Cara Membeli Domain dan Hosting

Kali ini, kami ingin membahas bagaimana cara membeli domain dan cara membeli hosting dengan mudah dari Dewaweb. Sebelum memulai tutorial cara membeli domain dan hosting, mungkin masih ada yang belum familiar dengan kedua istilah ini. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan data-data sebuah website. Jadi, dengan adanya hosting, informasi yang tercantum pada website juga dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Data yang dimaksud sini bisa berupa file dokumen, gambar, program, hingga database. Pada umumnya, sebuah hosting disewakan dalam kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitas yang diperlukan, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting Traditional

Pengertian Domain

Lalu, apa itu domain? Domain adalah nama alamat sebuah website. Jika website adalah sebuah rumah, maka domain adalah alamatnya. Sebenarnya, sebuah website memiliki sebuah alamat IP yang susah dihafal. Nah, domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi tanpa perlu menggunakan IP. Kita memerlukan domain untuk website agar orang bisa dengan mudah menemukan website kita.

Kamu bisa membaca artikel bertajuk Apa Itu Domain? untuk memahami lebih lanjut. Bagaimana, sudah siap untuk mengetahui cara membeli hosting dan domain? Yuk lanjut baca artikelnya.

Cara Membeli Hosting

Registrasi-Client-Area-Dewaweb

Kamu harus terlebih dulu membuat akun agar bisa bergabung menjadi klien Dewaweb. Setelah itu, masuk ke halaman utama website Dewaweb, lalu kamu akan melihat tombol “Account” di bagian kanan atas. Klik tombol tersebut dan pilih “Klik Disini Untuk Mendaftar.” Setelah itu, kamu akan melihat layar di bawah ini dan kamu hanya perlu memasukkan detail kontakmu ke kolom yang disediakan.

Registrasi-Dewaweb

Setelah mengklik “Registrasi,” kamu akan masuk ke dashboard akunmu dengan tampilan seperti berikut.

Sekarang, kamu sudah berhasil mendaftarkan diri di website Dewaweb. Kamu juga sudah bisa langsung menggunakan akunmu untuk bertransaksi. Melalui satu akun klien Dewaweb, kamu bisa membuat beberapa domain sekaligus.

Baca juga: Tutorial Navigasi Client Area Dewaweb

Cara Membeli Hosting Dari Client Area Dewaweb

Klik menu “Hosting” di kiri atas atau kunjungi dewaweb.com/hosting-murah. Gambar berikut adalah tampilan yang akan muncul setelah kamu mengklik link di atas. Pilih paket yang kamu inginkan, lalu klik “Order Sekarang.”

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan domain yang ingin digunakan untuk paket hosting pilihanmu seperti gambar di bawah. Kalau sudah, klik Cek Domain untuk mengecek ketersediaan domain yang hendak kamu gunakan. Tentukan cycle billing, yaitu seberapa lama kamu ingin menggunakan hosting hingga memperpanjangnya lagi, mulai dari bulananan, 3-6 bulan hingga tahunan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih lokasi server. Dewaweb menyediakan server Singapore, Jakarta, Indonesia, dan San Jose, USA. Jangan lupa pilih jenis aplikasi web yang hendak kamu gunakan, pada contoh di bawah ini kita gunakan WordPress sebagai Content Management System (CMS). Usai memilih aplikasi web, akan muncul dua kolom di sebelah kanan, yakni Admin Username yang bisa kamu isi dengan calon username untuk akun di aplikasi webmu dan Admin Password untuk menjaga data akun tersebut.

Berbeda dari versi sebelumnya, di mana kamu bisa menambahkan Add-On, pada versi terbaru pembelian hosting Dewaweb kini kamu bisa langsung memilih aplikasi yang biasanya harus diinstal secara manual melalui Softaculous di cPanel. Lebih mudah, bukan? Jika sudah selesai melakukan personalisasi untuk website, klik “Tambahkan ke Cart.”

halaman order cara membeli hosting dewaweb

 

Kemudian, sistem akan merangkum pembelian yang baru saja kamu lakukan. Cek kembali setiap detail yang tertera. Jika semua sudah benar, klik “Checkout.”

checkout cara membeli hosting murah dewaweb

Isilah data yang diminta terkait pembayaran, termasuk metode yang akan kamu gunakan. Pada tutorial cara membeli domain dan hosting ini kita gunakan metode pembayaran melalui MidTrans. Jika semua sudah benar klik “Selesaikan Order.” 

order summary midtrans dewaweb

Kemudian, kamu akan melihat tampilan di atas di layarmu. Klik “Continue” dan pilih jenis pembayaran yang akan kamu lakukan.

payment options cara membeli hosting dewaweb

Kalau sudah memilih, ikuti langkah yang muncul di layarmu. Selesai! Kamu sudah berhasil membeli hosting dari client area Dewaweb.

Cara Membeli Domain

Mungkin kamu hanya ingin membeli domain dari Dewaweb. Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan. Pertama, klik menu “Domain” yang ada di bagian atas menu website utama Dewaweb. Cek terlebih dulu ketersediaan domain yang akan kamu gunakan.

cek domain dewaweb

Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di atas, pilih extension yang akan kamu gunakan untuk nama domain-mu. Lakukan konfigurasi seperti di bawah ini, lalu klik “Lanjutkan.”

konfigurasi cara membeli domain dewaweb

Gambar berikut merupakan halaman yang muncul setelah kamu melanjutkan proses tadi. Jika semua sudah sesuai dengan kebutuhanmu, klik “Checkout.”

summary checkout dewaweb

Tidak berbeda jauh dengan cara membeli hosting, kamu juga akan diminta untuk mengisi data dan menyelesaikan order. Setelah itu, pilih cara pembayaran yang ingin kamu gunakan. Selesai, kamu sudah menuntaskan cara membeli domain dari Dewaweb!

Simpulan

Bagaimana, tidak sulit ‘kan menerapkan cara pembelian hosting dan domain di Dewaweb? Tak hanya berfungsi sebagai identitas suatu brand, tapi website juga bisa membuat brand atau bisnismu menjadi lebih profesional dan kredibel di mata klien maupun pelanggan. Ketika membeli hosting, kamu juga harus dapat memastikan kecepatan, keamanan, dan kualitas provider agar selalu dapat diandalkan. Semoga artikel ini dapat membantumu, jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar, ya!

 

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia