Cara Menciptakan pengalaman unboxing menyenangkan untuk pelanggan

Cara Menciptakan Pengalaman Unboxing Menyenangkan untuk Pelanggan

Memberikan pengalaman belanja terbaik terhadap pelanggan merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap orang yang berjualan secara online. Pengalaman terbaik tersebut bisa kamu lakukan dengan banyak cara, meciptakan pengalaman unboxing atau unboxing experience yang menyenangkan adalah salah satunya. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Kotak (box)

Saat kamu mengirimkan produk yang dipesan pelanggan secara online, hal pertama yang harus diperhatikan dalam menciptakan pengalaman unboxing menyenangkan untuk pelanggan adalah pemilihan kotak atau box yang digunakan.

Sebaiknya, hindarilah penggunaan box yang terlalu biasa, apalagi box bekas. Kamu sebaiknya mempertimbangkan penggunaan custom box yang unik dan menarik, serta tentu saja dapat menjaga keamanan produk di dalamnya.

Kamu bisa mencoba memilih box dengan warna dan desain yang menggambarkan brand, produk, atau online shop yang kamu punya. Caranya bisa dengan mencantumkan nama brand, logo, atau informasi lain yang bisa dilihat pelanggan pada box pilihan.

Apabila box tersebut digunakan kembali, pelanggan akan mengingat brand milikmu ketika menyentuh atau melihat box ini. Box yang menarik juga akan meningkatan daya jual produk yang kamu tawarkan tentunya.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Tips Suksesnya

Kertas tisu dan filler

Tidak hanya tampilan luar kemasan produk yang perlu kamu perhatikan, begitu pula dengan keindahan produk di dalamnya. Kamu bisa membungkus produk denga kertas tisu dengan warna yang cocok sebelum memasukkan dalam box.

Fungsinya, kertas tisu dapat menjaga produk tetap bersih, memperindah packaging dan membuatnya tampak lebih premium, serta meningkatkan efek penasaran pelanggan terhadap produk yang telah dipesan.

Setelah membungkus produk dengan kertas tisu, jangan lupa pula untuk menggunakan filler. Umumnya, filler digunakan untuk menahan kemungkinan benturan selama proses pengiriman barang kepada pelanggan. Filler juga bermanfaat dalam menjaga produk tetap pada bentuk originalnya.

Kamu bisa menggunakan beberapa tipe filler seperti styrofoam, busa, atau bubble wrap. Untuk pengalaman unboxing terbaik, pilihlah tipe filler yang sesuai dengan produk pesanan.

Baca Juga: 21 Usaha Sampingan Online Tanpa Modal yang Wajib Coba

Stiker, pita, dan custom note

Untuk memaksimalkan pengalaman unboxing bagi pelanggan, sekaligus meningkatkan brand awareness, kamu bisa menggunakan stiker, pita, dan custom note. Penggunaan stiker bisa dilakukan jika kamu menggunakan kertas tisu. Stiker bergambar brand milikmu dapat digunakan sebagai perekat kertas tisu yang kamu gunakan.

Menempelkan stiker pada box juga dapat menjadi alternatif bila menurutmu penggunaan custom box memakan biaya terlalu besar.

Kemudian, gunakan pita untuk mempermanis tampilan kemasan. Pita juga berguna untuk menjaga agar barang yang kamu kirim tidak berantakan serta bermanfaat bila produk yang dikirim akan dijadikan sebagai kado.

Jangan lupa pula untuk tambahkan custom note yang isinya berupa ucapan terimakasih kepada pelanggan karena sudah memilih produkmu. Custom note akan meningkatkan personal touch terhadap pelanggan dan memperbesar peluangnya kembali memilih produkmu.

Baca Juga: Rekomendasi Peluang Bisnis Online yang Bisa Kamu Coba

Membuat pengalaman belanja yang berkesan

Menciptakan pengalaman unboxing yang menyenangkan akan sangat bermanfaat bagi kepuasan pelanggan. Perlu kamu ketahui, sekitar empat dari sepuluh orang akan membagikan foto di media sosialnya saat menerima produk pesanan barang online dalam packaging yang unik dan menarik.

Sekitar 52% pelanggan cenderung akan melakukan pembelian kembali dari online shop yang memberikan kemasan premium dan menciptakan pengalaman unboxing menyenangkan.

Bagi kamu yang ingin membagikan keseruan pengalaman unboxing-mu, bisa melakukannya melalui vlog. Bagi kamu yang masih baru, informasi membuat vlog untuk pemula – panduan dan tips ini mungkin membantu. Kamu juga bisa daftar affiliate Indonesia dari Dewaweb yang bisa membantu.

Dengan menciptakan pengalam unboxing menyenangkan bagi pelanggan, kamu akan membuat pelanggan terkesan dan kembali melakukan pembelian. Semoga  bermanfaat!