7 Tips Jadi Fashion Blogger dan Contoh Fashion Blog Inspiratif

7 Tips Jadi Fashion Blogger dan Contoh Fashion Blog Inspiratif

Kamu ingin menjadi fashion blogger? Pada artikel kali ini Dewaweb akan membantu kamu memberikan langkah-langkah mendasar tips bagaimana menjadi fashion blogger yang sukses. Selain itu, kamu juga bisa menyimak contoh-contoh fashion blogger yang bisa menjadi inspirasi. Langsung saja baca untuk mencari tahu cara mendapatkan uang dari fashion blog, berikut ini!

Baca Juga: 10 Template WordPress untuk Fashion Blog

Tips Jadi Fashion Blogger Sukses

1. Beli dan Cari Domain Bagus dan Unik

Sebaiknya kamu memiliki domain sendiri untuk membuat blog. Jika kamu ingin benar-benar mengembangkan brand dan menjalankan bisnis dari blog mode, kamu perlu nama beli domain dan hosting murah sendiri. Mulailah dengan CMS WordPress. Sebagian besar fashion blogger melakukannya dengan cara ini.

Lalu bagaimana cara menentukan domain? Baca artikel Tips Memilih Nama Domain untuk mengenal apa itu domain dan bagaimana memilih domain yang terbaik buat fashion blog.

Selain itu, bagaimana sih cara membelinya dan memilih provider hosting yang tepat buat website? Tak selalu hosting mahal itu pasti bagus buat kebutuhan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan termasuk storage dan bagaimana perpindahan/ migrasi hosting dari WordPress gratis nantinya. Jadi, coba baca artikel Cara Memilih Hosting Terbaik.

Untuk urusan website, hosting dan server, Dewaweb pilihan terbaiknya! Cari tahu paket hosting Dewaweb dengan klik button di bawah ya!

Baca Juga: 3 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Trafik Web & Blog

2. Tentukan Niche

Selanjutnya, tentukan niche blog kamu. Saat ini ada banyak fashion blog yang tersebar di seluruh dunia. Maka dari itu, kamu harus pintar dalam memilih niche blog yang khusus untuk memberikan ciri khas pada gaya blog. Niche sangat menentukan bagaimana jalannya blog kamu. Niche yang unik akan membuat blog kamu menonjol dan berbeda dari yang lain.

3. Cari Tahu Sisi Unik sebagai Icon Fashion Blogger

Kamu benar-benar perlu mencari tahu apa yang membuatmu berbeda dari jutaan fashion blogger lainnya. Bagaimana cara mengetahui keunikan dan kelebihanmu? Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

Tampilkan Diri Sebagai Brand

Kamu akan menjadi wajah dari blog. Ini sudah pasti membuatmu harus memperhatikan bagaimana kamu ingin ditampilkan dan apakah itu akan menarik untuk diikuti orang-orang. Namun, saran kami, jadilah diri sendiri. Setiap jenis karya seni pasti ada penikmatnya, begitu kata para seniman terkemuka. Jadi, cobalah untuk tak melulu berfokus pada keinginan pasar.

Ceritakan Kisahmu

Kamu bisa coba ceritakan mengapa menulis blog ini, mengapa orang harus membacanya, dan ceritakan kisah lainnya meskipun itu benar-benar sangat panjang sekalipun.

Orang suka menjadi fans berat dan mengikuti suatu figur jika merasa terkoneksi/related. Ini adalah sisi psikis manusia yang sebenarnya perlu kamu ketahui terkait content marketing. Coba baca lebih lanjut Strategi Content Marketing untuk mendalaminya.

3. Lakukan Branding yang Kuat dan Berbeda

Brand bukan hanya logo kamu saja – ini adalah semua yang kamu lakukan, seperti identitas kamu. Ini akan jadi segala yang dipikirkan orang tentangmu. Pastikan nama, logo, desain, dan gaya kamu semuanya terhubung dan bisa bekerja bersama-sama/sinkron untuk membuat blog tampil unik.

4. Investasi pada Fotografi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat fashion blog adalah fotografi. Visual adalah hal yang penting bagi fashion blogger. Jika kamu berminat untuk blogging dengan niche fashion, kamu tentunya akan melampirkan hasil jepretan foto outfit-outfit modis yang kamu gunakan. Tak jarang, para fashion blogger menggunakan kamera khusus untuk mengabadikan foto gaya busana mereka di berbagai kesempatan.

5. Buat Konten dengan Memperhatikan SEO

Setelah website beres disiapkan dan telah mulai dijalankan, jangan terburu-buru mengetik/ menulis dan langsung mempublikasikan. Para fashion blogger yang sudah sukses tentu tahu dibutuhkan kerja keras, kreativitas dan ketelitian dalam suatu konten hingga akhirnya siap untuk di-posting ke publik. Pakar-pakar blog dan blogger terkenal bahkan awal-awal butuh waktu 6-8 jam untuk menghasilkan 1000-2000 kata dalam satu postingan mereka.

Selain itu, kamu tentunya ingin punya banyak pembaca? Nah tidak mungkin kan orang langsung ke websitemu. Biasanya, pengguna internet mencari di Google dengan kata kunci tertentu. Disinilah Search Engine Optimization berperan.

Biasa disingkat sebutannya sebagai SEO, blogger wajib tahu Panduan Lengkap SEO Paling Update. Mengapa? Karena Google memperbaharui algoritmanya ratusan kali dalam setahun, kamu harus selalu update apa saja yang akan mempengaruhi peringkat page website di Google sehingga orang bisa lebih mudah menemukan konten fashion blogmu.

Baca Juga: Konten yang Berpengaruh Buruk Terhadap SEO Blog

6. Perluas Jaringan Sosial, Kelola Media Sosial

Cobalah untuk berkenalan dengan pembaca, siapapun mereka dan berteman juga dengan blogger lain yang sudah jauh lebih hebat dari kamu. Orang-orang ini mungkin dapat membantumu mencapai puncak kesuksesan.

Ini juga berarti kamu sedang mengembangkan jaringan dan itu artinya, kamu juga perlu aktif di berbagai media sosial lainnya yang kamu punya. Nah, untuk pengembangan social media, kamu harus tahu dasar-dasar social media marketing . Kamu tentunya ingin media sosialmu bisa maksimal agar turut mengarahkan jutaan followers ke blog fashion kamu.

7. Bangun kerja sama dengan brand

Nah, saat blog kamu sudah cukup besar, inilah saatnya untuk kamu bisa menghasilkan uang dari fashion blog kamu. Salah satu caranya adalah dengan membangun kerja sama dengan brand yang menawarkan berbagai bentuk kerja sama. Hal ini bisa kamu lakukan apabila blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung dan pembaca setia.

Kamu bisa menawarkan blog dan jasa kamu sebagai KOL ke perusahaan atau brand-brand tertentu untuk mensponsori blog kamu. Jika blog kamu dinilai sudah mencukupi kriteria, maka brand-brand pun tanpa ditawari akan datang dengan sendirinya.

Contoh Fashion Blogger Terkenal dan Inspiratif

Berikut ini beberapa contoh fashion blogger sukses yang bisa menjadi inspirasi:

Sonia ErykaCara Mendapat Uang dari Fashion Blog - Dewaweb

Bagi kamu para pencinta fashion yang berasal dari Indonesia, pasti tak asing lagi dengan nama Sonia Eryka. Sonia adalah seorang fashion blogger dan selebgram yang cukup terkenal di Indonesia. Berawal dari keisengannya mendesain pakaian untuk ia kenakan sendiri, berlanjut hingga ia membuat blog pribadi. Selain itu ia juga mengunggah hasil karya-karyanya tersebut di Instagram.

Jadi awalnya, karena banyak teman-temannya yang tertarik akan desain baju yang ia buat, ia membuka usaha bisnis fashion. Kelebihan dari style yang ia miliki adalah kreatif dan “segar”. Ia suka bereksperimen dengan gaya yang sudah ada lama dan membuat style uniknya sendiri.

Pada beberapa pemberitaan di media online, ia juga mengungkapkan bahwa inspirasinya tak melulu dari majalah fashion, tetapi juga dari musik dan film yang ia sukai.

Aimee Song

contoh-fashion-website-dewaweb

Aimee Song adalah fashion blogger populer dalam skala internasional. Ia sudah diakui di mana mana sebagai influencer ternama. Menurut kabar yang beredar, Song bahkan bisa menghasilkan 9 juta Dollar yang dengan satu jenis partnership/paid promote.

Ia termasuk dalam daftar Forbes di tahun 2016 dan bukunya yang berjudul “Capture Your Style” sudah masuk daftar buku Best Selling The New York Times.

Selain blog, ia juga memanfaatkan berbagai saluran media lainnya seperti Youtube dan Instagram sebagai cara mendapatkan uang. Ia pun rajin vlogging di YouTube Channel-nya.

Ia kini telah menjadi duta dari berbagai brand fashion besar dunia semacam Chloe, Giorgio Armani Beauty, Dior dan Revolve. Ia juga sempat bahkan melakukan kolaborasi dengan brand untuk menjual kacamata hitam, akhirnya hanya dalam waktu 22 menit semuanya terjual habis.

Simak Video Tutorial Menghasilkan Uang Melalui Fashion Blog:

Simpulan

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan beberapa inspirasi untuk menjadi fashion blogger sukses. Semoga artikel ini membantumu dalam mengembangkan blog ya!

Sebagai provider VPS Indonesia yang berkualitas internasional, kami berkomitmen untuk mensukseskanmu secara online. Ikuti terus blog kami untuk mendapat berbagai konten informatif yang menarik dan tentunya berguna bagi pengembangan bisnis kamu.