di cPanel

Pertama, Anda harus login terlebih dahulu ke dalam cPanel dan pilih menu Setup Node.js App kemudian Create New Application untuk membuat Aplikasi baru.

Cara Install NodeJS di cPanel

Pilih versi yang akan di-deploy sesuai keinginan Anda.

Cara Install NodeJS di cPanel2

Penjelasan mengenai detail yang perlu Anda isi ketika membuat aplikasi NodeJS baru:

  • Node.js Version

Pilih versi NodeJS sesuai yang Anda inginkan, di Dewaweb sendiri sudah tersedia versi 6, 8, 9 dan 10.

  • Application Mode

Pengaturan konfigurasi untuk Environtment, tersedia Development dan Production, secara default menampilkan Development.

  • Application Root

Pilih directory yang akan dijadikan sebagai tempat utk menyimpan file-file aplikasi.

  • Application URL

Memilih URL untuk dijadikan sebagai alamat agar dapat diakses melalui browser.

  • Application Startup File

File yang dipilih sebagai file awalan, defaultnya dinamakan dengan app.js.

Baca Juga: Cara Instalasi OpenCart di cPanel

NodeJS: Penentuan Application Root dan Application URL

Nah, karena banyak sekali yang salah atau tidak tahu perbedaan dalam menggunakan Application Root dan Application URL, maka kami berkesempatan untuk dapat menjelaskan dengan detail supaya paham dalam penggunaan kedua fungsi tersebut.

Jika pada artikel ini kami menggunakan subdomain, yaitu nodejs.dewiweb.com yang dijadikan sebagai Application URL, maka untuk Application Root ini sesuai dengan setup awal subdomain, yang dimana saat awal membuat subdomain akan diperlukan penentuan Document Root.

Sehingga, untuk penggunaan URL Subdomain dapat diluar public_html/ maupun di dalam public_html/, sesuai dengan Document Root pembuatan subdomain.

Sedangkan untuk penggunaan URL Page/Halaman, seperti contoh: dewiweb.com/nodejs maka Application Rootnya harus berada di dalam public_html/.

Mengapa demikian? Karena, page/halaman itu dapat diakses jika directorynya ditempatkan di dalam public_html/.

Jika Anda menggunakan URL Page/Halaman namun Application Rootnya diluar public_html/ maka tidak dapat diakses, akan muncul error 404 Not Found.

Setelah dilakukan Create, maka cobalah akses URLnya.

Cara Install NodeJS di cPanel3

Secara default, aplikasi yang fresh-install akan menampilkan konten It works dengan menginfokan versi aplikasi yang digunakan.

Selalu gunakan SSL (Secure Socket Layer) pada website Anda, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan SSL. Selain untuk SEO, juga untuk Security.

Baca Juga: Membuat Email SMTP PHPMailer di cPanel Hosting

Kesimpulan

NodeJS merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi populer berjalan pada Linux, namun yang membedakannya adalah tidak membutuhkan Web Server, namun dengan teknologi terbaru dari CloudLinux, Aplikasi ini dapat dipadukan dengan LiteSpeed.

Dewaweb sudah mengujinya dan lebih sederhana daripada harus bersusah payah membayar server sendiri.

Namun, ada hal yang perlu diketahui mengenai Resource Usage. Aplikasi ini umumnya  terbilang cukup berat jika menggunakan CPU dan RAM yg standart, minimal 1GB RAM dan 1CPU. Di Dewaweb sendiri sudah tersedia berbagai paket hosting dengan spesifikasi lebih tinggi dan sudah cukup untuk kebutuhan aplikasi ini.

Sehingga, perlu sesuaikan kebutuhan tersebut dengan requirement standard NodeJS-nya.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan aplikasi ini atau ingin berbagi tips, silakan berkomentar dibawah. Jangan sungkan juga ya untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin Anda baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!