Cara Membeli Domain dan Hosting

Di artikel kali ini, kami ingin membahas bagaimana cara membeli domain dan cara membeli hosting dengan mudah dari Dewaweb. Sebelum Anda membeli domain dan hosting, mungkin masih ada yang belum familiar dengan kedua istilah ini. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan data-data sebuah website. Jadi, dengan adanya hosting, informasi yang tercantum pada website pun dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Data yang dimaksud sini bisa berupa file dokumen, gambar, program, hingga database. Padaumumnya sebuah hosting disewakan dalam kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitas yang Anda perlukan, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting Traditional

Pengertian Domain

Lalu, apa itu domain? Domain adalah alamat sebuah website. Jika website adalah sebuah rumah, maka domain adalah alamatnya. Sebenarnya, sebuah website memiliki sebuah alamat IP yang susah dihafal. Nah, domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi tanpa perlu menggunakan IP. Kita memerlukan domain untuk website agar orang bisa dengan mudah menemukan website kita. Untuk informasi lebih lanjut tentang domain, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya, Apa Itu Domain?

Bagaimana? Sudah siap untuk mengetahui cara membeli hosting dan domain? Yuk lanjut baca artikelnya.

Registrasi akun Dewaweb

Registrasi-Client-Area-Dewaweb

Untuk membeli hosting melalui client area, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk tahu cara membuat akun di Dewaweb, Untuk membuat akun Dewaweb dan masuk ke client area, akses website Dewaweb. Kemudian di bagian kanan atas, Anda akan melihat tombol Account. Klik tombol itu dan pilih Klik Disini Untuk Mendaftar. Setelah itu, Anda akan melihat layar di bawah ini dan Anda hanya perlu memasukkan detail kontak Anda ke kolom yang disediakan.

Registrasi-Dewaweb

Setelah itu Anda akan langsung masuk ke dashboard akun Anda yang memiliki tampilan seperti di bawah ini.

Ta-da! Anda sudah berhasil mendaftarkan diri ke Dewaweb. Anda juga sudah bisa langsung menggunakan akun Anda untuk bertransaksi.

Baca juga: Tutorial Navigasi Client Area Dewaweb

Cara Membeli Hosting Dari Client Area Dewaweb

Untuk membeli hosting dari client area Dewaweb, Anda bisa mulai dengan klik tulisan Hosting di bagian Header Website. Setelah Anda klik, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

Pilih paket yang Anda inginkan. Kemudian klik Order Sekarang.

Anda akan diminta untuk memasukkan domain yang ingin Anda gunakan untuk paket hosting pilihan Anda. Kalau sudah, klik Cek Domain untuk melihat apakah domain yang anda inginkan apakah masih tersedia.

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, Anda kemudian bisa memilih billing cycle– apakah Anda ingin membayar bulanan, per 3 bulan, per 6 bulan, tahunan, 2 tahun, atau 3 tahun. Untuk pembelian dengan billing cycle di atas 1 tahun, domain Anda gratis.

Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi server. Dewaweb menyediakan server Singapore, Jakarta, Indonesia, dan San Jose, USA. Kalau sudah, Anda juga bisa menambahkan add-on Dewaguard, tools keamanan website dari Dewaweb.

Jika Anda sudah memilih, klik Tambahkan ke Keranjang.

rangkuman belanja dewaweb

 

Kemudian, kami akan merangkum semua pembelian Anda. Kalau semua sudah benar, klik checkout.

checkout beli hosting murah dewaweb

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi detail Anda serta memilih metode pembayaran. Untuk tutorial ini, kami akan melakukan pembayaran melalui midtrans. Kalau semua sudah benar klik Selesaikan Order.  

order summary midtrans dewaweb

Anda kemudian akan melihat tampilan di atas di layar Anda. Klik Continue dan pilih jenis pembayaran yang akan Anda lakukan.

payment options dewaweb

Kalau sudah memilih, Anda tinggal mengikuti langkah yang muncul di layar Anda.  Ta-da! Anda sudah berhasil membeli hosting dari client area Dewaweb.

Cara Membeli Domain di Dewaweb

Mungkin ada dari Anda yang hanya ingin membeli domain dari Dewaweb. Nah, caranya gampang sekali loh.Pertama, klik menu Domain yang ada di bagian atas menu website utama Dewaweb.Seperti yang bisa Anda lihat, Anda bisa mengecek dulu apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak.

cek domain dewaweb

Contoh domain yang kami masukkan masih tersedia, jadi Anda bisa langsung memilih extension apa yang Anda inginkan. Kemudian klik Order.

konfigurasi cara membeli domain dewaweb

Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi domain untuk mengecek ulang apakah semua sudah sesuai kemauan Anda. Jika ya, klik Lanjutkan.

summary checkout dewaweb

Anda kemudian akan dibawa ke halaman rangkuman belanja Anda. Kalau sudah benar, klik Checkout.

Sama seperti sebelumnya, Anda akan diminta untuk mengisi data dan menyelesaikan order. Setelah itu, Anda tinggal memilih cara pembayaran yang ingin Anda gunakan. Ta-da! Anda sudah berhasil membeli domain dari Dewaweb.

Simpulan

Di artikel ini, kami sudah membahas bagaimana cara membeli domain dan hosting dari Dewaweb. Sebagai provider cloud hosting dengan misi menjadi hosting terbaik Indonesia, kami selalu siap untuk melayani dan mempermudah proses pembelian agar Anda bisa menggunakan teknologi terbaru kami tanpa kesulitan. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar kami. Semoga artikel ini membantu!

Cloud Hosting Tercepat di Indonesia