9 Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman, Terhindar dari Hacker!

9 Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman, Terhindar dari Hacker!

Password adalah hal yang penting untuk dijaga. Terlebih di era digital, kamu harus tahu cara membuat password yang kuat dan aman. Dunia internet adalah dunia yang teramat bebas, penuh dengan kesempatan namun juga penuh dengan berbagai marabahaya.  Tak bisa kita pungkiri lagi bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tak lagi bisa terlepas dari password untuk keperluan ini dan itu.

Dalam artikel kali ini, Dewaweb akan memberikan sedikit tips dan panduan bagaimana cara membuat password yang kuat agar aman dari berbagai ancaman peretas di dunia internet. Simak penjelasan berikut ya!

Baca Juga: Panduan Singkat Cara Mengganti Password WiFi untuk Semua Provider [Update 2022]

1. Gunakan Password yang Berbeda untuk Setiap Akun

Kamu tentu tidak akan menggunakan kunci yang sama untuk pintu rumah, pintu kamar pribadi, pintu lemari pakaian, dan untuk kendaraan bukan?  Jadi mengapa tidak melakukan hal yang sama sebagai cara membuat password?

Agar berbagai informasi dan data penting terlindungi, adalah amat penting bagi kamu untuk menggunakan berbagai password yang berbeda untuk berbagai account online yang dimiliki (account Facebook, email, account bank, dll).

Setiap password yang kamu miliki harus sama kuatnya, terlepas untuk website atau account mana yang digunakan.  Mungkin kamu berpikir bahwa mengamankan account bankmu lebih penting ketimbang mengamankan account Facebook, misalnya.

Namun hacker atau penjahat cyber lainnya masih tetap bisa menggunakan apapun informasi yang terkandung pada account Facebook untuk berbuat kejahatan (dan sambil merusak nama baikmu).

Agar semua account online aman dan terlindungi, kamu harus menggunakan berbagai password berbeda yang masing-masing sama kuatnya dan saling unik antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Panduan Singkat Cara Mengganti Password WiFi dengan Mudah

2. Hindari Bentuk Password yang Mudah Ditebak

Menurut perusahaan SplashData, 10 jenis password yang paling umum digunakan orang antara lain:

  1. password
  2. 123456
  3. 12345678
  4. abc123
  5. qwerty
  6. monkey
  7. letmein
  8. dragon
  9. 111111
  10. baseball

Jika kamu menggunakan salah satu atau lebih dari bentuk-bentuk password di atas, perlu dengan segera mengganti password-password tersebut.

Hindari juga membuat password yang menggunakan informasi pribadi seperti nama kota kelahiran, band favorit, nama binatang kesayangan, nama suami/istri, atau tanggal lahirmu.

Kamu mungkin tidak menyadari hal ini, namun kita semua sebenarnya memberikan sangat banyak informasi penting pribadi kita pada account-account media sosial kita seperti di Facebook atau Twitter.

Jadi janganlah menggunakan password yang mudah ditebak oleh hacker hanya dengan sekedar melihat informasi yang tertera pada account Facebook atau Twitter kita saja.

Baca Juga: Lupa Password WordPress? Tenang, Ini Cara Mengatasinya

3. Rahasiakan dan Amankan Password

Sebagai peraturan utama, jangan pernah bagikan informasi password kita kepada siapapun.  Jangan juga membuat catatan mengenai password kita di tempat-tempat yang terbuka dan mudah ditemukan orang (dicatat pada stiker note post-it dan ditempel di depan komputer, atau kertas memo di meja kerja bertuliskan “Password”, atau sebuah folder favorit di account email yang kamu tandai secara khusus).

Jika kamu merasa kesulitan dalam mengingat atau mengatur berbagai password yang dimiliki, ada baiknya jika menggunakan jasa pihak ketiga seperti LastPass atau 1Password.  Jasa-jasa pihak ketiga semacam ini akan sangat memudahkan karena pada dasarnya kamu hanya perlu mengingat 1 password saja yakni password untuk login ke jasa manajemen password tersebut.

4. Gunakan Password Generator & Manager 

Sekarang ini sudah banyak jenis management tool yang bisa memudahkan pekerjaan sehari-hari terkait dunia digital. Password manager bisa membuat atau menghasilkan password unik dan aman untuk dan menyimpannya juga secara aman agar tidak terlupakan. Jangan khawatir, management tool yang bagus juga bisa menyelaraskan semua password di seluruh akun.

Perangkat lunak seperti LastPass akan menyimpan kata sandi dan menyelaraskannya di beberapa perangkat. Mengapa harus menggunakan password generator? Jika membuat password yang unik buat semua akun, pasti kamu akan mengalami kesulitan dalam menghapal semua kata kunci yang tentunya cukup bervariasi untuk diamankan. Sebuah tool management bagi password memungkinkanmu untuk tidak repot soal itu.

Cara kerja password manager cukup simpel, kamu tinggal unduh pengelola kata sandi, pasang di desktop atau ponsel dan mulai menjalankannya. Kamu bahkan tidak perlu mengganti kata sandi secara sekaligus. Management tool yang sudah diunduh akan mengawasi saat kamu login, dan menanyakan apakah ingin menyimpan kata sandi baru.

5. Patuhi Syarat Password yang Kuat

Microsoft menyarankan 4 hal berikut ketika kita akan membuat sebuah password baru yang kuat:

  1. Password harus mengandung HURUF BESAR (A, B, C)
  2. Password harus mengandung huruf kecil (a, b, c)
  3. Password harus mengandung angka (0, 1, 2, 3, …, 9)
  4. Password harus mengandung karakter unik yang ada di keyboard (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = { } [ ] | : ; ” ‘ < > , . ? /)

Sebagai contoh, password yang bagus mungkin akan berbentuk demikian:

[email protected]

Membuat password kuat semacam ini akan sangat menyulitkan para hacker dan software-software penjebol password yang mungkin mereka gunakan.  Seperti yang sudah dijelaskan diatas, gunakanlah berbagai password kuat semacam ini di berbagai account online yang kamu miliki.

Baca Juga: Lupa Password Gmail? Ini Cara Mengatasinya!

6. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Banyak layanan, termasuk Facebook, Google, Twitter, Tumblr dan lainnya, memungkinkanmu mengaktifkan verifikasi dua langkah, juga dikenal sebagai autentikasi dua faktor atau 2-factor authentication. Soal password, kamu perlu membuktikan bahwa memiliki akses ke perangkat terpercaya kedua (biasanya telepon) untuk bisa masuk/ login. Bagaimana bisa membuktikannya? Caranya bervariasi. Bisa berupa teks yang dikirim ke kotak pesan, bisa juga menggunakan aplikasi khusus. Atau, terkadang cukup menekan notifikasi yang ada di ponsel.

Mengapa penting untuk melakukan verifikasi dua langkah? Verifikasi dua langkah mencegah pihak ketiga masuk ke akunmu meskipun mereka berhasil mencuri kata sandi. Ini adalah lapisan keamanan tambahan, yang membuatnya jadi sangat sulit untuk di-hack demi melindungi akunmu.

Setiap layanan memiliki metode yang berbeda untuk memungkinkan proses, yang mengharuskan adanya take-up. Tapi bila kamu memilih setting Turn On 2FA, kamu akan dipandu untuk melewatinya agar bisa melakukan verifikasi pada semua situs yang digunakan.

7. Update Software

Sebagian besar software atau app store memiliki fungsi pembaruan otomatis dan manfaatkanlak itu. Mengapa harus mengaktifkan fungsi pembaruan otomatis di setiap gadget? Pasalnya, sebagian besar peretasan dilakukan dengan menyerang software lewat diketahuinya kelemahan app yang ada. Tapi seandainya kamu memperbarui app, hacker pasti kemungkinan besar tertinggal karena yang ia ketahui pasti dari app lama.

Hal ini dapat diumpamakan seperti penemu (hacker) telah menemukan vaksin, tapi orang masih saja mengalami cacar (kelemahan app lama). Fokus khusus juga harus diberikan pada sistem operasi, browser web, dan Adobe Flash.

Baca Juga: 9+ Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

8. Gunakan Password pada Semua Gadget 

Pada setiap handphone atau smartphone seharusnya ada fitur keamanan personal seperti lockscreen. Untuk mengaktifkannya, klik bagian pengaturan ponsel dan cari fitur lockscreen lalu aktifkan. Kalau bisa masukkan pin yang 6 digit, bukan 4 digit.

Bagaimana jika ponsel tidak punya fitur keamanan itu? Kamu tinggal cari di app store theme atau software khusus lockscreen yang bisa diunduh ke ponsel dan langsung digunakan tanpa ribet.

Untuk PC atau laptop, kamu juga perlu mengamankannya di lapisan utama. Apalagi jika sering menggunakan wifi publik. Dari jaringan itu bisa saja orang asing membuka-buka folder yang ada di PC atau laptop kamu. Dengan password yang sudah disetel, ini bisa menjadi lapisan keamanan.

9. Gunakan Tips Membuat Password

Selain panduan untuk membuat password yang kuat diatas, berikut Dewaweb berikan beberapa tips lainnya untuk membuat password kamu lebih kuat lagi:

  • Password dibaca terbalik (beruang bisa dibuat menjadi gnaureb)
  • Gantikan simbol dengan angka (misalnya “3” gantikan dengan “E” atau sebaliknya)
  • Panjang password antara 6 hingga 12 karakter
  • Gunakan akronim (singkatan) untuk informasi yang mudah untuk diingat (misalnya mau mengingat “Saya sekolah di Kalam Kudus di tahun 1995”.  Maka password yang mungkin dibuat adalah “SKulK4dus95”)
  • Jangan pernah gunakan ulang password yang sudah pernah dipakai sebelumnya
  • Jika sebuah situs menawarkan untuk menggunakan keamanan/sekuriti 2 tahap, gunakan itu (misalnya menggunakan password dan no PIN)

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Perangkat Kamu

cara membuat password - infografik

Sudah Tahu Cara Membuat Password yang Kuat?

Sekian tips dan cara membuat password yang kuat dari Dewaweb, kami berharap artikel ini berguna bagi siapapun yang membacanya. Selain membuat password yang aman, jangan lupa untuk memilih penyedia web hosting dan domain murah yang jelas berkualitas dan lengkap dengan sertifikat SSL dan backup data online agar kehidupan digital lebih nyaman dan aman.