Asset Blog Dewaweb

Cara Membuat Website Single Page

Ada satu tren desain website yang semakin sering kita lihat akhir-akhir ini: desain single page website. Semakin banyak bisnis dan organisasi di luar sana yang memilih untuk membuat website dengan desain single page.

Di artikel kali ini, kami akan membahas semua tentang single page website. Mulai dari apa itu website single page, kenapa jenis website ini semakin popular dan tentu saja bagaimana cara membuat website single page dengan WordPress.

Apa Itu Website Single Page??

Website single page adalah website satu halaman yang dibuat hanya dengan satu halaman HTML. Pada single page website, Anda hanya perlu scroll ke bawah untuk mendapatkan semua informasi yang tersedia di website itu. Jika webmaster menyediakan link navigasi, misalnya menu di bagian atas, dan Anda klik link tersebut, Anda akan dibawa lompat ke section website yang berisi konten tersebut.

Website-nya sendiri mungkin saja menggunakan JavaScript, JQuery, CSS3, atau Ajax untuk membuat website sejenis ini. Salah satu contoh single page website yang bisa Anda lihat adalah website resmi Dewatalks. Hanya dengan scroll ke bawah, Anda sudah mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

Keuntungan Menggunakan Website Single Page

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan single page website, mungkin Anda penasaran apa saja sebenarnya keuntungan menggunakan single page website?

Meningkatkan user engagement

Mungkin Anda sudah menyadari bahwa sekarang orang-orang di Internet memiliki rentang perhatian yang semakin kecil. Tidak semua orang mau mem-browsing website kompleks yang memiliki beberapa halaman untuk mencari informasi dan produk yang mereka inginkan.

Menurut sebuah studi, biasanya seorang user web hanya akan diam di suatu website selama 15 detik. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyampaikan pesan Anda secepat mungkin.

Dengan menggunakan single page website, Anda bisa memasukkan semua informasi penting tentang bisnis Anda di satu halaman. Biasanya dengan one page website design seperti ini, pengunjung website akan lebih mungkin untuk bertahan lebih lama di website Anda.

Tetapi, tentunya Anda juga perlu memperhatikan desain website Anda agar pengunjung website mau bertahan di website Anda. Kami akan membahas lebih jauh tentang desain website di bagian selanjutnya pada artikel ini.

Lebih mudah untuk menyampaikan cerita Anda

Dengan single page website yang terstruktur dengan baik, Anda bisa mengatur informasi apa saja yang akan dilihat oleh pengunjung website dengan lebih mudah dibanding jika Anda menggunakan layout multi-page.

Jika Anda menggunakan layout multi-page, ada kemungkinan bahwa pengunjung website Anda akan melewatkan beberapa konten yang penting untuk proses konversi.

Dengan single page website, Anda bisa mengatur konten Anda agar terstruktur dengan baik dan semua pesan dan cerita yang ingin Anda bagikan ke pengunjung website terlihat oleh pengunjung website dan Anda tidak kehilangan potensi konversi.

Desain website yang lebih fokus

Tentunya pengembangan dan desain single page website bisa dilakukan lebih cepat dibanding multi-page. Selain itu, single page website juga memberi kesempatan kepada para desainer untuk memastikan bahwa desainnya benar-benar terancang dengan baik.

Ingat bahwa tujuan utama dari single page website adalah memberi user experience yang benar-benar bagus untuk meningkatkan engagement dan tentunya conversion rate.

Ideal untuk perangkat mobile

Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet melalui handphone atau perangkat tablet, desain responsive menjadi satu ketentuan untuk sebuah website. Single page website bisa membantu Anda agar website Anda optimal untuk smartphone dan perangkat mobile lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, single page website mudah dinavigasi karena user hanya perlu scroll ke bawah untuk mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan.

Baca Juga: 5 Kriteria User Friendly Website

Tapi Apakah Single Page Website Cocok Untuk Semua?

Mungkin Anda masih ragu nih apakah single page website memang cocok untuk semua jenis bisnis? Mungkin masih banyak dari Anda yang merasa bahwa website multi-page lebih fleksibel dan memberi Anda lebih banyak ruang untuk memasukkan informasi yang Anda butuhkan. Tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas, single page website bisa mempermudah user untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Kalau Anda bingung, berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa dibilang lebih cocok untuk menggunakan layout single page:

Portfolio

Bagi Anda yang ingin membuat website portfolio, single page website biasa cukup untuk memperlihatkan hasil karya Anda serta informasi lengkap tentang Anda. Anda juga bahkan bisa memasukkan contact form simple agar mereka yang tertarik bekerja dengan Anda bisa menghubungi Anda.

Landing pages

Landing page juga akan lebih bagus jika dibuat dengan layout single page. Potensi meningkatkan conversion rate juga bisa lebih tinggi dengan memilih layout single page. Selain itu, bagi Anda pemilik website, Anda juga bisa menjalankan A/B testing dengan lebih mudah.

Website Company Profile

Jika Anda memerlukan website untuk bisnis dan Anda hanya ingin memasukkan pengenalan ke layanan Anda, informasi kontak, dan foto, Anda bisa membuat single page website untuk ini.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membuat single page website, buat daftar apa saja yang Anda inginkan ada di website Anda. Buat sketch website yang Anda inginkan dan elemen apa saja yang Anda perlukan. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah single page website pilihan yang tepat untuk website baru Anda.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk membuat single page website? Kalau Anda ingin tahu bagaimana caranya, yuk lanjut baca artikel ini!

Baca juga: 7 Tools Online Gratis untuk Deteksi Malware di Website

Cara Membuat Single Page Website dengan WordPress dan Divi

Di luar sana memang ada banyak website builders yang bisa Anda gunakan untuk membuat website single page. Untuk artikel kali ini, kami ingin membahas bagaimana cara membuat single page website dengan menggunakan WordPress dan tema Divi. Apa itu Divi?

Template WordPress Divi-Dewaweb

Bagi Anda yang belum tahu, Divi adalah salah satu template WordPress yang paling terkenal. Divi bisa dibilang sangat fleksibel karena Anda bisa menggunakannya untuk template website apapun; mulai dari website bisnis sampai blog lifestyle.

Selain itu, Divi juga memiliki graphic yang bagus dan page builder yang bisa membuat proses membuat website Anda lebih mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk bisa menggunakan Divi.

Nah, bagi Anda yang ingin melihat Divi in action, kami akan memberi tahu Anda bagaimana cara membuat single page website dengan WordPress dan Divi melalui video tutorial yang sudah kami siapkan untuk sahabat Dewaweb!

Simpulan

Website single page bisa menjadi pilihan bagi Anda yang hanya ingin memiliki website simple. Apalagi di jaman sekarang dimana orang-orang ingin bisa mengakses website dengan cepat dan mudah dari mobile.

Semoga melalui artikel ini, Anda sudah tahu lebih banyak tentang website single page dan bagaimana cara membuatnya. Kalau Anda ingin mendapat lebih banyak tips dan trik menarik untuk bisnis, jangan lupa untuk subscribe ke blog Dewaweb dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini!