Syarat, Cara Daftar TikTok Shop, dan Tips Penjualannya!

Syarat, Cara Daftar TikTok Shop, dan Tips Penjualannya!

Panduan cara daftar TikTok banyak dicari para pengguna yang ingin mendapatkan uang dari TikTok. Mengingat masifnya penggunaan TikTok di Indonesia membuat paltform ini banyak dimanfaatkan user untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan cukup mudah.

Melansir Katadata, pengguna TikTok di Indonesia mencapai 112,97 juta pengguna hingga April 2023. Angka ini merupakan yang terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Dengan tingginya peminat, maka tidak heran mengapa TikTok menjadi salah satu platform terbaik untuk mendapatkan uang dari internet.

Berjualan di TikTok Shop juga bisa menjadi ide usaha sampingan paling menggiurkan. Bahkan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai profesi utama, lho. Simak terus artikel ini untuk mengetahui syarat, cara daftar TikTok Shop, dan tips berjualannya!

Syarat Mendaftar TikTok Shop

Berikut ini beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi sebelum bisa daftar TikTok Shop:

  • KTP/Paspor
  • Informasi rekening bank yang valid
  • Mempunyai setidaknya 1.000 followers
  • Ada produk yang akan dijual
  • Nama toko yang diajukan harus merepresentasikan bisnis dan tidak boleh lebih dari 40 karakter
  • Menyiapkan informasi rinci yang mencakup alamat geografis lengkap (negara, provinsi, kabupaten, kode pos) dan dokumen identitas lainnya yang diminta oleh TikTok Shop
  • Informasi lebih detail tentang peraturan TikTok Shop dapat dilihat pada TikTok Shop Guideline

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Kalau kamu berminat meningkatkan omzet penjualan produk, daftar TikTok Shop adalah salah satu cara yang bisa kamu coba. Sebagai panduan, ikuti cara daftar TikTok Shop sampai mengaktifkannya di bawah ini.

1. Kunjungi situs TikTok Shop Seller

Cara mengaktifkan TikTok Shop yang pertama adalah membuka laman situs TikTok Shop Seller Center di perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu perlu mendaftarkan akun sebagai seller TikTok. Kamu bisa memilih menggunakan akun pribadi atau membuat akun TikTok seller baru.

2. Login/daftar akun TikTok Seller

Cara mengaktifkan TikTok Shop yang kedua adalah mendaftar akun seller. Jika kamu belum pernah mendaftar sebagai seller, kamu dapat mendaftar menggunakan akun TikTok yang kamu miliki dengan mengklik opsi Sign up with TikTok Account. Kalau kamu sudah pernah terdaftar sebagai seller, kamu tinggal melakukan login ke akun tersebut.

Jika kamu belum punya akun TikTok juga tidak masalah. Kamu bisa mendaftar dengan alamat email dan nomor handphone dengan klik opsi Sign up with Phone & Email.

cara mengaktifkan tiktok shop

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan di Instagram

3. Lengkapi informasi toko

Setelah berhasil login dan mendaftar akun seller, tahap selanjutnya adalah melengkapi informasi toko untuk memaksimalkan penjualanmu. Kamu harus melengkapi data ini sebelum bisa menambahkan produk-produk ke TikTok Shop. Isi lokasi toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi, setelah itu klik Start to add products.

Asset Blog Dewaweb

4. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum produkmu bisa dijual di TikTok Shop, kamu harus memverifikasi dokumen terlebih dahulu. Klik Verify documents pada homepage, kemudian klik Upload Documents.

cara membuat tiktok shop - verifikasi data

Lengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai penjual. Isi jenis bisnis, apakah korporat atau perorangan. Jika perorangan, kamu perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau passport. Kemudian, kamu harus mengupload foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan foto menampilkan KTP dengan jelas dan ukuran file tidak melebihi 10 MB.

isi data toko

Informasi yang sudah kamu isi tidak dapat diubah kembali nantinya. Jadi, pastikan kamu mengisi data-data dengan benar ya. Jika sudah selesai, klik Submit. Setelah proses verifikasi selesai, akun TikTok Shop-mu sudah bisa digunakan untuk menjual produk.

TikTok akan memverifikasi kartu identitas yang kamu unggah terlebih dahulu. Proses verifikasi biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Cara mengaktifkan TikTok Shop berikutnya yaitu menambahkan produk ke toko. Jika tokomu sudah berhasil diverifikasi, kamu bisa mulai menambahkan produk yang akan dijual ke TikTok. Caranya, kembali ke homepage, kemudian klik opsi Add First Product lalu Add Product.

cara mengaktifkan tiktok shop

Untuk mengupload produk ke TikTok Shop, lengkapi dulu deskripsi produk yang akan kamu jual. Isi nama produk, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop.

Jika ingin menambahkan brand baru, kamu harus mengupload dokumen kepemilikan atau hak penjualan (kalau kamu sebagai reseller). Jika tidak punya, pilih saja No brand.

isi deskripsi produk

Setelah itu, upload foto produk dan berikan deskripsi produk untuk memudahkan pelanggan kamu berbelanja. Kamu bisa mengupload hingga maksimal 9 foto. TikTok juga menyarankan untuk mengupload foto dengan rasio 1:1 agar gambar terlihat jelas.

Asset Blog Dewaweb

Selanjutnya, scroll ke bawah dan isi informasi tentang detail variasi produk. Jika kamu menjual produk dengan berbagai macam variasi, seperti warna, ukuran, rasa, dan sebagainya, isi di kolom Variaton.

cara upload produk tiktok shop - isi informasi produk

Setelah itu, kamu perlu mengisi informasi fisik mengenai produk, seperti berat dan dimensinya (opsional). Ini berguna dalam menentukan biaya ongkos kirim untuk masing-masing kurir yang didukung oleh TikTok Shop.

Selain informasi fisik produk, kamu juga bisa memasukkan informasi mengenai garansi produk dan cara mengklaimnya (jika tersedia). Hal ini bersifat opsional, jadi kamu bisa mengosongkannya saja.

Setelah selesai, kamu bisa memilih untuk menyimpannya sebagai draft atau langsung mempublikasikan produk. Klik opsi Publish untuk langsung menerbitkan produk.

6. Hubungkan ke rekening bank

Jangan lupa hubungkan rekening bank dengan TikTok Shop untuk mendapat penghasilan dari tokomu. Caranya, kembali ke homepage, kemudian pilih opsi Link Bank Account lalu klik Link Account. Lanjutkan ke proses selanjutnya hingga selesai untuk menautkan rekening ke TikTok Shop.

hubungkan rekekning bank tiktok shop

Tips Berjualan di TikTok Shop

Setelah berhasil daftar dan mengaktifkan TikTok Shop, sekarang saatnya mencari tahu bagaimana agar penjualan di tokomu bisa meroket. Berikut ini Dewaweb berikan beberapa tips berjualan di TikTok Shop.

1. Optimasi katalog produk

Bagian Shopping Tab adalah etalase utama bagi tokomu di TikTok. Maka itu, kamu harus membuatnya seatraktif mungkin agar calon pembeli tertarik untuk belanja produkmu.

Upload foto produk dengan kualitas yang bagus agar katalog tersusun dengan rapi. Perhatikan pula gaya  pengambilan foto produk supaya brand-mu terlihat konsisten. Kamu juga perlu memperhatikan batas 34 karakter ketika mengisi judul produk. Pastikan judul memuat nama produk dan informasi dasarnya.

katalog produk tiktok shop

Kamu bisa menambahkan detail selengkap mungkin pada deskripsi produk. Sebagai catatan, link yang kamu sisipkan di deskripsi produk tidak bisa diklik langsung.

Baca Juga: 5 Cara Jualan di TikTok Shop yang Mudah, Dijamin FYP!

2. Promosikan TikTok Shop

Setelah mengoptimalkan dan mempercantik katalog, kamu perlu mempromosikannya. Buatlah konten video di TikTok dan kreasikan sesuai dengan target pasarmu. Hal ini bisa membantumu dalam promosi produk dan tokomu di TikTok.

Deskripsikan tentang brand kamu di bio. Kemudian sisipkan juga CTA ke katalog produk TikTok Shop atau website toko online untuk mengarahkan calon pelanggan berbelanja di tokomu. Untuk waktu posting, kamu bisa mengacu pada jadwal FYP TikTok agar kontenmu bisa dilihat lebih banyak orang.

Baca Juga: 10 Cara FYP di TikTok yang Paling Ampuh, Ini Bocorannya!

3. Bekerja sama dengan influencer

Untuk memperluas target pasar, kamu bisa memanfaatkan jasa influencer yang memiliki banyak followers agar produkmu lebih dikenal. Buat kerja sama dengan kreator TikTok atau influencer untuk membuat konten video yang mengarahkan pengunjung ke tokomu. Hal ini diharapkan bisa menambah followers dan engagement di akun bisnismu.

Yang perlu kamu perhatikan, pilih influencer yang sesuai dengan brand dan produk yang kamu jual. Sebab, para pengikut merekalah yang akan menjadi target audiensmu.

Baca Juga: Mengetahui Arti Influencer, Jenis, & Manfaatnya bagi Bisnis

4. Kuatkan branding produk

Branding adalah salah satu proses terpenting dalam membangun brand awareness yang mana akan bermuara pada kesuksesan bisnis. Dalam konteks berjualan di TikTok Shop, kamu bisa melakukan branding atau pencitraan dengan banyak cara, misalnya rutin menyelenggarakan giveaway, memiliki tagline unik, dan masih banyak lagi.

5. Pasang TikTok Ads

Tips terakhir untuk mendongkrak penjualanmu adalah dengan beriklan di TikTok Ads. Namun, langkah ini tentu saja tidak gratis. Pastikan kamu memiliki alokasi anggaran untuk beriklan.

Walaupun berbayar, biaya pasang iklan di TikTok Ads juga bisa kamu atur sesuai budget. Kamu bisa mencari panduan cara membuat TikTok Ads di artikel Cara Pasang Iklan di TikTok Ads dari Nol Sampai Jadi.

Siap Berjualan di TikTok Shop?

Bagaimana, ternyata cara daftar TikTok Shop cukup mudah bukan? Jika mengikuti panduannya secara teliti, harusnya sekarang kamu sudah berhasil mendaftar dan bisa mulai berjualan. Untuk bisa memaksimalkan penjualan, ikutilah beberapa tips yang sudah dijabarkan di atas.

Setelah berhasil berjualan di TikTok Shop, jangan lupa untuk cek penghasilan TikTok milikmu secara berkala dan juga mengambil uang dari TikTok. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya! Jangan lupa, simak artikel-artikel informatif lainnya di blog Dewaweb dan salam sukses online!