6 Langkah Mudah Membuat Link Bitly untuk Memperpendek Link

Cara membuat link Bitly sangat mudah untuk dilakukan. Bagi kamu yang sering berurusan dengan keperluan membagikan link, Bitly adalah situs yang dapat membantumu. Link yang terlalu panjang akan terlihat kurang bagus dan tidak menarik untuk diklik.

Untuk itu, Bitly menyediakan layanan memperpendek link supaya penggunanya terlihat lebih profesional dan terpercaya. Sebelum masuk ke cara memperpendek link dengan Bitly, mari kita simak terlebih dahulu apa itu Bitly dan fitur-fitur yang disediakannya di bawah ini ya!

Mengenal Bitly

Apa itu Bitly? Bitly adalah situs penyedia layanan untuk memperpendek link / URL supaya terlihat lebih ringkas dan mudah diingat. Tautan ke halaman web yang biasanya sangat panjang dan memiliki berbagai karakter seringkali sulit untuk diketik dan diingat.

Dengan Bitly, alamat web dapat diperpendek hingga menjadi beberapa karakter saja sehingga lebih mudah untuk diingat dan diketik secara manual.

Bitly sudah digunakan oleh banyak orang untuk membantu mempersingkat link mereka. Caranya mudah dan cepat sehingga banyak orang sudah menggunakan fitur esensial ini.

Baca Juga: 10+ Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

Fitur-fitur Bitly

Dilansir dari Bitly, terdapat beberapa fitur yang disediakan untuk memaksimalkan penggunaan share link yang kamu lakukan, di antaranya:

  • Memperpendek Link

Seperti yang dibahas sebelumnya, fitur utama dari Bitly ialah untuk memperpendek/mempersingkat link. Hal ini bisa dilakukan dengan cepat, hanya dalam beberapa langkah saja. Link yang singkat akan lebih enak dilihat dan meningkatkan kredibilitas.

  • Membuat Branded Link

Banyak orang lebih memilih untuk mengklik link yang mereka percayai. Dengan Bitly, kamu dapat membuat dan membagikan branded link atau tautan yang terlihat seperti brand milikmu sendiri. Hal ini dapat menambah kepercayaan pada audiens dan meningkatkan click-through rate hingga 34%.

Untuk pengguna gratis, Bitly menawarkan kustomisasi bagian belakang link (contoh: bit.ly.com/dewaweb). Sedangkan untuk pengguna berbayar, Bitly menawarkan branded link yang dapat menggantikan bagian depan link (contoh: de.wa/linkbitly)

  • Mengubah URL Tujuan/Redirect Link

Kamu ingin memperbaiki kesalahan tujuan link? Memperbarui URL tujuan, atau ingin mengakhiri link yang sudah expired secara manual? Semuanya dapat dilakukan dengan bantuan Bitly!

Kamu dapat dengan mudah mengubah link/URL tujuan, termasuk link Kode QR. Bitly dapat menetapkan URL baru ke salah satu link-mu.

  • Memberikan Insights dari Hasil Klik Link

Ketahui audiens dari insights hasil klik link yang kamu bagikan dengan link Bilty. Kamu dapat dengan mudah mengetahui performa link yang kamu bagikan.

Bitly menyediakan data-data seperti lokasi geografis, referring link channels dan lainnya supaya kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menginvestasikan sumber daya untuk bisnis online-mu.

  • Mengintegrasikan Link

Bitly dapat membuat link yang mengintegrasikan suatu platform ke platform lainnya dengan mudah. Membagikan link jadi lebih efisien menggunakan Bitly API yang sudah terpercaya dan dengan 700+ aplikasi integrasi Bitly.

  • Membuat Link yang Aman dan Terpercaya

Link yang dibuat dengan Bitly sangat aman. Setiap link dienkripsi dengan HTTPS untuk mencegah penyadapan atau gangguan dari pihak yang tidak diinginkan.

Untuk menikmati fitur-fitur tersebut dengan maksimal, kamu harus membuat akun di Bitly. Tersedia beberapa pilihan paket berlangganan Bitly untuk bisa menikmati fitur-fitur dengan lengkap.

Baca Juga: Apa itu URL? Penjelasan Lengkap URL

Cara Membuat Link Bitly dari Website

Berikut cara untuk buat link Bitly dengan cepat dan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ya!

1. Buka Bitly

Cara pertama membuat link bit.ly, buka situs Bitly pada browser. Akan terlihat tampilan seperti berikut.

Cara membuat link Bitly Homepage

2.  Cari Kolom Shorten Link pada Laman

Selanjutnya, geser laman ke bawah hingga menemukan tampilan kolom ‘Shorten Link’.

Cara membuat bitly Shorten Link

3. Salin Link yang Ingin Diperpendek

Buka laman link yang ingin diperpendek pada tab lain untuk menyalin link tersebut.

Cara membuat bitly copy link

4. Masukkan Link

Kembali ke laman Bitly, tempel link yang tadi sudah disalin ke dalam kolom ‘Shorten your Link’.

paste link bitly

5. Klik ‘Shorten’

Klik ‘Shorten’, kemudian link yang sudah diperpendek akan langsung muncul di kolom tersebut.

6. Salin Link dengan klik ‘Copy’

Setelah selesai, kamu bisa salin link dengan klik ‘Copy’. Link mu sudah berhasil diperpendek dengan Bitly!

shorten link

Mengapa Harus Memperpendek Link?

Mungkin kamu bertanya-tanya mengenai manfaat dari memperpendek link menggunakan Bitly. Selain membuat alamat web yang lebih ringkas, ada beberapa keuntungan lain dari memperpendek link.

Membuat Tampilan Link Lebih Mudah Dibaca

Link yang pendek lebih menarik dan mudah dibaca. Selain itu link pendek yang sudah dikustomisasi sendiri bisa lebih mudah diingat.

Memudahkan untuk Dibagikan dalam Sosial Media

Ketika kamu ingin membagikan link di sosial media, terkadang ada pembatasan jumlah karakter yang ditetapkan di dalamnya. Untuk itu kamu perlu memperpendek link supaya memenuhi syarat jumlah karakter untuk dibagikan.

Meminimalisir Kesalahan dalam Penyalinan Link

Link yang terlalu panjang dan ribet bisa jadi salah satu sebab kesalahan penyalinan link.

Mempermudah Mengetahui Performa Link

Bitly dan beberapa situs shorten URL lain menyediakan fitur untuk mengetahui performa link. Dari mana saja audiens mengklik link yang sudah kita bagikan, dan lain-lain.

Terlihat Lebih Profesional dan Terpercaya

Ini adalah alasan penting mengapa kamu harus memperpendek link. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang memilih untuk mengklik link yang dipercaya. Dengan link yang pendek dan di-custom sendiri, audiens lebih percaya untuk mengkliknya.

Simpulan

Nah itu dia cara membuat bit.ly untuk memperpendek link yang terlalu panjang. Cukup mudah untuk diikuti kan? Selamat mencoba ya! Semoga artikel ini membantu Sahabat Dewaweb untuk sukses secara online. Kamu bisa baca artikel informatif lainnya dari blog Dewaweb.