20 Cara Sukses Menambah Subscriber YouTube [2022]

20 Cara Sukses Menambah Subscriber YouTube [2022]

Kamu seorang YouTuber yang mau tau cara menambah subscriber? Salah satu faktor pengukur kesuksesan di Youtube adalah melihat jumlah subscriber yang berlangganan kanalmu. Jumlah subscriber sangat penting, khususnya bagi YouTuber pemula. Pasalnya, kamu wajib punya minimal 1000 subscriber untuk memperoleh penghasilan dari kanal YouTube-mu.

Baca Juga: 15 Cara Jitu Menjadi Youtuber Sukses bagi Pemula [Terlengkap]

Kali ini, Dewaweb bagikan tips sukses cara menambah subscriber YouTube terutama bagi kamu yang masih pemula. Tenang saja, langkah-langkahnya akan dibahas lengkap di bawah ini.

Yuk, langsung simak!

1. Buat Konten yang Menarik

Seorang Youtuber pasti tak bisa lepas dari konten. Namun, mengunggah konten video di kanal YouTube juga tak boleh asal-asalan. Pasalnya, ada milyaran video yang diunggah YouTuber lain dan konten kamu harus bersaing untuk memperoleh viewers. Maka itu, salah satu faktor penting cara menambah subscriber YouTube yaitu mengoptimalkan segi kualitas konten.

Baca Juga: YouTube Dashboard: Penjelasan, Metrik Penting, dan Fungsinya

Menyajikan konten yang menarik adalah cara efektif menambah subscriber YouTube. Caranya, tentukan target audiens kamu, lalu cari tahu konten dan topik yang mereka sukai. Analisa konten-konten yang diunggah sebelumnya. Lihat jenis konten mana yang lebih disukai audiens.

Visual pada video juga berperan penting. Perhatikan kualitas video dan edit video dengan menambahkan grafis ataupun sound effect yang membuat videomu makin menarik.

2. Rutin Upload Video

Jangan berharap punya banyak subscriber YouTube bila kamu hanya upload satu atau dua video saja. Kalau kamu mau meningkatkan subscriber, kamu perlu rutin mengupload video agar channel YouTube kamu terlihat semakin hidup. Ini merupakan salah satu cara menambah subscriber yang wajib kamu terapkan.

Buatlah jadwal upload video agar kamu bisa mengatur waktu dalam pembuatan konten, pengeditan, hingga penayangannya. Misalnya menerapkan jadwal upload video setiap minggu, dua hari sekali, atau bahkan setiap hari, disesuaikan dengan kesibukanmu.

Baca Juga: Berapa Gaji YouTuber Dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

3. Membuat Playlist Video

Cara menambah subscriber di YouTube bisa dilakukan dengan meningkatkan pengalaman audiens di channel-mu. Salah satu caranya dengan mengatur dan mengelompokkan konten video ke dalam playlist dengan kategori tertentu. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah menemukan konten yang mereka cari.

Selain itu, kamu juga perlu perhatikan judul playlist agar audiens semakin tertarik untuk menonton konten video di dalamnya. Alih-alih memberikan judul berdasarkan topik, tawarkan manfaat yang akan audiens dapatkan dengan menonton playlist tersebut. Niscaya audiens akan terdorong untuk subscribe ke kanal YouTube-mu.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Terbaru 2022]

4. Berikan Button Subscribe

Selain menambahkan rekomendasi konten video lain, kamu juga bisa menambahkan button subscribe di bagian branding watermark. Contohnya seperti yang terlihat di gambar berikut:

tombol subscribe watermark

Audiens akan lebih mudah melakukan subscribe ke channel kamu hanya dengan klik button watermark tersebut saat mereka menonton video.

Baca Juga: [Terbaru] Syarat dan Cara Daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

5. Buat Thumbnail Video yang Menarik

Cara ini bisa kamu manfaatkan juga untuk menambah viewers konten video YouTube. Thumbnail adalah gambar berukuran 1280 x 720px yang berfungsi sebagai sampul untuk video. Tampilan thumbnail yang eye-catching adalah salah satu faktor penting untuk menarik audiens mengklik video, menonton, dan akhirnya subscribe channel kamu.

buat thumbnail menarik

Kamu bisa mengambil screenshot dari video tersebut dan mengeditnya sehingga layak dijadikan cover video. Bisa juga dengan menambahkan berbagai visual yang membuat thumbnail video makin menarik.

6. Tambahkan Rekomendasi Konten di Video

Semakin banyak videomu ditonton audiens, maka semakin besar peluang mereka tertarik subscribe ke channel YouTube-mu. Untuk itu, kamu bisa rekomendasikan koleksi video lain supaya konten-kontenmu terdahulu juga bertambah viewersnya.

Menambahkan rekomendasi konten dapat dilakukan dengan membuat kartu rekomendasi video yang akan muncul di pojok kanan atas video YouTube. Atau, kamu juga bisa menambahkan End Screen dengan memunculkan rekomendasi pada beberapa detik terakhir di video.

tambahkan end screen

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

7. Membuat Trailer Video Channel YouTube

Trailer video pada channel YouTube memberi kesan yang profesional. Ketika mengunjungi sebuah channel YouTube, kamu akan disuguhi sebuah video yang akan diputar secara otomatis ketika membuka homepage channel.

channel trailer youtube

Buat cuplikan yang memberikan sedikit informasi tentang apa yang ditawarkan pada channel YouTube-mu. Trailer biasanya dibuat dalam durasi yang singkat dan menunjukkan gambaran kanal YouTube secara keseluruhan.

8. Buat Video Berdurasi Lebih Lama

Durasi video ternyata memiliki pengaruh terhadap algoritma YouTube. Melansir The Verge, beberapa YouTuber ternama mencoba memperpanjang durasi video mereka, dan faktanya cara tersebut berhasil.

Beberapa pandangan mengungkap video yang berdurasi lebih panjang tidak hanya lebih bernilai, tetapi juga lebih disukai oleh YouTube. Algoritma YouTube lebih memilih konten yang membuat orang terlibat lebih lama sehingga audiens menghabiskan lebih banyak waktu di YouTube.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula, 5 Menit Jadi!

9. Respon Pertanyaan di Kolom Komentar

Merespon komentar juga merupakan salah satu cara menambah subscriber YouTube yang efektif. Bangun hubungan yang baik dengan para audiens. Dengan membalas pertanyaan dan komentar mereka, audiens akan cenderung kembali ke channelmu dan akhirnya akan mendorong mereka untuk subscribe.

Semakin rajin kamu merespon komentar penonton, semakin tinggi pula engagement rate di channel kamu.

10. Tulis Deskripsi Channel dengan Informatif

Deskripsi menjelaskan gambaran besar channel Youtube-mu. Deskripsi ini diibaratkan sebagai halaman perkenalan channel. Isilah kolom deskripsi channel dengan lengkap dan informatif. Tulis gambaran umum tentang channel ini, konten apa saja yang akan dibuat, hingga link sosial media yang kamu miliki.

11. Optimasi Kata Kunci

Satu hal yang tak kalah penting, konten kamu harus mudah ditemukan agar bisa mendapat banyak viewers dan subscriber. Artinya, kamu perlu melakukan optimasi agar video kamu muncul dengan peringkat yang baik di laman pencarian YouTube.

Baca Juga: Panduan Riset Keyword YouTube untuk Meningkatkan Views 

Caranya, tentukan kata kunci yang relevan dengan apa yang kamu targetkan. Lihat kata kunci yang bisa mengantarkan audiens ke video kamu dari pencarian YouTube lalu tambahkan kata kunci tersebut ke metadata, judul, tag, deskripsi, file video, thumbnail, dan sebagainya.

12. Perhatikan Kualitas Video

Selain konten yang menarik, kamu juga perlu memerhatikan segi kualitas video. Kualitas video yang baik mencerminkan profesionalitas dan pengalaman audiens yang lebih baik. Unggah video dengan format MP4 dan sesuaikan rasio 16:9 yang digunakan oleh YouTube.

Pastikan video yang kamu upload cukup jelas dengan resolusi video terbaik. Jangan sampai video kamu memiliki resolusi terlalu kecil sehingga pecah dan tidak dapat dinikmati penonton. Berikut ini resolusi dan rasio video yang direkomendasikan:

  • 2160p: 3840 x 2160
  • 1440p: 2560 x 1440
  • 1080p: 1920 x 1080
  • 720p: 1280 x 720
  • 480p: 854 x 480
  • 360p: 640 x 360
  • 240p: 426 x 240

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

13. Optimasi SEO YouTube

Cara lain meningkatkan jumlah subscriber kamu di YouTube ialah dengan mengoptimasi aspek SEO-nya. SEO pada YouTube berperan penting agar video kamu menduduki peringkat pertama di hasil pencarian. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO YouTube di antaranya:

  • Mengganti nama file video berisi target keyword dengan format: kata_kunci.mp4
  • Masukkan kata kunci secara natural di judul video
  • Optimalkan deskripsi video
  • Berikan tag video dengan kata kunci populer yang berhubungan dengan topik video
  • Kategorikan video
  • Gunakan thumbnail khusus untuk tautan hasil video
  • Gunakan file SRT untuk menambahkan subtitle & closed caption (CC). CC akan menampilkan teks pada video yang bisa membantu audiens memahami narasi video dan dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa berbeda
  • Tambahkan Card dan End Screen untuk meningkatkan penayangan saluran YouTube

Baca Juga: Panduan Youtube Ads: Cara Membuat Iklan di Youtube Bagi Pemula

14. Promosikan Channel YouTube

Tips satu ini juga tak boleh kamu lewatkan. Mempromosikan channel YouTube kamu ke berbagai media, misalnya di website, media sosial, dan lain sebagainya bisa membantu meningkatkan subscriber.

Taruh link channel YouTube kamu di bio Instagram, Facebook, ataupun sisipkan video pada website kamu. Kamu juga bisa mempromosikan kanalmu ke komunitas yang sesuai. Manfaatkan network kamu sebaik mungkin untuk menarik banyak subscriber.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

15. Memanfaatkan Kolom Trending

Kehabisan ide membuat video? Tak usah khawatir! Kamu bisa manfaatkan kolom trending di YouTube untuk melihat konten-konten apa saja yang sedang hangat di masyarakat.

Klik menu Explore pada sisi kiri homepage YouTube, kemudian pilih Trending. Scroll untuk melihat video-video yang sedang tren hingga kamu menemukan inspirasi yang cocok untuk konten selanjutnya.

16. Berinteraksi dengan Audiens

Bangun hubungan yang baik dengan para audiens. Caranya, rajin-rajinlah berinteraksi dengan para mereka. Kamu juga bisa membangun interaksi dengan membuat konten video yang lebih interaktif. Maksudnya, libatkan audiens untuk mengajak mereka mengisi kolom komentar video.

Misalnya saja dengan menanyakan konten apa selanjutnya yang mereka inginkan, atau pendapat mereka tentang sesuatu yang berkaitan dengan topik yang kamu bahas di video tersebut.

Baca Juga: Panduan Menggunakan YouTube Analytics untuk YouTuber Pemula

17. Buat Judul Video yang Mudah Dicari

Supaya konten kamu mudah ditemukan audiens, gunakan judul yang mudah dicari. Penulisan judul memang berpengaruh besar bagi visibilitas kontenmu.

Pemilihan judul dengan kata kunci yang tepat bisa membuat video kamu muncul di daftar teratas. Lakukan optimasi kata kunci dengan baik agar audiens mudah menemukan video kamu dan nantinya mendorong mereka untuk subscribe.

Baca juga: Contoh Copywriting Headline untuk Meningkatkan Minat Beli

18. Tambahkan Call To Action

Menyisipkan CTA adalah salah satu cara untuk menambah subscriber di channel YouTube. Kamu bisa membuat animasi tombol subscribe dan menyisipkannya ke setiap video.

Dengan begitu, audiens diingatkan untuk melakukan subscribe ke channel kamu ketika mereka sedang menonton video. Untuk membuatnya, kamu dapat menggunakan aplikasi edit video seperti KineMaster.

tombol subscribe youtube

Baca Juga: 7 Langkah Membuat Storyboard Untuk Video Marketing

19. Membuat Konten Berseri

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan yaitu menyusun strategi dalam pembuatan konten. Konten berseri dapat menjadi strategi konten yang tepat untuk channel YouTube kamu supaya bisa menarik banyak subscriber.

Contoh beberapa YouTuber yang menerapkan strategi ini misalnya Nessie Judge, Korea Reomit, dan lain-lain. Kalau bingung mencari topik bahasan, kamu bisa manfaatkan kolom trending YouTube, atau menggunakan beberapa tools seperti Google Trends.

Baca Juga: Panduan Lengkap Video Marketing untuk Bisnismu

20. Pelajari Tips-Tips YouTube

Masih kurang dengan tips di atas? Cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik subscriber YouTube yaitu memperkaya wawasan kamu dengan mempelajari tips yang disediakan dari YouTube sendiri.

Kamu bisa mengecek update, berita terbaru, dan wawasan tentang YouTube di channel YouTube Creators. Selain dari channel tersebut, kamu juga bisa melihat situs YouTube Creators untuk memperdalam pengetahuanmu.

youtube creator program

Siap Menambah Subscriber YouTube?

Itu dia beberapa cara menambah subscriber yang bisa kamu coba supaya channel YouTube kamu makin ramai pengunjung. Maksimalkan kanal YouTube kamu dengan melakukan tips-tips di atas. Semoga artikel ini membantumu ya, selamat mencoba dan salam sukses online!