6 Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress, Mudah dan Praktis!

6 Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress, Mudah dan Praktis!

Cara membuat website sekolah dapat dilakukan secara mandiri tanpa perlu keahlian coding. Perkembangan teknologi memungkinkan siapapun dapat membangun situs web pun lebih mudah dan cepat.

Transformasi digital kini bukan hanya dilakukan oleh bisnis atau perusahaan saja. Industri pendidikan seperti sekolah pun mulai memanfaatkan teknologi untuk menunjang berbagai kebutuhan. Dalam hal ini termasuk layanan siswa, orang tua, pemasaran, dan lain-lain

Nah, Melalui artikel ini Dewaweb akan jelaskan cara membangun website sekolah lengkap dari awal persiapan hingga tahap akhir. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Baca Juga: 15+ Contoh Website Sekolah yang Menarik dan Inspiratif

Persiapan Membuat Website Sekolah

Sebelum mengetahui cara membuat website sekolah, kamu perlu menyiapkan beberapa komponen penting terlebih dahulu seperti domain, hosting, sertifikat SSL, dan content management system (CMS). Ini merupakan komponen utama untuk membangun situs web profesional dan andal.

Domain

Dalam konteks website, domain dapat diartikan sebagai alamat suatu situs web. Misalnya pada dewaweb.com, nama domain-nya yaitu ‘dewaweb’ sedangkan ‘.com’ adalah ekstensinya.

Domain yang paling banyak digunakan untuk website sekolah biasanya menggunakan ekstensi .SCH.ID. Meski memungkinkan memilih ekstensi lain, namun domain khusus .SCH.ID memang terlihat lebih relevan dan profesional. Selain itu, tidak semua orang bisa mendapatkan domain satu ini, kecuali sekolah-sekolah yang telah terdaftar secara resmi.

Untuk membeli domain, kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di perusahaan registrar terpercaya seperti Dewaweb. Di sini, kamu dapat memilih paket domain murah dan berkualitas termasuk .SCH.ID, .COM, .CO.ID, .NET, .BIZ, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat website sekolah, biaya ekstensi domain .SCH.ID di Dewaweb dijamin sangat terjangkau. Kamu sudah bisa mendaftarkan domain tersebut dengan harga mulai dari Rp50 ribu per tahun.

Hosting

Selain domain, hosting juga menjadi komponen penting ketika membuat sebuah website. Hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua informasi atau data yang ada di dalam situs. Tanpa komponen ini, kamu akan mengalami kesulitan atau bahkan tidak dapat memulai situs.

Kamu sebaiknya memilih layanan hosting aman, canggih, dan terpercaya dari Dewaweb. Selaku penyedia layanan hosting tercanggih di Indonesia, Dewaweb menawarkan layanan super nyaman mulai dari segi performa, kecepatan, keamanan, hingga pengelolaan server.

Bukan itu saja, Dewaweb juga menawarkan domain gratis yang dapat diperpanjang secara otomatis seumur hidup selama website milikmu terdaftar di hosting Dewaweb. Menarik bukan?

Baca Juga: Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Sertifikat SSL

Setelah domain dan hosting, komponen selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah sertifikat SSL. Secure Socket Layer (SSL) merupakan teknologi untuk menciptakan koneksi yang lebih aman antara server dan client. Meski bersifat opsional, namun SSL certificate diperlukan guna menjaga keamanan data, terlebih pada situs resmi seperti sekolah, pemerintahan, perusahaan, dan lain sebagainya.

Di browser Google Chrome, website tanpa enkripsi SSL bahkan ditandai sebagai situs tidak aman. Akan muncul sebuah popup peringatan berisi “Your connection to this site is not secure”. Jika popup tersebut muncul di situs web sekolah, maka citra sekolah jelas tercoreng serta kredibilitasnya dipertanyakan.

Pilih CMS

Sebelumnya, membuat situs web hanya dapat dilakukan oleh web developer karena membutuhkan kemampuan coding. Namun, sekarang siapapun bisa membuat website secara lebih mudah menggunakan content management system atau CMS. Selain kemudahan menentukan tampilan, CMS juga menawarkan efektivitas pengelolaan konten.

Dari sekian banyaknya pilihan CMS, Dewaweb merekomendasikan CMS WordPress karena terdapat keunggulan yang tidak dimiliki oleh CMS lain. Dalam hal ini termasuk kemudahan penggunaan, fitur, dan tampilan yang beragam.

Baca Juga: 10+ Plugin Keamanan WordPress Terbaik yang Wajib Diinstal

Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah

Setelah mengetahui persiapan yang dibutuhkan, kini waktunya mempelajari tentang cara membuat website sekolah. Tanpa panjang lebar, simak penjelasannya di bawah.

1. Install WordPress

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ketika membuat situs web adalah menginstal WordPress. Cara termudahnya yaitu melalui panel kontrol yang biasanya sudah disediakan penyedia layanan hosting. Di Dewaweb, kamu dapat memasang WordPress hanya dengan beberapa klik saja menggunakan cPanel. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Login ke cPanel terlebih dahulu.

Langkah 2: Setelah berhasil masuk, scroll ke bawah kemudian klik ‘Softaculous Apps Installer’.

login cpanel softaculus

Langkah 3: Cari dan pilih WordPress, lalu klik ‘Install’.

cara membuat website sekolah-install wordpress

Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi sejumlah informasi untuk dapat menginstal WordPress. Contohnya seperti gambar di bawah.

cara membuat website sekolah - isi form

Langkah 4: Jika sudah selesai mengisi, kamu hanya perlu klik ‘Install’ di bagian paling bawah halaman.

pilih tema

Sampai di sini kamu telah berhasil menginstal CMS WordPress dan membuat website dasar. Selanjutnya kamu perlu merubah tampilan situs agar terlihat lebih profesional.

2. Ubah Tema dan Tampilan Website

CMS WordPress menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk mengubah tema, template, dan desain website. Kamu hanya perlu menentukan tema seperti apa yang paling cocok, kemudian menginstalnya pada website sekolah. Menariknya, semua tema yang ada di repository dapat digunakan secara cuma-cuma.

Karena ditujukan untuk pembuatan website sekolah, kamu sebaiknya memilih tema yang terlihat bersih dengan tata letak rapi. Tema juga harus responsif untuk setiap jenis perangkat seperti smartphone, tablet, komputer, atau perangkat lainnya.

Berikut ini langkah-langkah merubah tema dan tampilan website:

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke dashboard WordPress, biasanya melalui link ‘contohwebsite.com/wp-admin’.

Langkah 2: Pada menu bagian kiri, cari lalu klik ‘Tampilan’ > ‘Tema’.

cara membuat website sekolah - ubah tema

Muncul banyak tema yang bisa kamu pilih mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Kamu juga dapat mencari tema tertentu dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian.

Langkah 3: Jika sudah menemukan desain yang cocok, selanjutnya pilih titik tiga pada pilihan tema lalu klik ‘Aktifkan’.

aktifkan tema

3. Install Plugin

Langkah selanjutnya adalah menginstall plugin. CMS WordPress memungkinkan kamu menambahkan plugin untuk membuat berbagai fitur menarik. Ada banyak rekomendasi plugin yang dibutuhkan guna memperluas fungsionalitas website sekolah. Di antaranya sebagai berikut:

  • Akismet Anti-Spam: Plugin ini digunakan untuk menyaring semua tulisan yang bersifat spam. Misalnya spell tertentu di kolom komentar atau pengisian formulir yang dilakukan pengunjung secara berulang-ulang.
  • WP Google Maps: Sesuai namanya, plugin satu ini berfungsi untuk menampilkan peta lokasi sekolah.
  • Contact Form 7: Jika ingin menambahkan formulir pada website, maka kamu membutuhkan Contact Form 7. Plugin ini berguna untuk menampung pesan, masukkan, pertanyaan, hingga pendaftaran calon peserta didik.
  • The Event Calendar: Rasanya cukup aneh jika website sekolah belum menampilkan agenda kegiatan. Plugin ini memungkinkan kalender akademik dan jadwal acara sekolah dipublikasikan dengan beberapa penyesuaian tampilan.
  • Photo Gallery: Berfungsi untuk menampilkan kondisi, aktivitas, hingga fasilitas yang ada di dalam sekolah.

Sebenarnya masih banyak plugin menarik lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Perlu diingat bahwa menginstal plugin berlebihan akan mempengaruhi kecepatan website. Oleh sebab itu, pasanglah pengaya sesuai kebutuhan agar performa situs tetap terjaga.

Baca Juga: 15 Plugin Translate WordPress Terbaik untuk Websitemu

4. Buat Halaman Website

Ketika membuat website sekolah, keberadaan halaman juga tidak kalah penting. Kamu perlu menambahkan halaman-halaman yang umumnya wajib ada pada situs web sekolah. Sebut saja seperti halaman utama, profil, kontak, informasi akademik, dan berita sekolah.

Berikut ini langkah-langkah membuat halaman website:

Langkah 1: Di tampilan dashboard, klik ‘Laman’ > ‘Tambah baru’.

membuat halaman baru

Langkah 2: Isi judul dan konten halaman pada kolom yang telah disediakan. Kamu juga dapat menambahkan gambar, kutipan, atau atribut lainnya.

isi judul halaman

Langkah 3: Klik ‘Pratinjau’ untuk melihat tampilan halaman sebelum dipublikasikan. Jika dirasa sudah bagus, kamu tinggal klik ‘Terbitkan’.

5. Menambahkan Konten

Setelah membuat halaman, kamu harus mengisi situs web sekolah dengan konten-konten yang relevan. Sebagai bahan referensi, kamu dapat membuat konten yang berkaitan dengan sekolah. Misalnya seperti program, berita acara, informasi siswa, testimoni orang tua, blog, galeri, dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah menambahkan konten:

Langkah 1: Di tampilan dashboard, klik ‘Pos’ > ‘Tambah baru’.

menambah konten

Langkah 2: Berikan judul dan isi konten berkualitas. Caranya sangat mirip dengan pembuatan halaman sebelumnya.

beri judul konten

Langkah 3: Jika konten selesai dibuat, selanjutnya klik ‘Terbitkan’.

6. Optimasi Website

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengoptimalkan website. Caranya beragam, namun ada dua optimasi utama yang umumnya sangat diperlukan yakni kecepatan dan search engine optimization (SEO).

Mesin telusur maupun pengguna tidak menyukai situs web yang lemot. Google bahkan menyebut bahwa visitor cenderung meninggalkan halaman jika kecepatannya berada di atas tiga detik. Untuk mengatasinya, kamu harus mengetahui cara mempercepat website.

Selain itu, optimasi SEO dibutuhkan agar website sekolah bisa tampil di halaman teratas hasil pencarian mesin telusur serta meningkatkan trafiknya. Secara garis besar, SEO dibagi menjadi dua jenis yakni on-page dan off-page. SEO on-page melibatkan optimasi aspek-aspek di dalam website. Sementara off-page melibatkan optimasi di luar halaman website.

Baca Juga: Cara Update WordPress dengan Mudah Agar Website Lebih Aman

Siap Buat Website Sekolah?

Kamu tentu sudah paham bagaimana cara membuat website sekolah. Intinya, persiapkan terlebih dahulu komponen-komponen penting seperti domain, hosting, sertifikat SSL, dan CMS. Sedikit tips, jangan memasang plugin terlalu banyak karena berpotensi memperlambat kecepatan. Yuk, terapkan langkah-langkah di atas dan ciptakan situs web sekolah yang profesional. Percayakan urusan hosting dan domain kepada Dewaweb selaku penyedia layanan terbaik se-Indonesia.