Cara Membuat Twitter Ads

Cara Membuat Twitter Ads

Kini memang Twitter Ads terus dibayangi oleh saluran-saluran marketing/pemasaran baru yang lebih trendi semacam Facebook dan Instagram.

Dengan semua bentuk pemasaran yang lebih populer tersebut, Twitter Ads ini mungkin tampak seperti saluran iklan yang sudah lama kehilangan nilai jualnya. Tetapi itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Banyak brand/merek masih melihat nilai lebih dari Twitter Ads. Selain itu, jaringan media sosial satu ini punya sejumlah 328 juta pengguna aktif tiap bulannya, dan lebih dari 67% pengguna tersebut cenderung membeli/ melakukan konversi dari merek yang mereka ikuti di timeline Twitter mereka.

Coca Cola Twitter Ads - Dewaweb

Jadi, Anda sebaiknya jangan berpikir Twitter Ads ini tidak bernilai. Jika Anda sebagai pebisnis terutama yang bergerak di bidang digital marketing telah menjalankan kampanye iklan lewat Twitter beberapa tahun yang lalu dan kemudian menyerah karena hasilnya yang tidak terlalu bagus.

Sekarang mungkin jadi saat yang tepat untuk mempertimbangkannya kembali. Atau setidaknya, Anda bisa coba buat kampanye kecil lewat Twitter Ads.

Baca Juga: Cara Mendapat Twitter Followers dan Likes Banyak

Apa itu Twitter Ads?

Twitter Ads adalah jasa iklan yang disediakan oleh Twitter agar Anda bisa menampilkan kampanye produk/jasa Anda di beranda Twitter pengguna. Tujuannya tentunya untuk meningkatkan penjualan produk/jasa atau pemasukan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membuat Iklan di Twitter?

Langkah teknis untuk membuat iklan dengan Twitter Ads hanyalah masuk ke page Twitter Ads . Selanjutnya, coba klik “Get Started” dan ikuti panduan dari Twitter. Anda bahkan bisa memilih preferensi Bahasa Indonesia agar Anda dapat mengikuti panduannya dengan lebih mudah karena menggunakan bahasa yang lebih familiar.

Bagaimana cara mengubah preferensi bahasanya? Tinggal klik “Language” pada bagian kanan pojok atas dan ganti “English” menjadi “Indonesian”.

Twitter Ads Homepage - Dewaweb

Secara garis besar, kita dapat menyederhanakan tahapan untuk membuat iklan lewat Twitter Ads menjadi seperti berikut!

Baca Juga: Tools: Free Social Media Analytics untuk Blogger & Influencer

Menyusun Gambaran Besar Kampanye Anda

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kampanya pertama Anda:

  • Namai kampanye Anda
  • Masukkan nama domain dari website yang akan Anda gunakan untuk kampanye
  • Pilih waktu dan tanggal berapa yang tepat untuk mengkampanyekan iklan Anda
  • Pilih kategori mana yang paing menggambarkan iklan Anda

Melakukan Penargetan Kampanye

Ketika menyiapkan sebuah kampanye dengan Twitter Ads, Anda bisa membuat target audiens atau khalayak yang didasarkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Lokasi
  • Gender
  • Bahasa
  • Perangkat, Platform, Provider
  • Kata Kunci (keyword)
  • Karakter akun Twitter yang di-follow
  • Minat
  • Pasar TV
  • Kebiasaan
  • Event atau acara

Anda juga bisa membuat Tailored Audience (Pemirsa Khusus) dan memasarkan ulang ke pengunjung website Anda yang sebelumnya.

Penargetan berbasis kata kunci Twitter ini sebenarnya bekerja sama dengan Google AdWords – Sehingga Anda bisa memilih untuk bisa menargetkan broad match (pencocokan luas), phrase match (pencocokan frasa), atau negative match keywords (kata kunci pencocokan).

Twitter Google AdWords - Dewaweb

Untuk terus mengikuti perkembangan pemasaran ulang audiens dari Google dan Facebook Custom Audience (pemirsa khusus Facebook), Twitter telah menambahkan opsi Tailored Audiences (penargetan audiens yang sudah disesuaikan).

Ini memungkinkan Anda sebagai pengiklan untuk menjangkau pelanggan yang ada atau pengunjung website sebelumnya dan mengirimkan iklan yang sangat relevan kepada mereka.

Twitter Tailored Audience - Dewaweb

Mengatur Kampanye Sesuai Budget

Dalam tahap penyiapan kampanye ini, Anda bisa memilih anggaran harian maksimum untuk kampanye Anda serta berapa total anggarannya. Anda coba sesuaikan dengan kemampuan materi dan pertimbangkan dengan cukup matang.

Saat Anda mengeklik link “Advanced Option”, Anda bisa pilih antara opsi penawaran otomatis ataupun yang manual.

Anda juga bisa tetapkan tawaran maksimum yang bersedia Anda bayar untuk event yang ditargetkan, misalnya buat sebuah klik ke website.

Ada pilihan lain yang juga bisa Anda buat: jenis penayangan iklan reguler atau yang dipercepat. Perhatikan bahwa tempo yang dipercepat dapat menyebabkan Anda tentunya harus membayar lebih demi hasil yang Anda inginkan atau harapkan.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Membuat Kampanye dengan Kreatif

Ada 3 jenis Twitter Ads yang bsia Anda kreasikan. Berikut adalah ketiganya!

  • Tweet yang dipromosikan (Promoted Tweet)

Saat memakai tweet yang dipromosikan dan bukan Twitter cards, Anda bisa terlebih dahulu mengumpulkan like dan organic share. Kemudian Anda bisa mempromosikan tweet Anda. Dengan cara ini, tweet Anda yang dipromosikan bisa punya bukti sosial tambahan saat dipublikasikan sebagai tweet berbayar.

  • Akun Twitter yang dipromosikan (Promoted Account)

Untuk menghasilkan kampanye Promoted Account Twitter, pilih tujuan kampanye “Follower”. Saat menyiapkan kampanye promoted Account ini, Anda tidak akan bisa menambahkan URL ke iklan Anda tersebut. Jadi bagaimana maksudnya, apa tujuannya? Jenis Twitter Ads ini sebenarnya soal mendapatkan follower baru, jadi iklan Anda tidak akan diarahkan ke website Anda.

  • Iklan Video/Tayangan (Video Ads)

Menurut data oleh Twitter pada tahun 2015, mayoritas pengguna Twitter sebesar 82% menonton konten video di Twitter dan 90% dari mereka menontonnya di perangkat seluler/mobile mereka.

Jadi, ada aturan yang penting untuk Anda ketahui dalam membuat Video Ads di Twitter, yaitu pada saat membuatnya pastikan video Anda dioptimalkan untuk tampilan mobile.

Untuk menyiapkan kampanye Video Ads lewat Twitter Ads, pilih sasaran kampanye “Promoted Video”. Spesifikasi Iklan Video Twitternya akan kami jelaskan berikut ini. Jenis File-nya MP4 atau MOV. Waktu putarnya maksimal selama 2 menit dan 20 detik. Ukuran File-nya disarankan berukuran diibawah 1GB. Codec Video ,H264.

Baca Juga: Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri

Tips Tambahan

Berikut ini beberapa tips tambahan un tuk menggunakan Twitter Ads:

  • Buatlah kampanye yang menarik perhatian para pengguna Twitter

Saat membuat kampanye iklan Twitter, Anda harus buat semua iklan Anda terlihat sangat menarik dan bersifat mengundang sehingga penggemar merek Anda mau berbagi dan terlibat  dalam kampanye Anda.

  • Buatlah konten dengan aspek visual yang berkualitas tinggi

Gunakan jenis gambar GIF atau bentuk visual lain yang mudah diingat dalam membuat iklan Twitter, sehingga kampanye Anda layak untuk dibagikan oleh orang-orang.

  • Gunakanlah warna yang kontras sehingga menarik fokus penglihatan pengguna

Sebuah studi yang dilakukan UsabilityTools menunjukkan bahwa ajakan bertindak dengan tampilan sangat kontras berpotensi punya tingkat klik-tayang 75% lebih tinggi dibandingkan dengan CTA yang sifat kontrasnya rendah. Aturan yang sama berlaku juga buat gambar iklan Anda.

  • Buatlah iklan Anda terasa menyenangkan bagi audiens

Coba contoh Coca Cola yang memilih untuk menggunakan iklan yang menarik dibandingkan konten pesan yang terlalu berisi penjualan.

  • Gabungkan jangkauan yang organik dan berbayar

Anda bisa mulai dengan bagikan beberapa posting Twitter secara organik. Karena beberapa posting terbukti mendapatkan lebih banyak engangement/keterlibatan daripada yang lain, gunakan ini untuk promosi yang berbayar.

Simpulan

Dengan membaca panduan membuat Twitter Ads ini, Anda dapat mempersiapkan kampanye Anda segera agar pemasaran produk/jasa Anda bisa dimaksimalkan lewat pemasaran.

Sebagai penyedia layanan hosting dan domain serta  vps murah yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online lewat konten-konten blog berkualitas. Selamat mengembangkan bisnis Anda, semoga berhasil ya!