Cara Install Candy CBT di cPanel Hosting

Era teknologi sudah sangat berbeda dari beberapa tahun lalu, apalagi dengan adanya metode pembelajaran daring, alias e-learning. Meski begitu, kamu tetap dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, karena saat ini ada platform pelaksana ujian daring, Candy CBT. Simak dan pelajari cara install Candy CBT di cPanel hosting dari artikel berikut.

Apa Itu Candy CBT

Candy CBT adalah salah satu aplikasi atau software ujian berbasis komputer yang dilakukan secara daring dan kini mulai banyak digunakan oleh berbagai instansi pendidikan karena fitur dan kegunaannya. Satu hal yang membuatnya lebih menarik, Candy CBT termasuk aplikasi open source yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh secara gratis dan memodifikasinya sesuai keperluan.

Cara Install Candy CBT di cPanel Hosting

Sebelum meng-install Candy CBT di cPanel hosting, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Kamu sudah memiliki VPS (cloud server) dan domain yang aktif. Jika belum, kamu bisa melakukan pembelian Cloud VPS murah Indonesia dan domain murah terlebih dulu.
  2. Hasil unduhan atau file Candy CBT.

Berikut ini adalah beberapa langkah instalasi yang akan dijalankan:

  • Login cPanel
  • Upload File Candy CBT
  • Create Database
  • Import SQL
  • Konfigurasi Database
  • Testing

Kemudian, simak penjelasan cara install Candy CBT di Centos 7 berikut ini.

Baca Juga: Cara Remote MySQL menggunakan MySQL Workbench

Login cPanel

Login ke halaman cPanel yang bisa kamu akses dengan mengetikkan (nama domain)/cpanel atau (nama domain):2083. Kemudian masukkan username dan password akun cPanel milikmu.

install candy cbt cpanel login

Upload File Candy CBT

Setelah berada di dashboard cPanel, kamu perlu menambahkan file Candy CBT. Pertama, klik File Manager di section FILES seperti gambar berikut.

upload file candy cbt dari file manager

Setelah itu, pilih direktori sesuai kebutuhanmu, lalu klik Upload dan pilih file Candy CBT yang sudah diunduh sebelumnya. Tunggu hingga proses upload selesai.

Asset Blog Dewaweb

Jika sudah selesai, klik “Go Back to …” agar dapat kembali ke direktori file manager.Asset Blog Dewaweb

Di direktori file manager, klik kanan di file tadi, lalu pilih Extract dan pilih Extract Here.

extract file candy cbt

Create Database

Di dashboard cPanel, pilih MySQL Database Wizard di section DATABASES yang sering digunakan untuk membuat database dan user database.

mysql database wizard

Masukkan nama database yang akan dibuat, lalu klik tombol “Next Step”.

buat database cbt di mysql database wizard

Masukkan username dan password untuk database, pastikan kamu menggunakan password yang kuat, cek kekuatan password dari strength-meter di bagian bawah form. Jika sudah selesai, klik tombol “Create User”.

create user mysql database wizard

Di bagian Privileges, beri tanda centang pada All Privileges, kemudian klik “Make Changes”.

tick all privileges to database for user

Baca Juga: Panduan cPanel untuk Pemula

Import SQL

Di dashboard cPanel pada section DATABASE, klik pada phpMyAdmin, pilih Database, lalu klik Import. Pilih file dan klik Go.

import mysql

Konfigurasi Database

File config database Candy CBT ada di /config/. Klik Edit pada file config.database.php.

Asset Blog Dewaweb

Ubah Host, User, Pass dan Debe lalu sesuaikan dengan yang kamu buat sebelumnya. Jika sudah selesai, klik “Save Changes” di sebelah kanan atas.

Asset Blog Dewaweb

Testing

Setelah cara install Candy CBT selesai dilakukan di cPanel hosting, kini saatnya kamu mengetes kinerja website dengan mengakses website tersebut. Jika tampilannya sudah seperti ini di halaman login murid atau peserta ujian, berarti kamu sudah berhasil.

cara install candy cbt di cpanel hosting halaman login

Inilah halaman login Administrator yang akan digunakan oleh para pengajar atau pengelola website dengan URL (nama domain)/admin/, lalu masukkan username dan password pengajar untuk login.

install candy cbt cpanel login admin pengajar

Setelah berhasil login, tampilan dashboard Administrator akan seperti ini. Di tahap ini, cara install Candy CBT di cPanel hosting sudah selesai.

dashboard administrator candy cbt

Baca Juga: Cara Install Candy CBT dengan Nginx di VPS dengan CentOS 7

Simpulan

Platform pelaksana ujian daring Candy CBT (Computer Based Test) saat ini memang sedang populer dan banyak digunakan oleh segelintir instansi untuk ujian dan tes, terutama instansi pendidikan seperti sekolah. Jika kamu membutuhkan platform CBT  hingga ribuan siswa, silakan hubungi Dewaweb dan informasikan jumlah siswa yang akan akses sekaligus untuk mendapatkan paket cloud hosting khusus CBT.

Baca juga: Cara Instal Laravel dengan Clone Project Git di cPanel

Keuntungan lainnya, data website kamu akan disimpan di data center terbaik di Indonesia (Equinix DCI) dengan kapasitas unlimited bandwidth dan konfigurasi cloud server yang sudah dioptimalkan untuk bisa menangani ribuan siswa yang login sekaligus.

Demikian artikel cara install Candy CBT di cPanel hosting ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb, ya. Semoga artikel ini membantu, Sahabat Dewaweb! Salam sukses online