Cara Membuat Undangan Digital Sendiri dari HP dan Laptop

Cara Membuat Undangan Digital Sendiri dari HP dan Laptop

Cara membuat undangan digital sudah cukup mudah, sebab sudah banyak aplikasi hingga website yang menyediakan fitur untuk mendesain undangan secara online, seperti Canva hingga Invitation Card Maker. Di dalam website tersebut, ada berbagai contoh hingga template undangan yang bisa digunakan.

Kendati demikian, kamu juga mendesain sendiri undangan digital seperti apa yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa undangan digital yang dibuat perlu melewati berbagai persiapan, mulai dari menentukan konsep, memiliki platform untuk mendesain undangan, menentukan sketsa desain, hingga mengecek kembali undangan digital yang sudah disusun tersebut.

Nah, supaya lebih jelas bagaimana cara membuat undangan yang mudah, berikut Dewaweb sudah merangkum informasi lengkap tentang cara membuat undangan digital, baik melalui HP, maupun melalui laptop.

Baca juga: 13+ Website untuk Buat Desain Logo Online Terbaik, Gratis!

Cara Membuat Undangan Digital

Undangan adalah surat pemberitahuan yang meminta pihak lain untuk datang pada waktu, tempat, dan acara yang telah ditentukan. Karena bersifat formal, undangan perlu disiapkan dengan matang, mulai dari konsep, desain, dan isi konten di dalamnya. Dengan begitu, yang diundang akan merasa tersanjung dan kagum dengan desain undangan yang didapatkannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat undangan digital bisa memanfaatkan beberapa website dan aplikasi. Website tersebut ada yang bisa didapatkan secara cuma-cuma, tetapi ada juga yang perlu membayar sejumlah uang untuk mengaksesnya. Lantas, bagaimana cara membuat undangan digital dengan mudah melalui HP atau laptop? Simak informasinya di bawah ini.

1. Menentukan konsep undangan

Hal pertama yang diperlukan ketika membuat undangan digital adalah menentukan konsep undangan. Konsep undangan ini bisa dibuat dengan mengetahui terlebih dahulu jenis acara yang akan digelar, misalnya untuk acara pernikahan, ulang tahun, hingga kantor. Setelah mengetahui acara yang digelar, kamu bisa menentukan detail konsep undangan lainnya, seperti gambar, warna, hingga font tulisan.

2. Menentukan platform membuat undangan

Usai menentukan konsep undangan yang ada di atas, kamu bisa menentukan platform untuk membuat undangan. Di era digital ini, ada berbagai macam aplikasi hingga website yang dapat diakses dan didistribusikan melalui ponsel, komputer, hingga laptop. Beberapa website dan aplikasi yang dapat digunakan, yakni Canva, Greeting Island, Birthday Invitation Maker, dan lain sebagainya.

3. Menentukan sketsa desain undangan digital

Membuat undangan bisa dimulai dengan membuat desain undangan digital yang sesuai dengan selera masing-masing. Jika kamu bingung ingin membuat sketsa desain yang seperti apa, tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa aplikasi hingga website yang sudah memiliki template, sehingga kamu hanya perlu mengganti warna, gambar, dan tulisan.

4. Coba isi dengan konten yang tepat

Di dalam undangan pastikan untuk mengisi informasi yang lengkap. Tujuannya agar tamu yang diundang mendapatkan informasi, mulai dari waktu, lokasi, hingga siapa saja yang mengundangnya. Karena termasuk ke dalam informasi yang penting, pastikan jangan sampai ada kesalahan pada isi konten agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5. Melakukan pengecekan kembali

Jika sudah selesai membuat undangan digital, kamu bisa melakukan pengecekan akhir agar tidak terjadi kesalahan merugikan tamu dan yang mengundang. Setelah memastikannya, kamu bisa menyimpan dan langsung menyebarkan undangan tersebut ke orang-orang yang ingin diundang ke dalam acara tersebut.

Baca juga: 15 Desain Website Layout Inspiratif yang Menarik Pengunjung

Contoh Konsep Undangan Digital

Menentukan konsep undangan bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Ada beberapa pertimbangan yang perlu didiskusikan dengan matang sebelum akhirnya memilih konsep apa yang akan digunakan. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa contoh konsep undangan digital yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

1. Minimalis

contoh konsep undangan digital - minimalis

Konsep undangan digital yang paling umum digunakan adalah minimalis. Konsep ini biasanya hanya akan memadukan dua sampai tiga warna saja, seperti hitam, putih, krem, atau abu-abu. Ikon-ikon yang digunakan pun tidak terlalu banyak, bahkan informasinya dibuat sangat singkat, tetapi informatif.

2. Elegan

contoh konsep undangan digital - elegan

Konsep undangan digital lainnya adalah elegan. Undangan yang menggunakan konsep digital pada umumnya akan memadukan warna emas, cokelat, dan putih saja. Konsep elegan ini juga ditunjukkan dari font tulisannya beserta ikon-ikon yang digunakan. Biasanya konsep ini digunakan untuk undangan pernikahan.

3. Simple

contoh konsep undangan - simple

Konsep lainnya adalah simple. Jika dilihat secara sekilas, konsep undangan ini mirip dengan minimalis, karena hanya memadukan beberapa warna saja. Bedanya, konsep undangan simple jarang menggunakan ikon-ikon dan menggunakan font yang tegas dan tidak neko-neko. Konsep undangan ini kerap digunakan untuk undangan pernikahan.

4. Modern Islami

contoh konsep undangan digital - modern islami

Contoh konsep undangan digital lainnya adalah modern islami. Konsep ini cukup populer di kalangan orang Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama islam. Konsep ini memasukkan unsur-unsur islam di dalamnya, mulai dari ikon, warna, hingga font yang digunakannya. Konsep berbentuk modern islami ini kerap digunakan untuk undangan pernikahan.

Baca juga: 15+ Contoh Website Sekolah yang Menarik dan Inspiratif!

5. Fairytale

fairytale

Selanjutnya adalah konsep undangan digital yang berbentuk fairytale. Konsep fairytale ini memanfaatkan font, warna pastel hingga ikon-ikonnya. Contoh konsep digital ini biasanya digunakan untuk undangan ulang tahun anak-anak.

6. Colorful

colorful

Konsep undangan digital yang selanjutnya adalah colorful. Seperti namanya, undangan ingin memanfaatkan warna-warna dan ikon-ikon yang cerah. Biasanya, undangan berkonsep colorful ini sering digunakan untuk undangan ulang tahun anak-anak.

7. Floral

floral

Floral adalah contoh konsep undangan digital yang didominasi oleh ikon-ikon bunga. Warna-warna yang digunakan pun
merujuk pada tema floral, seperti pastel, pink, cokelat, hingga hijau. Konsep floral ini cukup sering digunakan, karena dapat memberikan kesan yang elegan, tetapi minimalis di waktu yang bersamaan.

8. Scrapbook

scrapbook

Contoh konsep undangan digital yang terakhir adalah scrapbook. Undangan ini memanfaatkan ikon-ikon yang berhubungan dengan scrapbook, seperti kertas-kertas hingga selotip. Font yang digunakan pun kerap berhubungan dengan scrapbook, salah satunya adalah Moontime.

Website dan Aplikasi untuk Membuat Undangan

Ada banyak website dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat suatu undangan. Banyaknya website dan aplikasi ini disebabkan karena kemajuan era digital yang sudah canggih, sehingga kamu bisa membuat undangan sendiri dengan menggunakan perangkat laptop hingga ponsel. Lebih jelasnya, berikut beberapa website dan aplikasi untuk membuat undangan.

1. Canva

aplikasi dan website untuk membuat undangan digital - canva

Canva adalah tools untuk desain grafis yang dapat menjembatani penggunanya agar dapat merancang berbagai desain undangan yang kreatif. Dalam penggunaannya, Canva bisa diakses dengan mudah melalui perangkat desktop maupun mobile. Tidak hanya membuat undangan saja, Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam desain, seperti infografik, poster, desain kemasan produk, hingga thumbnail.

2. Mivitation

aplikasi dan website untuk membuat undangan digital - mivitation

Selain Canva, ada juga platform lain yang bisa digunakan untuk membuat undangan digital, yakni Mivitation. Website ini memiliki beberapa keunggulan, mulai dari kemudahannya dalam mendesain undangan, banyaknya template, hingga fitur yang dapat dikirim langsung ke orang yang diinginkan.

3. Invitation Card Maker (Greeting Island)

greeting island

Platform lain yang bisa digunakan untuk membuat undangan digital adalah invitation card maker dari Greeting Island. Mirip dengan Canva, website ini dapat digunakan untuk membantu membuat undangan digital dengan menggunakan komputer atau ponsel. Keuntungan menggunakan Greeting Island ini adalah template yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma dan gratis. Website ini bahkan menyediakan berbagai macam stiker yang bisa digunakan untuk mempercantik desain yang sedang dibuat.

Baca juga: 15+ Contoh Website Undangan Terbaik sebagai Inspirasi!

Simpulan

Ketika membuat undangan digital, kamu memang harus memberikan konsep dan desain yang diinginkan. Tujuannya agar undangan digital tersebut bisa menarik hati para tamu undangan. Tidak hanya itu, cara membuat undangan digital yang perlu diperhatikan adalah informasi yang ada di dalamnya. Pastikan untuk memasukkan informasi yang jelas terkait waktu, tempat, dan nama yang mengundang. Dengan begitu, tamu undangan bisa mendapatkan informasi dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Untuk memaksimalkan kamu dalam membuat undangan digital, Dewaweb juga sudah mencantumkan beberapa rekomendasi aplikasi dan website untuk membuat undangan digital. Biasanya, aplikasi dan website tersebut sudah menyediakan berbagai macam template yang bisa digunakan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mendesain undangan digital yang diinginkan.

Nah, bagaimana? Apakah informasi yang Dewaweb sampaikan di atas mudah dipahami dan bermanfaat? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum bisa membantu kamu mendapatkan inspirasi ketika membuat undangan digital, ya. Selamat mencoba!