15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

Backlink adalah unsur penting untuk tiap strategi SEO yang sukses. Backlink merupakan tautan dari website eksternal yang mengarah ke website kamu. Sebelum masuk ke strategi membangun link, kamu perlu pastikan bahwa website kamu siap untuk backlink. Panduan ini akan memberi informasi tentang bagaimana cara membuat backlink yang berkualitas untuk website. Mau tahu caranya? Yuk simak!

Baca Juga: Off-Page SEO: Panduan Link Building bagi Para Pemula

Cara Membuat Backlink untuk Website

Pada dasarnya, cara yang perlu kamu lakukan agar website siap untuk backlink adalah:

  • Situs yang teroptimasi secara teknis
  • Memiliki arsitektur situs yang kuat
  • Memiliki konten yang berkualitas

Perbaiki semua kesalahan teknis sebelum melakukan akuisisi link. Kesalahan teknis merusak pengalaman pengguna. Ketika pengalaman pengguna terganggu, Google membatasi pertumbuhan traffic organik. Memastikan situs teroptimasi secara teknis jadi bagian penting dari SEO yang optimal. Untuk mengoptimasi website, perhatikan hal-hal berikut ini:

Kamu bisa gunakan Screaming Frog SEO Spider untuk menemukan sebagian besar masalah ini seperti 302 redirects, redirect chains, 404 errors, canonical errors, Meta data duplikat, dan penggunaan direktif yang tidak tepat.

Baca Juga: 10+ SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website Kamu

1. Buat arsitektur situs yang kuat

Salah satu cara untuk membuat backlink yang efektif adalah memperbaiki arsitektur website. Arsitektur situs adalah bagaimana equitas link terdistribusi di situs. Semakin baik arsitektur situs, semakin sedikit backlink yang kamu butuhkan. Bila menerapkan pendekatan content-driven SEO, kamu bisa gunakan reverse silo. Reverse silo yang baik akan menjadi cara paling alami untuk membangun otoritas situs.

2. Hasilkan konten bermutu

Selanjutnya, kamu perlu memproduksi konten-konten yang berkualitas sebagai cara membangun backlink di website. Konten jadi bagian paling penting dari SEO. Strategi konten bisa meningkatkan atau malah merusak kampanye SEO, jika tidak dijalankan dengan benar. Konten adalah hal yang sangat penting bagi sebuah website. Buatlah konten yang memberi manfaat bagi pengunjung website atau blog kamu. Konten akan menentukan keberhasilan kampanye SEO.

3. Menjaga relevansi

Cara berikutnya untuk membuat backlink website adalah menjaga relevansi. Relevansi jadi kriteria paling penting untuk akuisisi link yang efektif. Relevansi menurut Google berdasarkan 3 hal yakni:

  • Tema konten secara umum dari domain linking
  • Konten pada halaman linking
  • Relevansi backlink ke domain

Baca Juga: Search Engine: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis Mesin Pencari

4. Berteman dengan situs otoritas

Semakin kuat situsnya, akan semakin baik hasilnya. Karena Google tidak lagi update PageRank, kamu harus mengandalkan metric dari pihak ketiga. Memang tak ada tool yang sempurna, tapi beberapa tools berikut masih bisa membantu. Kamu bisa menganalisa kesempatan dengan menggunakan semua pilihan yang tersedia. Tools yang digunakan untuk analisa link antara lain Ahrefs, Majestic, dan Open Site Explorer

5. Distribusi anchor text dengan cermat

Distribusi backlink anchor text yang sembarangan bisa merugikan kamu. Pertama, distribusi anchor text yang salah akan menghambat situs dari ranking. Dan anchor text yang agresif membuat website terkena penalti. Mayoritas anchor text harus branded atau naked link anchor.

6. Pastikan mendapat backlink dari situs berkualitas

Mendapat backlink dari situs dengan traffic yang riil menjadi cara untuk meningkatkan ranking situs kamu. Fokus untuk mendapat backlink dari situs yang memiliki standar tinggi. Meski ini menjadi backlink paling sulit untuk didapat, tapi nilainya pun juga paling berharga.

Untuk mengetahui data trafik website yang kamu incar, kamu bisa menggunakan SEMRush. Pelajari tiap web yang prospektif dan cari tahu apakah outbound link mereka relevan dan mengarahkan ke situs yang terpercaya.

7. Perhatikan backlink yang dihindari pada website

Ada backlink tertentu yang tidak boleh menyentuh situs kamu. Kamu mungkin bisa ke melihat di forum SEO tertentu dan membeli backlink di jaringan publik. Network ini sering mengiklankan layanan mereka sebagai “private blog networks,” tapi kenyataannya hal ini tidak benar. Setelah kamu mengiklankan network, sifatnya tidak lagi private.

Bila memutuskan untuk menggunakan backlink jenis ini, maka resiko penalti dari Google akan semakin besar. Beberapa faktor yang mudah dideteksi Google pada website yang menggunakan backlink jenis ini adalah:

  • Ada jumlah outbound link yang berlebihan (biasanya 25-50) pada homepage. Homepage pada website yang real tidak akan mencapai jumlah ini.
  • Outbound link  tidak saling relevan. Ada link yang masuk ke situs judi, situs SEO, situs fitnes, dan lain-lain yang tidak masuk akal.
  • Konten untuk tiap post sedikit (hanya 250 hingga 300 kata). Algoritma Google tidak menyukai konten semacam ini.
  • Beberapa jaringan bahkan berusaha memblokir penelusuran Ahrefs dan Majestic. Sebaliknya, network yang tidak memblokir penelusuran kemungkinan dilaporkan ke Google karena kompetitor yang marah.

Baca Juga: Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO

8. Perhatikan backlink pada sidebar dan footer

Backlink pada sidebar dan footer bisa berfungsi tapi juga beresiko. Standalone links seperti backlink berbayar, vendor yang menjual backlink ini juga menjualnya ke web lain. Kebanyakan web tidak relevan dan kamu tentunya tidak ingin website kamu berada di link yang tidak relevan.

9. Membangun otoritas website

Semakin tinggi otoritas situs, semakin besar kemungkinan untuk masuk peringkat di mesin pencarian. Cara membangun otoritas situs bisa kamu lakukan dengan:

Perbaiki link eksternal yang rusak

Setiap link eksternal yang kamu tempatkan di situs bisa membocorkan otoritas. Itu sebabnya penting untuk meng-audit situs untuk menemukan external link yang rusak. Ini berlaku baik pada link eksternal di konten maupun pada bagian komentar. Untuk menemukan broken link gunakan satu atau semua tool berikut:

  • Screaming Frog SEO Spider
  • Siteliner
  • Google Search Console
  • Ahrefs

Reklamasi link 404

Reklamasi link 404 masuk daftar atas karena ini yang paling mudah. Untuk menemukan semua 404 error pada situs, gunakan Google Search Console atau Screaming Frog. Bila menemukan 404 error, jalankan halaman dengan bulk check pada Ahrefs atau Majestic.

Baca Juga: SEM dan SEO: Perbedaan Manfaat dan Kegunaannya

Perbaiki redirect chain

Kadang solusi yang paling jelas tepat ada di depan Anda. Redirect chain jadi masalah sederhana lain untuk bisa meningkatkan otoritas situs. Dengan memperbaiki redirect chain Anda akan mengirim equitas link langsung ke halamannnya. Ini lebih efektif dibanding membuat equity link melewati buffer. Gunakan Screaming Frog SEO Spider untuk menemukan redirect chain.

Ganti 302 menjadi 301

302 redirect memblokir aliran otoritas dan bisa mencuri otoritas dari situs kamu. Identifikasi semua 302 redirect pada on site dan off site, lalu ganti menjadi 301. Sekali lagi gunakan Screaming Frog untuk menemukan 302. Sekarang kamu tahu cara meningkatkan otoritas situs tanpa membangun backlink baru. Backlink berkualitas memang sulit didapat.

10. Backlink melalui infografik

Infografik jadi metode paling populer untuk membawa traffic ke web dan memperoleh backlink yang berharga. Infografik juga bagus karena mudah untuk dipahami dan dibagikan. Semua orang suka data visual bukan? Itu yang menyebabkan permintaan infografik meningkat.

Pilih infografik dengan hati-hati, setiap infografik harus menyertakan cerita unik dan menarik untuk audiens. Untuk menentukan pilihan, ikuti tren topik terbaru dan lihat apa yang orang cari, lalu ciptakan infografik menggunakan data statistik.

Baca Juga: 11 Cara Jitu agar Blog Muncul di Google Halaman Pertama

11. Manfaatkan guest blogging

Guest blogging bisa jadi cara efektif untuk mendapat audiens baru. Dengan menerbitkan artikel pada website populer lain, konten kamu bisa berada di depan mata pembaca baru. Kadang, bukan hanya masalah backlink, tapi tentang meningkatkan reputasi online atau pengikut media sosial. Guest blogging membantu kamu memperluas audiens. Bahkan Google menerima kontribusi tamu di blog Google Analytics.

12. Mengamati kompetitor

Bila kamu ingin mendapat lebih banyak traffic organic, ketahui strategi marketing online  yang dijalankan kompetitor. kamu harus mengamati kompetitor dan mencari teknik link building mereka, serta metode konten marketingnya. Baca informasi kami tentang strategi marketing untuk meningkatkan traffic.

13. Bangun link internal

Salah satu cara lain untuk membuat backlink berkualitas yakni membangun internal link. Link internal jadi faktor kunci menjalankan blog yang sukses. Dengan struktur linking internal yang bagus, kamu bisa membantu pengguna dengan mudah menavigasi website dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Matt Cutts dari microsoft merekomendasikan para webmaster tentang jumlah internal link per halaman di bawah 100, baik untuk kepentingan kegunaan maupun SEO.

Baca Juga: Pengertian Breadcrumbs, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

14. Mempromosikan konten

Cara lain untuk membuat backlink berkualitas pada website adalah mempromosikan konten. Konten yang bagus tidak akan menghasilkan backlink kecuali kamu tahu bagaimana mempromosikannya dengan benar. Salah satu strategi terbaik melakukan metode ini adalah menghubungi blogger atau website yang melakukan pertemuan mingguan atau bulanan. Kamu bisa baca informasi kami tentang cara membuat konten berkualitas dan fakta tentang SEO.

15. Menulis testimoni

Selain itu, cara untuk membuat backlink yang efektif untuk website yakni melalui testimoni. Metode mudah untuk memperoleh backlink berkualitas adalah menulis testimoni pada web yang kamu gunakan. Hanya akan menghabiskan waktu beberapa menit, kamu bisa memperoleh link dari homepage web otoritas. Selama kamu menjadi pelanggan produk mereka, ada kemungkinan besar mendapat link sebagai ganti dari testimoni kamu.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

Sudah Tahu Cara Membuat Backlink Berkualitas?

Cara membuat dan mendapatkan backlink berkualitas terkadang memiliki tantangan tersendiri, tapi dengan melakukan metode ini, SEO website akan terus meningkat dan pada akhirnya dapat memperbaiki ranking website di Google. Perlu diingat juga, mempertahankan backlink sama penting dengan membangunnya. Jadi tetap jaga backlink yang kamu peroleh dengan meggunakan tool seperti Monitor Backlinks, Ahrefs atau Majestic.