7 Cara Menambah Followers Twitter dan Engagement dengan Cepat

7 Cara Menambah Followers Twitter dan Engagement dengan Cepat

Pernahkah kamu heran dengan teman kamu atau seorang selebtwit di Twitter yang punya jutaan followers? Bagaimana cara menambah followers Twitter seperti mereka? Memang para penggunanya cenderung segmented, tidak semua orang suka aktif di Twitter karena kecenderungannya untuk membentuk diri sesuai niche market — platform ini jauh dari kata ‘mati’.

Rata-rata para pengguna aktif Twitter adalah kalangan penulis, aktivis, politisi atau public figure sejenis yang suka membagikan pemikirannya lewat kata-kata pendek dan menarik. Dengan istilah yang lebih populer, tweet bersifat short and sweet.

Cara Menambah Followers dan Engagement Twitter

Namun sebelum itu, kami akan meyakinkan kamu terlebih dahulu soal pentingnya mengelola Twitter.

Ada sebuah studi sosial terkait perbandingan antara Twitter dan Facebook yang dilansir oleh Bloomberg Gadfly tahun lalu. Dalam studi tersebut, kolumnis Bloomberg menampilkan data atau angka presentase yang menunjukkan bahwa dengan niche market yang spesifik, kesetiaan audience bisa diraih lebih stabil dan bahkan berkembang.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan menjadi strategi online marketing atau personal branding yang jitu bagi para pengusaha atau bagi kamu yang tertarik menjadi influencer.

Terkait niche market yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan atau mengelola karakter atau kelebihan platform media sosial berlogo burung biru ini.

Setelah mengenal keunikan Twitter, pasti kamu tak sabar lagi untuk mengetahui cara-cara agar followers dan retweet kamu meningkat drastis.

Berikut kami akan memberikan panduan yang mudah dimengerti sekaligus mudah dipraktikkan agar tujuan kamu tercapai. Dibanding panduan sejenis di blog lainnya, panduan ini kami jamin lebih komprehensif dan atraktif!

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

1. Kenali Manfaat Twitter

Selain manfaat terkait Niche Market yang telah kami utarakan di bagian pengantar. Ada banyak lagi manfaat lainnya yang ingin kami jelaskan dengan lebih spesifik. Tujuannya agar kamu bisa lebih yakin untuk mengelola platform media sosial satu ini.

Pertama, mari berbicara fakta dan data! Pengguna Twitter terus meningkat drastis mencapai angka 135.000 pengguna setiap harinya. Tidak percaya? Buktikan sendiri dengan meninjau hasil penelitian statistik dari Statistic Brain.

Selanjutnya, bagi kamu yang memiliki blog perseorangan atau perusahaan, Twitter ini bisa meningkatkan traffic blog kamu, mengarahkan lebih banyak pkamungan mata atau visitors ke konten-konten yang kamu bangun di blog kamu.

Kelebihan dibanding penggunaannya pada Facebook adalah melalui Twitter kamu bisa mendapat jaminan keberhasilan menggiring web visitor sebab para followers atau pengunjung akun Twitter kamu sudah pasti sesuai niche kamu, telah tersegmentasi dengan sendirinya oleh karakter platform Twitter.

Nah, hal-hal di atas juga menunjukkan manfaat lebih mendalam terkait segmentasi pasar. Dengan adanya niche market yang sudah kamu gaet, bangunlah koneksi yang lebih mendalam, libatkan followers atau pengunjung akun kamu secara aktif.

Cobalah membangun komunitas kamu agar mereka tetap loyal dan bahkan dapat turut membangun bersama kamu, entah dalam menciptakan konten lebih berkualitas sesuai kebutuhan audience ataupun memperluas jaringan untuk promosi online marketing.

2. Buat Profil Twitter Menarik

Sebelum kamu belajar bagaimana membuat tweet-tweet yang menarik, kamu perlu mengatur bagian-bagian mendasar di Twitter kamu yang dapat memengaruhi ketertarikan pengguna Twitter lain untuk follow akun kamu. Apa saja hal-hal itu?

  • Profile Picture dan Header Image

Usahakan profile picture kamu adalah foto asli yang menarik, orang tentunya ingin mengetahui dengan siapa ia benar-benar berinteraksi. Untuk header image yang unik, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pembuat ilustrasi.

kamu tak perlu khawatir jika kamu bukan seorang desainer ahli, gunakanlah aplikasi pembuat ilustrasi secara online yang gratis semacam Canva. Di Canva, kamu bahkan bisa secara spesifik membuat ilustrasi khusus sesuai ukuran header image di Twitter yaitu 1500×500 pixels.

Canva-Header-Image-Twitter

Terkait faktor kedekatan, jika akunnya dikelola oleh beberapa admin, ada baiknya untuk mention siapa yang sedang berbicara melalui akun kamu saat ini. Hal ini dilakukan agar followers merasa lebih dekat. Trik psikologi ini juga berlaku pada radio. Saat siaran, penyiar akan membuat kita merasa dekat dengan percakapan yang hangat seperti seolah-olah hanya antara dua orang (penyiar dan pendengar).

  • Deskripsi Bio

Apa yang kamu inginkan dengan mengatur bio Twitter kamu tentunya adalah agar pengunjung klik tombol “follow” di samping deskripsi bio kamu tersebut. Jadi, apa saja tips dan triknya agar deskripsi bio kamu sampai membuat pengunjung menjadi pengikut kamu? Simak ulasan berikut!

Pertama, bio kamu harus menggambarkan siapa kamu atau bisnis seperti apa yang sedang kamu jalankan. Kedua, bio kamu harus menggiring orang-orang untuk mengetahui seperti apa produk kamu atau karya kamu. Ketiga, bio kamu harus mengutarakan dengan jelas di mana mereka bisa mengontak kamu atau mengontak bisnis kamu.

Contoh-Bio-Twitter

Terakhir, jika memungkinkan gunakanlah kata-kata yang unik atau nyeleneh atau menarik yang membuat orang penasaran.

Akun-Twitter-Unik

  • Color Scheme

Apa yang dimaksud dengan color scheme adalah kamu menyelaraskan nada warna di Twitter dengan blog atau akun-aku media sosial lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberi pengalaman interface yang konsisten bagi orang yang sedang meninjau kamu atau bisnis kamu. Ambil contoh akun-akun media sosial dan website kami di bawah ini!

Twitter-Dewaweb
Facebook-Dewaweb

Gambar di atas adalah contoh pada Facebook dan Twitter.

Website-Dewaweb

Gambar di atas adalah contoh pada Website.

Baca Juga: Menggunakan Media Sosial untuk Keperluan Bisnis

3. Hindari Multiple Tweets

Sebisa mungkin, hindari membuat tweet terlalu banyak dalam satu waktu. Tindakan ini tidak disukai para pengguna Twitter umumnya. Followers kamu bisa saja unfollow kamu karena malas timeline-nya dipenuhi oleh tweet-tweet kamu yang beruntun.

kamu mungkin ingin membagikan banyak hal dan takut melupakan ide-ide tweet kamu, maka gunakanlah pengelola pengiriman tweet sejenis Buffer. Dengan pengelola tersebut, kamu bisa menjadwalkan pada waktu-waktu kapan saja kamu hendak mengirimkan tweet-tweet kamu secara otomatis.

4. Libatkan Followers kamu

Ada banyak cara untuk melibatkan followers kamu atau membuat mereka merasa terlibat. kamu bisa saja melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang akan memancing pendapat followers kamu. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur polling di Twitter. Berikut contoh fitur polling Twitter yang kami sadur dari blog The Digital Researcher!

Twitter-Poll

Selain itu, kamu juga bisa membuat Twitter kamu lebih interaktif bagi followers dengan mempromosikan hashtag unik dan menarik yang bisa ikut di-tag oleh orang lain terutama pengikut kamu. Kemudian, untuk mengapresiasi partisipasi followers, kamu bisa melakukan retweet terhadap tweet mereka.

Hashtag-Twitter

Bagi Twitter yang dikelola untuk online marketing atau bisnis, faktor keterlibatan ini dapat dikelola dengan banyak cara yang intinya adalah meningkatkan customer engangement.

Bagaimana caranya pada Twitter? Salah satunya adalah dengan memerhatikan faktor kepuasan pelanggan. kamu bisa membuat pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa atau membeli produk kamu dengan adanya sebuah jaminan kepuasan pelanggan yang kamu tawarkan.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh Canva, sebuah aplikasi desain online. Canva menjelaskan bahwa jenis layanan yang ia tawarkan adalah membantu membuat desain grafik atau gambar dengan mudah. Kemudian juga pada deskripsi bio mengutarakan jika pembaca butuh bantuan dapat menghubungi customer service di link yang tertaut.

Twitter-Bio-Canva

5. Follow Akun Terkait

Cara menambah followers Twitter gratis ini adalah suatu strategi yang paling sering orang-orang lakukan, yaitu mengikuti para pengguna Twitter lain yang memiliki ketertarikan sama akan suatu topik atau bidang.

Memang kemungkinan untuk diikuti balik oleh mereka sangat kecil, maka cobalah mengikuti orang-orang yang sudah kamu kenal sebelumnya atau kirimkan tautan profil akun kamu ke orang-orang tersebut melalui aplikasi chatting maupun saat tatap muka langsung tanpa memaksa dan jelaskan apa konten-konten yang biasa kamu bagikan atau akan kamu bagikan di sana.

6. Kelola Hubungan dengan Social Media Influencer

Social media influencer sederhananya adalah orang-orang atau akun-akun media sosial yang berperngaruh karena banyaknya pengikut atau relasi mereka di internet. Mengelola hubungan dengan orang-orang atau akun-akun tersebut sangatlah penting sebab bisa turut menambah followers dan engagement di akunmu.

Bagaimana memulainya? Cobalah dengan retweet konten mereka dan menambahkan keterangan kamu yang unik sebagai deskripsi retweet sehingga mungkin memancing mereka untuk melakukan retweet kembali. Dengan begini, followers mereka yang banyak tersebut akan tertarik untuk meninjau profil Twitter kamu dan mengikuti kamu juga.

Tindakan ini dapat dilakukan sering-sering sehingga influencer tersebut mengingat kamu dan menganggap kamu sebagai relasi dekatnya di media sosial.

Baca Juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

7. Gunakan Twitter Analytics Tools

Cara untuk menambah followers twitter lainnya adalah memanfaatkan tools. Ada beberapa macam tools yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa aktivitas akun Twitter kamu demi menambah followers dan retweet yang lebih banyak. Bahkan kebanyakan tools ini dapat kamu gunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa tools tersebut!

  • Twitter Analytics

Sebenarnya, kamu tak perlu susah-susah mencari tools mumpuni lainnya yang bisa membantu kamu menganalisis Twitter kamu.

Twitter itu sendiri menyediakan suatu platform analisis yang bagus dan sangat membantu. Dengan tools ini kamu bisa melihat juga kaitan aktivitas kamu dengan audiensi kamu.

Adapun tiga kategori pada platform ini yaitu tweets, followers, dan twitter cards.

kamu juga dapat klik tweet kamu yang manapun untuk melihat rincian jumlah retweet, balasan, likes, tayangan yang diputar maupun berapa klik yang dilakukan terhadap konten kamu.

Dengan twitter cards, kamu bisa melampirkan media ke posting kamu untuk mengarahkan traffic ke website kamu. kamu juga bisa meninjau profil umum followers kamu seperti lokasi mereka kebanyakan serta minat mereka.

  • Buffer

Buffer dianggap sebagai tools cerdas untuk melakukan analisis terhadap Twitter kamu. Buffer dapat membantu kamu menentukan apa yang pasar kamu sukai dari konten yang kamu bagikan. Selain itu juga dapat mengoptimalkan waktu pengiriman tweet kamu untuk megoptimalkan kemungkinan keterlibatan followers di media sosial kamu.

  • Hootsuite

Dengan tools ini, kamu dapat megelola banyak akun dalam satu dasbor. Seperti tools yang telah kami jelaskan sebelumnya, fungsinya pada dasarnya sama yaitu untuk dapat menganalisa akun Twitter kamu. Namun pada tools ini hal yang berbeda adalah kamu dapat melakukan marketing campaigns secara bersamaan.

  • Tweetchup

Tweetchup adalah Twitter analytic tools yang sangat mudah digunakan dengan tampilan cenderung bersih. Tools ini juga dapat menghasilkan grafik yang menarik dan sederhana tentang aktivitas Twitter kamu. Walaupun begitu, tools ini memang dapat dikatakan hanya sebagai alat riset dasar yang kurang lengkap.

  • TweetStats

Tools ini mampu memberikan perbandingan antara aktivitas Twitter kamu dengan akun Twitter lainnya yang ingin kamu analisa juga atau pelajari sebagai role model. Hasil analisisnya berupa data statistik yang memungkinkan kamu untuk meninjau dalam kurun waktu spesifik yang kamu inginkan, entah per jam atau per minggu.

  • Twtrland

Jika kamu benci data-data statistik yang berupa angka atau grafik melulu, tools ini tepat bagi kamu. kamu bahkan dapat mengetahui siapa saja influencer teratas di niche yang kamu dalami dan meninjaunya untuk dijadikan bahan evaluasi kamu agar bisa bersaing di niche market sejenis.

Informasi yang akan diberikan oleh Twtrland berupa visual yang akan mempertahankan fokus kamu saat menganalisis Twitter kamu. Tools ini juga akan menunjukkan mana saja tweet-tweet terbaik kamu dan membantu kamu meninjau faktor apa saja yang memengaruhinya termasuk followers siapa saja yang berinteraksi di dalamnya.

Intinya, yang paling menarik dari tools ini adalah kemampuannya memberikan analisis terkait niche dan niche market kamu. Tentunya tools ini wajib kamu gunakan!

  • Twitonomy

Tools satu ini akan membuat suatu hasil analisis berupa grafik dan statistik yang mudah dicerna dengan pembagian-pembagian yang sederhana yaitu users dan keywords.

Tools ini memungkinkan kamu untuk memvisualisasikan lewat gambaran besar yang menjadikan kamu lebih mudah dalam memahami dampak geografis pada Twitter perseorangan atau perusahaan kamu.

  • Twitter Counter

Jika kamu tertarik dengan alat yang menganalisis pertumbuhan pengikut kamu dan ingin hasil data yang mudah dicerna, ada baiknya menggunakan Twitter Counter. Alat ini memungkinkan kamu memantau volume Tweet dan pengikut kamu dibandingkan dengan dua pesaing utama kamu setiap harinya.

Twitter Counter akan meminta kamu untuk mengaitkan akun Twitter kamu ke situs mereka, tetapi melakukannya secara aman. Ada berbagai fitur yang ditawarkan seperti rincian kinerja akun, rekomendasi, ringkasan dan interaksi rata-rata.

Twitter Counter memungkinkan kamu untuk mengambil setiap informasi yang ada soal akun atau pengguna Twitter tertentu.

Tools ini juga akan memberikan perkiraan jumlah tambahan pengikut yang akan kamu dapatkan berdasarkan bagaimana jumlah tweet kamu meningkat selama sepekan terakhir.

  • Mentionmapp

Melalui tools ini, kamu dapat memetakan network kamu dan juga network akun miliki orang lainnya. Tujuannya adalah melihat bagaimana engangement yang terjadi.

Hasil analisis ini juga dapat dikaitkan dengan poin yang kami paparkan sebelumnya soal membangun relasi dengan influencer.

Kemudian dengan adanya pemetaan hashtag dan mention pada akun kamu, kamu jadi mampu menemukan orang-orang atau akun-akun baru yang relevan dengan niche kamu atau sesuai niche market kamu.

Baca Juga: 4 Strategi dalam Melakukan Social Media Marketing

Sudah Tahu Cara Menambah Followers Twitter?

Cara menambahkan followers Twitter memang tidak bisa instan. Kamu perlu ketelatenan untuk mengelola akun kamu secara keseluruhan baik tampilan profil maupun konten tweet itu sendiri. Namun cara-cara yang kami sampaikan di atas adalah cara-cara yang dijamin aman, dalam artian tak akan dikenakan penalti oleh pihak Twitter sendiri seperti tindakan membeli followers palsu dan sebagainya.

Kami juga memberikan review singkat akan twitter analytic tools yang bisa membantu kamu mengevaluasi Twitter kamu. Tools yang kami berikan informasinya, memiliki kelebihan masing-masing. kamu dapat mengombinasikan beberapa tools tersebut demi hasil analisis yang lebih komprehensif sehingga tujuan kamu tercapai maksimal.

Contohnya, untuk menganalisis niche kamu bisa gunakan tool Twtrland. Sedangkan untuk analisis mendasarnya, gunakanlah Twitter Analytics.

Semoga artikel ini dapat memberi insight berguna tentang cara menambah followers Twitter untukmu, ya!