Empat Langkah Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas

Empat Langkah Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas

Bagi kamu -seorang blogger- yang lebih memilih membeli expired domain daripada membeli yang baru, maka sangat perlu mengetahui cara cek domain yang expired dan mencari kualitas yang bagus.

Adapun alasan sebagian besar blogger memilih membeli domain kadaluarsa ini karena sudah memiliki domain authority serta backlink sehingga website akan semakin mudah menempati peringkat bagus di Google. Bahkan beberapa dari domain lama yang ada, sengaja dibeli oleh orang-orang untuk tujuan branding.

Jadi, apakah worth it membeli domain lama? Ya, tentu saja! Namun, sebelum itu, kamu harus tahu cara mencari expired domain berkualitas. Langsung simak artikel ini sampai tuntas!

Apa itu Expired Domain?

Expired domain adalah domain yang sudah terdaftar oleh individu atau bisnis, namun tidak diperbarui setelah berakhir atau sengaja menghentikan kontrak sehingga menjadi kadaluarsa.

Ada beberapa kemungkinan lainnya juga mengapa domain bisa expired seperti lupa memperbarui domain atau memang tidak berniat memperpanjang karena suatu alasan. Jika domain tidak diperbarui dalam jangka waktu 30 hari, maka domain ini akan dinyatakan sebagai domain kadaluarsa dan si pencatat domain akan memulai penawaran ke publik atas domain itu.

Penawaran atau lelang ini nantinya akan berlangsung selama 7 hari. Selanjutnya, domain akan diberikan kepada penawar harga beli yang lebih tinggi. Jadi dengan tawaran tinggi itu kamu bisa membeli domain kadaluarsa dengan sangat mudah. Dengan lelang ini, kamu bisa mengambil beberapa domain kadaluarsa yang bagus untuk websitemu.

Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Cara Mencari Expired Domain yang Bagus

Untuk mencari dan cek domain expired yang berkualitas, kamu dapat mengunjungi situs khusus berikut https://www.expireddomains.net/. Selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Sign-up

  • Ketikkan username, password, dan email kamu
  • Klik “Sign-Up” untuk mendaftar
  • Buka email untuk mengaktifkan akun

Sebenarnya, kamu bisa mencari expired domain di sini tanpa harus memiliki akun tetapi nantinya tidak bisa menggunakan filter pencarian sebagaimana ada pada langkah keempat.

2. Login

Setelah mengaktifkan akun, klik Login di pojok kanan atas website dengan akun yang sudah kamu buat tadi.

cek domain expired - login

3. Pilih “Deleted Domain”

Setelah login, kamu akan masuk ke member area. Di sini, kamu bisa klik “Deleted Domain” untuk melihat semua domain kadaluarsa dengan ekstensi beragam.

cek domain expired - deleted domain

Namun, kamu juga bisa mencari ekstensi domain tertentu dengan mengklik “Deleted.com”, “Deleted.net” dan sebagainya (tombolnya ada di sebelah Deleted Domain).

4. Pilih “Filter”

Selanjutnya, kamu bisa memilih menu “Filter” di bagian kiri untuk memudahkanmu mencari expired domain dengan spesifik, misalnya mengandung kata tertentu.

menu filter

Langkah terakhir adalah memilih domain mana yang akan kamu beli. Namun sebelum membeli, ada baiknya menyimak tips di bawah supaya mendapatkan domain lama berkualitas.

Tips Memilih Expired Domain Berkualitas

Setelah memahami cara mencari dan cek domain expired, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa tips yang Dewaweb sudah rangkum untukmu:

1. Cek riwayat domain

Jika domain kadaluarsa ini digunakan untuk tujuan spam oleh si pemilik website sebelumnya, maka ada kemungkinan besar bahwa website kamu nantinya bakal terpengaruh buruk juga. Hal ini sebenarnya adalah yang pertama yang perlu kamu cek ketika sedang melihat-lihat domain kadaluarsa yang cocok secara SEO atau branding.

Kamu bisa mengecek riwayat konten yang ada di domain kadaluarsa menggunakan Wayback. Wayback sudah mencatat snapshot dari halaman-halaman yang sebelumnya ada di domain itu. Dengan begitu kamu bisa melihat kontennya sekilas dan menentukan apakah konten itu spam atau bukan.

2. Periksa apakah tautannya mengandung spam

Sinyal lain yang menentukan apakah domain kadaluarsa itu dulunya dipakai untuk spamming atau tidak adalah dengan memeriksa profil backlink-nya. Bagaimana cara mudahnya? Coba pakai beberapa tools yang tersedia di internet.

Ketika kamu menuju ke website dari tools tersebut, kamu akan diberikan dua opsi – new index dan historic index. Masukkan URL expired domain, pilih historic index dan klik “enter”. Kamu akan mendapatkan apa saja, semuanya backlink lama yang mengarah ke domain itu. Hanya dengan menganalisis backlink yang tersaji, kamu sudah bisa menentukan apakah itu spam atau bukan.

Kamu juga bisa saja memeriksa semua backlink yang ada menggunakan Ahrefs . Tools ini punya database backlink terbesar di seluruh internet.

3. Periksa otoritas domain

Otoritas domain (DA) adalah salah satu metrik terbaik ketika mengukur kekuatan peringkat dari sebuah website. Setelah kamu memastikan bahwa domain itu tidak digunakan untuk spam, hal berikutnya adalah memastikan bahwa domain yang akan dibeli itu punya nilai D.A minimal 20+.

Jika kamu mendapati domain itu memiliki otoritas domain kurang dari 20, maka risikonya tidak sepadan dengan harganya seberapa murahpun itu. Ingat, otoritas domain tinggi sangatlah penting. Itulah alasan utama mengapa orang memilih membeli domain yang kadaluarsa.

Kamu bisa cek otoritas domain dari domain apapun hanya dengan menggunakan Open Site Explorer . Tools lainnya yaitu Small SEO Tools dan Moonsy . Kedua tools ini akan mengembalikan otoritas domain website dan juga otoritas page dari nama domain yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Domain Authority

Sudah Paham Cara Mencari Expired Domain Berkualitas?

Expired domain adalah domain yang sudah terdaftar sebelumnya namun tidak diperbarui setelah berakhir atau sengaja menghentikan kontrak. Domain kadaluarsa ini kemudian dilelang kembali dan masih bisa diperbarui. Adapun keuntungan menggunakan domain ini adalah sudah memiliki domain authority serta backlink sehingga website akan semakin mudah menempati peringkat bagus di Google.

Perlu diingat, jika menggunakan domain yang expired maka kamu tidak memiliki pilihan untuk meng-custom nama domain sesuai keinginanmu. Jika kamu ingin memiliki domain custom maka kamu bisa membelinya. Kamu bisa mendapatkan domain di Dewaweb dengan beragam pilihan ekstensi domain seperti .COM, .NET .CO.ID sampai .XYZ dengan harga yang terjangkau!

Semoga artikel ini membantumu, ya. Jangan lupa untuk membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!