cara instalasi prestashop featured image

Ketika menjalankan bisnis secara online, seringkali para pemilik bisnis mengandalkan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya untuk memajang produk dan berfokus hanya pada media sosial untuk meningkatkan brand image. Padahal, sebenarnya ada cara lain yang lebih ampuh untuk membangun brand sekaligus mempromosikan produk, yaitu melalui website. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari cara instalasi PrestaShop di cPanel demi memaksimalkan fungsi website untuk berbisnis online.

Instalasi PrestaShop melalui cPanel

Sebelum mempelajari cara instalasi PrestaShop melalui cPanel, kamu perlu mengetahui penjelasan singkat mengenai PrestaShop dan Softaculous terlebih dulu. Pasalnya, proses instalasi yang akan kamu pelajari berikut akan dilakukan melalui Softaculous. Fitur auto installer ini sudah otomatis kamu dapatkan di cPanel setelah membeli hosting di Dewaweb.

PrestaShop

PrestaShop adalah salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat open source, alias dapat digunakan dan dimodifikasi secara bebas dan gratis. CMS berbasis PHP MySQL ini sangat cocok digunakan untuk keperluan online shop atau toko online karena fitur keunggulannya adalah mengarah ke e-commerce.

CMS ini resmi dirilis pada Agustus 2007. Saat ini, sudah ada kurang lebih 300.000 pemilik website e-commerce yang menggunakan PrestaShop. Selain PrestaShop, sebenarnya WordPress juga mendukung e-commerce, namun masih perlu menggunakan tema tertentu agar e-commerce dapat digunakan secara optimal.

Softaculous

Softaculous merupakan fitur script library yang dapat menginstal aplikasi untuk website secara otomatis dan lebih murah karena kamu hanya perlu mengisi informasi untuk kepentingan instalasi seperti username, email, atau password website.

Softaculous juga sudah mendukung penuh beberapa control panel populer yang digunakan oleh hosting, seperti cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

Cara Instalasi PrestaShop Melalui cPanel

Setelah memahami PrestaShop dan Softaculous, pelajari langkah berikut untuk menginstal PrestaShop di website-mu.

Step 1 – Login cPanel

cara instalasi prestashop softaculous

Login cPanel, lalu scroll dan klik “Softaculous App Installer” pada section Software atau cukup ketikkan “softaculous” di kolom Search pada gambar. Kemudian, klik pada icon Prestashop seperti pada gambar berikut.

cara instalasi prestashop icon

Step 2 – Install PrestaShop

cara instalasi prestashop form

Software Setup

Choose the version you want to install: Pilih versi PrestaShop.

Choose Installation URL: Pilih protokol dan nama domain.

Site Settings

Store Name: Nama store atau toko yang diinginkan.

Admin Folder: Directory atau URL untuk halaman admin.

Admin Account

Admin Email: Gunakan email yang aktif atau kamu bisa menggunakan email bisnis yang berakhiran nama domain.

Admin Password: Gunakan password yang rumit dengan mengombinasikan huruf, angka, dan simbol.

First Name: Nama depan Admin.

Last Name: Nama belakang Admin.

Jika sudah selesai, klik “Install”.

Step 3 – Instalasi Selesai

cara instalasi prestashop instalasi selesai

Instalasi selesai dan kamu akan mendapat informasi halaman login sebagai admin. Login kembali menggunakan username dan password yang telah kamu daftarkan tadi.

Tampilan Homepage

Ini adalah tampilan homepage secara default.

Tampilan Admin Page

Ini adalah tampilan dari Admin Page dan Dashboard Admin.

Simpulan

Menggunakan PrestaShop untuk kebutuhan e-commerce merupakan langkah tepat. Sebab, itulah tujuan CMS yang satu ini. Usai mempelajari cara instalasi PrestaShop untuk website-mu melalui cPanel, mungkin kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengembangkan SEO di website-mu melalui artikel: Panduan Lengkap SEO Update 2020.

Selain PrestaShop, kamu juga bisa menggunakan WooCommerce dalam bentuk plugin di WordPress atau tema premium LapakInstan yang bisa didapat dengan pembelian minimal paket hosting Warrior selama setahun. Jika sudah berhasil membeli paket hosting, segera kirimkan tiket dari dashboard klien Dewaweb atau chat ke Ninja Support di Dewaweb.com kapan pun kamu mau, karena Ninja Support Dewaweb selalu siap sedia setiap hari buat kamu selama 24 jam penuh!

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks