dewaweb-blog-cara-install-webuzo-di-vps

Cara Install Webuzo Untuk VPS

Untuk mengelola sebuah website, Anda tentunya membutuhkan hosting control panel atau web panel. Mungkin web panel yang paling Anda kenal adalah cPanel, padahal di luar sana ada banyak control panel popular lainnya. Untuk VPS sendiri, ada salah satu control panel yang banyak digunakan yang bernama Webuzo.

Di artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu Webuzo dan bagaimana cara install Webuzo di VPS Anda. Tapi sebelumnya mari kita bahas dulu apa itu web panel.

Definisi Web Panel

Web panel atau hosting control panel adalah sebuah tool yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dan fitur layanan hosting Anda. Hosting control panel biasa memiliki interface admin yang mudah dinavigasi sehingga Anda bisa melakukan hal-hal sistem yang kompleks hanya dalam beberapa menit.

Anda bahkan bisa melakukan task yang cukup advanced seperti migrasi server, perubahan web server dan masih banyak lagi hanya dalam beberapa klik.

Sebelum adanya web panel, Anda harus melakukan hal-hal ini secara manual dan tentunya itu memakan waktu. Sekarang, dengan adanya web panel, Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit.

Di luar sana juga ada banyak sekali macam-macam web panel seperti misalnya cPanel, Plesk, Vesta CP dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Instalasi dan Setup PHP, WebServer CWP di VPS CentOS

Webuzo: Control Panel untuk VPS

Webuzo adalah panel kontrol pengguna tunggal atau manajer aplikasi yang menggabungkan banyak aplikasi dan skrip berbasis server yang membuatnya lebih mudah digunakan.

Ini sangat mirip dengan panel kontrol cPanel. Dengan Webuzo, Anda akan mendapatkan control panel dan penginstal aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi dengan satu klik. Ini mendukung 200+ aplikasi web dan menambahkan lebih banyak juga.

Ini juga memiliki Domain Management Capabilities (kemampuan pengelolaan domain), MySQL Management, phpMyAdmin, FTP Support, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Webuzo juga mendukung PHP, Python, dan Ruby.

Fitur-fitur Webuzo

Webuzo juga memiliki fitur-fitur menarik yang tidak kalah dengan hosting control panel lainnya. Berikut ini adalah beberapa fitur webuzo:

Fitur domain

Add domain, delete domain, add sub-domains, delete sub-domains, manage domain zone files, manage MX entries, redirect multiple sub-domains to primary-domain.

MySQL management

Add databases, delete databases, add database user, delete database user, manage privileges, add host to database, phpMyAdmin

FTP management

Add FTP users, delete FTP users, edit FTP users

Server Info

CPU usage, RAM usage, disk usage, bandwidth usage

Advanced settings

Enable/disable suPHP/mod_php, enable/disable apache tomcat, restart service – Apache/Named/Mysql/FTP, apache server status/info, enable mod_dir, support for perl

Scripts

See demos, view ratings, view reviews, see the screenshots, backup and restore feature, remove installation, manage upgrades, 0 apps and more to come soon

Amazon regional support

US East (Virginia), US West (N.California), US West (Oregon), EU West (Ireland), Asia Pacific (Singapore), S. America (Sao Paulo)

Instance management

Me-launch instance untuk lebih dari 259+ aplikasi, memulai dan memberhentikan instances, terminate instances, akses ke panel dan fitur Webuzo 

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan Webuzo? Kalau iya, berikut adalah cara menginstall Webuzo.

Baca Juga: Migrasi CWP Server dari VPS Lama ke VPS Baru

Cara Install Webuzo

Untuk menginstall Webuzo, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

Hapus instalasi Apache default

Apache sudah ter-intall secara otomatis di paket VPS unmanaged. Sebelum Anda menginstall Webuzo, Anda harus menghapus instalasi Apache tersebut. Untuk melakukan tersebut, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

CentOS dan Fedora

Untuk menghilangkan Apache dari CentOS dan Fedore, berikut langkahnya:

  • Login ke server Anda dengan Anda menggunakan SSH
  • Untuk menemukan semua paket Apache yang ter-install, masukkan command berikut:
yum list installed | grep http
  • Untuk menghapus paket Apache-nya, masukkan command berikut:
yum remove httpd httpd-tools

Debian dan Ubuntu

Untuk menghilangkan Apache dari Debian dan Ubuntu, Anda bisa mengikut langkah berikut:

  • Log in ke server Anda menggunakan SSH
  • Untuk mencari paket Apache yang sudah ter-install, masukkan command berikut ini:
apt list --installed | grep apache2
  • Untuk menghilangkan paket Apache-nya, masukkan command berikut ini:
apt-get remove apache2 
  • Untuk memastikan bahwa semua hal yang berhubungan dengan apache sudah dihilangkan, masukkan command berikut ini:

apt-get autoremove

Baca Juga: Panduan Lengkap VPS Hosting Indonesia

Install Webuzo

Setelah Anda menghapus instalasi default Apache, Anda sudah siap untuk menginstall Webuzo. Untuk melakukan ini, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  • Log in ke server Anda menggunakan SSH
  • Sebagai root user, masukkan command berikut ke command prompt
wget http://files.webuzo.com/install.sh

Command ini akan membantu Anda untuk men-download skrip instalasi Webuzo ke server Anda.

  • Untuk memastikan bahwa skrip instalasi Anda bekerja, masukkan command berikut:
chmod 700 install.sh 
  • Untuk menjalankan skrip instalasi, masukkan command berikut:
./install.sh
  • Setelah skrip instalasi selesai, mereka akan memberikan URL konfigurasi. URL konfigurasi ini adalah http://ip_address:2004, dimana ip_address ini memberitahukan IP address server Anda.
  • Gunakan web browser Anda untuk masuk ke URL konfigurasi ini. Webuzo Initial Setuppage akan muncul.
  • Di text-box username, masukkan username Anda
  • Di text-box email address, masukkan email address user
  • Di text-box password and re-enter password text boxes, masukkan password user
  • Di text-box primary domain, masukkan nama domain server atau IP address
  • Di text-box NameServer 1 dan NameServer 2, masukkan nama server primer dan sekunder untuk domain tersebut. Kalau Anda tidak memiliki nama server untuk servernya, masukkan saja ns1.example.com dan ns2.example.com
  • Jika Anda memiliki license key, masukkan ke text-box license key. Kalau tidak ada, biarkan saja text-box nya kosong.
  • Klik Install. Jangan pergi dari halamannya atau menginterupsi proses instalasi. Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat halaman Installation Completed Successfully. Untuk mengakses control panel Webuzo, gunakan port 2004. Contohnya, jika domain Anda adalah domainbaru.com, maka gunakan http://domainbaru.com:2004 untuk mengakses Webuzo.
  • Untuk mengakses aplikasi installer Webuzo, gunakan port 2002. Contohnya, jika domain Anda adalah domainbaru.com, maka gunakan http://domainbaru.com:2002.
  • Berikut ini adalah tampilan dashboard Webuzo:

webuzo tampilan dashboard dewaweb

Baca Juga: Panduan Install Webmin di Cloud Server (VPS) CentOS 6

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas semua tentang Webuzo. Webuzo bisa menjadi pilihan control panel yang tepat bagi Anda para pengguna VPS karena Webuzo memiliki interface yang mudah untuk dinavigasi dan digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu susah-susah mengelola VPS Anda secara manual.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Jika Anda ingin membaca lebih banyak lagi artikel tentang bisnis, website & security, serta digital marketing, Anda bisa terus membaca blog Dewaweb karena kami akan selalu memberikan informasi terbaru dan berbagai tips & tricks yang akan membantu Anda sukses online.

Kalau Anda memiliki pertanyaan atau saran topik yang ingin And abaca dari kami, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah!