Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung memaksa para penggunanya untuk memahami apa itu email. Email juga sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok jika kamu menggunakan perangkat pintar (smartphone). Oleh karena itu, Dewaweb akan mengajarkanmu cara membuat email di HP atau smartphone agar kamu bisa mendaftarkan akun email tanpa perlu mendapatkan akses ke komputer atau laptop.

Definisi Email

Agak miris ketika menyadari bahwa email saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok di hampir segala aspek kehidupan. Mulai dari pendaftaran akun media sosial, layanan yang dimiliki fitur pada HP hingga pendaftaran ke sebuah organisasi atau pekerjaan, semuanya membutuhkan email. Tanpa email, kamu tidak dapat mengakses fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh layanan internet.

Electronic Mail atau “Email” sendiri merupakan layanan perpesanan online yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan jarak jauh yang dikirimkan melalui jaringan internet. Selain mengirimkan pesan dalam bentuk teks, kamu juga bisa mengirimkan lampiran berupa foto, surat atau dokumen hingga video berdurasi panjang hanya dengan menyertakan link ke layanan penyimpanan dokumen. Salah satu layanan paling mutakhir saat ini yang digunakan oleh mayoritas pengguna email adalah Google.

Tak hanya berfungsi sebagai mesin pencari dan memberikan layanan perpesanan online, Google juga memudahkan para pengguna ketika menambahkan lampiran ke email melalui Google Drive. Selain itu, para pengguna juga semakin dimudahkan dengan dihadirkannya fitur-fitur lain, seperti video call melalui Google Duo atau Google Hangouts, penerjemahan melalui Google Translate, petunjuk arah menggunakan Google Maps, bahkan hingga pengaturan kalender, kontak, dan akses ke media hiburan seperti video, musik, atau buku. Oleh karena itu, pada panduan cara membuat email di HP pada artikel ini, kita akan menggunakan Google Mail alias “Gmail.”

Cara Membuat Email di HP

Beberapa hal yang kamu butuhkan sebelum mempelajari cara membuat email melalui HP adalah HP (tentu saja), koneksi internet, nama yang hendak digunakan, dan kata sandi yang rumit. Mengingat email adalah salah satu elemen penting untuk berbagai hal, buatlah kata sandi yang menggunakan huruf kapital, angka, dan simbol agar akun email-mu aman dari serangan hackers. Setelah itu, lakukan beberapa langkah cara membuat email melalui HP berikut ini:

  1. Buka aplikasi Gmail. Lalu klik simbol tambah untuk menambahkan akun email baru.

  2. Pilih Google seperti pada gambar.

  3. Tentukan nama depan dan nama belakang sesuai keinginanmu.

  4. Isi informasi dasar yang dibutuhkan, seperti tanggal ulang tahun dan jenis kelamin.

  5. Buatlah username yang nantinya akan berguna sebagai alamat email.

  6. Buatlah kata sandi yang rumit, lalu klik Next.

  7. Tambahkan nomor telepon untuk meningkatkan keamanan akun email, kamu bisa menambahkan nomor telepon di kemudian hari melalui menu pengaturan. Scroll hingga ke bawah lalu klik “Yes, I’m in.”

  8. Lakukan review terlebih dulu karena username email tidak dapat kamu ubah setelah email sudah jadi. Jika sudah selesai, klik “Next.”

  9. Klik “I agree” di halaman Privasi dan Ketentuan. Kamu bisa membacanya terlebih dulu jika tak keberatan.

  10. Selesai! Perbarui halaman kotak masukmu hingga menemukan email perkenalan dari Tim Komunitas Google.

Setelah selesai mempelajari cara membuat email di HP, pergunakan email-mu sebaik mungkin ya. Mengingat nama email dengan akhiran Gmail sudah semakin sulit didapatkan, jangan sampai kamu melupakan kata sandi email-mu. Cara lainnya, kamu bisa membuat webmail yang bisa kamu pelajari di sini.

Webmail adalah email yang menggunakan akhiran sesuai nama website-mu, misalnya [email protected] atau [email protected] Fitur webmail dapat kamu gunakan setelah kamu mempunyai website. Jika kamu memilih untuk membuat webmail, pastikan kamu menggunakan website yang terhubung dengan hosting yang cepat, aman, dan selalu dapat diandalkan.

Cara Menghapus Email

Sebaliknya, jika kamu memutuskan untuk menonaktifkan akun email dan ingin mengetahui bagaimana cara menghapus email, ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu jalankan. Tapi sebelum menerapkan langkah-langkah ini, pastikan kamu sudah yakin dengan keputusanmu menghapus email ya. Sebab, data berupa email, lampiran, kontak, dsb. yang tersimpan di email-mu secara otomatis akan terhapus bersama nama email. Jika sudah yakin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Melalui HP

    1. Buka aplikasi Gmail dan klik menu di kiri atas.

    2. Scroll ke bawah lalu klik Settings.

    3. Klik “Manage your Google Account” pada menu Account.

    4. Pilih “Data & Personalization” lalu scroll hingga kamu menemukan kolom “Download, delete, or make a plan for your data” lalu pilih “Delete a service or your account.”

    5. Klik pada tulisan “Delete your account.”

    6. Ketikkan password email-mu untuk terakhir kali, lalu klik Next.

    7. Demi kepentingan informasi, bacalah kembali informasi yang diberikan sebelum kamu menjalankan proses selanjutnya. Jika sudah selesai, beri tanda centang pada dua persetujuan di bawah halaman, lalu klik “Delete Account.”

  2. Melalui komputer

    1. Kunjungi https://myaccount.google.com/

    2. Klik “Data Personalization.”

    3. Scroll ke bawah hingga menemukan kolom “Download, delete, or make a plan for your data” lalu pilih “Delete a service or your account.”

    4. Pilih “Delete your Google Account.”

    5. Ketikkan password email-mu untuk terakhir kalinya, lalu klik Next.

    6. Bacalah informasi penghapusan yang hendak kamu jalankan, jika sudah selesai, tandai dua kotak persetujuan di bawah, lalu klik “Delete Account.”

    7. Selesai! Kini datamu sudah terhapus dari Google.

Simpulan

Meski agak rumit, tapi tidak sulit ‘kan mempelajari cara membuat email di HP? Bahkan kamu tak hanya mempelajari cara membuat email di HP saja, melainkan cara menghapus email juga. Jika kamu hendak membuat email di HP lagi, sebaiknya kamu menggunakan email dengan akhiran nama domain yang kamu miliki alias webmail. Tak hanya terlihat lebih profesional, tapi juga lebih kredibel dan sopan.

Tapi sebelumnya, jangan lupa pelajari cara membuat webmail terlebih dulu ya. Setelah memahami cara membuat webmail dan tertarik untuk membuat website, pastikan kamu memilih layanan hosting tercepat dengan harga terbaik ya! Boleh saja memanfaatkan teknologi untuk menunjang kehidupan sehari-hari, tapi ingat, kamulah yang memanfaatkan teknologi, bukan sebaliknya. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia