Cara Mudah Membuat Instagram Bisnis & Tips Berjualan di IG

Cara Mudah Membuat Instagram Bisnis & Tips Berjualan di IG

Instagram bisnis menjadi salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mengembangkan dan menjual produknya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan Instagram bisnis adalah mengubah atau membuat akun khusus Instagram bisnis. Untuk memaksimalkan fungsi Instagram bisnis, kamu juga perlu mengetahui cara berjualan di Instagram dengan benar.

Untuk kamu yang belum mengetahui bagaimana cara membuat Instagram bisnis yang tepat, berikut Dewaweb sudah merangkum informasi lengkap tentang Instagram bisnis yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasinya sampai akhir!

Apa itu Instagram Bisnis?

Instagram bisnis adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram bagi pengguna yang memanfaatkan platform tersebut sebagai lapak untuk menjalankan usaha. Sederhananya, Instagram bisnis bisa dijadikan sebagai teknik marketing seseorang yang ingin menjual produknya dan berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Mirip dengan akun Instagram pribadi, akun bisnis juga digunakan secara gratis. Tetapi ada beberapa fitur yang hanya ada pada akun bisnis tidak akan kamu temukan pada akun pribadi. Beberapa fitur yang biasanya tidak didapatkan adalah Insight, Ad Tools, Instagram Shopping, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mudah Buat Iklan di Instagram & Biaya yang Dibutuhkan

Cara Membuat Instagram Bisnis

Dengan beberapa fitur yang disediakan, kamu akan lebih mudah mengontrol perkembangan bisnis yang dijalani. Kini, saatnya beralih ke cara membuat Instagram bisnis. Sebenarnya langkah yang harus ditempuh sangat mudah. Terlebih bila kamu sudah memiliki akun Instagram sebelumnya. Berikut cara membuat Instagram bisnis dengan mudah dan praktis.

1. Masuk ke halaman profil, kemudian klik menu hamburger (☰) garis Pengaturan/Setting yang ada di pojok kanan atas.

cara membuat instagram bisnis

2. Pilih menu Pengaturan/Setting di sebelah kanan bawah layar. Kemudian pilih menu Account.

pilih 'account'

3. Geser ke bawah hingga kamu menemukan menu Switch to Professional Account/Beralih ke Akun Bisnis, kemudian ketuk pada menu tersebut.

cara memubat instagram bisnis - switch account

4. Lanjutkan proses pengubahan jenis akun dengan menekan tombol Continue/Lanjutkan.

klik 'lanjutkan'

5. Pilih kategori akunmu dari pilihan yang sudah disediakan, lalu ketuk Done/Selesai.

 

6. Kemudian tentukan jenis akunmu antara akun bisnis/kreator. Pilih bisnis jika kamu ingin berjualan/membuat akun untuk usaha. Pilih kreator jika kamu membuat konten digital.

cara membuat instagram bisnis - pilih jenis akun

7. Jika kamu memilih kreator, kamu hanya perlu melengkapi profil. Jika kamu memilih bisnis, lanjutkan ke langkah berikut.

8. Lakukan konfirmasi alamat email dan nomor telepon bisnis.

9. Hubungkan profil Instagram bisnismu ke laman Facebook. Jika tidak ada, klik pilihan skip. 

10. Akunmu sudah beralih menjadi akun bisnis.

Setelah melakukan cara membuat akun bisnis di Instagram di atas, selanjutnya bisa juga tambahkan Instagram Ads untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand exposure, dan mengumpulkan leads baru. Sebagai informasi, Instagram Ads adalah cara untuk menjaring audience yang lebih luas serta mendapatkan target yang sudah dispesifikkan.

Baca juga: Panduan Lengkap Algoritma Instagram, Tips dan Cara Kerjanya

Tips Berjualan di Instagram Bisnis

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat berjualan di Instagram bisnis. Sebab sebagaimana yang diketahui, Instagram bisnis memang dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk, namun jika tidak dilengkapi dengan konten yang menarik, produk-produk yang dijual pun sulit untuk dilirik oleh para pengguna Instagram.

Untuk membantu kamu mengembangkan bisnismu melalui Instagram, berikut ini adalah cara tepat berjualan di Instagram. Yuk, langsung kita bahas.

1. Optimalkan profil Instagram bisnis

Cara pertama berjualan di Instagram adalah mengoptimalkan profil Instagram bisnis yang dimiliki, mulai dari mengubah foto profil dan bio jadi semenarik mungkin hingga mencantumkan link toko di profil Instagram. Berikut penjelasan yang lebih jelasnya.

  • Foto profil dan bio yang menarik

foto dan bio Instagram

Foto profil Instagram yang menarik tentu menambah kesan positif pelanggan terhadap brand. Untuk bisnis, sebaiknya memakai logo brand sebagai foto profil untuk membantu orang-orang mengenali brand-mu. Jangan lupa untuk menggunakan gambar dengan resolusi terbaik agar tidak terlihat pecah.

Selain foto profil, melengkapi biodata juga penting untuk mengoptimalkan profil Instagram bisnismu. Deskripsikan secara singkat tentang apa yang dijual, atau membuat slogan menarik untuk brand-mu. Contohnya bisa kamu lihat di profil Instagram Dewaweb berikut ini.

Baca juga: 5+ Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic & Menarik

  • Mencantumkan link toko di profil Instagram

Profil Instagram sudah seperti homepage bagi sebuah brand. Untuk itu, buatlah profil Instagram bisnis menjadi se-informatif mungkin bagi calon pelanggan.

Manfaatkan kolom URL di biodata profil untuk mencantumkan link ke berbagai channel toko online ataupun website bisnismu. Kamu bisa memakai situs short link untuk memperpendek link yang terlalu panjang supaya cukup dicantumkan pada bio.

Atau jika kamu punya berbagai cara agar pelanggan dapat memesan produk yang kamu jual. Entah itu dari website, marketplace atau chat via WhatsApp Bisnis. Untuk mempermudah menggabungkan semua link tersebut, coba gunakan linktree.

2. Membuat konten yang relevan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tampilan profil Instagram harus dibuat bagaikan mendesain sebuah homepage website. Selain mengoptimalkan profilnya, cara sukses jualan di Instagram selanjutnya adalah dari segi konten. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun konten yang baik di profil Instagram bisnis.

  • Buat konten yang menghasilkan engagement

Ada beberapa ide topik yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat konten yang menarik minat audiens. Beberapa contoh yang bisa kamu coba adalah membuat polling dan games kecil-kecilan di Instagram Story, mengadakan kuis dan giveaway, atau membuat postingan yang mengajak audiens berpendapat di kolom komentar.

  • Buat content guidelines

Membuat postingan Instagram untuk bisnis perlu perencanaan yang baik. Penting untuk menunjukkan style atau identitas dari brand sehingga menunjukkan ciri yang membedakannya dengan brand yang lain.

Cobalah membuat guideline untuk postingan Instagram bisnis. Bagaimana penggunaan bahasa (formal/nonformal) untuk berkomunikasi kepada audiens, tentukan desain postingan dengan style yang konsisten agar tampilan feed terlihat bagus dan selaras.

  • Buat caption yang menarik di setiap postingan

Saat membuat caption, dahulukan informasi yang penting di awal kalimat. Bagian awal caption adalah yang paling dilihat audiens. Untuk menarik perhatian, beberapa opsi membuat caption adalah dengan menggunakan emoji, pernyataan atau hal yang memancing keingintahuan audiens.

  • Buat Instagram story dengan link ‘Swipe Up’

Bagi pengguna Instagram Bisnis, manfaatkanlah fitur add link ketika memposting story. Fitur ini sangat membantu bagi brand untuk memudahkan para pelanggannya mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau bahkan melakukan pembelian. Sayangnya, kamu hanya dapat mengaktifkan fitur ini setelah akunmu diverifikasi atau memiliki 10 ribu followers.

  • Menyusun Instagram highlight

instagram highlight

Fitur Highlight pada Instagram juga bisa dimanfaatkan agar konten lebih tertata. Highlight memudahkan calon pelanggan untuk menemukan apa yang mereka cari tentang bisnismu di profil Instagram. Kelompokkan story pada Highlight sesuai kebutuhan bisnis. Misalnya, tentang kumpulan pertanyaan (FAQ) pelanggan, cara order, testimoni, atau info produk dan layanan.

Baca juga: ​​10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

3. Memanfaatkan fitur Instagram Shop

Instagram Shopping adalah fitur baru Instagram yang didesain untuk membantu brand atau pemilik bisnis online dalam melakukan penjualan. Fitur ini berguna untuk memajang produk sebagai etalase digital di Instagram. Dengan begitu, informasi produk menjadi lebih mudah dilihat oleh audiens. Bahkan menurut penelitian, hampir pengguna Instagram cenderung langsung melakukan pembelian dan mengunjungi website usai melihat produk dari Instagram Shopping.

4. Menjalankan strategi marketing Instagram

Selain mengoptimalkan profil, membuat konten, dan memanfaatkan fitur Instagram Shopping, cara jualan yang efektif di Instagram tentunya dengan melakukan promosi. Berikut ini beberapa strategi pemasaran di Instagram yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk yang dijual.

  • Bekerjasama dengan para influencer
  • Membuat iklan dengan Instagram Ads
  • Manfaatkan Instagram Story Ads

Baca juga: 15 Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Bisnis

Sudah Siap Berjualan dengan Instagram Bisnis

Jika melihat penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa Instagram bisnis adalah platform yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menjual produknya. Di Instagram bisnis sendiri terdapat berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Insight, Ads Tools, dan lain sebagainya. Supaya lebih maksimal, jangan lupa untuk mempraktekan bagaimana cara membuat Instagram bisnis dan tips berjualannya.

Nah, bagi kamu yang berencana memanfaatkan fitur-fitur Instagram untuk bisnis, kamu diwajibkan memiliki website untuk mengaktifkan fitur tersebut. Jika bingung, kamu bisa membuat website sendiri dengan web hosting terbaik dan juga bisa punya nama domain sendiri supaya website terlihat lebih kredibel. Dengan Dewaweb, website kamu dijamin aman, cepat dan bisa diandalkan!