Cara Mengaktifkan HTTPS di Custom Domain pada Blogger

Penggunaan sertifikat SSL (HTTPS) saat ini semakin diperlukan oleh setiap website, baik itu self-hosted maupun yang di-hosting di Blogger. Sebab, Google telah mewajibkan website untuk meningkatkan keamanan dengan SSL agar mereka dapat memberikan penilaian dan peringkat yang lebih baik. Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara mengaktifkan HTTPS di custom domain pada Blogger.

Apa Itu Secure Sockets Layer (SSL)?

Secure Sockets Layer atau SSL adalah lapisan keamanan di website yang menjaga agar tidak ada kebocoran data saat terjadi transaksi data di website. SSL dibuat dalam bentuk “sertifikat” dan bekerja dengan cara memindai (scanning) berbagai data di website-mu serta mengenkripsi transaksi data.

Artinya, ketika seorang pengunjung memasuki website-mu, koneksi mereka terenkripsi, baik dari penerima data (receiver) dan dari server sehingga tidak ada pihak ketiga yang dapat menginterupsi, bahkan mencuri, data yang dikirim dan diterima. Biasanya, website yang bersertifikat SSL diawali dengan “HTTPS”, dengan huruf “S” yang berarti “secure” atau aman.

Sekitar September 2015, Google akhirnya mendukung dan menerapkan persyaratan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) yang lebih aman dengan menggunakan sertifikat SSL, baik di semua blog dengan subdomain “.blogspot.com” maupun dengan custom domain sendiri.

Google menyediakan Blogger yang saat ini menjadi salah satu platform blogging paling populer selain WordPress. Bagaimana tidak, kamu hanya membutuhkan subdomain “.blogspot.com” atau custom domain saja, untuk urusan bandwidth hingga disk usage, semua telah diurus oleh Google tanpa dikenakan biaya tambahan.

Kesempatan ini yang akhirnya banyak diambil oleh para blogger untuk menghemat biaya. Terlebih, sudah banyak web developer dan web designer yang memubat beragam tema blogger, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Alhasil para pengguna dapat menentukan sendiri, tema apa yang ingin mereka gunakan.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Custom Domain pada Blogger

Sebelum menjalankan cara mengaktifkan HTTPS, kamu wajib memiliki custom domain di Blogger dan sudah mengarahkan (pointing domain) atau menggunakan Blogger terlebih dulu. Kemudian, kita akan menjalankan beberapa poin untuk cara aktivasi HTTPS seperti berikut:

  • Login Blogger
  • Settings
  • Enable HTTPS
  • Testing

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Login Blogger

Hal yang pertama dilakukan adalah login ke Blogger terlebih dulu dengan mengklik Sign In di sebelah kanan atas, lalu masukkan alamat email dan password yang kamu gunakan untuk akun Blogger.

login blogger untuk Mengaktifkan HTTPS Custom Domain

Settings

Klik menu Settings pada sidebar kiri.

menu settings blogger

Baca Juga: Manfaat SSL Untuk SEO dan Keamanan Data Pengguna

Enable HTTPS

Kemudian, di halaman Settings, klik enable di bagian “HTTPS availability” dan pastikan “HTTPS redirect” juga sudah diaktifkan.

Cara Mengaktifkan HTTPS Custom Domain pada Blogger enable both

Penjelasan:

HTTPS Availability: Menandakan apakah sertifikat SSL/HTTPS tersedia untuk blog kamu atau tidak, jika statusnya Available artinya kamu bisa mengaktifkan SSL/HTTPS.

HTTPS Redirect: Melakukan force redirect dari HTTP ke HTTPS, maksudnya adalah jika masih ada kontenmu yang URL-nya masih menggunakan HTTP, blogger akan secara otomatis me-replace URL dengan menggunakan HTTPS.

Baca Juga: Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS untuk Website

Testing

Langkah terakhir adalah melakukan tes dan pengecekan untuk mengetahui, apakah SSL sudah aktif dan apakah sudah di-redirect ke HTTPS.

Testing 1 – Redirect HTTPS

redirect blogger testing 1

Dari screenshot di atas, kamu dapat melihat URL blognya sudah mengarah ke HTTPS dan sudah ada ikon gembok yang artinya secure atau aman.

Testing 2 – Cek Sertifikat

sertifikat ssl blogger custom domain udah valid dari ikon gembok

Klik di ikon gembok tadi untuk mengetahui sertifikat yang digunakan. Kemudian klik Certificate (Valid) dan akan muncul detail sertifikat yang digunakan oleh Blogger untuk blog kamu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Terbaru Sertifikat SSL (SSL Certificate)

Simpulan

Saat ini, sertifikat SSL sudah menjadi kebutuhan pokok bagi website untuk menjaga keamanan transaksi data yang terjadi. Jika tidak, Google dan mesin pencari lain mungkin akan memberikan penilaian jelek di website-mu. Alhasil, peringkat website-mu akan buruk.

Namun selain itu, pemilihan hosting yang digunakan juga berpengaruh. Jika kamu memilih layanan cloud hosting terbaik yang sudah mendapat jaminan uptime 100% seperti Dewaweb, tentu saja website-mu akan aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan. Jika ingin meningkatkan peringkat website-mu, jangan lupa pelajari tentang Search Engine Optimization (SEO) juga, ya.

Demikian tutorial cara mengaktifkan HTTPS custom domain pada Blogger ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu, salam sukses online!