cara-dapat-uang-diinternet-melalui-food-blogging-dewaweb-blog

Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Food Blogger

Di era digital ini ada banyak sekali cara mendapatkan uang di internet, salah satunya adalah dengan menjadi food blogger. Jika Anda suka berpergian untuk wisata kuliner atau menggemari segala hal terkait makanan dan suka membuat resep masakan sendiri, ini adalah waktu yang tepat mengkonversi hobi Anda menjadi pendapatan yang menguntungkan.

Namun sebelumnya mari kita ketahui lebih dulu apa sebenarnya definisi yang tepat mengenai food blogger dan aktivitas food blogging!

Apa itu Food Blogger?

Food blogger adalah istilah yang digunakan untuk pembuat konten blog khusus mengenai makanan, biasanya soal wisata kuliner atau resep-resep makanan dalam suatu website online. Sementara food blogging mengacu pada kegiatan seseorang itu dalam memproduksi konten terkait makanan dan food blog mengacu pada website yang berisi konten-konten terkait makanan.

Cara Menjadi Food Blogger Sukses

Untuk memulai menjadi food blogger ada beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan. Berikut adalah panduan lengkapnya!

  • Tentukan nama blog Anda dan beli nama domain yang pas

Pikirkanlah apa nama yang pas bagi blog Anda dan belilah nama domain yang sesuai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menentukan nama blog dan domain.

Anda perlu memikirkan apakah nama tersebut berkaitan dengan food blog, nama seperti PanduanKuliner.id atau MakanMakanAja.com tentunya lebih pas dibanding nama Anda sendiri atau istilah istilah lain yang tak awam bagi audiens.

Selain berkaitan, nama yang pas juga bisa meningkatkan visibilitas website Anda di mesin telusur Google. Memiliki domain sendiri juga penting, sebab ini meningkatkan kredibilitas Anda di mata audiens.

Jika Anda masih numpang domain dengan CMS gratis seperti PanduanKuliner.blogspot.com atau MakanMakanAja.wordpress.com, khalayak mungkin melihat Anda sebagai newbie yang sedang coba-coba menjadi food blogger, referensi atau ulasan Anda mungkin tampak tidak sebagus profesional yang sudah besar namanya.

Untuk membeli domain, biasanya provider hosting menjualnya baik terpisah atau sepaket dengan jasa web hosting bulanan/tahunan.

Baca Juga: Istilah Umum Dalam Blogging Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Definisinya

  • Temukan web hosting yang profesional sesuai budget

Ada beberapa kriteria sebenarnya yang menentukan apakah hosting A/B bagus dan tepat buat kebutuhan Anda, seperti ketentuan upgrade server (seandainya nanti blog Anda jadi banyak pengunjung dan loading website harus dipertahankan lancar walau dengan web visitor membludak) atau juga ketentuan refund (misal Anda kecewa dengan layanan provider dan ingin membatalkan transaksi). Sebelumnya kami telah mengulasnya di blog kami juga. Ketahui cara memilih Hosting Terbaik agar Anda tidak menyesal atau merasa tertipu dengan jasa provider yang ada.

  • Gunakan WordPress sebagai CMS, beli web theme, install plugin

Sebaiknya, Anda menggunakan CMS WordPress. CMS terpopuler satu ini memang yang paling mudah dimodifikasi sesuai keperluan dan sudah banyak disarankan juga oleh jasa provider hosting yang ada. Setelah mengetahui Cara Membuat Website dengan WordPress dan mulai membuatnya, cobalah mencari food blog template yang pas dan install plugin WordPress yang bagus bagi pengembangan website Anda. Bacalah referensi 11 Template WordPress Gratis dari kami dan 15 Plugin WordPress Terbaik untuk Bisnis Food Blog Anda.

  • Setting Google Tools

Ada berbagai Google tools yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan food blog Anda nantinya, salah satunya adalah Google Analytics. Google Analytics ini bisa menunjukkan Anda data akkurat real time soal berapa banyak pengunjung Anda, page mana saja yang banyak diakses audiens, dan lain-lain. Ketahuilah bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics .

  • Buat kalender konten

Anda bisa membuat perencanaan blogpost Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sistem kalender konten, di mana Anda menentukan tanggal berapa saja ingin posting dan tema apa saja yang ingin dibahas. Nah content calendar ini sebenarnya hanyalah satu dari sekian banyak strategi content marketing yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa jadi Food Blogger yang berpendapatan tinggi. Bacalah 7 Strategi Content Marketing dari kami.

  • Tingkatkan kualitas konten dengan SEO

Apa sih SEO? Kalau Anda ingin jadi blogger, Anda harus tahu definisi SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti optimasi website Anda bagi mesin telusur semacam Google. Apa tujuannya? Agar website Anda lebih banyak ditemukan orang lewat mesin telusur seperti Google yang banyak digunakan pengguna internet untuk mencari suatu topik/info tertentu.

Apa yang jadi persoalan adalah, teknik SEO akan terus berubah sesuai update algoritma dari Google itu sendiri yang sampai ratusan kali setahun.

  • Berinteraksi secara aktif dengan pembaca/audiens Anda

Jangan abaikan pembaca Anda. Jika mereka berkomentar atau bertanya, responlah dengan baik. Mereka bisa berpotensi untuk menjadi audiens loyal Anda yang berarti website traffic tetap Anda atau bahkan mereka bisa saja merekomendasikan blog Anda ke orang-orang lainnya yang bisa jadi Cara Meningkatkan Website Traffic Anda.

  • Membuat Akun Google AdSense

Akun dari Google Adsense ini nantinya bisa membantu Anda dalam mendapatkan uang dari internet. Nah tinggal bagaimana Anda mengetahui Cara Mendaftar AdSense dan mulai memfungsikan akun Anda tersebut.

  • Perluas Jaringan Relasi, Ikuti Event Terkait

Cobalah melakukan networking rutin dengan food enthusiast atau food blogger lainnya. Biasanya ada event-event pertemuan atau meet and greet terkait food blog yang bisa Anda ikuti. Inilah event yang berpotensi bagus untuk networking dan nantinya mungkin bisa membawa Anda ke arah kerjasama yang menguntungkan atau sekadar mendapat ilmu berharga dalam dunia food blogging.

  • Membuat Konten Bersponsor

Jika Anda memiliki kontak dengan brand-brand terkait, Anda bisa membuat konten yang bersponsor dan dibayar. Namun saran kami, cobalah bekerjasama dengan brand yang memang benar-benar relevan dengan blog Anda dan sevisi dengan tujuan blog atau karakter blog Anda. Jangan pula melakukannya berlebihan sehingga pembaca setia Anda malas berkunjung kembali ke blog Anda.

Baca Juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

Tips Food Blog

Tips Food Blogging - Dewaweb

Setelah mengetahui tahapan apa saja yang harus Anda lewati untuk mulai menjadi food blogger hingga sukses, Anda mungkin ingin membaca tambahan berikut berupa tips-tips food blogging tambahan dari kami!

  • Kategorikan Konten atau Fokus Pada Spesialisasi Anda

Layaknya media yang butuh unsur kedekatan, Anda blogger juga harus menunjukkan spesialisasi Anda sehingga audiens tahu ke mana mereka harus pergi kalau ingin mencari ulasan dan inspirasi bagus soal makanan tertentu.

Ini tidak hanya berarti Anda cuma bisa bahas satu jenis makanan/minuman saja semacam ulasan Coffee Shop melulu, tetapi juga bisa jadi kategorisasi sesuai wilayah seperti food blog jakarta, food blog bandung, food blog surabaya, food blog bali. Anda juga bisa membahas semuanya tapi dengan membuat kategori menu yang jelas di website Anda.

  • Kuasai Teknik Food Photography

Hal ini sebenarnya sangat penting mengingat orang tentunya akan tergiur mencoba dan tak bosan membaca jika Anda menampilkan visual yang apik dari makanan-makanan itu sendiri. Cobalah membaca berbagai referensi menarik atau amati bagaimana food blogger terkenal memperlihatkan makanan di hadapan mereka ke audiens.

  • Jadilah Diri Sendiri, Jujur dalam Membuat Konten

Anda tak harus melulu memuji makanan dari berbagai restoran. Jika memang Anda merasa suasana restoran bagus namun makanannya tidak terlalu enak, Anda bisa saja menuliskannya pada ulasan di blog Anda.

Bagaimanapun juga, audiens lebih menyukai kejujuran pembuat konten karena bisa membantu mereka dalam mempertimbangkan apakah mereka ingin mencobanya atau tidak.

Walaupun ada konten bersponsor, cobalah untuk sebisa mungkin konsisten memproduksi ulasan jujur namun tak berlebihan di blogpost Anda yang tak bersponsor demi meraih kepercayaan pembaca.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Food Blogger Indonesia yang Sukses

Berikut ini food blogger Indonesia yang bisa jadi inspirasi:

1. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa – AnakJajan.com

Cara Sukses Jadi Food Blogger Seperti AnakJajan - Dewaweb

2. Ryan Hartanto dan Kannethly Garry – DiaryMakan.com

Cara jadi Food Blogger Seperti Diary Makan - Dewaweb

 

3. Daisy Caroline dan Yu Kato – TheFoodEscape.com

Cara Sukses Jadi Food Blogger Seperti The Food Escape - Dewaweb

Simpulan

Sebagai provider hosting murah Indonesia dan vps yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online. Semoga panduan lengkap cara mendapatkan uang dengan menjadi food blogger ini bisa membantu Anda untuk jadi food blogger sukses ya! Jangan lupa subscribe dan baca terus artikel menarik lainnya terkait pengembangan bisnis dan pengembangan website di blog Dewaweb.