Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps dengan Mudah

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps dengan Mudah

Kamu seorang pemilik bisnis dan ingin tahu bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps, atau kamu baru saja menemukan tempat namun belum ada lokasinya di Google?

Menambahkan lokasi bisnis atau sebuah tempat ke Google Maps adalah salah satu hal yang penting dilakukan, terlebih jika kamu pemilik usaha. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh apabila menambahkan lokasinya. 

Jika kamu belum tahu caranya, tenang saja kali ini Dewaweb akan membantu kamu cara menambahkan lokasi di Google Maps serta apa saja manfaat yang bisa  didapatkan. Simak terus sampai akhir ya!

Baca Juga: Panduan Local SEO untuk Kembangkan Bisnis di Areamu [2022]

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Ada dua cara menambahkan lokasi di Google Maps, yang pertama adalah menambahkan lokasi bisnis dan yang kedua menambahkan sebuah tempat yang baru kamu tahu, misalnya seperti toko, sekolah, tempat ibadah atau tempat-tempat lainnya.

Biasanya hal ini dilakukan agar orang lain bisa tahu bahwa ada tempat tersebut. Pada Google Maps, hal ini disebut dengan kontribusi. Bagaimana cara menambahkannya langsung saja simak di bawah ini.

Cara menambahkan lokasi di Google Maps yang pertama yaitu langsung lewat Maps, kali ini kita akan melakukannya lewat handphone. Selain itu kamu juga bisa melakukannya lewat komputer. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Google Maps di ponsel kamu.

2. Kemudian pilih Kontribusi.

3. Lalu pilih Tambahkan tempat.

4. Setelah itu masukan detail tempat, mulai dari nama, kategori, alamat lengkapnya, jam buka jika ada, kontak yang bisa dihubungi, situs webnya jika ada.

5. Terakhir klik Tambahkan foto untuk memperjelas tempat tersebut.

6. Jika sudah pilih Kirim.cara menambahkan lokasi google maps

Selesai, kamu sudah berhasil menambahkan tempat baru dan turut berkontribusi di Google Maps.

Baca Juga: 10 Website Company Profile Terbaik untuk Inspirasi [Update 2022]

Menambahkan Lokasi Bisnis Lewat Google Bisnisku

Jika sebelumnya kamu menambahkan sebuah lokasi baru di Google Maps, kali ini adalah menambahkan lokasi bisnis milik kamu sendiri. Cara menambahkan lokasi di Google Maps dapat dilakukan lewat Google Bisnisku.

Google Bisnisku merupakan salah satu fitur yang diberikan Google untuk memudahkan konsumen dalam menemukan lokasi dan informasi bisnis yang ingin dicari.

Langsung saja berikut cara menambahkannya.

1. Kunjungi situs Google Bisnisku lalu pilih Kelola Sekarang.

2. Selanjutnya masukan nama bisnis dan klik Lanjutkan.cara menambahkan lokasi google maps - masukkan nama bisnis

3. Kemudian masukan situs website bisnis kamu jika ada. 

4. Setelah itu pilih Kategori bisnis yang akan kamu daftarkan, lalu klik Berikutnya.

5. Selanjutnya masukan detail alamat bisnis kamu. Mulai dari negara, kota, provinsi, hingga kode pos kemudian klik Berikutnya.cara menambahkan lokasi google maps - masukkan alamat bisnis

6. Lalu cari lokasi yang tepat di mana bisnis kamu berada melalui peta berikut. Apabila sudah menemukannya klik Berikutnya.

pilih lokasi

7. Setelah itu masukan nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika kamu tidak berkenan maka bisa pilih Lewati saja.

8. Sekarang saatnya untuk memverifikasi bisnis kamu. Google perlu melakukan verifikasi informasi bisnis kamu terlebih dulu sebelum ditampilkan pada Google. Untuk melakukan verifikasi Google akan mengirimkanmu surat yang berisi kode verifikasi yang perlu dimasukan. Surat itu nantinya akan dikirimkan ke alamat sesuai yang kamu masukan tadi.verifikasi bisnis

Apabila kamu sudah menerima suratnya, segera masukan kode verifikasi dan kelola informasi bisnis kamu lewat dashboard Google Bisnisku. Mudah bukan?

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps, nah lalu apa sih manfaat menambahkan lokasi bisnis ke Google Maps? 

Baca Juga: Cara Daftar Google AdSense Lengkap agar Permintaan Akun Diterima

Manfaat Membuat Lokasi Bisnis di Google Maps

Menambahkan lokasi di Google Maps bukan tanpa alasan, tentu ada tujuan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini beberapa manfaat apabila kamu menambahkan lokasi ke Google Maps.

Memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnis

Saat ini hampir semua orang mengandalkan Google Maps untuk mencari lokasi. Kamu bisa bayangkan ketika kamu memiliki sebuah bisnis dan ada konsumen yang ingin menuju lokasi bisnis kamu.

Namun, ketika mereka mencarinya di Google Maps justru tidak ketemu, tentu mereka akan kesulitan kan? Bahkan bisa jadi mereka justru batal ke lokasi kamu. 

Nah, untuk menghindari hal itu maka mau tidak mau kamu harus menambahkan lokasi bisnis ke Google Maps. Agar mereka bisa langsung pergi ke lokasi bisnismu dengan mudah tanpa harus bertanya-tanya lagi.

Menunjukkan lokasi yang akurat

Ketika menambahkan lokasi di Google Maps maka kamu akan diminta untuk menentukan di mana titik lokasinya. Pastikan kamu memasang titiknya dengan benar, karena hal ini akan berpengaruh pada keakuratan lokasi.

Seperti yang kita tahu, Google Maps memiliki fitur Google Street View, yaitu penunjuk arah 360 derajat. Fitur ini memungkinkan kamu melihat lokasinya secara nyata. 

Sebelum berkunjung ke lokasi bisnis, konsumen biasanya akan mengecek terlebih dulu seperti apa gambaran lokasinya. Sehingga mereka yakin jika memang lokasi tersebut ada.

Mendapatkan fitur Google Bisnisku

Ketika mencari lokasi bisnis, pernahkah kamu mendapatkan informasi seperti kotak di bawah ini?

Ini merupakan fitur Google Bisnisku, apabila kamu memiliki bisnis dan mendaftarkan lokasinya ke Google Maps maka kamu juga akan mendapatkan fitur tersebut. Sehingga ketika nama bisnis kamu dicari muncul informasi seperti kotak di atas tadi.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menambahkan lokasi bisnis ke Google Maps. Manfaat ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pada konsumen maupun pemilik bisnisnya.

Baca Juga: 10 Google Apps yang Wajib Anda Download dari Play Store

Sudah Tahu Cara Menambahkan Lokasi di Google?

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan cara menambahkan lokasi di Google maps? Cara menambahkan lokasi di Google Maps bisa kamu lakukan dengan dua cara yaitu langsung lewat Google Bisnisku apabila hendak membuat lokasi bisnis atau lewat fitur kontribusi yang terdapat di Google Maps.

Kamu bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan lokasi bisnismu agar konsumen semakin mudah menemukannya. Selamat mencoba ya, semoga membantu!