Cara Membuat Landing Page yang Menarik di WordPress

Cara Membuat Landing Page yang Menarik di WordPress

Jika kamu memiliki website bisnis dan ingin melakukan promosi, maka kamu wajib tahu cara membuat landing page yang menarik agar peluang konversi penjualan lebih besar. Selain itu, landing page yang menarik juga menjadi satu cara untuk meningkatkan trafik ke website bisnismu.

Namun apakah bisa membuat landing page yang praktis bagi pemula tanpa perlu keahlian coding? Jawabannya tentu saja bisa! Yuk langsung simak artikel ini sampai tuntas!

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis & Praktis untuk Pemula

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengunjung website setelah mereka mengunjungi sebuah link, baik secara organik atau berbayar. Bisa dibilang, ini adalah halaman yang menjadi tempat pertama pengunjung masuk ke sebuah website.

Tujuan landing page adalah untuk meningkatkan conversion rate dalam saluran penjualan kamu. Conversion rate adalah bagaimana pengunjung website kamu menjadi user aktif yang tidak hanya melihat konten kamu, tetapi juga melakukan transaksi atas produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Fungsi Landing Page

Fungsi dari landing page sudah tentu untuk mengubah trafik website dari yang awalnya orang hanya melihat-lihat saja menjadi melakukan pembelian produk (konversi penjualan). Contoh dari landing page adalah seperti berikut:

Landing-Page-Example

Mudah bukan membedakan laman website biasa dengan landing page? Landing page pastinya mengandung produk atau jasa yang ditawarkan serta promosi yang mengajak pengunjung website untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: 10 Contoh Landing Page Menarik untuk Tingkatkan Konversi

Persiapan Membuat Landing Page

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat landing page, berikut hal yang perlu kamu persiapkan:

  • Web hosting: layanan yang memungkinkan pengguna mempublikasikan website atau aplikasi web di internet. Hosting menyimpan semua file website di sebuah server yang bisa diakses secara online.
  • Nama domain: alamat yang mengantarkan pengguna ke website yang dituju. Nama domain diakhiri dengan ekstensi .com, .co.id, dan sebagainya yang kamu ketikkan di kolom alamat browser ketika membuka suatu situs.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Jika hosting dan domain sudah siap, kamu bisa install WordPress dengan langkah berikut:

  1. Login ke website dengan mengetik: namadomainkamu.com/cpanel di browser
  2. Buka Softaculous App Installer
  3. Klik tombol Install Now
  4. Pilih domain yang ingin diinstall dengan WordPress
  5. Atur detail nama dan deskripsi website
  6. Atur username dan password WordPress
  7. Tunggu proses instalasi hingga selesai

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Elementor

Landing page dapat kamu buat dengan mudah tanpa perlu keahlian coding. Caranya dengan bantuan plugin Elementor yang gratis pada WordPress. Berikut caranya:

1. Install plugin Elementor Website Builder

Pertama-tama kamu perlu menginstal plugin Elementor sebagai cara awal membuat landing page. Ikuti langkah berikut:

  • Pada dashboard WordPress, pilih menu Plugins kemudian Add New.
  • Cari Elementor Website Builder dengan mengetiknya di kolom pencarian plugin.
  • Klik Install Now, lalu Activate. Tunggu sesaat hingga proses pengaktifan plugin berhasil.

cara membuat landing page - install elementor

2. Buat landing page

Setelah berhasil mengaktifkan plugin Elementor, selanjutnya kamu bisa mulai membuat landing page.

  • Klik Pages pada dashboard.
  • Klik halaman yang kamu inginkan untuk dijadikan landing page.
  • Kemudian edit halaman tersebut dengan mengklik opsi Edit with Elementor.

3. Tambahkan elemen di landing page

Cara selanjutnya dalam membuat landing page adalah menambahkan elemennya. Setelah memilih opsi Edit with Elementor, kamu akan diarahkan ke dashboard Elementor untuk membuat landing page. Tampilannya seperti berikut:

cara membuat landing page - dashboard elementor

  • Kamu bisa menambahkan elemen-elemen pada landing page dengan mengklik opsi di sisi kiri dashboard.
  • Terdapat banyak pilihan elemen, seperti Heading, Image, Video, Text Editor, Icon, Button, dan sebagainya.
  • Kamu bisa langsung drag & drop elemen tersebut ke sisi landing page sebelah kanannya.

cara membuat landing page - drag & drop

4. Mengatur tata letak elemen landing page

Langkah berikutnya, kamu bisa mengatur tata letak elemen yang kamu pilih sebelumnya.

  • Kamu dapat dengan mudah melakukan penyesuaian layout di Elementor menggunakan fitur drag and drop-nya.
  • Lakukan kustomisasi pada teks dengan langsung mengklik blok elemen yang ingin diubah.
  • Tambahkan media, tombol CTA, dan sebagainya untuk mendukung landing page terlihat menarik.
  • Atur tata letak hingga rapi untuk dilihat pengunjung website.

5. Publish landing page

Setelah semua pengaturan selesai, langkah terakhir kamu bisa langsung publish landing page tersebut.

  • Pastikan kamu sudah meninjau ulang tampilan landing page dengan klik Preview.
  • Jika semua komponen sudah oke, klik Publish.
  • Selamat! Landing page kamu sudah jadi!

Baca Juga: A/B Testing: Metode Akurat Meningkatkan Traffic dan Konversi Website

Syarat Landing Page yang Bagus

Tampilan website yang baik dan efektif itu penting. Berikut kami akan memberikan beberapa syarat yang biasanya dimiliki landing page yang bagus untuk menghasilkan conversion rate tinggi!

  • Mudah ditelusuri – jauhkan halaman kamu dari kesan sesak dan tak beraturan yang mengandung terlalu banyak informasi, terlalu banyak gambar, dan lain-lain yang berlebihan sehingga navigasi menjadi sulit.
  • Bullet point – buatlah landing page kamu menjadi mudah untuk dipahami manfaatnya dengan menggunakan bullet point dan bukan paragraf panjang.
  • Whitespace – gunakan desain yang tampak bersih kemudian arahkan perhatian calon pelanggan kamu ke penawaran yang tersedia, manfaat serta CTA kamu.
  • Gambar – ini penting, namun jangan terlalu spam sehingga membuyarkan konsentrasi pengunjung. Cukup satu atau dua gambar yang jelas agar semakin efektif.
  • Warna komplementer dan kontras – desain warna sangat penting dalam mengoptimalkan halaman arahan kamu. Gunakan skema warna komplementer untuk membuat halaman kamu menarik. Buat CTA kamu dalam warna kontras agar menonjol.
  • Aturan 5 detik – kamu hanya punya batas waktu sekitar lima detik untuk menarik konsumen kamu. Manfaatkan waktu itu untuk langsung menarik perhatian calon konsumen agar mereka tidak segera beralih ke halaman lain atau bahkan ke website pesaing bisnismu.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Membuat Landing Page yang Menarik

Setelah landing page kamu jadi, pastikan untuk membuatnya terlihat menarik sehingga conversion rate meningkat. Berikut caranya:

1. Perhatikan isi landing page

Di bawah ini adalah hal apa saja yang harus ada di landing page kamu:

  • Call-to-action (CTA) – adalah ajakan yang meminta pengunjung kamu untuk mengambil tindakan. CTA kamu harus menjadi fitur yang paling menonjol di landing page kamu. Jadikan CTA button kamu jelas, dengan warna yang kontras. Buat CTA itu pendek. Selain itu, buatlah kata-kata yang berorientasi pada aksi untuk memicu reaksi langsung sehingga pengunjung tak dapat menolak CTA kamu.
  • Jelaskan keuntungan pelanggan – jawablah pertanyaan pelanggan kamu dengan memberikan daftar manfaat yang meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Tunjukkan bahwa produk atau apapun yang kamu tawarkan memberi nilai begitu banyak sehingga mereka tidak dapat menolaknya.
  • Kenali pesaing bisnis – perhatikan bagaimana pesaing kamu melakukan kegiatan bisnisnya dan coba analisis bagaimana mereka melakukan kampanye landing page mereka. Riset ini penting untuk mencapai dua tujuan: inspirasi untuk mengungguli website mereka, atau menghasilkan kreativitas agar kamu dapat berinovasi menghasilkan sesuatu yang lebih catchy.

Baca Juga: Cara Membuat Website Single Page

2. Optimasi SEO landing page

Search Engine Optimization (SEO) merupakan hal penting untuk website, tak terkecuali untuk landing page. Berikut beberapa tips SEO untuk landing page.

  • Masukkan keyword pada judul page atau konten pastikan halaman arahan kamu memiliki judul dan kamu menggunakan judul itu saat membuat landing page di situs kamu. (Jika kamu bukan orang yang ahli dalam mengelola website kamu, cobalah menjelaskan apa yang kamu inginkan ini kepada pengembang ahli agar kamu terbantu)
  • Gunakan keyword dan keyword phrase dalam teks – hal ini dapat membantu menjelaskan pada mesin pencari seperti Google tentang apa sebenarnya halaman kamu. Anggap ini sebagai cara berkomunikasi dengan Google, seperti kamu berbicara kepada pelanggan kamu untuk memberi tahu mereka tentang siapa kamu atau brand kamu.
  • Sertakan social share button – Google menyukai halaman yang mudah untuk dibagi. Buatlah social share button tersebut di bagian atas halaman kamu dan buat mereka terlihat sangat jelas di landing page kamu.
  • Gunakan meta tag yang relevan – meta tag adalah deskripsi terkait situs kamu yang dapat dibaca Google. Gunakan meta tag untuk atribut judul, kata kunci terkait, dan deskripsi kamu. Gunakan juga tag Alt untuk deskripsi gambar kamu.

Masih banyak lagi taktik SEO yang bisa digunakan, tapi kamu dapat berpatok pada keempat poin di atas untuk mengoptimasi landing page.

Baca Juga: Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Simpulan

Singkatnya, landing page adalah sebuah halaman statis pada website yang mengandung informasi produk atau jasa yang ditawarkan serta promosi yang mengajak pengunjung website untuk melakukan pembelian.

Cara membuat landing page memang tergolong mudah, yang menjadi agak sulit adalah mengelolanya agar teroptimasi dengan maksimal. Kamu butuh melewati proses yang berkelanjutan sehingga kamu sebaiknya telaten.

Perlu diingat, untuk membuat landing page, kamu harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu. Pst, Dewaweb menyediakan paket hosting gratis domain selama satu tahun lho! Mulai dari pembelian paket Hunter ke atas selama setahun, kamu sudah mendapatkan domain gratis untuk ekstensi domain tertentu. Langsung klik tombol di bawah ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses online!