Cara Membuat Jurnal di Open Journal System

Cara Membuat Jurnal di Open Journal System

Jurnal elektronik atau e-journal kini sudah mulai menjadi sesuatu yang normal di internet.  Saat ini, kamu tak perlu merasa kebingungan jika ingin membuat sebuah jurnal secara online karena sudah ada CMS (Content Management System) bernama Open Journal System yang memudahkan proses penulisan hingga pendistribusian jurnal. Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara membuat jurnal di Open Journal System.

Open Journal System

Open Journal System (OJS) adalah salah satu tempat, platform atau CMS untuk mengelola jurnal ilmiah secara online yang bisa kamu miliki secara pribadi. CMS ini bersifat open source di bawah lisensi GNU General Public License, artinya kamu dapat menggunakan, mengubah, dan meneliti CMS ini dengan bebas. OJS sudah kompatibel dengan Search Engine Google sehingga dapat terindeks dengan baik dan mempermudah kamu menaikkan peringkat website.

Jika kamu belum melakukan instalasi OJS, kamu bisa baca: Cara Instalasi Open Journal System di cPanel.

Cara Membuat Jurnal di Open Journal System

Step 1 – Login Admin

cara membuat jurnal di open journal system login

Login terlebih dulu sebagai Administrator di halaman login OJS.

Step 2 – Create

cara membuat jurnal di open journal system create

Klik menu Create Journal untuk membuat jurnalnya. Agar dapat membuat jurnal ini, kamu harus memiliki akun user dengan level minimal Author.

Step 3 – Buat Jurnal

cara membuat jurnal di open journal system buat jurnal

Isi beberapa informasi pada form tersebut.

Create Journal

Journal Title: Judul jurnal yang ingin dibuat.

Journal Description: Deskripsi pada jurnal yang ingin dibuat.

Path: Disarankan pendek saja, karena untuk melihat jurnal tersebut secara publik harus melalui URL (Contoh: dewiweb.net/index.php/dewawebjournal).

Jika sudah selesai diisi, jangan lupa klik Save.

Step 4 – Atur Wizard

cara membuat jurnal di open journal system atur wizard

Setelah mengisi data pada Create Journal, akan muncul Settings Wizard yang perlu diisi lagi namun lebih kompleks.

Isilah sesuai kebutuhan, untuk ke Contact, Appreance, Submission, Indexing, dan Users perlu mengklik Continue dan kamu akan diarahkan secara bertahap ke menu-menu tersebut.

Jika sudah diisi semua dan sudah dipastikan sesuai, klik Finish.

Step 5 – Selesai

Akses ke jurnalnya sesuai dengan path yang kamu isi, dengan format:

https://namadomain.com/pathjournal

cara membuat jurnal di open journal system dw journal

Tampilan di atas menandakan bahwa kamu telah berhasil membuat sebuah jurnal.

Jurnal yang kamu submit ini bisa kamu ubah jika ada perubahan di kemudian hari dan akan kembali ter-update di website.

Simpulan

Ada beberapa level user pada OJS, yaitu:

  1. Administrator.
  2. Journal Manager.
  3. Editor.
  4. Author.
  5. Reader.

Kelima level ini mempunyai fungsi dan otoritasnya masing-masing terhadap akses apa saja yang bisa digunakan oleh masing-masing pengguna/user. Tak berbeda jauh dengan WordPress, jika kamu adalah Administrator atau pemilik website yang mempunyai kendali penuh atas website, pertimbangkan kembali siapa saja yang mendapat kewenangan untuk menjadi Administrator lain atau Journal Manager yang mempunyai akses hampir ke semua fitur, karena ini juga dapat menentukan keamanan website-mu.

CMS ini sangat membantu berbagai instansi dalam membuat jurnal terbuka yang dapat diakses secara umum untuk mengedukasi lebih banyak orang. Jika kamu memutuskan hendak membuat website menggunakan CMS OJS, Dewaweb siap mendukung kamu melalui berbagai paket cloud hosting yang cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan! Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan, tanyakan pada Ninja Support legendaris Dewaweb yang siap sedia 24 jam setiap hari baik melalui website, helpdesk, atau tiket support.

Demikian artikel cara membuat jurnal di Open Journal System (OJS), jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb, ya. Semoga artikel ini membantu!