Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Expired domain adalah domain yang tidak diperbaharui lagi oleh pembuatnya. Sebagian besar blogger memilih membeli domain lama dengan nama domain diperbaharui untuk blog mereka. Karena domain lama memiliki domain authority serta backlink. Domain authority membuat website semakin mudah menempati peringkat bagus di Google. Bahkan beberapa dari domain lama yang ada, sengaja dibeli oleh orang-orang untuk tujuan branding. Jadi apakah OK membeli domain lama? Ya tentu saja.

Namun, sebelum membeli expired domain, kamu harus tahu cara mencari expired domain berkualitas. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Ini saat yang tepat untuk membaca panduan dari Dewaweb sebelum membelinya. Yuk simak!

Apa itu Expired Domain?

Expired domain adalah domain yang sudah terdaftar oleh individu atau bisnis, namun tidak diperbarui setelah berakhir, atau dengan sengaja menghentikan kontrak. Itu arti sederhananya, secara teknis.

Ada banyak orang yang tidak sengaja juga sehingga domainnya bisa sampai expired. Mereka kebanyakan adalah orang-orang yang lupa memperbaharui domain mereka atau mereka memang tidak punya uang untuk memperbaharuinya lagi. Jadinya, si pencatat domain memberikan perpanjangan 30 hari untuk memperbaharui domainmu.

Nah, jika mereka gagal memperbaharui domain mereka dalam jangka waktu 30 hari tersebut, maka domain ini akan dinyatakan sebagai domain kedaluwarsa dan si pencatat domain akan memulai penawaran ke publik atas domain itu.

Penawaran atau lelang ini nantinya akan berlangsung selama 7 hari lamanya, setelah itu domain akan diberikan kepada penawar harga beli yang lebih tinggi. Jadi dengan tawaran tinggi itu kamu bisa membeli domain kadaluwarsa dengan sangat mudah, dan dengan proses ini, kamu bisa mengambil sejumlah domain kedaluwarsa yang baik, tidak cuma satu saja.

Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Bagaimana Cara Menggunakan Expired Domain?

Cara Cari Expired Domain Berkualitas Ppanduan dari Dewaweb

Expired domain sebenarnya adalah properti yang bagus untuk melakukan banyak kepentinganmu terkait pengembangan website. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita belajar bagaimana caranya membeli domain yang habis masa berlakunya. Tak hanya itu, ketahui juga apa-apa saja yang harus dilihat pada saat membeli. Mari simak langsung!

301 Redirect/Pengalihan

Pengalihan ini merupakan cara mudah untuk meneruskan semua rangkuman tautan ke website atau blog baru. Katakanlah, kamu ingin beli nama domain yang punya tautan balik dari TechCrunch, Mashable, Forbes, HBC atau website-website besar lainnya. Nah, yang harus kamu lakukan cukup dengan mengarahkan kembali nama domain itu ke websitemu yang bisa diuangkan dan coba lihat peningkatan peringkatnya bagaimana. Jadi, cobalah cek domain expired yang kamu inginkan.

Menguji Domain Authority (DA) dan Meningkatkannya

Coba cek DA dari domain yang kamu incar dan jika domain itu sudah mendapat backlink dari beberapa website dengan DA tinggi, kamu tak perlu berupaya susah-susah lagi. Apa yang harus kamu lakukan tinggal rajin menulis blog dengan konten berkualitas SEO.

Nantinya kamu akan menyadari bahwa setiap artikel yang kamu tulis/posting di blog itu bisa dapat peringkat di halaman pertama Google. Meskipun hanya dikerjakan selama beberapa bulan saja, tetapi kamu tetap bisa menghasilkan pendapatan yang bagus dengan domain lama itu. Jadi, kamu bisa saja membangun website dengan domain kedaluwarsa dan masih mendapatkan peringkat bagus hasil dari otoritas (DA) yang sebelumnya dari domain itu.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Domain Authority

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli expired domain. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Tentukan Apakah Domain Memuat Spam

Jika domain kedaluwarsa ini digunakan untuk tujuan spam oleh si pemilik website sebelumnya, maka ada kemungkinan besar bahwa website kamu natinya bakal terpengaruh buruk juga. Hal ini sebenarnya adalah yang pertama yang perlu kamu cek ketika sedang melihat-lihat domain kedaluwarsa yang cocok secara SEO atau branding.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana kamu bisa menentukan konten yang ada di domain kedaluwarsa? Solusinya adalah pakai Wayback.

Pada website-nya, coba cari domain yang sudah kedaluwarsa yang ingin kamu beli. Kemungkinan besar ada muncul di sana, Wayback ini sudah mencatat snapshot dari page-page yang sebelumnya pada domain itu. Dengan melihat kontennya sekilas, kamu bisa menentukan apakah konten itu spam atau bukan.

Periksa Apakah Tautannya Mengandung Spam

Sinyal lain yang menentukan apakah domain kedaluwarsa itu dulunya dipakai untuk spamming atau tidak adalah dengan memeriksa profil backlink-nya. Bagaimana cara mudahnya? Coba pakai beberapa tools yang tersedia di internet.

Ketika kamu menuju ke website dari tools tersebut, kamu akan diberikan dua opsi – new index dan historic index. Masukkan URL expired domain, pilih historic index dan klik “enter”. Kamu akan mendapatkan apa saja, semuanya backlink lama yang mengarah ke domain itu. Hanya dengan menganalisis backlink yang tersaji, kamu sudah bisa menentukan apakah itu spam atau bukan.

Kamu juga bisa saja memeriksa semua backlink yang ada menggunakan Ahrefs . Tools ini punya database backlink terbesar di seluruh internet.

Periksa Otoritas Domain

Otoritas domain (DA) adalah salah satu metrik terbaik ketika mengukur kekuatan peringkat dari sebuah website. Setelah kamu memastikan bahwa domain itu tidak digunakan untuk spam, hal berikutnya adalah memastikan bahwa domain yang akan dibeli itu punya nilai D.A minimal 20+.

Jika kamu mendapati domain itu memiliki otoritas domain kurang dari 20, maka risikonya tidak sepadan dengan harganya seberapa murahpun itu. Ingat, otoritas domain tinggi sangatlah penting. Itulah alasan utama mengapa orang memilih membeli domain yang kedaluwarsa.

Kamu bisa cek otoritas domain dari domain apapun hanya dengan menggunakan Open Site Explorer . Tools lainnya yaitu Small SEO Tools dan Moonsy . Kedua tools ini akan mengembalikan otoritas domain website dan juga otoritas page dari nama domain yang dimiliki.

Sudah Tahu Tentang Expired Domain?

Dengan membaca artikel ini, kamu bisa tahu cara mencari expired domain yang berkualitas. Expired domain adalah domain yang sudah terdaftar oleh individu atau bisnis, namun tidak diperbarui setelah berakhir atau sengaja menghentikan kontrak.

Blogpost ini menjadi bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah yang sudah bersertifikat kualitas internasional . Kami ingin membantu kamu sukses secara online. Selamat mengembangkan bisnis ya, semoga berhasil!