Cara Membuat Blog di Wix, Gratis dan Prosesnya Cepat

Cara Membuat Blog di Wix, Gratis dan Prosesnya Cepat

Saat ini banyak situs yang menyediakan layanan membuat website, salah satunya adalah Wix. Cara membuat blog di Wix sendiri terbilang cukup mudah dan tidak perlu memungut biaya apapun alias gratis. Sebagai informasi, Wix adalah salah satunya. Menurut Educba, Wix adalah platform berbasis cloud penyedia layanan website builder. Para pengguna bisa membuat website menawan dan mobile friendly secara gratis tanpa harus menguasai coding.

Untuk yang belum pernah membuat blog/website, mungkin butuh beberapa penyesuaian terhadap tampilan antarmukanya. Namun kamu tak perlu khawatir, di artikel ini Dewaweb akan berikan tutorial lengkapnya. Yuk ikuti cara membuat blog di Wix!

Baca Juga: Istilah Umum Dalam Blogging Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Definisinya

1. Buat Akun

Cara membuat blog di Wix yang pertama, buka halaman Wix pada browser. Kemudian buat akun dengan mendaftarkan alamat email dan password. Atau kamu juga bisa mendaftar dengan akun Facebook dan juga Google.

Cara buat blog di Wix

2. Pilih Jenis Website untuk Memulai

Setelah berhasil mendaftar, pilih jenis website yang ingin kamu buat. Tersedia beberapa pilihan seperti blog, portfolio, toko online, dan lain-lain.

Misalnya di sini kamu akan membuat blog pribadi. Klik ‘blog’ pada kolom yang tersedia.

Cara buat blog di Wix

Baca Juga: Cara Membuat Blog Sendiri dan di Blogger dengan Mudah

3. Klik Opsi ‘Edit a template’

Setelah memilih jenis website, akan muncul dua pilihan. Di sini kamu bebas memilih apakah ingin mengatur template sendiri atau biarkan Wix membuatnya untukmu. Supaya lebih bebas mengelolanya, pilih opsi membuat website dengan editor. Klik ‘Edit a template’.

Cara buat blog di Wix

4. Pilih Template

Cara membuat website dengan Wix selanjutnya, pilih template yang sudah tersedia dari Wix. Klik yang cocok dengan keinginan, lalu klik ‘Edit’ di bagian template tersebut.

Cara buat blog di Wix-Pilih jenis website

Baca Juga:  6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

5. Atur Tampilan Website

Setelah itu, kamu akan diarahkan pada dashboard untuk mengedit tampilan website. Bentuk tampilan dashboard editing seperti berikut:

Cara buat blog di Wix-Dashboard editing

Melalui fitur drag & drop, Wix memberikan kemudahan yang dapat dirasakan pengguna. Kamu dapat mengatur, memindahkan, menambahkan elemen-elemen pada website hanya dengan melakukan drag dan kemudian drop ke tempat yang diinginkan.

Baca Juga: Perbedaan Wix vs WordPress

Nah sebelum memulainya, pilih dahulu page yang ingin kamu edit. Caranya klik pada menu dropdown ‘Page’ di pojok kiri atas. Kamu dapat melihat struktur halaman website dan pilih salah satu page yang ingin kamu edit terlebih dahulu.

edit website Wix

Di sisi kiri dashboard, terdapat menu bar untuk mengatur tampilan dan menambah elemen pada website. Di bagian tersebut ada beberapa section yang bisa kamu atur untuk mengubah tampilan website.

Menu editing website di wix

  • Menus & Pages

    Untuk mengatur site menu, blog pages, lightboxes dan page transition pada website.

  • Background

    Mengatur page background. Kamu bisa tambahkan gambar atau video sebagai background atau menggantinya dengan warna solid agar lebih simple.

  • Add

    Fitur untuk menambah elemen-elemen pada website. 

  • Theme Manager

    Digunakan untuk mengatur kombinasi warna pada website (site colors) dan juga tipografinya.

  • Add Apps

    Mengelola integrasi aplikasi pada website. Di sini kamu bisa menambahkan fitur/aplikasi di dalamnya. Seperti search box, chat column, forum, maps, countdown, fitur-fitur marketing, fitur online store dan lainnya.

  • Media

    Untuk menginput gambar dan video ke dalam website.

  • My Blog

    Membuat postingan pada website

Baca Juga: 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

Atur layout/tata letak website dengan klik logo zoom out di kanan atas. Di sini kamu bisa mengaturnya dengan melakukan drag & drop layout ke tempat yang kamu inginkan.

Atur layout

Mengubah layout

6. Membuat Postingan

Setiap blog pasti memiliki konten. Untuk membuat konten, klik pada menu ‘My blog’ > ‘Create a post’. Kemudian kamu akan diarahkan pada halaman dashboard untuk membuat postingan. Tampilan dashboardnya cukup familiar, hampir sama seperti website builder lainnya.

Membuat postingan di Wix

Mulailah menulis postingan di area yang tersedia. Pada bagian atas area, terdapat pengaturan untuk menata struktur tulisan, font, alignment, spacing, dan lainnya yang biasanya dapat ditemukan pada pengolah kata.

Setelah selesai menulis, kamu dapat mengelola pengaturan pada postingan tersebut. Di sisi kiri halaman, terdapat menu bar untuk mengaturnya.

menu bar postingan Wix

  • Add

    Untuk menambahkan file, gambar, video, GIF, HTML code pada postingan.

  • Settings

    Menu pengaturan postingan. Untuk mengatur cover image, publish date, dan author.

  • SEO

    Tools pengaturan SEO. Atur SEO title, description dan URL Slug untuk setiap postingan agar website-mu dapat muncul di search engine.

  • Categories

    Untuk mengelompokkan postingan ke dalam kategori

  • Tags

    Untuk menambahkan tags pada postingan. Tags berguna agar pembaca dapat menemukan postinganmu yang lain dengan tema yang mirip. Kamu bisa menambahkan hingga 30 tags pada setiap postingan.

Baca Juga: 6 Perbedaan Blog dan Website yang Wajib Kamu Ketahui

Setelah selesai membuat postingan, kamu bisa publish post tersebut dengan klik tombol ‘Publish’ di kanan atas. Atau jika kamu tidak ingin segera publish, klik panah dropdown menu dan pilih ‘Save as draft’ atau ‘Schedule post’ untuk mem-publish postingan di waktu tertentu.

Publish blog di Wix

7. Publish Website

Setelah selesai, kamu bisa melihat preview website terlebih dahulu untuk memastikan tampilannya sudah sesuai. Klik tombol ‘Preview’ di kanan atas.

Salah satu kelebihan Wix, pengguna bisa membuat tampilan website yang mobile friendly. Kamu bisa melihat tampilan website secara mobile dengan klik ikon berlogo handphone di kiri atas. Kamu juga bisa edit versi mobile tersebut di menu sebelah kiri, sama seperti saat mengedit pada versi desktop.

 

Tampilan mobile friendly

Jika tampilannya sudah oke, publish website dengan klik ‘Publish’ di pojok kanan atas. Website/blogmu sudah berhasil dibuat!

Wix menyediakan layanan untuk membuat website secara gratis. Namun, ada beberapa fitur di dalamnya yang hanya bisa dipakai bila kamu melakukan upgrade ke akun berbayar. Contohnya untuk mengganti domain Wix atau  menambah beberapa aplikasi berbayar ke dalam blogmu. Jika kamu butuh fitur lanjutan tersebut disarankan untuk upgrade ke akun berbayar.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Food Blogger

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Blog di Wix?

Itu dia cara membuat blog di Wix yang bisa kamu coba. Bagaimana sahabat Dewaweb, mudah bukan membuatnya? Selain karena fitur drag & drop-nya yang praktis, kamu juga bisa membuat blog yang mobile friendly tanpa harus memahami pemrograman. Sungguh mudah dan menguntungkan!

Tapi gimana ya kalau blog yang sudah dibuat dengan sungguh-sungguh mengalami crash dan page loadnya lambat? Bisa-bisa pengunjung banyak yang kabur. Eiits ga usah khawatir, Dewaweb punya solusinya!

Website kamu perlu hosting yang cepat, aman dan bisa diandalkan. Selain itu, kamu juga bisa miliki nama domain sendiri supaya blogmu jadi makin keren. Selalu pilih Dewaweb untuk urusan website, hosting dan server. Salam sukses online!