Cara Menambah Likes dan Follower Facebook dengan Mudah

Cara Menambah Likes dan Follower Facebook dengan Mudah

Cara menambah followers dan likes di FB memang tidak mudah. Namun, dengan berbagai upaya yang tepat dan dilakukan dengan tekun, perlahan like dan follower akun Facebook kamu akan meningkat. Jika kamu sebagai pemilik bisnis yang memanfaatkan Facebook sebagai social media marketing, simak artikel ini sampai selesai ya!

Menurut IT media Tech Crunch pada Juni 2017, jumlah pengguna Facebook telah mencapai angka 2 miliar. Jumlah ini yang tertinggi dibanding platform media sosial sejenis lainnya seperti Twitter, Youtube dan Instagram. Anda dapat melihat perbandingannya melalui grafik yang kami sadur dari Tech Crunch!

Perbandingan Jumlah Pengguna Medsos 2017
Ini menunjukkan bahwa Facebook adalah platform media sosial yang paling banyak disukai oleh warga internet dari berbagai golongan umur dan gender. Jika tidak, tentu kamu tidak akan mengakses page ini yang memuat artikel berjudul “Cara Meningkatkan Followers dan Likes Facebook”. Yuk langsung saja kita mulai!

Cara Menambah Like dan Follower di FB

Followers kerap kali dijadikan patokan seberapa terkenal dan disenangi diri Anda di media sosial atau platform online sejenis. Telah banyak studi psikologi yang mendukung adanya fenomena yang terjadi tersebut. Memang hal ini bisa jadi buruk bagi Anda sebab ada kecenderungan Anda untuk membandingkan diri Anda dengan teman-teman Facebook Anda lainnya.

Tetapi, kita bisa mengambil sisi positifnya, tidak perlu sampai membanding-bandingkan diri Anda seperti itu, Anda bisa saja hanya menggunakan Facebook sebagai sarana online diary agar perasaan atau pikiran Anda tiap harinya tersalurkan. Bahkan, Anda bisa membagikan info-info menghibur dan mungkin juga bermanfaat bagi para pengguna Facebook lainnya.

Setidaknya ada beberapa tips yang bisa menjadi cara untuk meningkatkan like dan follower dan like Facebook. Simak berikut ini ya!

Membuat konten yang berkualitas

Usahakan agar konten Anda tak hanya menarik tetapi juga bisa memuat manfaat lain. Manfaat lainnya yaitu menghibur atau menambah wawasan pembaca. Ketika seseorang menganggap konten Anda berguna atau mungkin lucu, mereka biasanya sangat mudah untuk menekan share atau like button, sehingga orang lainnya bisa melihat aktivitas ini dan tertarik untuk ikut berteman dengan Anda di Facebook dan like post yang Anda bagikan.

Menulis bio secara profesional

Bio biasanya adalah bagian pertama yang dilihat atau ditinjau oleh pengunjung akun Facebook Anda. Jika Anda menulisnya secara bertele-tele dan membosankan seperti sebuah pidato yang buruk, kemungkinan besar mereka tidak akan tertarik berteman atau mengikuti Anda di Facebook apalagi melihat post-post Anda. Anda bisa membuat bio yang nyeleneh seingga orang benar-benar tertarik dengan Anda atau membuatnya sangat profesional jika Facebook yang Anda kelola adalah milik perusahaan.

Menggunakan hashtag

Hashtag akan mengundang para pengguna Facebook lainnya untuk membuat post dengan hashtag yang sama pula. Selain itu, hashtag akan mempermudah Anda ataupun pengguna lain dalam mencari konten terkait keyword tertentu. Dengan begitu post Anda akan lebih mudah ditemukan dan Anda akan memiliki peluang besar mendapat teman atau pengikut baru yang nantinya akan juga meninjau post-post Anda dan bahkan menyukainya.

Terlibat dengan sesama pengguna

Cobalah tingkatkan engangement Anda dengan pengikut Anda. Engangement yang dimaksud adalah interaksi dan kedekatan relasi Anda dengan mereka yang mengikuti Anda atau berteman dengan Anda di Facebook. Balaslah secara aktif dan atraktif komentar-komentar mereka di post dalam Facebook Anda. Kemudian cobalah juga membuka sebuah diskusi dengan menanyakan pendapat mereka tentang suatu hal di Facebook Anda. Dengan begitu, mereka akan merasa dilibatkan dan senang berinteraksi dengan Anda terus di Facebook, mungkin juga mereka menjadi loyal kepada Anda (rajin share dan like post Anda).

Memastikan post bersifat shareable

Anda perlu memastikan pengaturan privasi Anda tidak terlalu tertutup atau ketat. Sebab jika tujuan Anda ingin mendapat banyak followers dan likes, tentunya Anda tidak mengatur privasi post Anda sangat ketat sampai orang tak dapat membagikannya ke pengguna lain. Pengaturan privasi pada Facebook tersedia di pojok sebelah kanan atas. Klik “Pengaturan” lalu Anda akan punya akses mengatur privasi Anda secara lebih lengkap seperti pada gambar berikut!

Pengaturan Privasi Facebook

Mengelola hubungan dengan influencer

Anda sebenarnya bisa juga meningkatkan jumlah followers da likes Anda dengan berkatrol pada media social influencer lainnya. Tapi jangan lakukan ini secara norak atau tidak etis. Cobalah dengan cara-cara natural yang membuat Anda lebih dihargai oleh influencers tersebut.

Salah satu contohnya adalah menjawab pertanyaan yang dilontarkan influencer dengan jawaban kreatif yang atraktif. Selain disadari ole inluencer tersebut, para pengikut inluencer tersebut juga akan tertarik pada Anda. Selanjutnya, mereka mungkin saja menjadi pengikut Anda dan menyukai post atau komentar Anda yang lainnya.

Selalu aktif di Facebook

Saran satu ini sangat penting untuk dilakukan. Usahakan Anda tetap aktif di Facebook. Bila akun Anda tidak aktif untuk waktu yang lama, kemungkinan meningkatnya followers dan likes Anda juga akan berkurang. Sebab pengikut Anda tidak akan menyadari eksistensi Anda.

Meninjau Facebook dengan Analytics Tools

Sebagian besar strategi media sosial yang sukses melibatkan pemantauan metrik dan menganalisis kinerja posting Anda selama ini.

Untungnya tidak ada keterbatasan berarti soal tools bagi Facebook Analytics untuk membantu Anda memaksimalkan potensi akun Anda. Beberapa alat ini menawarkan analisis untuk beberapa situs media sosial sekaligus, sehingga bisa Anda gunakan untuk menganalisis media sosial Anda yang lainnya.

Selain itu, semua tools yang akan kami paparkan ini gratis!

Facebook Analytics

Tentu saja, tempat pertama untuk memulai analisis Anda adalah tool dari Facebook itu sendiri, melalui platform ini.

Alat ini tersedia untuk admin Facebook Page Anda begitu Anda memiliki lebih dari 30 pengikut atau banyak yang menyukai halaman Anda.

Tool ini menyediakan metrik rinci tentang pos Anda dan engangement yang telah berasil didapatkan. Ada pula analisis yang akan dilakukan pada segmentasi niche market Anda yang dapat membantu Anda lebih memahami penggemar atau pengikut Anda di Facebook.

Metrik keterlibatan dapat dilihat dalam rangkuman keseluruhan atau untuk beberapa pos tertentu saja. Ini dapat membantu Anda memahami jenis konten apa yang paling sesuai dengan segmentasi Anda. Hal ini biasa kami sebut dengan kaitan niche market dan niche topic.

Jadi Anda bisa menganalisis nilai posting Anda yang dipromosikan. Ada metrik lebih lanjut tentang penayangan video, aktiitas yang teradi pada alaman Facebook Anda dan seberapa besar jangkauan post Anda.

Tingkat detail dari analisisnya sangat mengesankan bagi kami. Tool ini dapat dijadikan analisis paling mendasar yang tak dapat dilewatkan sebelum Anda menggunakan tools lainnya.

LikeAlyzer

Alyzer adalah tool sederhana dan gratis yang memungkinkan Anda memasukkan halaman Facebook tanpa otorisasi untuk mengukur dan menganalisis kinerjanya.

Tool ini memberi nilai dari 1 ke 100 bagi halaman Facebook Anda, dan membandingkannya dengan halaman Facebook lainnya. Ini berarti Anda juga bisa mengintip halaman Facebook pesaing atau kompetitor bisnis Anda.

Laporan tersebut mencakup berbagai bagian yang masing-masing dilengkapi dengan metrik dan saran untuk perbaikan.

Metrik seperti rasio keterlibatan, waktu, dan lama posting semuanya memiliki rekomendasi untuk meningkatkan output Anda dan membantu Anda mendorong lebih banyak engangement di media sosial Anda satu ini.

LikeAlyzer adalah alat gratis yang disediakan oleh Meltwater, yang juga menawarkan analisis lebih rinci dibanding tool dari Facebook sendiri.

Simply Measured

Laporan analisis Facebook yang gratis dari Simply Measured ini setidaknya memiliki empat jenis pelaporan yang luar biasa dalam membantu Anda memantau acebook Anda dan mengembangkannya.

Pertama adalah insight report, yang menampilkan data Facebook Insight ke dalam beberapa grafik keren. Informasi mencakup keterlibatan, jangkauan, cerita, jenis post, tayangan, halaman sejenis, sumber lalu lintas, statistik penggemar, aktivitas, dan demografi.

Ada laporan analisis kompetitif, memungkinkan Anda membandingkan 10 halaman Facebook kompetitor Anda dengan maksimal 250.000 penggemar atau pengikut. Tool ini juga menunjukkan keseluruhan metrik perbandingan dalam serangkaian grafik, keterlibatan pada pos admin, tingkat respons pelanggan, serta pos teratas dengan berbagai metrik keterlibatan untuk masing-masing.

Berikutnya adalah laporan fan page mendalam, dengan sejumlah besar metrik keterlibatan, komunitas, dan konten.

Pengguna teratas diurutkan menurut jumlah pos, komentar, dan total engangement. Ada waktu analisis per hari / minggu dan analisis top link, domain serta posting.

Laporan terakhir menyangkut analisis isi. Menampilkan rincian konten Andadengan detail menarik. Tool ini juga menunukkan jenis, engangement, general keyword dan domain teratas dari semua fitur dalam laporan ini.

Mengenai biaya, pelaporan ini sebenarnya bisa didapat gratis tetapi hanya sejumlah 4 kali analisis. Selanjutnya, Anda akan diminta membayar sejumlah uang.

Agora Pulse

Agorapulse menawarkan dua jenis tool analisis Facebook gratis. Satu memungkinkan Anda untuk membandingkan halaman Facebook Anda, memberi tahu Anda jika konten Anda performanya di atas rata-rata dan metrik mana yang memerlukan perhatian lebih untuk Anda kelola. Yang kedua memungkinkan Anda untuk menjalankan kompetisi, kuis dan undian di garis waktu yang Anda tentukan.

Main suite adalah alat manajemen dan engangement tool untuk beberapa akun media sosial, termasuk Facebook Anda.

Saat Anda terlibat dengan Agorapulse, Anda dapat melacak tingkat reaksi dan waktu yang Anda habiskan untuk membalasnya. Alat ini mencakup juga analisis terhadap influencer atau pengguna paling berpengaruh yang paling banyak berinteraksi atau membicarakan Anda di Facebook mereka.

Laporan terperinci termasuk tingkat halaman dan analisis tingkat timeline.

Anda dapat melihat rincian traffic berbayar, organic traffic dan viral traffic. Anda dapat memahami jenis konten yang paling ok, dan tool ini memiliki kalkulator untuk mengetahui ROI pemasaran Facebook Anda. Selain itu, laporan dapat disesuaikan dan dapat didownload sebagai presentasi sebanyak 20 slide powerpoint.

Biayanya gratis, namun untuk mengakses main suite Anda perlu membayar sejumlah uang dalam mata uang Dollar.

Quintly
Quintly dapat memberikan analisis ke banyak platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram dan YouTube. Tool ini tersedia gratis untuk analisis Facebook. Main suite-nya adalah perangkat dashboard yang berbeda, hadir dengan dashboard standar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda yang ingin menganalisis Facebook Anda.

Anda dapat memiliki beberapa dashboard untuk melacak berbagai klien atau pelanggan yang ada di Facebook Anda

Tool ini mencakup analisis terhadap social profile Anda dan pesaing atau kompetitor bisnis Anda. Kemudian tool ini juga memvisualisasikan data hasil analisisnya untuk membantu Anda memahami konten terbaik Anda dengan jenis metrik yang komparatif alias menyediakan perbandingannya. Ada data yang meliputi influencer, customer care, sponsored post, content, dan banyak lagi jenis data lainnya. Tool ini dapat menganalisis dengan mencakup lebih dari 250 metrik, dan laporan dapat dibuat serta disesuaikan dengan mudah agar Anda lebih mudah mengaksesnya.

Biayanya sebenarnya gratis, tetapi setelah 14 hari Anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang dalam mata uang Dollar untuk melanjutkan menggunakan tool Quintly ini.

Manfaat Facebook

Sebenarnya, apa manfaat Facebook dan mengapa kita perlu peduli untuk bersusah payah mendapat jumlah followers dan likes yang banyak di Facebook?

Tenang, kami akan memberikan terlebih dahulu alasan-alasan yang jelas agar kamu yakin akan tujuan pengelolaan Facebook baik akun personal maupun korporat demi kesuksesan bisnis.

Secara umum, kami akan mengelompokkan manfaat Facebook menjadi tiga bagian. Mari simak pemaparan kami berikut!

Bagi akun perseorangan atau personal

Pada akun Facebook yang perseorangan atau personal, Anda dapat membangun personal branding Anda demi tujuan apapun yang ingin Anda capai terutama soal karir. Selain itu, personal branding ini juga dapat membantu Anda menghasilkan uang dari Facebook. Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai strategi marketing bisnis Anda.

Terkait karir, sudah bukan rahasia lagi jika HRD atau recruiter pekerja di banyak perusahaan dapat meninjau profil Facebook Anda untuk menilai Anda sebagai calon pekerja mereka. Hal ini dikarenakan akun Facebook adalah media sosial yang paling banyak secara aktif digunakan oleh orang-orang, tempat di mana mereka membagikan hal apa saja yang lebih bersifat pribadi, yang dapat juga menunjukkan karakter atau circle relasi Anda serta bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka.

Selain menjadi tempat berkeluh kesah atau online diary, sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dapat Anda rasakan. Contohnya, jika Anda ingin mengontak seorang teman lama yang susah untuk dihubungi selama ini karena nomor ponselnya ganti. Anda juga dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang berada jauh dari Anda, merasa dekat dengan mereka dengan melihat-lihat aktivitas yang mereka post atau update di Facebook.

Bagi sesama pengguna, Anda bisa saja malah menghasilkan manfaat itu sendiri. Misalnya, Anda melaporkan kejadian-kejadian penting yang perlu untuk diketahui publik.

Pernah dengar istilah citizen journalism? Istilah tersebut mengacu pada kegiatan peliputan berita yang kini tak terbatas pada wartawan profesional di korporat media mainstream saja. Siapapun Anda dapat menjadi wartawan. Misal, ketika ada kemacetan dan Anda melaporkannya dari akun Facebook Anda.Per

Bahkan ada media yang turut mengajak warga untuk melaporkan kejadian atau peristiwa penting yang terjadi di sekitarnya dan menayangkan atau menyiarkannya di media mereka.

Citizen Journalism

Selain berita, Anda juga dapat membagikan konten-konten menarik dan bermafaat lainnya seperti beauty hacks atau panduan-panduan DIY yang sedang digemari orang-orang kini.

Bagi akun perusahaan jasa-produk atau business

Pada jenis akun Facebook satu ini, Anda tentu ingin menghasilkan uang. Jadi, penghasilan adalah manfaat yang Anda bisa dapatkan bila memiliki Facebook Page bisnis Anda.

Anda bisa menngenalkan brand Anda pada para pengguna Facebook lainnya yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Kemudian, Anda juga bisa menawarkan produk dan jasa Anda melalui akun Facebook Anda. Terakhir, Anda bisa mengelola hubungan Anda dengan customer melalui platform media sosial satu ini.

Ada banyak cara untuk mengelola Facebook Anda dan mendapatkan profit dari Facebook Page Anda. Kami akan membahasnya lebih lanjut pada bagian Cara Meningkatkan Followers dan Likes pada paragraf-paragraf artikel berikutnya.

Untuk akun komunitas yang memiliki kesamaan minat dan tujuan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui komunitas berbasis Facebook. Contohnya, jika Anda ingin mendapat info-info terbaru yang mengupas segala hal tentang TV Series kesukaan Anda, bergabunglah di grupnya.

Facebook Community Example

Atau, jika Anda ingin mengetahui info-info terbaru mengenai brand ponsel Anda. Anda ingin juga menanyakan beberapa hal terkait software hp Anda, bergabunglah di grup yang tersedia dan Anda akan mendapat reaksi atau jawaban segera sebab grup tersebut memang dibuat khusus bagi mereka yang ingin tahu atau expert di bidangnya.

Facebook Ask Group

Tetap Berhati-hati Menggunakan Facebook

Tadi kamu sudah mengetahui berbagai cara menambah like dan follower FB, serta manfaat Facebook untuk beragam kebutuhan. Namun, kamu juga harus tetap waspada menggunakan social media, termasuk Facebook. Hampir semua orang memanfaatkan Facebook untuk mengetahui siapa kamu alias stalking! Apapun tujuan mereka entah sekadar ingin tahu atau hal-hal tak terduga lainnya, yang pasti kamu harus sangat berhati-hati.

Di era digital yang tampak serba bebas ini, ternyata Anda tak terhindarkan dari ancaman-ancaman yang ada. Apa saja ancaman-ancaman itu? Cyber bullying, pencurian identitas, peretasan akun, penipuan dan masih banyak hal lainnya yang tak ingin Anda alami sebagai pengguna media sosial. Cobalah untuk membaca pemaparan kami di bawah ini agar Anda terhindar dari masalah tersebut!

  • Membagikan informasi atau data pribadi yang sensitif
  • Membagikan gambar memalukan tentang teman atau keluarga Anda
  • Membagikan detail perjalanan Anda
  • Mengeluhkan pekerjaan dan perusahaan di mana Anda bekerja setiap hari

Sudah Tahu Cara Menambah Like dan Follower FB?

Bagaimana, sudah paham cara menambah like dan follower FB? Sebenarnya, ada banyak cara agar kamu memiliki jumlah followers dan likes yang banyak. Cobalah untuk terus meninjau profil-profil Facebook yang tergolong sukses terkait jumlah followers dan likes itu.

Kamu dapat meninjau atau memelajari bagaimana cara mereka melakukannya. Kamu juga bisa lebih kreatif lagi terkait personal branding dan membangun konten. Contohnya, kamu bisa membuat Facebook Page yang humoris namun nyeleneh atau kamu dapat membuat inovasi-inovasi lainnya yang bisa menarik perhatian publik terhadap akun Facebook.

Kemudian, yang menjadi lebih penting lagi adalah bagaimana mengatur privasi pada akun Facebook. Jika  mengaturnya terlalu ketat hingga orang tak dapat membagikan konten yang mereka sukai, tentunya akunmu kurang bisa menarik engagement, likes dan followers.

Demikian artikel tentang cara menambah like dan follower Facebook. Semoga membantu, selamat mencoba dan semoga sukses!