dewaweb-blog-mengenal-dark-mode-di-worpdress

Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada WordPress

Mungkin ada dari Anda yang perlu bekerja sampai malam hari. Atau mungkin Anda hanya ingin menonton video atau browsing internet di malam hari. Tetapi terkadang sinar dari layar handphone atau laptop Anda bisa membuat mata Anda cepat lelah dan bahkan rusak kalau terlalu sering menatap layar di kegelapan.

Nah, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir nih karena sudah banyak sistem operasi, aplikasi, dan website yang menawarkan fitur dark mode. Di artikel ini, kami akan membahas apa itu fitur dark mode, kenapa Anda memerlukannya, dan bagi Anda pengguna WordPress, Anda juga bisa memasang area admin Anda dengan fitur dark mode loh!

E-Book Gratis: Cara Membuat Website Dengan WordPress

Apa itu Dark Mode?

Kalau Anda sering bekerja menggunakan komputer atau smartphone sampai malam, layar device Anda mungkin terlalu silau dan membuat mata Anda lebih cepat lelah. Sekarang, ada banyak aplikasi, website, dan sistem operasi yang menawarkan dark mode sebagai alternatif. Website seperti YouTube misalnya menawarkan tampilan dengan warna-warna gelap agar user yang menonton video di malam hari bisa menonton video dengan lebih nyaman.

Apa yang membuat dark mode banyak digunakan orang? Salah satu alasannya adalah dark mode membantu menyimpan battery device Anda. Dark mode sering disebut-sebut lebih efisien dalam menghemat battery device. Apple sendiri baru merilis fitur dark mode untuk sistem operasi macOS Mojave.

Selain itu, bagi Anda yang sering melakukan browsing pada malam hari, dark mode bisa membantu Anda untuk browsing dengan lebih nyaman. Karena layar Anda tidak akan seterang kalau Anda menggunakan mode layar biasa. Semakin banyak orang yang bahkan menggunakan dark mode tidak hanya pada malam hari, tetapi juga siang hari.

Baca juga: Cara Membuat Website Single Page

Dark Mode Pada WordPress

Bagi Anda pengguna WordPress, mungkin ada menyadari bahwa tidak ada pilihan dark mode di dashboard WordPress. Anda hanya bisa memilih skema warna atau colour scheme dan WordPress memang menawarkan berbagai kombinasi warna, termasuk warna yang lebih gelap. Tetapi ini tetap saja tidak sama dengan dark mode. Mereka tetap tidak mengurangi white light yang keluar dari laptop Anda.

Lalu bagaimana kalau Anda ingin menggunakan dark mode pada WordPress?

Sekarang, sudah ada plugin yang bisa Anda install untuk mengaktifkan dark mode pada WordPress.

Dark Mode Plugin untuk WordPress

Selama satu tahun belakangan, Daniel James sudah mengembangkan plugin Dark Mode untuk WordPress. Plugin ini sekarang sudah diinstall dan digunakan oleh lebih dari 1000 website di dunia. Dark Mode menggantikan warna putih dan abu-abu pada dashboard WordPress dengan warna gelap yang lebih baik bagi mata Anda jika Anda bekerja sampai malam.

Kalau Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda tinggal menginstall plugin ini. Untuk membaca bagaimana cara menginstall plugin WordPress, Anda bisa membaca artikel Cara Install Plugin WordPress.

Setelah Anda mengaktivasi pluginnya, pilih pilihan User > Your Profile dan centang box yang tersedia di samping pilihan dark mode. Jangan lupa untuk klik save setelah Anda selesai mengatur setting-an Anda. Area admin WordPress Anda akan otomatis berubah ke dark mode.

Baca Juga: Pengertian Plugin WordPress Beserta Jenis dan Fungsinya

Karena dark mode bukanlah skema warna admin, Anda bisa mengkombinasikannya dengan skema warna WordPress yang sudah ada.

Bagi Anda pengguna WordPress, Dewaweb juga menyediakan template premium gratis untuk setiap pembelian paket hosting murah dari kami loh. Ingin tahu detailnya? Yuk nonton video di bawah ini.

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas tentang dark mode dan bagaimana cara Anda bisa menggunakan dark mode di WordPress. Sebagai provider hosting Indonesia terbaik, kami ingin selalu berbagi informasi terbaru tentang WordPress. Kalau Anda tidak mau ketinggalan, jangan lupa untuk subscribe ke blog kami dengan memasukkan email Anda ke kotak yang sudah  disediakan di bawah ini. Semoga artikel ini membantu ya!