Ini Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Ternyata Gampang!

Ini Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Ternyata Gampang!

Perkembangan teknologi membuat dokumen-dokumen penting yang membutuhkan tanda tangan, seperti kontrak kerja, surat perjanjian dan lainnya, dapat dilakukan secara digital melalui berbagai platform. Untuk itu, kamu harus tahu cara membuat tanda tangan secara digital atau online.

Dari banyaknya platform yang menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan online, Microsoft Word jadi salah satu platform yang paling mudah dalam membuat, menyimpan, hingga menambahkan tanda tangan dalam suatu dokumen.

Kamu penasaran seperti apa cara membuat tanda tangan di Word? Yuk, simak langkah-langkahnya pada artikel yang sudah Dewaweb susun di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar

Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Tanda tangan adalah lambang nama yang sebagaimana lazimnya dipergunakan untuk menyetujui dokumen penting, seperti kontrak kerja, surat perjanjian, surat keputusan, dan lain-lainnya. Itu sebabnya, tanda tangan di sebuah dokumen sangat diperlukan. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut langkah-langkah membuat tanda tangan di Microsoft Word.

1. Siapkan dahulu file tanda tangan

Pertama-tama, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan file tanda tangan di komputer. Jika belum dipersiapkan, kamu bisa menuliskan tanda tangan di selembar kertas menggunakan pulpen berwarna hitam.

2. Pindai file tanda tangan dan simpan di dalam komputer

Setelah memastikan bahwa kamu telah menuliskan tanda tangannya di selembar kertas, pindai dokumen tanda tangan tersebut dan simpan di dalam komputer. Jika tidak memiliki alat pindai, kamu bisa foto tulisan tanda tangan tersebut dengan ponsel.

cara membuat tanda tangan di word - simpan file ttd di komputer

3. Buka Microsoft Word

Kemudian, buka Microsoft Word di komputer dan masukkan dokumen gambar yang berisikan tanda tangan yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

4. Pilih Insert dan Pictures

Untuk memasukkan dokumen yang berisikan tanda tangan, kamu bisa memilih fitur Insert, kemudian Pictures pada menu di sisi kiri atas Ms.Word.

cara membuat tanda tangan di word - pilih insert pictures

Lalu pilih file gambar tanda tangan dan masukkan ke dokumen Word dengan klik Insert.

cara membuat tanda tangan di word - pilih file ttd

5. Klik tanda tangan dan pilih Format

Seusai berhasil memasukkan dokumen tanda tangan tersebut, pilih Format yang terdapat di menu bar untuk mengatur tampilannya.

cara membuat tanda tangan di word - pilih format

6. Pilih Color dan Set Transparent Color

Agar tampilan tanda tangan sesuai dengan apa yang diinginkan, kamu bisa memilih opsi Color dan Set Transparent Color. Dengan begitu, background yang sebelumnya mengganggu penampilan dapat dihilangkan.

cara membuat tanda tangan di word - set transparent color

7. Terakhir, atur tata letak dan posisi tanda tangan

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mengatur tata letak dan posisi tanda tangan sesuai dengan dokumen akan ditandatangani.

cara membuat tanda tangan di word - atur tata letak

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka yang Benar dan Rapi

Cara Menyimpan Gambar Tanda Tangan di Word

Tidak hanya memasukkan tanda tangan saja, Microsoft Word ternyata memiliki fitur lain yang dapat digunakan untuk menyimpan tanda tangan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memasukkan tanda tangan untuk menandatangani dokumen-dokumen penting lainnya secara digital. Lebih lanjut, berikut langkah-langkah menyimpan gambar tanda tangan di Microsoft Word.

1. Klik gambar tanda tangan yang sudah dimasukkan sebelumnya

Untuk menyimpan gambar tanda tangan di Microsoft Word, langkah pertama yang dapat kamu ikuti adalah mengklik gambar tanda tangan yang sudah dimasukkan sebelumnya.

menyimpan ttd di word - klik gambar ttd

2. Pilih Insert dan Quick Parts

Setelah itu, pilih Insert dan Quick Parts. Sebagai informasi, fitur Quick Parts dalam Microsoft Word 2007 dapat membantu kamu untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien.

pilih insert dan quick parts

Baca Juga: 8 Cara Buat Artikel yang Berkualitas dan Disukai Google

3. Klik Save Selection to Quick Part Gallery

Dalam fitur Quick Parts, kamu akan menemukan opsi Save Selection to Quick Part Gallery. Langkah ini akan mengarahkan kamu untuk membuka kotak dialog Create New Building Block.

klik save to selection to quick parts

4. Isi nama file pada kolom Create New Building Block

Jika kotak dialog Create New Building sudah berhasil dibuka, ubah nama file tersebut untuk blok tanda tangan kamu.

isi nama file pada create new building block

5. Ubah kolom Gallery dengan AutoText

Setelah mengubah nama untuk blok tanda tangan, ubah juga kolom gallery dengan AutoText atau Teks Otomatis. Langkah terakhir adalah mengklik Ok, dengan begitu tanda tangan kamu berhasil tersimpan di Microsoft Word. Apabila kamu ingin menggunakannya kembali, kamu bisa klik Insert > Quick Parts > AutoText.

ubah kolom gallery dengan autotext

Baca juga: Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word dari HP

Tidak hanya menggunakan komputer atau laptop saja, Microsoft Word juga bisa diakses langsung dengan menggunakan HP/smartphone. Bahkan fitur untuk menambahkan tanda tangan di Word pada komputer, sudah bisa digunakan di smartphone. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Buka dokumen yang akan ditandatangani

Sebelum memasukkan tanda tangan, pastikan bahwa kamu sudah membuka dokumen yang akan ditandatangani di Word smartphone kamu.

2. Pilih opsi yang berbentuk pensil di bagian atas

Setelah dokumen yang akan ditandatangani berhasil dibuka, kamu bisa memilih opsi yang berbentuk pensil di bagian atas, tepatnya di samping simbol pencarian.

pilih opsi pensil

3. Pilih ikon tanda panah

Usai itu, kamu bisa memilih ikon tanda panah yang berada tepat di atas keypad atau keyboard.

pilih ikon tanda panah

Baca Juga: Cara Membuat Google Form yang Mudah & Jelas (Tutorial Lengkap)

4. Ubah pilihan Home menjadi Insert

Kemudian, kamu bisa mengubah opsi Home menjadi Insert untuk memasukkan gambar tanda tangan di dokumen yang akan ditandatangani.

pilih insert

5. Masukkan file tanda tangan dan atur letaknya

Untuk memasukkan gambar tanda tangan, kamu bisa memilih opsi Pictures. Setelah itu atur posisi tanda tangan agar berada di belakang tulisan. Kemudian, kamu bisa meletakkan posisi tanda tangan di tempat yang sudah ditentukan.

pilih file ttd dan atur letaknya

Baca juga: Cara Mudah & Cepat Membuat Mail Merge di Microsoft Word

Penutup

Cara membuat tanda tangan di Word ternyata cukup mudah dan dapat diterapkan di berbagai macam perangkat, seperti komputer, laptop, hingga HP. Tidak hanya membuat tanda tangan saja, kamu juga bisa menyimpan gambar tanda tangan kamu di Microsoft Word untuk keperluan dokumen yang lainnya.

Bagaimana, cukup mudah untuk dipraktekkan bukan? Tentu hal ini karena ikut campur dari perkembangan teknologi yang membantu dokumen-dokumen digital mudah untuk ditandatangani. Semoga artikel yang telah Dewaweb rangkum dapat bermanfaat bagi kamu, ya!