11 Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen dan Contohnya

11 Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen dan Contohnya

Apabila kamu ingin konsumen tertarik dengan iklan yang kamu buat, maka pastikan ketahui cara membuat iklan yang menarik. Membuat iklan produk di sosial media tidak boleh asal-asalan.

Iklan ini yang nantinya akan menarik konsumen untuk membeli produk kamu. Maka dari itu kali ini Dewaweb akan memberitahu apa saja cara membuat iklan yang menarik konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Yuk langsung saja simak!

1. Tentukan tujuan iklan

Cara membuat iklan yang menarik pertama adalah menentukan tujuan dibuat iklan tersebut. Ketika kamu menentukan tujuan akhir iklan, kamu bisa mengukur seberapa efektif iklan yang dibuat.

Selain untuk meningkatkan penjualan produk, tujuan iklan bisa beragam misalnya seperti meningkatkan engagement media sosial, meningkatkan conversion rate, dan masih banyak lagi.

Seperti di bawah ini terdapat tujuan iklan yaitu meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

cara membuat iklan - tentukan tujuan iklan

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

2. Pilih platform iklan yang tepat

Cara selanjutnya adalah menentukan platform yang ingin digunakan, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan masih banyak lagi. Setiap platform atau media sosial tersebut memiliki kelebihan dan karakter masing-masing. 

Pemilihan platform iklan nantinya akan menentukan target konsumen yang kamu dapatkan. Selain itu juga dapat berpengaruh pada tujuan iklan. Contohnya, jika kamu menarget para anak muda atau generasi millennial maka gunakan Instagram, karena mayoritas pengguna Instagram yaitu berusia 18-24 tahun.

3. Tentukan jenis konten

Setelah memilih akan menggunakan platform apa, cara membuat iklan yang menarik berikutnya adalah menentukan jenis konten yang ingin dibuat. Namun, menentukan jenis konten juga harus mengacu pada platform yang sudah kamu pilih. Setiap platform memiliki jenis kontennya masing-masing, misalnya seperti media Instagram, kamu bisa memilih antara konten carousel post, ig reels, stories, dan yang lainnya.

cara membuat iklan - tentukan jenis konten

Baca Juga: 6 Cara Membuat Feed Instagram Kamu Jadi Makin Menarik

4. Perhatikan detail desain

Apabila konten sudah ditentukan, selanjutnya adalah memperhatikan desain atau video iklan yang akan dibuat. Visualisasi adalah hal yang sangat penting, dalam hal ini contohnya penggunaan font, gaya penulisan, logo produk, konsistensi warna, dan yang lain.

Pastikan kamu membuat desain sesuai karakteristik brand, sehingga konsumen lebih mudah dalam mengenalinya. Misalnya seperti beberapa iklan milik Gojek yang identik dengan warna hijau dan font-nya yang khas.

cara membuat iklan - perhatikan desain

5. Berikan penawaran menarik

Selain memperhatikan desain dan visual, selanjutnya adalah pikirkan mengenai tawaran yang akan kamu berikan. Konsumen mana yang tidak suka dengan penawaran, maka dari itu kamu bisa membuat penawaran untuk membantu menarik konsumen.

Ada berbagai tawaran yang bisa kamu coba, di antaranya seperti buy one get one, potongan harga, gratis ongkir, cashback, atau jenis penawaran menarik lainnya. Contohnya seperti di bawah ini

cara membuat iklan - buat penawaran

6. Gunakan bahasa yang persuasif

Selain menarik konsumen dari segi visual dan penawaran, faktor kalimat atau bahasa juga dapat meningkatkan perhatian mereka. Maka dari itu pastikan gunakan bahasa yang persuasif, bersifat mengajak, dan membujuk konsumen agar membeli produk yang sedang kamu iklankan. Itulah kenapa dalam pembuatan iklan ataupun postingan dibutuhkan copywriting yang tepat untuk menarik minat beli pelanggan.

gunakan bahasa persuasif

7. Buat judul dan slogan

Cara membuat iklan yang menarik berikutnya adalah menggunakan slogan yang lugas dan tepat. Untuk membuat slogan, kamu bisa menyesuaikan dengan gaya bahasa serta target konsumen yang ingin dicapai.

Selain itu, slogan juga bisa dibuat sesuai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Hampir seluruh perusahaan dari berbagai bidang memiliki slogan atau taglinenya masing-masing yang merepresentasikan brand mereka.

Judul atau slogan ini biasanya terletak di dalam iklan tersebut dan ditampilkan lebih besar dari yang lain. Agar fokus konsumen bisa langsung menuju ke situ.

buat judul dan slogan

Baca Juga: Contoh dan Tips Membuat Copywriting Makanan untuk Menarik Pembeli

8. Cantumkan testimoni produk

Terkadang penawaran dan ajakan pembelian produk saja tidaklah cukup. Konsumen membutuhkan hal yang bisa membuat mereka lebih yakin untuk membeli, yaitu testimoni produk.

Kebanyakan orang biasanya khawatir ketika hendak berbelanja online, karena tidak bisa melihat secara langsung produknya. Nah, testimoni menjadi solusi yang tepat untuk membangun kepercayaan konsumen pada bisnis dan produk kamu.

Pastikan kamu memberikan testimoni yang positif dan tidak dibuat-buat atau apa adanya saja.

cantumkan testimoni

9. Tambahkan hashtag yang relevan

Membuat iklan memang tidak selalu di internet, namun jika kamu menggunakan platform seperti Instagram, TikTok atau Facebook kamu bisa menambahkan hashtag yang relevan dengan produk yang dijual.

Tambahan hashtag adalah salah satu cara membuat iklan yang menarik, karena dapat membantu jangkauan produk menjadi lebih luas, sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahui brand kamu. Kemudian apabila kamu menggunakan hashtag spesifik yang mencerminkan brand, maka mereka akan lebih mudah menemukannya. 

tambahkan hashtag

10. Ajak influencer atau tokoh terkenal

Cara membuat iklan yang menarik berikutnya adalah dengan mengajak influencer atau tokoh terkenal. Karena mereka sudah memiliki followers serta segmen pasarnya sendiri.

Sebenarnya ini bukan opsi utama, namun jika brand kamu sudah cukup besar dan ingin lebih memperluas jangkauan pasar, kamu bisa mencoba cara ini. Namun, pastikan pilih influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan target audiens yang ingin dicapai. Contohnya seperti pada iklan Instagram reels berikut yang mengajak salah satu beauty influencer.

kerjasama influencer

Baca Juga: 9+ Cara Jitu Menambah Jumlah Followers dan Likes di Instagram

11. Gunakan iklan berbayar

Membuat iklan di media sosial memanglah gratis, namun tidak menjamin jika konsumen akan langsung menemukan iklan yang kamu buat. Nah, solusinya adalah menggunakan iklan berbayar atau ads.

Meskipun berbayar, namun iklan kamu akan sampai sesuai pada target audiens yang diinginkan. Sehingga jangkauan produk kamu akan lebih spesifik dan potensi konsumen untuk membeli produk akan semakin besar.

Namun, cara ini bisa dilakukan apabila memang budget bisnis kamu memenuhi. Jika belum maka bisa menggunakan cara-cara di atas. 

Seperti di bawah ini terdapat salah satu contoh iklan berbayar, yaitu Google Ads. Selain Google, kamu juga bisa menggunakan Instagram Ads jika ingin iklan tampil di Instagram.

paid ads

Siap Membuat Iklan yang Menarik Pembeli?

Itulah kurang lebih sebelas cara membuat iklan yang menarik, kamu dapat menerapkan cara di atas ketika hendak membuat iklan produk. Dengan beberapa tips di atas setidaknya kamu tahu bagaimana membuat iklan yang dapat menarik perhatian pembeli. Selamat mencoba ya, salam sukses online!